mesti di-coding juga sepertinya. temen ada yang pake x1 2017 juga sama. harga aki di luaran murah, tapi mesti di-coding dulu, katanya si bisa tetep nyala tapi ya seperti biasa ada warning light soal aki.whitehorse4 wrote: Mon Dec 06, 2021 7:00 i see om, thanks infonya..
setelah iseng nyari ada juga yang 4-5 juta alias setengahnya, tulisannya sih AGM juga. apa asal AGM cocok? masih awam soal aki bmw..
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... 0501-105ah
https://www.tokopedia.com/tokoaki/aki-b ... 501?whid=0
edit:
kata seller, ukuran yg 105ah ga muat ditaro f30, jadi bisa pake 95Ah di https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... 59501-95ah
Review BMW 320i F30 2016
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Review BMW 320i F30 2016
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Review BMW 320i F30 2016
Saya juga selalu matiin start stopnya om baik lg pakai ini atau mazda. Agak ga demen aja mobil nyala mati di lampu merah.farizfsa wrote: Mon Dec 06, 2021 5:35 bmw f series by default fitur nya agak aneh
- beberapa ga auto fold spion kalau ngunci
- kaca ga bisa turun naik auto kalo pintu lg buka
- sensitifitas auto lamp sama wiper agak2 aneh
- easy entry jok setir ga di aktifin
tp semua bisa diatas di solve dengan coding. saya sih matiin auto start stop nya, aki awet, alternator awet, motor starter awet.
coding ga sampe 2 juta, lebih baik preventif drpd cost besar nantinya.
saya jg mau pasang carplay maju mundur, soalnya bluetooth audio nya bmw udah lumayan seamless.
Coding yg preventif itu fitur yg mana yg diaktifin ya om? Yg start stopnya mati by default kalo mobil dinyalakan?
Carplay lebih karena mo pake gmaps sih om, lebih familiar selama ini pake gmaps. kayanya lebih mudah dipakai juga dibanding maps bmwnya dan yg pasti selalu update secara gratis.
whitehorse4 wrote: Mon Dec 06, 2021 5:43 akinya f30 apa ndak bisa pakai merk varta om? harganya kalo gak salah 4-5 jutaan, ada 95Ah dan 105Ah
saya aki pake bosch agm, spesialis biasa jual agm kok, 5 jtan, termasuk coding. pake varta juga bisa yg agm, agak mahalan dikit.
kalo ga di coding nanti bacanya masih low. dan bs ngerembet ke elektrikal lain, bacanya fault. abs coding register, fault nya hilang semua karena udh ga baca under voltage lagi. kalo di f10 lumayan banyak bongkarnya padahal cuma ganti aki di bagasi bagian tengah.
kalo di coding menurut saya yg bisa di prevent
wear pencetan lipet spion, start stop engine dari nyala udah off. tombol2 mbl eropa sekarang kalo sering2 kena tangan pencet2 apalagi pake kuku gampang rusak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Review BMW 320i F30 2016
perna pake f30 2019 shadow ed.
beda di velq yg ban belakang 255 depan 225
mobil enak
handling mantap
bantingan ok
pk setaon lebi 32rb km trs jual
mmg kurang nya masi ngefly klo d gundukan jembatan tol
n lama2 berasa space nya ga lega
km jg ga bersahabat untuk ukuran waktu dan tipe mobil itu disini

beda di velq yg ban belakang 255 depan 225
mobil enak
handling mantap
bantingan ok
pk setaon lebi 32rb km trs jual
mmg kurang nya masi ngefly klo d gundukan jembatan tol
n lama2 berasa space nya ga lega
km jg ga bersahabat untuk ukuran waktu dan tipe mobil itu disini

engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Nggak om, ke bali bawa vrz bini. Mobil perang anti rusak, irit lagi minum solbus. Kilometer gede jg ga masalah dijual tetep tinggi harganya.sintoni wrote: Mon Dec 06, 2021 7:09 Nais ripiu om, lumayan infomatik buat ane yg ga pernah punya yurop. Hahaha.
Ini mobil yg dibawa ke Bali kemaren om? Hahaha.

