Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
evanbngdor wrote: Mon Dec 06, 2021 9:35
1 ml? Berarti itu margarine dilelehin dulu ya supaya bisa ketakar per ml nya. Kalo msh beku/padat kan ngga jelas jdnya berapa banyak.
Kalo berkenan boleh fotoin tangki bahan bakar motornya kah Om? Harusnya keliatan sih kalau ada endapan atau ngga itu margarine. Tangki motor kan jauh lebih mudah ngeliatnya dibanding mobil.
Secara pemakaian, udah berapa lama / berapa km pakai margarine sebagai aditif itu Om? Ada efek lain yg timbul kah?
tinggal dikira kira.
Pernah merekam dalaman tangki setelah ditambahi margarin tapi sudah lupa video yang mana. Sampai sekarang nggak kelihatan ada endapan. Kalau butuh, nanti saya rekamkan. margarin itu larut ke bensin. Mungkin butuh semalaman kalau botolnya didiamkan. Atau malam diberi, pagi nggak kelihatan lagi, tanpa meninggalkan bekas.
Yang perlu jadi catatan adalah tutup tangki saya karatan. Tapi saya yakin sekali ini gara gara pakai aditif bensin yang namanya power racing fuel additive. Saya curiga aditif minyak atsiri itu bisa bikin karat. apalagi setelah diuji coba dengan bensin yang airnya, airnya jadi bereaksi dengan PRF turbo ataupun cleanoz.
Saat itu tidak pakai margarin sama sekali. Dan saya pakai margarin pertama kali sudah beberapa bulan sebelumnya.
Video aditif cleanoz dan prf turbo bereaksi dengan air di bensin:
Saya sekarang sedang uji coba banyak merek oli, jadi nggak pakai margarin atau minyak goreng. Yang pakai terusan ada, nggak ada keluhan, katanya tarikan jadi makin enak.
evanbngdor wrote: Mon Dec 06, 2021 9:35
1 ml? Berarti itu margarine dilelehin dulu ya supaya bisa ketakar per ml nya. Kalo msh beku/padat kan ngga jelas jdnya berapa banyak.
Kalo berkenan boleh fotoin tangki bahan bakar motornya kah Om? Harusnya keliatan sih kalau ada endapan atau ngga itu margarine. Tangki motor kan jauh lebih mudah ngeliatnya dibanding mobil.
Secara pemakaian, udah berapa lama / berapa km pakai margarine sebagai aditif itu Om? Ada efek lain yg timbul kah?
tinggal dikira kira.
Pernah merekam dalaman tangki setelah ditambahi margarin tapi sudah lupa video yang mana. Sampai sekarang nggak kelihatan ada endapan. Kalau butuh, nanti saya rekamkan. margarin itu larut ke bensin. Mungkin butuh semalaman kalau botolnya didiamkan. Atau malam diberi, pagi nggak kelihatan lagi, tanpa meninggalkan bekas.
Yang perlu jadi catatan adalah tutup tangki saya karatan. Tapi saya yakin sekali ini gara gara pakai aditif bensin yang namanya power racing fuel additive. Saya curiga aditif minyak atsiri itu bisa bikin karat. apalagi setelah diuji coba dengan bensin yang airnya, airnya jadi bereaksi dengan PRF turbo ataupun cleanoz.
Saat itu tidak pakai margarin sama sekali. Dan saya pakai margarin pertama kali sudah beberapa bulan sebelumnya.
Video aditif cleanoz dan prf turbo bereaksi dengan air di bensin:
Saya sekarang sedang uji coba banyak merek oli, jadi nggak pakai margarin atau minyak goreng. Yang pakai terusan ada, nggak ada keluhan, katanya tarikan jadi makin enak.
Sorry tanpa ada maksud apapun, tp memang leher tangki nya NMAX itu rawan karat Om. Kebetulan saya jg ada Nmax, dan tiap kali isi bensin atau cuci itu harus dibersihkan banget.
Beberapa temen yg pake NMAX dan ngga pake aditif apapun jg berkarat kayak gitu kok. Wajar itu apalagi kalo sering tumpah2 pas isi bensin dan motornya sering kehujanan&kejemur.
Jd opini saya sih itu karat bukan karena aditif. Kalau memang karat karena aditif harusnya seluruh bagian tangki nya karatan, bukan bagian atasnya aja. Itu juga karat di bagian yang tertutup sama tutup tangki nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Sonzz wrote: Wed Dec 08, 2021 19:06
Baru tau pula, ada aditif seperti ini.
Apakah efektif, atau percuma?
Seberapa efektifnya susah dinilai kecuali dibuka ya om.
Saya pernah beberapa kali pake bluechem catalytic converter cleaner. Pake 2x dengan dikasih jeda 3 bulan sih sukses bikin bau keluaran knalpot mobil saya ga bau lagi.
Ps: semenjak uji emisi, si bluechem naik harga 20%, edan ..
evanbngdor wrote: Tue Dec 07, 2021 6:51
Sorry tanpa ada maksud apapun, tp memang leher tangki nya NMAX itu rawan karat Om. Kebetulan saya jg ada Nmax, dan tiap kali isi bensin atau cuci itu harus dibersihkan banget.
