Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
b3rez wrote: Wed Dec 15, 2021 11:39
just sharing, kebetulan abis overhaul sektor kaki2. kendaraan angl L11 MT keluaran agustus 2013, km 97000. gara2 keseringan ngelahap jalan rusak, akhirnya bunyi gluduk2, cekrek2 pas lewat polisi tidur dll muncul semua.
ya sud, ke bengkel spesialis nissan yg udah terkenal, di sunter. Antrinya naudubillah, tp puas lah ama hasilnya.
biaya (service termahal mobil ini, biasanya cuman ganti oli doang)
20211215_152704.jpg
racksteer aman, Alhamdulillah msh bisa di repair (gigi mulus). Sekalian ganti paking knalpot, bikin bunyi berdecit pas ac nyala. dulu pas masih garansi nissan 3 tahun bisa klaim gratis ini paking.
Repair Rack Steer itu diapain Om?
Apa diganti bushingnya atau digrease ulang aja?
b3rez wrote: Wed Dec 15, 2021 11:39
just sharing, kebetulan abis overhaul sektor kaki2. kendaraan angl L11 MT keluaran agustus 2013, km 97000. gara2 keseringan ngelahap jalan rusak, akhirnya bunyi gluduk2, cekrek2 pas lewat polisi tidur dll muncul semua.
ya sud, ke bengkel spesialis nissan yg udah terkenal, di sunter. Antrinya naudubillah, tp puas lah ama hasilnya.
biaya (service termahal mobil ini, biasanya cuman ganti oli doang)
20211215_152704.jpg
racksteer aman, Alhamdulillah msh bisa di repair (gigi mulus). Sekalian ganti paking knalpot, bikin bunyi berdecit pas ac nyala. dulu pas masih garansi nissan 3 tahun bisa klaim gratis ini paking.
Repair Rack Steer itu diapain Om?
Apa diganti bushingnya atau digrease ulang aja?
bushing nya diganti kayaknya, soalnya udah oblak. cuman heran juga kenapa ga ada di invoice ya bushing nya? grease ulang juga.
b3rez wrote: Wed Dec 15, 2021 11:39
just sharing, kebetulan abis overhaul sektor kaki2. kendaraan angl L11 MT keluaran agustus 2013, km 97000. gara2 keseringan ngelahap jalan rusak, akhirnya bunyi gluduk2, cekrek2 pas lewat polisi tidur dll muncul semua.
ya sud, ke bengkel spesialis nissan yg udah terkenal, di sunter. Antrinya naudubillah, tp puas lah ama hasilnya.
biaya (service termahal mobil ini, biasanya cuman ganti oli doang)
20211215_152704.jpg
racksteer aman, Alhamdulillah msh bisa di repair (gigi mulus). Sekalian ganti paking knalpot, bikin bunyi berdecit pas ac nyala. dulu pas masih garansi nissan 3 tahun bisa klaim gratis ini paking.
Repair rack steer Rp 400.000 ribu termasuk murah.
Apalagi kalau ongkos tsb termasuk ganti bushing + grease ulang.
Livina saya juga ada repair rack steer, tapi habis repair , setir nya jadi ga bisa balas sendiri kalo habis puter balik. Musti manual pake tangan. Apakah kerusakannya udah parah dan harus ganti gelondongan ?
b3rez wrote: Wed Dec 15, 2021 11:39
just sharing, kebetulan abis overhaul sektor kaki2. kendaraan angl L11 MT keluaran agustus 2013, km 97000. gara2 keseringan ngelahap jalan rusak, akhirnya bunyi gluduk2, cekrek2 pas lewat polisi tidur dll muncul semua.
ya sud, ke bengkel spesialis nissan yg udah terkenal, di sunter. Antrinya naudubillah, tp puas lah ama hasilnya.
biaya (service termahal mobil ini, biasanya cuman ganti oli doang)
20211215_152704.jpg
racksteer aman, Alhamdulillah msh bisa di repair (gigi mulus). Sekalian ganti paking knalpot, bikin bunyi berdecit pas ac nyala. dulu pas masih garansi nissan 3 tahun bisa klaim gratis ini paking.
