Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
halo
terbesit keinginan beli mobil dari jp . setelah melihat lamanya inden berbagai merk disni, dan belum lagi harga yg makin overprice..
bermodal laptop dan waktu luang w searching2 web eksportir mobil dr jp, ya mmg banyak tp yg ini terlihat cukup terpercaya (toh ya term of payment sebisa mungkin LC)
ss web japan.png
dan setelah mengunjungi web bea cukai yg memiliki skema memasukkan mobil
so w ingin sedikit buka topik dgn bbrp opening, barangkali ada members sini yg pengalaman baik direct maupun kawan /kerabat pernah.. bole dong share disiini gmn scene nya
yaa sebenernya bisa si pake IU tp buka harga nya juga udah kagak masuk. toh kita juga udah tau harga di JP include shipping nya masuk brp
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.
Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini
12HIS wrote: Sun Dec 12, 2021 10:18
Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.
Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini
Klo ga salah impor harus oleh importir yang udah terdaftar. Makanya IU berani ngambil margin gede soalnya tau ga sembarang orang bisa masukin mobil kesini
Saya juga nitip sendal, moga diskusinya bisa jadi panjang.
kayaknya gak bakal sepadan sama pusingnya. saya sih nungguin paket tokoped aja masih suka kesel sama expedisinya, apalagi ini mobil. Belum ditambah berurusan dengan bea cukai yang begitulah....
Setau saya harus punya surat ijin import. Kemarin teman beli part2 mobil beberapa kali di jepang aja saat ini pengiriman terakhirnya ditahan di custom, trus diminta surat ijin import. Entah kenapa mungkin sudah brp kali kirim jadi disangka pedagang kali. Kalo masukin mah pasti jauh lebih rumit.
mhn maaf ikut nimbrung om, setau ane menurut info temen yg konsultan pajak, impor mobil bekas CBU (used car) oleh orang perseroan gan bukannya msh dilarang ya oleh peraturan Kemenkeu dan Kemendag kecuali CBU new car ato impor bekas ckd #cmiiw
12HIS wrote: Sun Dec 12, 2021 10:18
Yang belum terjawab selama ini impor mobil dari luar itu harus an PT atau bisa perorangan (?). Kalau liat case di Japan banyak sekali perorangan yg beli disana langsung buat dibawa ke negara asal, khususnya Amerika utara.
Menarik juga thread nya. Numpang nitip sendal disini
Klo ga salah impor harus oleh importir yang udah terdaftar. Makanya IU berani ngambil margin gede soalnya tau ga sembarang orang bisa masukin mobil kesini
Saya juga nitip sendal, moga diskusinya bisa jadi panjang.
Hm pantesan G63 ATPM sama versi IU beda 2 eM lebih
Matur nuwun um
1203L wrote: Sun Dec 12, 2021 12:38
mhn maaf ikut nimbrung om, setau ane menurut info temen yg konsultan pajak, impor mobil bekas CBU (used car) oleh orang perseroan gan bukannya msh dilarang ya oleh peraturan Kemenkeu dan Kemendag kecuali CBU new car ato impor bekas ckd #cmiiw
Setau saya juga begitu
Plus kalau masukin mobil harus ada uji tipe juga di kementerian perhubungan
Ngga tau deh klo bisa pake ijin yg dah diurus ATPM apan ngga
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
silentIm2 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:29
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
silentIm2 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:29
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
silentIm2 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:29
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
silentIm2 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:29
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
Iya memang … minimal sekelas alpina B5 estate baru berasa worth wkwkwk
Tapi kg bisa perorangan ya mau ga mau lewat perusahaan yg terdaftar .. dalam hal ini IU ..
silentIm2 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:29
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
Iya memang … minimal sekelas alpina B5 estate baru berasa worth wkwkwk
Tapi kg bisa perorangan ya mau ga mau lewat perusahaan yg terdaftar .. dalam hal ini IU ..
Coba skarang bikin thread cara jadi IU gimana?
waduhh klo sy mah masih jauh dr impor mobil, paling2 belanja dari aliexpress
silentIm2 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:29
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
sepertinya begitu om
toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill
kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.
civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali
org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja
silentIm2 wrote: Mon Dec 13, 2021 1:29
Kebetulan tau dikit mengenai impor. Untuk kendaraan, prosesnya panjang gan. Dan Indonesia ga boleh impor mobil bekas, auto reject dan harus direekspor. untuk barang di atas CIF (cost, insurance, freight) 1500 USD itu wajib PIB, artinya wajib NPWP dan NIB (pribadi ga boleh, usaha yg izinnya bergerak di bidang terkait baru boleh). Setelah bayar PPN, PPNBM, bea masuk, diajukan form A ke bea cukai. Setelah itu kalo mobilnya cuma dipakai off the road ini sudah bisa dipake.