Beberapa temen yg pake NMAX dan ngga pake aditif apapun jg berkarat kayak gitu kok. Wajar itu apalagi kalo sering tumpah2 pas isi bensin dan motornya sering kehujanan&kejemur.
Jd opini saya sih itu karat bukan karena aditif. Kalau memang karat karena aditif harusnya seluruh bagian tangki nya karatan, bukan bagian atasnya aja. Itu juga karat di bagian yang tertutup sama tutup tangki nya
Enggak juga sih, sebelum pakai PRF turbo, pemakaian sudah setahun. Sering kena hujan, tutup tangki bersih bebas karat bagian dalamannya. Cuma di bagian yang kena karet saja, itu pun sangat sedikit. Setelah pakai PRF langsung parah. Nggak sampai seminggu.
evanbngdor wrote: Tue Dec 07, 2021 6:51
Sorry tanpa ada maksud apapun, tp memang leher tangki nya NMAX itu rawan karat Om. Kebetulan saya jg ada Nmax, dan tiap kali isi bensin atau cuci itu harus dibersihkan banget.
Beberapa temen yg pake NMAX dan ngga pake aditif apapun jg berkarat kayak gitu kok. Wajar itu apalagi kalo sering tumpah2 pas isi bensin dan motornya sering kehujanan&kejemur.
Jd opini saya sih itu karat bukan karena aditif. Kalau memang karat karena aditif harusnya seluruh bagian tangki nya karatan, bukan bagian atasnya aja. Itu juga karat di bagian yang tertutup sama tutup tangki nya
Enggak juga sih, sebelum pakai PRF turbo, pemakaian sudah setahun. Sering kena hujan, tutup tangki bersih bebas karat bagian dalamannya. Cuma di bagian yang kena karet saja, itu pun sangat sedikit. Setelah pakai PRF langsung parah. Nggak sampai seminggu.
Karatnya hanya di tutup tangki kan? Bukan sekujur body dalem tangki nya kan? Kalo menurut saya itu memang udah problem NMAX. Di komunitas jg banyak yg ngebahas itu.
Menurut saya sih itu karena tumpahan aditif nya juga yang tidak langsung dilap, kalau tumpahan bensin kan cepat menguap, otomatis risiko terjadinya karat lebih sedikit.
Udah coba tuang PRF ke material serupa? Apakah karat juga?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Fri Dec 10, 2021 1:15
Karatnya hanya di tutup tangki kan? Bukan sekujur body dalem tangki nya kan? Kalo menurut saya itu memang udah problem NMAX. Di komunitas jg banyak yg ngebahas itu.
Menurut saya sih itu karena tumpahan aditif nya juga yang tidak langsung dilap, kalau tumpahan bensin kan cepat menguap, otomatis risiko terjadinya karat lebih sedikit.
Udah coba tuang PRF ke material serupa? Apakah karat juga?
perlu jadi catatan bahwa saya anti bensin pertalite.
Saat menuang aditif, saya usahakan langsung kena bensinnya. Jadi saya yakin sekali tidak kena bibir tangki. Saya juga pegangnya selalu tangan kanan baik untuk buka tutup atau menuangnya. Tangan saya tidak pernah menyentuh bibir tangki. Lagian yang karatan itu bagian dalaman.
Sebelum pakai PRF:
pencegah-karat2.jpg
Sesudah pakai PRF:
karat-pada-tangki1.jpg
Tadi waktu isi bensin saya amati, sepertinya sudah tidak karatan lagi, padahal saya akhir akhir ini masih campuran margarin lagi karena sedang pakai oli jelek merek Adnoc dan PTT. Sudah beberapa bulan bebas dari PRF ataupun cleanoz.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra wrote:Redline CFSC, yg kiri kemasan baru
Mbah saya kemarin pertama kali pake ini, saya isi 1 botol full pertamax kurleb 50lt.
Nah cara pakai selanjutnya nanti setelah 5000km atau setelah pengisian pertama ini habis langsung isi setengah botol redline dengan bensin full? Haturnuhun [emoji106][emoji106][emoji106]
evanbngdor wrote: Fri Dec 10, 2021 1:15
Karatnya hanya di tutup tangki kan? Bukan sekujur body dalem tangki nya kan? Kalo menurut saya itu memang udah problem NMAX. Di komunitas jg banyak yg ngebahas itu.
Menurut saya sih itu karena tumpahan aditif nya juga yang tidak langsung dilap, kalau tumpahan bensin kan cepat menguap, otomatis risiko terjadinya karat lebih sedikit.
Udah coba tuang PRF ke material serupa? Apakah karat juga?
perlu jadi catatan bahwa saya anti bensin pertalite.
Saat menuang aditif, saya usahakan langsung kena bensinnya. Jadi saya yakin sekali tidak kena bibir tangki. Saya juga pegangnya selalu tangan kanan baik untuk buka tutup atau menuangnya. Tangan saya tidak pernah menyentuh bibir tangki. Lagian yang karatan itu bagian dalaman.