Murah sekali repair rack steer 400rb. di bengkel lili dulu rekondisi pny mobilio, kena 1,5jt. habis repair ada yg berubah / aneh gak om?
vipere wrote: Thu Dec 16, 2021 1:12
Livina saya juga ada repair rack steer, tapi habis repair , setir nya jadi ga bisa balas sendiri kalo habis puter balik. Musti manual pake tangan. Apakah kerusakannya udah parah dan harus ganti gelondongan ?
bushing nya diganti dgn bahan PU sptnya ya? padahal nisin tersedia spare part bushing ori nya beli di beres, beda sm hondu ga ada. kl pakai ori akan bisa balas sendiri selama gigi rack n pinion nya bagus.
silakan tonton ini, the best video ttg steering rack (kebetulan ttg nisin). bushing yg sy maksud di menit 2:50
b3rez wrote: Wed Dec 15, 2021 11:39
just sharing, kebetulan abis overhaul sektor kaki2. kendaraan angl L11 MT keluaran agustus 2013, km 97000. gara2 keseringan ngelahap jalan rusak, akhirnya bunyi gluduk2, cekrek2 pas lewat polisi tidur dll muncul semua.
ya sud, ke bengkel spesialis nissan yg udah terkenal, di sunter. Antrinya naudubillah, tp puas lah ama hasilnya.
biaya (service termahal mobil ini, biasanya cuman ganti oli doang)
20211215_152704.jpg
racksteer aman, Alhamdulillah msh bisa di repair (gigi mulus). Sekalian ganti paking knalpot, bikin bunyi berdecit pas ac nyala. dulu pas masih garansi nissan 3 tahun bisa klaim gratis ini paking.
Murah sekali repair rack steer 400rb. di bengkel lili dulu rekondisi pny mobilio, kena 1,5jt. habis repair ada yg berubah / aneh gak om?
saya buat puter balik, setir msh bisa bales muter lg om. so far msh belum ada keanehan, coba nanti weeked saya coba keluar kota. sebelumnya klo dibuat jalan diatas 100 di tol cenderung ga stabil setir
vipere wrote: Thu Dec 16, 2021 1:12
Livina saya juga ada repair rack steer, tapi habis repair , setir nya jadi ga bisa balas sendiri kalo habis puter balik. Musti manual pake tangan. Apakah kerusakannya udah parah dan harus ganti gelondongan ?
bushing nya diganti dgn bahan PU sptnya ya? padahal nisin tersedia spare part bushing ori nya beli di beres, beda sm hondu ga ada. kl pakai ori akan bisa balas sendiri selama gigi rack n pinion nya bagus.
silakan tonton ini, the best video ttg steering rack (kebetulan ttg nisin). bushing yg sy maksud di menit 2:50
saya benerinnya sih di jasmin , habis dibenerin ya setir jadi gak bisa balas lagi. takutnya sih emang rack and pinion nya udah gak bagus juga kali,
soalnya mobilnya udah umur 13 tahun dan belum pernah ganti rack steer.
vipere wrote: Thu Dec 16, 2021 1:12
Livina saya juga ada repair rack steer, tapi habis repair , setir nya jadi ga bisa balas sendiri kalo habis puter balik. Musti manual pake tangan. Apakah kerusakannya udah parah dan harus ganti gelondongan ?
bushing nya diganti dgn bahan PU sptnya ya? padahal nisin tersedia spare part bushing ori nya beli di beres, beda sm hondu ga ada. kl pakai ori akan bisa balas sendiri selama gigi rack n pinion nya bagus.
silakan tonton ini, the best video ttg steering rack (kebetulan ttg nisin). bushing yg sy maksud di menit 2:50
Mbah shifu...cara ngecek rack steer sdh oblak apa blm begimana ya yg mudah tanpa perlu melepas Rack Steer?
saya benerinnya sih di jasmin , habis dibenerin ya setir jadi gak bisa balas lagi. takutnya sih emang rack and pinion nya udah gak bagus juga kali,
soalnya mobilnya udah umur 13 tahun dan belum pernah ganti rack steer.
Sebenernya kl karet boot ngga rusak dan grease ngga habis ya msh aman sich Om.
