seru nih topiknya, izin nimbrung
martinnn wrote: Fri Dec 24, 2021 1:11
Orang sini mana peduli isu lingkungan....lebih penting perut
sifat dasar manusia om survival dulu. dimana2 pasti gitu.
negara2 yg sudah aware dan melek tentang climate change saya yakin banget masyarakat nya sudah ampir nggak ada yang mikirin tentang besok bisa beli makan apa nggak.
saya juga yakin kalo saya sendiri memang sangat kurang, boro2 mikirin climate change.
g36 wrote: Fri Dec 24, 2021 12:12
Cut...
Masih mending kalo 1) batere EV pake model per cell yang mudah replacement dan calibrationnya (biar ga melulu ke dealer dan/atau ganti segelondong --mempermudah penetrasi pasar), dan 2) pemasaran HEV gencar duluan, biar mudah transisinya ke full EV. Kita aja suka lupa charge HP ato laptop pas di rumah, apalagi EV. Kalo HEV kan chargingnya sambil jalan, toh ntar ngisinya di pom bensin juga yang mana orang awam sudah luar kepala. Ga perlu merubah kebiasaan menganggap EV sebagai one more gadget yang perlu dicas tiap malem.
Another concern: Indo iklimnya panas, batre basis Litium keok kalo kena panas. Yakali orang kita mau ngeluarin duit xx juta buat replacement tiap 5-8 taun, wong gantol di bawah 1 jt aja suka diolor-olor.
Batere EV nanti charge nya dirumah, gpp kan di tinggal 8 jam, paginya udah at least 80%, nanti paling dari PLN harus kerjasama untuk kasih insentif khusus pemasangan baru untuk EV gitu misalnya.
Kalo pakai harian dalkot sehari 100 - 150km sih aman banget lah..
cuman ya itu kalo untuk ke luar kota ya sulit sih masih, perlu banget itu supercharger. or at least tempat istirahat punya charging station udah sufficient.
Kalo indo ilkim panas, iya benar sih batre Lithium kurang ok di cuaca terlalu panas atau terlalu dingin. makanya ada warmer / cooler kaya radiator gitu um setau saya hehe.
CMIIW
ChZ wrote: Fri Dec 24, 2021 7:07
mobil listrik masa depannya musti diliat 5 thn lagi minimal gimana nasib mobil yang skrg udh beredar macem kona dan ioniq. camry hybrid aja banyak yang kapok miara kena ganti batre nya mahal. nissan leaf 1st gen battery degradationnya jg ngeri euy... sampe skrg sih blom terbukti robust ini mobil batre. walaupun katanya warranty batre 8 taun sekalipun lha ganti batrenya sendiri itu kan downtime... punya mobil bensin 8 taon mah msh blom perlu turun mesin.
klo mobil listrik secara economical aja gagal ya udah... musti cari cara selain electric dong. bener pabrikan jepang mereka gak kemakan hype offer banyak alternatif gak pure elektrik : hydrogen EV, bahkan terakhir GR yaris dites pake hydrogen fuel.
krn ada masa juga mobil diesel hit market sampe skrg downfall krn pabrikan ketauan cheat emission test dan banyak masalah juga di sistem kontrol emisi...
mobil listrik sih buat economical kyknya masih sedikit lebih mahal dari mobil bensin, tapi bonus zero emission aja dari mobilnya, bukan production line batre nya.
ini mesti di compare sih emission bikin bensin vs batre gmn, gw ga ada insight sama sekali.
dan powerplant emission yang nonrenewable energy vs gasoline di mobil gmn pollution nya.
yg pasti waste batre mesti di pikirin sih, kalo mobil listrik udah banyak banget, setau saya engineer masih lagi research buat recycle or decomposte battery waste.
------
ok balik lagi ke economical dari sisi pemakai.
asumsi sebulan bensin 1jt (111L per bulan / +- 1000km/mo) pake pertamax, kita anggap listrik gratis karena murah banget sekali isi (200k / 1000km based on fitra eri punya kona)
setahun bensin 12jt, 8 tahun 96jt.
service ganti oli 1jt setahun, jadi total 104jt untuk pemakaian 8 tahun
kita anggap 8 tahun kedepan harga batre sudah bisa lebih murah dan asumsi rata2 mobil yang ada disini kapasitas batrenya tidak sebesar tesla yang di bahas 200jt itu.
let say dalam 8thn production cost dll turun 50% tapi tambah inflasi dll, asumsi batre nya di angka 150jt untuk tesla model S, dan 100 - 120jt untuk mobil listrik asia.
masih sedikit lebih mahal sih di hitung2 tapi sepertinya cost nya nggak jauh berbeda.
irit di depan, di tagih di belakang wkwkw.
Please CMIIW