Tspi aki ini bisa tahan 5-6 tahun om. Kalo pake itung2an sama aja kaya jepangan. Aki di mobil jepang paling tahan 1-1,5 tahun. Jadi artinya mbl jepang 3-4x ganti aki, ni bmw 1x. 3-4x ganti aki bisa sekitar 4-5 jt an. Bmw sekali ganti 5-6 jt. Masih oke lah. Selama ga diganti di beres itungannya masih masuk lahSuryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 6:26Biasanya ganti aki kering 900-1jt anJose wrote: Mon Dec 06, 2021 1:48 accu 11 jt...yang biasa miara mobil jepun langsung bergetar hati, otak & rekening tabungannya :p
Bergetar dengkul ngeliat nya, red![]()
![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Review BMW 320i F30 2016
Shock adaptive emang mahal wajar tuh sebatang mau 10 jutavp920b wrote: Sun Dec 05, 2021 23:32 Untuk bmwnya karena warranty sudah habis lebih baik kerjakan di bengkel luar.
Karena pengalaman piara F15 begitu warranty abis lebih baik kabur dari BeRes karena harganya yang ga make sense.
Contoh: shock depan adaptive di beres 20juta diluar ongkos 1 pcs jadi 40 juta depan
Saya ke bengkel langganan bmw sekalian pasang baru garansi juga hanya dibawah 30jt. So pengiritan yang cukup signifikan.
Batere bmw skg pke AGM makanya dibilang 11juta, padahal di toko spare part hanya setengahnya.
Kalau berminat kabarin aja nanti sy kasih konteknya. Sudah pengalaman spare part bmw dan merc selama 40 tahun.
B48 memang kebih robust. So far ga ada masalah di mesin tersebut. Cuma F30 kalau ga salah adaptive suspension ya? Nah itu aja sih pr yang agak mahal..

F30 320i masih shock biasa untungnya, murah . Sepasang paling 2.5 jt ud dapet kiri-kanan . F30 328i/330i baru adaptive
Aki AGM mobil eropa khusus fitur start stop rata2 5-7 juta aja diluaran sehh.. biasa merk Bosch atau Varta .
Jangan ke bengkel resmi lah klo warranty ud void . Tuh duit di ATM BCA bisa ikutan void into darkness soalnya


S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Wah salam kenal dlu om kiel, kalo amit2 ada apa2 saya japri om ya sebagai sesepuh bmw di smKielConstantine wrote: Mon Dec 06, 2021 11:44Shock adaptive emang mahal wajar tuh sebatang mau 10 jutavp920b wrote: Sun Dec 05, 2021 23:32 Untuk bmwnya karena warranty sudah habis lebih baik kerjakan di bengkel luar.
Karena pengalaman piara F15 begitu warranty abis lebih baik kabur dari BeRes karena harganya yang ga make sense.
Contoh: shock depan adaptive di beres 20juta diluar ongkos 1 pcs jadi 40 juta depan
Saya ke bengkel langganan bmw sekalian pasang baru garansi juga hanya dibawah 30jt. So pengiritan yang cukup signifikan.
Batere bmw skg pke AGM makanya dibilang 11juta, padahal di toko spare part hanya setengahnya.
Kalau berminat kabarin aja nanti sy kasih konteknya. Sudah pengalaman spare part bmw dan merc selama 40 tahun.
B48 memang kebih robust. So far ga ada masalah di mesin tersebut. Cuma F30 kalau ga salah adaptive suspension ya? Nah itu aja sih pr yang agak mahal..
F30 320i masih shock biasa untungnya, murah . Sepasang paling 2.5 jt ud dapet kiri-kanan . F30 328i/330i baru adaptive
Aki AGM mobil eropa khusus fitur start stop rata2 5-7 juta aja diluaran sehh.. biasa merk Bosch atau Varta .
Jangan ke bengkel resmi lah klo warranty ud void . Tuh duit di ATM BCA bisa ikutan void into darkness soalnya![]()
![]()

Biasa maintenance mobil dimana ya om?
Iya om untungnya F30 blm adaptive. Kalo adaptive harganya najubileh

