daripada repot2 rentan kebakaran dsb kenapa tidak invest saja charger aki yang modern, saya pakai keluaran NOCO G3500 sudah 2 tahun lebih (ini kadang error kalau pas lagi charge, lalu aki ada beban -misal nyalain audio kenceng2- dari mobil maka restart sendiri, atau kepanasan ketika harus charge aki soak atau lagi jalankan fungsi rejuvenate/repair aki) https://www.amazon.com/NOCO-G3500-Ultra ... GC19BHZAP0. charge aki GS 45Ah seminggu sekali, sudah 4 tahun, bulan lalu sempat nyaris soak total, dicolok lagi semalaman, pagi lancar lagi = jangan dicoba2 ya karena ini iseng saya saja.ginting wrote: Wed Feb 20, 2019 3:10 Oom oom, saya mau tanya.
Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.
Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).
Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?
sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
Terima kasih atas masukannya.
ada juga satu lagi titip teman beli di Amazon USA hand carry ke Indo ukurannya kecil banget merek mictuning https://www.amazon.com/MICTUNING-Intell ... 1H73DFV8 ini saya pakai colok terus ke aki 70aH untuk inverter 220v.