azure wrote: Wed Jan 12, 2022 3:15
@Mercer29 : nah,ini ada user veloz. makasi om review singkatnya. Faktor utama yg bkin pilih veloz apa om? fitur n safety (6 balon)? krn dari review singkat om kan semua nya 11-12,kalaupun ada perbedaan gak signifikan? beda jauh di fitur memang sih..
Aslinya pertimbangan saya ngga macem" sih om

, cuma feel bawa Veloz aja yang memang lebih cocok buat saya.
Waktu jaman hot" nya masih antara Xpander 4AT sama Ertiga, saya juga lebih condong prefer kearah Ertiga soalnya. Dan bawa Veloz ini sedikit banyak mengingatkan saya ke feel bawa Ertiga hehe. Lebih berasa enak dibawa sendiri daripada Xpander yang condong lebih enak buat disetirin karena nyaman nya itu dan pembawaannya yang emang lebih santai dan kalem output keluaran tenaga nya untuk speed segitu, yang bikin kesan nya lebih halus daripada Veloz. Tapi Xpander kalo yang bawa rada sableg juga bisa kenceng bener sih... ya inti nya perbedaan yang minor tapi jadi preferensi gitu deh om.
Build quality ini awalnya saya kira bakal bertolak-belakang Xpander ahead of Veloz, tapi ternyata soal panel gap dan alignment di exterior, keknya sama aja tipikal mobil jaman sekarang yang banyak ngga rapi nya. Ini saya patokan dari panel semacam pintu dan lining krom diatas nya ya. Tapi kalo ngomongin interior apalagi bahan material sih soft touch ga bohong wkwk. Interior Veloz yang sekarang lebih reminiscent ke Xpander pre-facelift kalo soal bahan.
Fitur sama safety ga jadi pertimbangan om, saya beranjak nya dari Innova diesel metik lama non-facelift tipe G pula

ambil nya non TSS pula. Udah ga dapet active safety feature set, airbag juga standar cuma di depan doang.
Oh ya, soal interval ganti oli transmisi di Veloz ini juga ga kalah gila, di 100k km baru minta ganti, 40k sama 80k cuma inspeksi gatau diapain kalo ngikut normal service interval. Kalau saya sih ya patokan severe service 50k ganti oli aja... agak penasaran saya sama service interval Mitsubishi kalo yang severe service gimana, sayang ngga nemu buku manual nya di Internet hehe.
CVT kedua nya juga kalo saya ubek" spek di Internet, sama" ada basis penggunaan planetary gearset sih. Beda implementasi sama cara kerja aja. Gear ratio range juga sama aja kayaknya, di sekitar 7.3 (kalo Jatco CVT7 yang dipake Xpander bukan yang versi W/R alias Wide Range). Literature Jatco sendiri (sama Daihatsu untuk D-CVT Veloz ini) juga ngomong kalo range ratio segini itu sama kayak tipikal 8-speed AT sih, ya gatau kenapa Veloz jadi cuma 7-speed tapi Xpander 8-speed dah, toh juga simulated bohongan wkwk.