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review BMW 320i F30 2016
Nggg anu mbah... buat saya ngeri lgs keluar sgitu.kendibocor wrote: Mon Dec 06, 2021 11:07Nggak om, ke bali bawa vrz bini. Mobil perang anti rusak, irit lagi minum solbus. Kilometer gede jg ga masalah dijual tetep tinggi harganya.sintoni wrote: Mon Dec 06, 2021 7:09 Nais ripiu om, lumayan infomatik buat ane yg ga pernah punya yurop. Hahaha.
Ini mobil yg dibawa ke Bali kemaren om? Hahaha.![]()
Tspi aki ini bisa tahan 5-6 tahun om. Kalo pake itung2an sama aja kaya jepangan. Aki di mobil jepang paling tahan 1-1,5 tahun. Jadi artinya mbl jepang 3-4x ganti aki, ni bmw 1x. 3-4x ganti aki bisa sekitar 4-5 jt an. Bmw sekali ganti 5-6 jt. Masih oke lah. Selama ga diganti di beres itungannya masih masuk lahSuryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 6:26Biasanya ganti aki kering 900-1jt anJose wrote: Mon Dec 06, 2021 1:48 accu 11 jt...yang biasa miara mobil jepun langsung bergetar hati, otak & rekening tabungannya :p
Bergetar dengkul ngeliat nya, red![]()
![]()
![]()
Klo sy ganti aki max 1 jt bisa 2 thn kira2.
Jd gak kaget wkwkwk.
Apalagi namanya brg elektronik, gak bisa dijamin 100%

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Review BMW 320i F30 2016
Wkwwkwkwwk mungkin lebih tepatnya lebih banyak kena sial kali ya .. jd sesepuh gegara bolak balik bengkel mulukendibocor wrote: Mon Dec 06, 2021 12:05Wah salam kenal dlu om kiel, kalo amit2 ada apa2 saya japri om ya sebagai sesepuh bmw di smKielConstantine wrote: Mon Dec 06, 2021 11:44Shock adaptive emang mahal wajar tuh sebatang mau 10 jutavp920b wrote: Sun Dec 05, 2021 23:32 Untuk bmwnya karena warranty sudah habis lebih baik kerjakan di bengkel luar.
Karena pengalaman piara F15 begitu warranty abis lebih baik kabur dari BeRes karena harganya yang ga make sense.
Contoh: shock depan adaptive di beres 20juta diluar ongkos 1 pcs jadi 40 juta depan
Saya ke bengkel langganan bmw sekalian pasang baru garansi juga hanya dibawah 30jt. So pengiritan yang cukup signifikan.
Batere bmw skg pke AGM makanya dibilang 11juta, padahal di toko spare part hanya setengahnya.
Kalau berminat kabarin aja nanti sy kasih konteknya. Sudah pengalaman spare part bmw dan merc selama 40 tahun.
B48 memang kebih robust. So far ga ada masalah di mesin tersebut. Cuma F30 kalau ga salah adaptive suspension ya? Nah itu aja sih pr yang agak mahal..
F30 320i masih shock biasa untungnya, murah . Sepasang paling 2.5 jt ud dapet kiri-kanan . F30 328i/330i baru adaptive
Aki AGM mobil eropa khusus fitur start stop rata2 5-7 juta aja diluaran sehh.. biasa merk Bosch atau Varta .
Jangan ke bengkel resmi lah klo warranty ud void . Tuh duit di ATM BCA bisa ikutan void into darkness soalnya![]()
![]()
![]()
Biasa maintenance mobil dimana ya om?
Iya om untungnya F30 blm adaptive. Kalo adaptive harganya najubileh![]()

Ane biasa bawa servis ke anugrah motor yg di BSD om , bareng si om kompre tuh suka nongkrong2 disana
Semoga langgeng sama F30 LCI nya deh . Update2 aja . Harusnya sih aman mesin B48

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Siap om kiel. Mudah2an aman sih. Tp yg pasti 2-3 bulan lagi harus ganti aki sih nih heheheKielConstantine wrote: Tue Dec 28, 2021 7:22Wkwwkwkwwk mungkin lebih tepatnya lebih banyak kena sial kali ya .. jd sesepuh gegara bolak balik bengkel mulukendibocor wrote: Mon Dec 06, 2021 12:05Wah salam kenal dlu om kiel, kalo amit2 ada apa2 saya japri om ya sebagai sesepuh bmw di smKielConstantine wrote: Mon Dec 06, 2021 11:44
Shock adaptive emang mahal wajar tuh sebatang mau 10 juta
F30 320i masih shock biasa untungnya, murah . Sepasang paling 2.5 jt ud dapet kiri-kanan . F30 328i/330i baru adaptive
Aki AGM mobil eropa khusus fitur start stop rata2 5-7 juta aja diluaran sehh.. biasa merk Bosch atau Varta .
Jangan ke bengkel resmi lah klo warranty ud void . Tuh duit di ATM BCA bisa ikutan void into darkness soalnya![]()
![]()
![]()
Biasa maintenance mobil dimana ya om?
Iya om untungnya F30 blm adaptive. Kalo adaptive harganya najubileh![]()
Ane biasa bawa servis ke anugrah motor yg di BSD om , bareng si om kompre tuh suka nongkrong2 disana
Semoga langgeng sama F30 LCI nya deh . Update2 aja . Harusnya sih aman mesin B48![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Nov 21, 2016 7:16
Re: Review BMW 320i F30 2016
Review jujur & komplit
Seneng bacanya, edukatif banget
Selamat utk F30 LCInya
Semoga langgeng & happy
Seneng bacanya, edukatif banget