Sebelum pakai PRF:
pencegah-karat2.jpg
Sesudah pakai PRF:
karat-pada-tangki1.jpg
Tadi waktu isi bensin saya amati, sepertinya sudah tidak karatan lagi, padahal saya akhir akhir ini masih campuran margarin lagi karena sedang pakai oli jelek merek Adnoc dan PTT. Sudah beberapa bulan bebas dari PRF ataupun cleanoz.
Sepertinya bukan masalah pertalite pertamax atau bahkan premium deh Om. Di komunitas mau pake bensin apapun tetep ada potensi karat. Saya pake Vpower pun ada karat jg meskipun tipis yg dilap pake tisu pun hilang.
Makanya itu saya tanya, apakah bagian dalam tangki jg karatan? Kalau aditifnya yg bermasalah harusnya seluruh bagian berkarat. Karena di dokumentasi si Om itu yg kelihatan cuma mulut nya saja. Logika nya kalau om pakai aditif PRF, nuangnya jg bukan ke bagian bibir situ kan? Atau sengaja nuangnya mepet-mepet bibir tangki?
Kalau mau pengujian yang lebih objektif ya coba tuang langsung aditif PRF itu ke material serupa, menjadi karatan atau ngga? Atau coba pakai PRF tuang ke tangki dan nuangnya pakai corong supaya ngga terkena bibir tangki nya. Masih karat juga atau ngga. Kalau perlu coba ganti tutup tangki nya.
Suryaputra wrote:Redline CFSC, yg kiri kemasan baru
Mbah saya kemarin pertama kali pake ini, saya isi 1 botol full pertamax kurleb 50lt.
Nah cara pakai selanjutnya nanti setelah 5000km atau setelah pengisian pertama ini habis langsung isi setengah botol redline dengan bensin full? Haturnuhun [emoji106][emoji106][emoji106]
Di saya.. Dosis maintenance 1-2ml per 1 liter pertamax.
Jd klo isi 50 liter, ya 50-100 ml udh baguss mbah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote:Redline CFSC, yg kiri kemasan baru
Mbah saya kemarin pertama kali pake ini, saya isi 1 botol full pertamax kurleb 50lt.
Nah cara pakai selanjutnya nanti setelah 5000km atau setelah pengisian pertama ini habis langsung isi setengah botol redline dengan bensin full? Haturnuhun [emoji106][emoji106][emoji106]
Di saya.. Dosis maintenance 1-2ml per 1 liter pertamax.
Jd klo isi 50 liter, ya 50-100 ml udh baguss mbah.
Oh berarti beda ya oms sama instruksi yg dibotolnya kalo di si oms mah. Haturnuhun oms [emoji16][emoji16][emoji16]
sucahyo wrote: Fri Dec 10, 2021 9:02
perlu jadi catatan bahwa saya anti bensin pertalite.
Saat menuang aditif, saya usahakan langsung kena bensinnya. Jadi saya yakin sekali tidak kena bibir tangki. Saya juga pegangnya selalu tangan kanan baik untuk buka tutup atau menuangnya. Tangan saya tidak pernah menyentuh bibir tangki. Lagian yang karatan itu bagian dalaman.
Sebelum pakai PRF:
pencegah-karat2.jpg
Sesudah pakai PRF:
karat-pada-tangki1.jpg
Tadi waktu isi bensin saya amati, sepertinya sudah tidak karatan lagi, padahal saya akhir akhir ini masih campuran margarin lagi karena sedang pakai oli jelek merek Adnoc dan PTT. Sudah beberapa bulan bebas dari PRF ataupun cleanoz.
siap dicatat. anti pertalite, hanya pakai premium ron 88 saja?
siap dicatat juga, pegang pakai tangan kanan.
jadi lebih berkah atau bagaimana? pamali kalo pakai tangan kiri yang biasa buat cebok? kalau orangnya kidal bagaimana? jadi nggak berkah ya?
sucahyo wrote: Fri Dec 10, 2021 9:02
perlu jadi catatan bahwa saya anti bensin pertalite.
Saat menuang aditif, saya usahakan langsung kena bensinnya. Jadi saya yakin sekali tidak kena bibir tangki. Saya juga pegangnya selalu tangan kanan baik untuk buka tutup atau menuangnya. Tangan saya tidak pernah menyentuh bibir tangki. Lagian yang karatan itu bagian dalaman.
Sebelum pakai PRF:
pencegah-karat2.jpg
Sesudah pakai PRF:
karat-pada-tangki1.jpg
Tadi waktu isi bensin saya amati, sepertinya sudah tidak karatan lagi, padahal saya akhir akhir ini masih campuran margarin lagi karena sedang pakai oli jelek merek Adnoc dan PTT. Sudah beberapa bulan bebas dari PRF ataupun cleanoz.
siap dicatat. anti pertalite, hanya pakai premium ron 88 saja?
siap dicatat juga, pegang pakai tangan kanan.
jadi lebih berkah atau bagaimana? pamali kalo pakai tangan kiri yang biasa buat cebok? kalau orangnya kidal bagaimana? jadi nggak berkah ya?