Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
heat gun kaga mempan mbah. bantu api las dikit2 lah
btw, saya si seneng threadlock anything. pake loctite 242 medium strength juga cukup, botolnya si warna merah tapi medium strength. kalau seapesnya pake grease malah pernah pake lem kayu buat lemari kursi meja. senggaknya kurangi resiko cold weld atau seizing. tapi memang di beberapa service manual pabrikan cuma ada beberapa bagian yang ada petunjuk kasih threadlocker atau semacamnya, seingat saya biasanya seputaran oil pan dan transmission housing.
mempan, tapi musti sabar.
belum lama saya ganti link stabilizer R3, yang nempel ke stabilizer bar dikasih threadlock. nyopotinnya sampe harus dirusak dulu dan dipegangin pake tang yepit supaya mur-nya bisa kebuka.
ditahan pake soket hex 5mm ga mempan, bunder rumahnya.
sakit jiwa yang pasang...
sama baut flywheel juga biasanya dikasih threadlock.
Tadi baut stabil yang nempel ke body 2 kiri dan 2 kanan.
Itu bautnya ada warna putih di ulir.
Apakah thread sealant?
Profith83 wrote: Sat Jan 08, 2022 11:36
Tadi baut stabil yang nempel ke body 2 kiri dan 2 kanan.
Itu bautnya ada warna putih di ulir.
Apakah thread sealant?
blloewy wrote: Sat Jan 08, 2022 12:37
Mbah...coba dishare ilmu minimum grease yg mesti kita pny..
Selain silikon grease u pin kaliper rem....
grease itu secara garis besar ada 2 macem. yg 1 itu sbg pelumas jd dia licin. yg 1 lagi itu sbg bantalan jd dia sticky. ga peduli nlgi nya sebab mau sama2 nlgi 2 juga sifatnya beda jd 2 jenis itu. hehehehe
contoh, amsowell itu tipe 1 pelumas licin. cocoknya utk bearing roda, cross joint, dll yg berputar cepat.
sedangkan omega77 itu tipe 2 bantalan sticky. cocoknya utk steering rack, ball joint, tie rod, bearing support shock, dsb yg memerlukan bantalan akibat dr benturan xtreme.
so ..... mau merk apa aja bebas yg penting murah dan terjangkau*.
DOHC wrote: Sat Jan 08, 2022 11:02
bcara thread locker
jd kbayang
itu montir2 bengkel knapa kita orang liat pada demen ngasi vet yah buat smua baut
baut shock ? hajar vet
baut arem ? hajar vet
baut roda ? vet secolek
baut casis ? vet segenggem
itu ilmu dari mana ya ??
baut n mur itu disebutnya fastener kan ya mbah. kl dikasih vet dimana unsur fastening nya?
nah dsini masalah nya
montir kta orang kan ga ad yg perna denger bahasa tu fastener
tau nya mur baut itu di puter2 doank, makanya di otak nya yah dikasi vet aj biar makin licin
wah musti direvisi tuh kitab besar institut durch technik van asem reges le indonesie hasil karya jij. baut jangan dikasih vet, kasih nasi aja sebiji spy lengket.
blloewy wrote: Sat Jan 08, 2022 12:37
Mbah...coba dishare ilmu minimum grease yg mesti kita pny..
Selain silikon grease u pin kaliper rem....
grease itu secara garis besar ada 2 macem. yg 1 itu sbg pelumas jd dia licin. yg 1 lagi itu sbg bantalan jd dia sticky. ga peduli nlgi nya sebab mau sama2 nlgi 2 juga sifatnya beda jd 2 jenis itu. hehehehe
contoh, amsowell itu tipe 1 pelumas licin. cocoknya utk bearing roda, cross joint, dll yg berputar cepat.
sedangkan omega77 itu tipe 2 bantalan sticky. cocoknya utk steering rack, ball joint, tie rod, bearing support shock, dsb yg memerlukan bantalan akibat dr benturan xtreme.
so ..... mau merk apa aja bebas yg penting murah dan terjangkau*.
*ik duluin ngomong gitu
Kl yg simple u pin kaliper rem itu pakai yg sebagai pelicin ya mbah biar bergerak bebas...
Benarkah pemahaman nubie ini?
baut n mur itu disebutnya fastener kan ya mbah. kl dikasih vet dimana unsur fastening nya?
nah dsini masalah nya
montir kta orang kan ga ad yg perna denger bahasa tu fastener
tau nya mur baut itu di puter2 doank, makanya di otak nya yah dikasi vet aj biar makin licin
wah musti direvisi tuh kitab besar institut durch technik van asem reges le indonesie hasil karya jij. baut jangan dikasih vet, kasih nasi aja sebiji spy lengket.
Jij belom punya ya edisi revisi terbaru nya ?
Smua fastener wajib dpakein loktit super strength, trus ujung nya di celup in Jb weld
blloewy wrote: Sat Jan 08, 2022 12:37
Mbah...coba dishare ilmu minimum grease yg mesti kita pny..
Selain silikon grease u pin kaliper rem....
grease itu secara garis besar ada 2 macem. yg 1 itu sbg pelumas jd dia licin. yg 1 lagi itu sbg bantalan jd dia sticky. ga peduli nlgi nya sebab mau sama2 nlgi 2 juga sifatnya beda jd 2 jenis itu. hehehehe
contoh, amsowell itu tipe 1 pelumas licin. cocoknya utk bearing roda, cross joint, dll yg berputar cepat.
sedangkan omega77 itu tipe 2 bantalan sticky. cocoknya utk steering rack, ball joint, tie rod, bearing support shock, dsb yg memerlukan bantalan akibat dr benturan xtreme.
so ..... mau merk apa aja bebas yg penting murah dan terjangkau*.