Selamat utk F30 LCInya
Semoga langgeng & happy
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Update
Kemarin maintenance rutin pertama tanpa BSI di 56.3xx km. Ganti oli aja karena uda 1 tahun. Padahal kilometer baru nambah 3000an dari setahun lalu (53.4xx km)
Olinya sih lumayan murah ya 185.000. Saya ganti oli mobil laen pake 0W juga sekitar 180-250rb seliter. Kalo filter oli 425b ya lumayan lah sekitar 4-5x mobil jepang. Vrz saya kalo ga salah filter olinya ga sampe 100rb. Mazda lupa berapa duit.
Sempet nanya di anugr*h ganti oli sekitar 1.1jt sama filter. Jadi di beres hampir 2x lipat.
Rencana sih maintenance rutin ganti2 cairan doang tetap di beres biar tetap ada service record. Kalo ada pergantian part baru ke spesialis. 1-2 minggu lagi mo ke anugr*h buat ganti aki. Kemaren via WA akinya bosch agm dikasih harga 4,1jt uda include pasang (100rb) dan register ulang aki (250rb).
Kemarin maintenance rutin pertama tanpa BSI di 56.3xx km. Ganti oli aja karena uda 1 tahun. Padahal kilometer baru nambah 3000an dari setahun lalu (53.4xx km)
Olinya sih lumayan murah ya 185.000. Saya ganti oli mobil laen pake 0W juga sekitar 180-250rb seliter. Kalo filter oli 425b ya lumayan lah sekitar 4-5x mobil jepang. Vrz saya kalo ga salah filter olinya ga sampe 100rb. Mazda lupa berapa duit.
Sempet nanya di anugr*h ganti oli sekitar 1.1jt sama filter. Jadi di beres hampir 2x lipat.
Rencana sih maintenance rutin ganti2 cairan doang tetap di beres biar tetap ada service record. Kalo ada pergantian part baru ke spesialis. 1-2 minggu lagi mo ke anugr*h buat ganti aki. Kemaren via WA akinya bosch agm dikasih harga 4,1jt uda include pasang (100rb) dan register ulang aki (250rb).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Review BMW 320i F30 2016
luar binasa harga filter olinya om... wkwkwkwkkendibocor wrote:Update
Kemarin maintenance rutin pertama tanpa BSI di 56.3xx km. Ganti oli aja karena uda 1 tahun. Padahal kilometer baru nambah 3000an dari setahun lalu (53.4xx km)
Olinya sih lumayan murah ya 185.000. Saya ganti oli mobil laen pake 0W juga sekitar 180-250rb seliter. Kalo filter oli 425b ya lumayan lah sekitar 4-5x mobil jepang. Vrz saya kalo ga salah filter olinya ga sampe 100rb. Mazda lupa berapa duit.
Sempet nanya di anugr*h ganti oli sekitar 1.1jt sama filter. Jadi di beres hampir 2x lipat.
Rencana sih maintenance rutin ganti2 cairan doang tetap di beres biar tetap ada service record. Kalo ada pergantian part baru ke spesialis. 1-2 minggu lagi mo ke anugr*h buat ganti aki. Kemaren via WA akinya bosch agm dikasih harga 4,1jt uda include pasang (100rb) dan register ulang aki (250rb).
betul vrz ga sampe 100rebu kalo beli di tokoijo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Yg lebih luar binasa lagi filter ac nya om 1,4 jt++ctopher7 wrote: Sun Jan 30, 2022 2:10luar binasa harga filter olinya om... wkwkwkwkkendibocor wrote:Update
Kemarin maintenance rutin pertama tanpa BSI di 56.3xx km. Ganti oli aja karena uda 1 tahun. Padahal kilometer baru nambah 3000an dari setahun lalu (53.4xx km)
CamScanner 01-27-2022 18.22.jpg
Olinya sih lumayan murah ya 185.000. Saya ganti oli mobil laen pake 0W juga sekitar 180-250rb seliter. Kalo filter oli 425b ya lumayan lah sekitar 4-5x mobil jepang. Vrz saya kalo ga salah filter olinya ga sampe 100rb. Mazda lupa berapa duit.
Sempet nanya di anugr*h ganti oli sekitar 1.1jt sama filter. Jadi di beres hampir 2x lipat.
Rencana sih maintenance rutin ganti2 cairan doang tetap di beres biar tetap ada service record. Kalo ada pergantian part baru ke spesialis. 1-2 minggu lagi mo ke anugr*h buat ganti aki. Kemaren via WA akinya bosch agm dikasih harga 4,1jt uda include pasang (100rb) dan register ulang aki (250rb).
betul vrz ga sampe 100rebu kalo beli di tokoijo