Kl setir ngga bisa bales lagi mungkin bushingnya bukan pake ORI.
Bushing ORI nya murah kok di Beres cuma ongkos pasangnya gileeee disana....
saya benerinnya sih di jasmin , habis dibenerin ya setir jadi gak bisa balas lagi. takutnya sih emang rack and pinion nya udah gak bagus juga kali,
soalnya mobilnya udah umur 13 tahun dan belum pernah ganti rack steer.
Sebenernya kl karet boot ngga rusak dan grease ngga habis ya msh aman sich Om.
Kl setir ngga bisa bales lagi mungkin bushingnya bukan pake ORI.
Bushing ORI nya murah kok di Beres cuma ongkos pasangnya gileeee disana....
saya benerinnya sih di jasmin , habis dibenerin ya setir jadi gak bisa balas lagi. takutnya sih emang rack and pinion nya udah gak bagus juga kali,
soalnya mobilnya udah umur 13 tahun dan belum pernah ganti rack steer.
Sebenernya kl karet boot ngga rusak dan grease ngga habis ya msh aman sich Om.
Kl setir ngga bisa bales lagi mungkin bushingnya bukan pake ORI.
Bushing ORI nya murah kok di Beres cuma ongkos pasangnya gileeee disana....
jadi baiknya gimana, suhu ? bawa ke beres aja ?
Kl saya sich ke mbah 69 tapi krn kl sdh turun rack steer sekalian turun member jd mesti sekalian ganti bushing cross member.
Nah sayangnya mbah 69 kagak ada alat press bushingnya...
Jd ya ntar tunggu promo di beres aja.
Kl di sapisialis itu ngencengin bautnya ngga kira2 ntar pake impact semua
vipere wrote: Thu Dec 16, 2021 1:12
Livina saya juga ada repair rack steer, tapi habis repair , setir nya jadi ga bisa balas sendiri kalo habis puter balik. Musti manual pake tangan. Apakah kerusakannya udah parah dan harus ganti gelondongan ?
bushing nya diganti dgn bahan PU sptnya ya? padahal nisin tersedia spare part bushing ori nya beli di beres, beda sm hondu ga ada. kl pakai ori akan bisa balas sendiri selama gigi rack n pinion nya bagus.
silakan tonton ini, the best video ttg steering rack (kebetulan ttg nisin). bushing yg sy maksud di menit 2:50
Mbah shifu...cara ngecek rack steer sdh oblak apa blm begimana ya yg mudah tanpa perlu melepas Rack Steer?
Menurut nubi yg sotoy ini, coba lepas tie rod , trus pukul2 dikit pake tangan rack endnya. Kalo ada bunyi duk2 brti bushing dah oblak parah
saya benerinnya sih di jasmin , habis dibenerin ya setir jadi gak bisa balas lagi. takutnya sih emang rack and pinion nya udah gak bagus juga kali,
soalnya mobilnya udah umur 13 tahun dan belum pernah ganti rack steer.
Sebenernya kl karet boot ngga rusak dan grease ngga habis ya msh aman sich Om.
Kl setir ngga bisa bales lagi mungkin bushingnya bukan pake ORI.
Bushing ORI nya murah kok di Beres cuma ongkos pasangnya gileeee disana....
Greenhunter wrote: Thu Dec 16, 2021 13:10
Tanya dong, untuk old GL, yang L10 oli maticnya apakah harus nissan matic D atau bisa ganti dexron lll merk lain ?
btw sy lagi mempertimbangkan L11, tapi hanya 1 yg jadi ganjalan, yaitu soal GC yg di spek cuma 185mm dan itupun bagian belakang gampang ambles kalau ada penumpang.
berhubung dari dulu ngidam sama L11 CVT tapi rada risih liat jalanan dekat rumah yg sering banjir, jadi tercoret terus.
tapi belakangan sempat browsing ternyata banyak yg meninggikan bodi GL dgn cara ganti velg, ganjal per, atau pasang damper. banyak yg rekomen kalau ganjal per belakang 2-3cm dan pasang damper di per depan, shock standar saja.
apakah aman untuk shock aslinya kalau per belakang diganjal sampe 3cm? karena pasti shock lebih extend dari biasanya.