*ik duluin ngomong gitu
Kl yg simple u pin kaliper rem itu pakai yg sebagai pelicin ya mbah biar bergerak bebas...
Benarkah pemahaman nubie ini?
Iya spy sliding bebas. Tp kan disitu kena panas. Jd perlu grease yg karakteristiknya cocok diaplikasiin disitu. Blm jg ada komponen karet disitu.
blloewy wrote: Sat Jan 08, 2022 12:37
Mbah...coba dishare ilmu minimum grease yg mesti kita pny..
Selain silikon grease u pin kaliper rem....
grease itu secara garis besar ada 2 macem. yg 1 itu sbg pelumas jd dia licin. yg 1 lagi itu sbg bantalan jd dia sticky. ga peduli nlgi nya sebab mau sama2 nlgi 2 juga sifatnya beda jd 2 jenis itu. hehehehe
contoh, amsowell itu tipe 1 pelumas licin. cocoknya utk bearing roda, cross joint, dll yg berputar cepat.
sedangkan omega77 itu tipe 2 bantalan sticky. cocoknya utk steering rack, ball joint, tie rod, bearing support shock, dsb yg memerlukan bantalan akibat dr benturan xtreme.
so ..... mau merk apa aja bebas yg penting murah dan terjangkau*.
*ik duluin ngomong gitu
Kl yg simple u pin kaliper rem itu pakai yg sebagai pelicin ya mbah biar bergerak bebas...
Benarkah pemahaman nubie ini?
Nah kl misalkan ulir dikasi vet berarti salah ya mbah? Niatnya sich spy pas dibuka lagi ngga macet.
ulir apa dulu?
kalo cylinder head bolt sebagian besar wajip pakai pelumas entah grease atau oli mesin.
tapi ulir baut lain belum tentu. maka dari itu pentingnya FSM atau workshop manual book supaya kita nggak salah.
Profith83 wrote: Sat Jan 08, 2022 11:36
Tadi baut stabil yang nempel ke body 2 kiri dan 2 kanan.
Itu bautnya ada warna putih di ulir.
Apakah thread sealant?
numpang nimbrung mbah
katanya sih yg putih itu threadlocker
Bukanya memang susah, tapi bisa dibuka tanpa dipanasin. Terus dipasang ulang harusnya kasih thread locker lagi yah
Hiks saya asal pasang lagi, kasih torsi sesuai spec 49. Gapapa tanpa thread locker yah? Kuatir bisa kelepas.
Kayanya gak kelepas cuma kuatir karatan yah mbah
Profith83 wrote: Sun Jan 09, 2022 10:44
Bukanya memang susah, tapi bisa dibuka tanpa dipanasin. Terus dipasang ulang harusnya kasih thread locker lagi yah
Hiks saya asal pasang lagi, kasih torsi sesuai spec 49. Gapapa tanpa thread locker yah? Kuatir bisa kelepas.
Kayanya gak kelepas cuma kuatir karatan yah mbah
ga apa2 mbah ga bakal kelepas lah. kl karatan ya tinggal beli baut baru lagi.
DOHC wrote: Sat Jan 08, 2022 11:02
bcara thread locker
jd kbayang
itu montir2 bengkel knapa kita orang liat pada demen ngasi vet yah buat smua baut
baut shock ? hajar vet
baut arem ? hajar vet
baut roda ? vet secolek
baut casis ? vet segenggem
itu ilmu dari mana ya ??
montir mana mbah? malah biasanya nemunya pada males sikatin itu mur baut atau dilap dulu kek pake kain bekas apa gitu, main bongkar pasang aja, kalau keras boro2 di WD40, pipa besi dikeluarin. vet? paling bagus juga topsatu... apalagi kalau service rem.
marmut wrote: Sat Jan 08, 2022 11:25
mempan, tapi musti sabar.
belum lama saya ganti link stabilizer R3, yang nempel ke stabilizer bar dikasih threadlock. nyopotinnya sampe harus dirusak dulu dan dipegangin pake tang yepit supaya mur-nya bisa kebuka.
ditahan pake soket hex 5mm ga mempan, bunder rumahnya.
sakit jiwa yang pasang...
sama baut flywheel juga biasanya dikasih threadlock.
DOHC wrote: Sat Jan 08, 2022 11:02
bcara thread locker
jd kbayang
itu montir2 bengkel knapa kita orang liat pada demen ngasi vet yah buat smua baut
baut shock ? hajar vet
baut arem ? hajar vet
baut roda ? vet secolek
baut casis ? vet segenggem
itu ilmu dari mana ya ??
montir mana mbah? malah biasanya nemunya pada males sikatin itu mur baut atau dilap dulu kek pake kain bekas apa gitu, main bongkar pasang aja, kalau keras boro2 di WD40, pipa besi dikeluarin. vet? paling bagus juga topsatu... apalagi kalau service rem.
sikat baut ?? wahh kl ampe montir yg ngerjain kaya gt, pasti kpala nya abis kejedot tiang pager
nah servis rem nehh yg serem, kita orang sering liat smuanya d hajar vet topwan, atau kobra dkk... dari sliding kaliper, sil O ring, ampe dudukan anting pad rem nya