Biasa di mbl laen saya ganti per 10rb atau 1 tahun beli di tokoijo sekitaran 100-150rb merk sekelas sakura yg uda lumayan. Ini 1,4 bokk. Nanti aja deh ganti sendiri hunting di tokoijo kayanya kemaren sekitaran 400an

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: Review BMW 320i F30 2016
Cakepp om mobilnya. Jujur lagi ngelirik jg nih f30 320i lci yg thn segituan, liat2 di marketplace open harga 450-470jtan utk thn segitu. valid kah oom? Krn sy msh buta bgt sama harganya, pada jomplang2 hahahahahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Saya beli 392,5 om akhir tahun lalu nik 2015 registrasi 2016. Skrng mobkas malahan naek harganya, Kemaren ada yg Msport malah buka 470jt 2016.marr wrote: Thu May 19, 2022 5:59 Cakepp om mobilnya. Jujur lagi ngelirik jg nih f30 320i lci yg thn segituan, liat2 di marketplace open harga 450-470jtan utk thn segitu. valid kah oom? Krn sy msh buta bgt sama harganya, pada jomplang2 hahahahahaha
Liat kondisi sama harga aja om soalnya range harganya emang bisa jauh antara kondisi, odo, dan jgn lupa list maintenance apa aja yg pernah di repair. Sesuai yg saya share unit saya sih cuma masalah aki mau habis dan shock belakang (uda saya ganti semua saat ini). Sampe skrng uda 1/2 tahun pake blm ada masalah macem2 sih, lumayan robust mesin B48nya.
Oh iya 2-3 bulan lalu sempet muncul notif auto headlamp levelingnya error, posisi mbl hampir seminggu ga dipake, saya restart mesin doang ilang dan skrng saya pake hampir tiap hari ga pernah muncul lg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: Review BMW 320i F30 2016
Wahh pantes oom liat diler2 pada buka harga tinggi2 juga, range harga juga bisa beda 30-50jt pdhl tahunnya sama. Siap deh hunting2 dulu cari unit yg harga sm kondisinya cocok. Thank you infonya oom!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Update dikit setelah hampir setahun pakai
Saya coba sekalian kedepannya bikin longterm review ni mobil ya, semoga masih awet untuk brp tahun kedepan. Rencananya sih selama masih ga rewel akan saya pakai trus.
Dari bulan des pake ni mobil udah ada beberapa perbaikan, maintenance rutin, sama jajan dikit2. Saya coba jabarin satu2 beserta harganya. Biar kalo ada yg ngincer2 ni mobil bisa tau perkiraan akan keluar biaya berapa. Tp balik lg namanya mobkas, condition may vary. Oh iya harga plus minus ya karena saya males bongkar bon, tp paling selisihnya sangat dikit sekali.
Maintenance:
1. Ganti oli di bmw bsd: 2 jt
Perbaikan:
1. Ganti aki di anugr*h + register: 4,5jt
2. Shockbreaker bilstein B4 depan belakang+ pasang: 7 jt
3. Repaint bumper depan di tunas BMW tomang: 300rb (ini OR asuransi, bonnya sih 1,3 jt)
Perbaikan ga banyak, sampe sekarang jg masih aman2 aja. Sempet berapa hari ga dipakai, trus keluar notif headlamp vertical adjustnya error di idrive. solusinya dipake trus tiap hari jadi ilang sendiri notifikasi errornya. Uda 5 bulan lebih ga muncul2.
Modifikasi (ini malah yg keluar duit cukup banyak)
1. Pasang module apple carplay, AA sama kamera belakang: 8,5jt
2. Grill M3: 500rb
3. Bodykit m performance: 12 jt
4. Velg R19 replika+ ban: 15 jt
5. Lowering kit ST suspension beli 2nd+pasang: 4 jt.
6. Selang rem hel + pasang: 3 jt
Nah yg agak banyak malah jajannya. Awalnya sih pengen standaran. Sempet berapa bulan lalu penyakit bosenan saya kambuh dan saya iklanin di olx. Sayang harganya ga ada yg masuk. Rencananya waktu itu pertama mau ganti A250 tp setelah baca review suhu2 disini A250 sangat keras makanya batal. Sempet nanya mbah ChZ jg bwat ganti civic turbo trus di remap. Tp harga civic agak2 ga masuk akal jg. Akhirnya ya nerusin pake trus biar ga bosen saya modif aja deh.