Nah, untuk agar bisa dapat plat nomor, mobil ini harus dibuatkan SUT ( sertifikat uji tipe) dan SRUT(sertifikat registrasi uji tipe) di dirjen perhubungan darat. SUT itu dibuat sekali per tipe kendaraan per perusahaan pemohon. SRUT itu dibuat berdasarkan SUT, dibuat tiap kendaraan masuk. Biaya SUT itu mahal, sekitar 75 - 100 juta. SRUT dan SUT dan form A itu didaftarkan di polda dan SAMSAT, bayar BBN1 baru dapat BPKB dan plat nomor.
Sip bgt ini infonya, dan ruwet amat prosesnya
Kl mobil nya ga spesial2 amat ga worth buat impor sendiri rasanya
sepertinya begitu om
toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill
kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.
civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali
org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja
ini jg termasuk yg maksud sy klo ngga spesial2 amat mobil nya sayang bgt beli dari IU..
darrelund wrote: Mon Dec 13, 2021 7:07
sepertinya begitu om
toh kan klo IU dia ngambil harga pasar & sudah termasuk margin perusahaan merk mobil, ditambah pajak bea masuk + margin buat IU, makanya mihill
kan klo ATPM bisa aja dapet harga yg lebih murah karena langsung ambil dari pabrik/ dikasih harga khusus ATPM dari merk mobilnya.
civic turbo dengan spek yg sama klo ATPM sini 560, ambil dari IU bisa 700-800 kali
org waktu itu aja IU masukin CHR 1.2T AWD dijual 850jt, di jepangnya 300jtan aja
intinya, udh pada tau sekarang kenapa harga mobil di sini tuh ngeri-ngeri kan
CBU kena pajak berlapis
CKD gak semua komponennya local content, yang local content pun itu juga bahan baku nya impor. klo cuma produksi besi besi doang sih pabrik lokal udah banyak, tp bahan baku ya impor.
makanya diskon ppnbm sih sebenernya agak gak signifikan pengaruhnya ke harga. cuma memperlambat inflasi harga nya aja.
Kalo cuma sekedar pajak dan bea masuk itu mungkin mudah.
Jangan lupa masih ada uji SUT dan SRUT, sebagai syarat untuk mengurus BPKB dan STNK.
Kalo ga salah dulu ada lelang Subaru yang belum ada BPKB dan STNK juga mentok karena ga ada SUT dan SRUT.
Mohon maaf saya salah quote mengenai uji tipe, ini tarif uji tipe menurut website BPLJSKB (balai pengujian laik jalan dan sertifikasi kendaraan bermotor). Websitenya down terus, jadi dapet dari google cache.
Jenis Uji mobil bensin/diesel
Uji Rem 1.970.000/1.970.000
Uji Lampu Utama 1.050.000/1.050.000
Uji Speedometer 1.900.000/1.900.000
Pemeriksaan Konstruksi 1.850.000/1.850.000
Uji Klakson 900.000/900.000
Pengukuran Berat Kendaraan 870.000/870.000
Pengukuran Dimensi 685.000/685.000
Uji CO-HC 1.300.000/1.800.000
Uji Emisi Gas Buang EURO 2 13.250.000/14.250.000
Total biaya uji mobil bensin/diesel 23.325.000/26.825.000
Di uji tipe pun yg pasti akan dicek sesuai ga dengan undang undang dan peraturan menteri di Indonesia. Pastikan bannya SNI, kalo masih ban luar yg tidak ada logo SNI lebih baik diganti ban lokal. APAR, P3K, segitiga darurat, wajib ada. Untungnya sih di Indonesia syarat safety minimal sekali, ga ada kewajiban sertifikat NCAP misalnya, dan emisi hanya euro 2. Setelah lulus, dapat SUT, yg lalu dipakai untuk menerbitkan SRUT di balai uji masing2 daerah.
saya belum pernah sih kalo ngurus SUT, tapi kira2 gitu gambarannya.
Nah itu bicara mobil di jalan. Tapi kalo bicara fun toy off the road, kayak dirt bike misalnya.. prosesnya ya cukup sampe bea cukai saja selesai. Ga perlu uji tipe.
Liat beberapa relasi yg pernah masukin mobil baru maupun 2ndhand dari luar. Semua balik lagi ke "wani piro?" dan "orang dalam"
Pernah ngurus mobil Form A aja bertahun tahun kaga tembus (padahal dokumen lengkap, dok import dari port, release dari pt terkait, dll) dan pas mau ditarik dokumennya berbelit berminggu-minggu. Giliran dijual ke "orang yang tepat", dia kontak ke instansi terkait, 2 hari kemudian langsung keluar itu dokumen.