biznatch wrote: Sun Dec 12, 2021 10:36
Kemaren saya ganti juga ke LED phillips tapi masih kurang puas, jauh kalo dibandingin sama LED bawaan rush. Kalo idle up saya juga ngalamin, tapi solved di service pertama langsung diupdate oleh beres.
Sekarang lagi gak pake mobil, om. kebetulan lagi ambil S2 di LN. rencananya sih pas pulang tahun depan mau ambil new hrv kalo masih di bawah 400jt. tapi kalo udah di atas 400 sekalian ambil crv turbo atau dakar aja. boleh tau review kenyamanan crv turbonya kalo dibandingin xpander, om? soalnya salah satu poin yang puas banget pake xpander ya nyaman dan leganya buat keluarga di baris belakang.
kalo kenyamanan ya jelas jauh lebih nyaman crv turbo om daripada xpander, karena kelas juga ga bohong, tapi minusnya crv turbo dibanding xpander ya ada di road noisenya, lebih kedap xpander yg harganya jauh lebih murah hehehe, kebetulan punya saya yg PFL tahun 2019. kalo buat saya pribadi, kebetulan udh pernah nyobain semua LMPV, sm pernah miara avanza dan xpander juga, kenyamanan xpander bukan yg terbaik dikelasnya (ditengah2 lah, dibilang empuk gak terlalu, tapi dibilang keras bgt sampe mental mentul gak nyaman ya enggak juga hehehe) , pengalaman 3 tahun make bantingannya agak keras ya, walaupun gak sekeras avanza or mobilio, tapi buat saya pribadi, ertiga dan livina tetep yg terbaik dikelasnya kalo soal kenyamanan , tapi kalo lega ya memang salah 1 yg paling lega dikelasnya, terutama di row 2 dan row 3 nya yg lega + storagenya juga cukup banyak hehehe
biznatch wrote: Sun Dec 12, 2021 10:51
Yes betul bgt om. saya tipe orang yang sebelum beli barang hitung2anya panjang bgt. pengen rasanya nerapin tips personal finance orang2 luar negeri yang selalu beli mobil seken biar gak rugi depresiasi. tapi setelah itung2,
depresiasi mobil di indo lumayan kecil. suv model pajero/fortuner/crv cuma sekitar 8% per tahun, sementara mobil menengah mainstream macem avanza/xpander/hrv di sekitar 10% pertahun (patokan harga jual ke dealer mobkas, kalo jual ke user nilainya lebih kecil lagi). Dengan depresiasi segitu, jelas lebih logis beli mobil baru.
setuju om, apalagi buat merek mainstream, kaya Toyodai, H tegak, mitsu atau sijuki. depresiasinya lumayan kecil, apalagi di daerah masih lumayan banyak peminatnya hehehe. kalo berdasarkan pengamatan sotoy saya, depresiasi pajero/ fortuner / innova apalagi yg diesel malah cuma sekitar 6-7 % malah per tahunnya

, kalo HRV atau CRV memang iya di kisaran 8-10% per tahun. cuma kalo avanza or xpander kayanya gasampe 10 % ya, pengalaman saya jual avanza dan xpander, depresiasinya malah sekitaran 7-8% aja dari harga barunya, apalagi avanza, harga sekennya sampe sekarang masih cukup nahan dan stabil walaupun gen barunya udh keluar menurut pengamatan sotoy saya karena peminatnya di luar jakarta masih cukup banyak hehehe