Makeupnya sih standar modifan F30, bodykit ganti R19, pake ban 245/40/R19 dan lowering kit ST suspension.
Tampangnya langsung berubah daripada F30 standar. Jadi jauh lebih agresif dan enak diliat. Akhirnya bosennya langsung hilang. Berikut penampakannya:
Dengan setting kayak gini ternyata jarak bumper depan ke tanah cuman 11cm. Yg mana riskan banget buat dipake daily. Tp karena tampangnya bagus jd saya pertahanin. Tp berapa hari yg lalu bener aja akhirnya tuh lips nyerah jg nyangkut di pembatas parkir dan pecah.
Sementara saya nunggu mau claim asuransi, akhirnya saya copot dulu lipsnya. Kirain awalnya bakalan keliatan kurang bagus, tp ternyata masih tetep enak diliat. Gatau masih galau nanti lipsnya dtg mau dipasang apa tidak. Soalnya cukup merepotkan sih bwat daily.
Review setelah di makeup ya masih ga hilang sih rasa F30nya. Pertimbangan ganti st suspension jg setelah nanya beberapa orng yg sudah pake ternyata memang bener bedanya dikit sekali ma per standar. Jadi skrng dipake bwat nikung2 lebih enak dikit, tp kalo ketemu jalan bumpy jg ga sampe ngerusak kenyamanan.
Selang rem ganti karena waktu kondisi velg standar pun berasa agak ngelos remnya. Saya kira selang remnya mulai fatigue. Akhirnya ganti yg braided sekalian. Pas bongkar selang rem stdnya masih bagus ternyata. Setelah diganti braided agak sedikit berasa lebih responsif. Tp entah beneran atau cuman perasaan saya aja. Yg jelas jd ga gitu sering telat ngerem kayak sebelumnya.
Nah nextnya masih ada beberapa maintenance dan modifan yg masih mau dilakuin:
1. Ganti oli transmisi: tanya zf langsung rekomen 8 tahun/150rb km. Ideal paling rencana ganti di 75rb km kali karena di indo macet dan panas (odo skrng 64rb) --> sudah dpt estimasi sekitaran 5,5 jt
2. Ganti oli lg, oli skrng uda jalan 8rb km. Kalo ikutin notif di idrive sih per 12rb km. Tp kayaknya kelamaan. Jadi bakalan ganti di sekitaran 8-9rb km. Skrng masih sibuk nguli blm sempet ke beres lg ---> harusnya sama sekitaran 2 jt an
3. Bootmod3 stage 1: stage 1 aja kayaknya cukup bwat di jkt. Dpt 400Nm, 250an whp ---> 9 jt kalo tanpa dyno. Kalo mau dyno jd 12,5 jt an.
4. Mst cold air intake: biar suara cus cusnya kedengeran dan sekaligus nambah tenaga --> 8 jutaan
5. FTP turbo inlet pipe: ini lebih ke preventive aja sih karena standarnya dari plastik yg gampang jebol --> pesen sendiri ke ftp bisa dpt sekalian charge pipe sama intake pipe --> 395 USD, blm tau ongkir ma bea cukainya brp. Kalo di indo charge pipe aja 6 jutaan.
Sementara sih kayaknya sampe disini dlu. Sambil ngumpulin recehan lg
Saya coba sekalian kedepannya bikin longterm review ni mobil ya, semoga masih awet untuk brp tahun kedepan. Rencananya sih selama masih ga rewel akan saya pakai trus.
Dari bulan des pake ni mobil udah ada beberapa perbaikan, maintenance rutin, sama jajan dikit2. Saya coba jabarin satu2 beserta harganya. Biar kalo ada yg ngincer2 ni mobil bisa tau perkiraan akan keluar biaya berapa. Tp balik lg namanya mobkas, condition may vary. Oh iya harga plus minus ya karena saya males bongkar bon, tp paling selisihnya sangat dikit sekali.
Maintenance:
1. Ganti oli di bmw bsd: 2 jt
Perbaikan:
1. Ganti aki di anugr*h + register: 4,5jt
2. Shockbreaker bilstein B4 depan belakang+ pasang: 7 jt
3. Repaint bumper depan di tunas BMW tomang: 300rb (ini OR asuransi, bonnya sih 1,3 jt)