direkomen begitu supaya keempukan tidak berubah, tapi pasti lebih limbung krn lebih tinggi. jadi terpikir kalau ganjalnya 1-2cm saja tapi per belakang diberi damper, supaya tetap dapet tingginya tapi bodyroll tidak terlalu parah.
r1409 wrote: Sun Dec 19, 2021 3:13
btw sy lagi mempertimbangkan L11, tapi hanya 1 yg jadi ganjalan, yaitu soal GC yg di spek cuma 185mm dan itupun bagian belakang gampang ambles kalau ada penumpang.
berhubung dari dulu ngidam sama L11 CVT tapi rada risih liat jalanan dekat rumah yg sering banjir, jadi tercoret terus.
tapi belakangan sempat browsing ternyata banyak yg meninggikan bodi GL dgn cara ganti velg, ganjal per, atau pasang damper. banyak yg rekomen kalau ganjal per belakang 2-3cm dan pasang damper di per depan, shock standar saja.
apakah aman untuk shock aslinya kalau per belakang diganjal sampe 3cm? karena pasti shock lebih extend dari biasanya.
direkomen begitu supaya keempukan tidak berubah, tapi pasti lebih limbung krn lebih tinggi. jadi terpikir kalau ganjalnya 1-2cm saja tapi per belakang diberi damper, supaya tetap dapet tingginya tapi bodyroll tidak terlalu parah.
apakah ada yg pengalaman meninggikan bodi GL?
Tinggalnya dikota apa om ? Selama masih di pulau jawa saya rasa tidak ada masalah dengan ground clearance grand livina. Selama saya gak pernah gasruk, beban penuh juga gak masalah. Bahkan kakak saya tinggal di karesidenan madiun punya masda 2 yang ground clearance hanya 152 mm aja gak ada issue gesrot gasruk dll. Livina saya waktu ganti ban ukurannya dinaikkan 195/65/R15, kurang lebih naik sktr 6mm dari standar, sudah cukup
r1409 wrote: Sun Dec 19, 2021 3:13
btw sy lagi mempertimbangkan L11, tapi hanya 1 yg jadi ganjalan, yaitu soal GC yg di spek cuma 185mm dan itupun bagian belakang gampang ambles kalau ada penumpang.
berhubung dari dulu ngidam sama L11 CVT tapi rada risih liat jalanan dekat rumah yg sering banjir, jadi tercoret terus.
tapi belakangan sempat browsing ternyata banyak yg meninggikan bodi GL dgn cara ganti velg, ganjal per, atau pasang damper. banyak yg rekomen kalau ganjal per belakang 2-3cm dan pasang damper di per depan, shock standar saja.
apakah aman untuk shock aslinya kalau per belakang diganjal sampe 3cm? karena pasti shock lebih extend dari biasanya.
direkomen begitu supaya keempukan tidak berubah, tapi pasti lebih limbung krn lebih tinggi. jadi terpikir kalau ganjalnya 1-2cm saja tapi per belakang diberi damper, supaya tetap dapet tingginya tapi bodyroll tidak terlalu parah.
apakah ada yg pengalaman meninggikan bodi GL?
Yg biasa dilakukan sich cuma spy ngga amblas waktu full muatan. Itu per belakang yg ada karet support per nya diganti pakai pny xtrail. Efeknya ngga amblas. Kl mau naikkan GC sich ya bisa ganti profil ban pake yg 195/65 R15 aja. Kl pake damper memang bisa lbh tinggi tp efeknya ya akan lbh keras bantingan dan sedikit limbung kl diajak high speed cornering
Btw krn sdh niat ambil L11, harap dicermati banget kl ambil yg CVT type. Krn sdh umum sich CVT Jatco yg dipakai Nissan ngga sekuat CVT buatan Aisin dan ngga hanya di Livina tp.juga di Xtrail dan Serena plus Juke. Jadi mesti cari yg history CVT nya dirawat dgn baik kaya Om Herman tuch yg CVT nya awet sdh 7 tahun odo 100 rb km no issue. Selain krn perawatan jg faktor jalan yg lancar jd buat CVT lbh ringan kerjanya