Perbaikan ga banyak, sampe sekarang jg masih aman2 aja. Sempet berapa hari ga dipakai, trus keluar notif headlamp vertical adjustnya error di idrive. solusinya dipake trus tiap hari jadi ilang sendiri notifikasi errornya. Uda 5 bulan lebih ga muncul2.
Modifikasi (ini malah yg keluar duit cukup banyak)
1. Pasang module apple carplay, AA sama kamera belakang: 8,5jt
2. Grill M3: 500rb
3. Bodykit m performance: 12 jt
4. Velg R19 replika+ ban: 15 jt
5. Lowering kit ST suspension beli 2nd+pasang: 4 jt.
6. Selang rem hel + pasang: 3 jt
Nah yg agak banyak malah jajannya. Awalnya sih pengen standaran. Sempet berapa bulan lalu penyakit bosenan saya kambuh dan saya iklanin di olx. Sayang harganya ga ada yg masuk. Rencananya waktu itu pertama mau ganti A250 tp setelah baca review suhu2 disini A250 sangat keras makanya batal. Sempet nanya mbah ChZ jg bwat ganti civic turbo trus di remap. Tp harga civic agak2 ga masuk akal jg. Akhirnya ya nerusin pake trus biar ga bosen saya modif aja deh.
Makeupnya sih standar modifan F30, bodykit ganti R19, pake ban 245/40/R19 dan lowering kit ST suspension.
Tampangnya langsung berubah daripada F30 standar. Jadi jauh lebih agresif dan enak diliat. Akhirnya bosennya langsung hilang. Berikut penampakannya:
Dengan setting kayak gini ternyata jarak bumper depan ke tanah cuman 11cm. Yg mana riskan banget buat dipake daily. Tp karena tampangnya bagus jd saya pertahanin. Tp berapa hari yg lalu bener aja akhirnya tuh lips nyerah jg nyangkut di pembatas parkir dan pecah.
Sementara saya nunggu mau claim asuransi, akhirnya saya copot dulu lipsnya. Kirain awalnya bakalan keliatan kurang bagus, tp ternyata masih tetep enak diliat. Gatau masih galau nanti lipsnya dtg mau dipasang apa tidak. Soalnya cukup merepotkan sih bwat daily.
Review setelah di makeup ya masih ga hilang sih rasa F30nya. Pertimbangan ganti st suspension jg setelah nanya beberapa orng yg sudah pake ternyata memang bener bedanya dikit sekali ma per standar. Jadi skrng dipake bwat nikung2 lebih enak dikit, tp kalo ketemu jalan bumpy jg ga sampe ngerusak kenyamanan.
Selang rem ganti karena waktu kondisi velg standar pun berasa agak ngelos remnya. Saya kira selang remnya mulai fatigue. Akhirnya ganti yg braided sekalian. Pas bongkar selang rem stdnya masih bagus ternyata. Setelah diganti braided agak sedikit berasa lebih responsif. Tp entah beneran atau cuman perasaan saya aja. Yg jelas jd ga gitu sering telat ngerem kayak sebelumnya.
Nah nextnya masih ada beberapa maintenance dan modifan yg masih mau dilakuin:
1. Ganti oli transmisi: tanya zf langsung rekomen 8 tahun/150rb km. Ideal paling rencana ganti di 75rb km kali karena di indo macet dan panas (odo skrng 64rb) --> sudah dpt estimasi sekitaran 5,5 jt
2. Ganti oli lg, oli skrng uda jalan 8rb km. Kalo ikutin notif di idrive sih per 12rb km. Tp kayaknya kelamaan. Jadi bakalan ganti di sekitaran 8-9rb km. Skrng masih sibuk nguli blm sempet ke beres lg ---> harusnya sama sekitaran 2 jt an
3. Bootmod3 stage 1: stage 1 aja kayaknya cukup bwat di jkt. Dpt 400Nm, 250an whp ---> 9 jt kalo tanpa dyno. Kalo mau dyno jd 12,5 jt an.
4. Mst cold air intake: biar suara cus cusnya kedengeran dan sekaligus nambah tenaga --> 8 jutaan
5. FTP turbo inlet pipe: ini lebih ke preventive aja sih karena standarnya dari plastik yg gampang jebol --> pesen sendiri ke ftp bisa dpt sekalian charge pipe sama intake pipe --> 395 USD, blm tau ongkir ma bea cukainya brp. Kalo di indo charge pipe aja 6 jutaan.
Sementara sih kayaknya sampe disini dlu. Sambil ngumpulin recehan lg

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by kendibocor on Fri Sep 16, 2022 11:24, edited 4 times in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review BMW 320i F30 2016
Asik bener mbah, buat ukuran biem 6 taun gak rewel yah. Modipnya jg sabi abis
Kebetulan lg ngincer jg neh F30 buat mobil maenan

Kebetulan lg ngincer jg neh F30 buat mobil maenan

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Sat Aug 24, 2019 9:49
- Location: Jawa
- Daily Vehicle: Rush
Re: Review BMW 320i F30 2016
Mumpung di up… klo F30 yg inline 6 itu terakhir keluar tahun berapa yaa?
N55 yaa klo ga salah?
N55 yaa klo ga salah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Sejauh ini ga rewel si mbah. Kaki2 relatif senyap jg. Kemarin gnt shock sebenernya shock bawaan masih oke cuman memang uda mulai lemah aja. Ayuk lah mbah F30 uda murah2 kok, seharga hrv doang dpt B48. Modal bootmod3 stage 1 bisa jadi sleeper di tol. Lawan gajah diesel std mah 1/4 gas doang nginjek pedalnyaChZ wrote: Fri Sep 16, 2022 10:43 Asik bener mbah, buat ukuran biem 6 taun gak rewel yah. Modipnya jg sabi abis![]()
Kebetulan lg ngincer jg neh F30 buat mobil maenan![]()

N55 yg banyak om, 2015an masi ada kayaknya. Pokoknya preLCI aja. B58 ada tp cuman brp unit di indo info mbah ChZ di thread sebelah tuh.sapi12 wrote: Fri Sep 16, 2022 11:06 Mumpung di up… klo F30 yg inline 6 itu terakhir keluar tahun berapa yaa?
N55 yaa klo ga salah?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Sat Aug 24, 2019 9:49
- Location: Jawa
- Daily Vehicle: Rush
Re: Review BMW 320i F30 2016
Jadi malah preLCI yg disarankan yaakendibocor wrote: Fri Sep 16, 2022 11:18Sejauh ini ga rewel si mbah. Kaki2 relatif senyap jg. Kemarin gnt shock sebenernya shock bawaan masih oke cuman memang uda mulai lemah aja. Ayuk lah mbah F30 uda murah2 kok, seharga hrv doang dpt B48. Modal bootmod3 stage 1 bisa jadi sleeper di tol. Lawan gajah diesel std mah 1/4 gas doang nginjek pedalnyaChZ wrote: Fri Sep 16, 2022 10:43 Asik bener mbah, buat ukuran biem 6 taun gak rewel yah. Modipnya jg sabi abis![]()
Kebetulan lg ngincer jg neh F30 buat mobil maenan![]()
![]()
N55 yg banyak om, 2015an masi ada kayaknya. Pokoknya preLCI aja. B58 ada tp cuman brp unit di indo info mbah ChZ di thread sebelah tuh.sapi12 wrote: Fri Sep 16, 2022 11:06 Mumpung di up… klo F30 yg inline 6 itu terakhir keluar tahun berapa yaa?
N55 yaa klo ga salah?
Beda dari yg biasanya, BMW biasanya lebih stabil yg LCI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: Review BMW 320i F30 2016
Yang LCI itu 340i yg pake B58 sama kyk supra, unitnya super langka dan harganya gelap. Kalo om bisa nemu dan harga cocok, sikat aja om.
335i N55 yg pre LCI populasi nya lebih banyak soalnya, carinya lebih gampang
335i N55 yg pre LCI populasi nya lebih banyak soalnya, carinya lebih gampang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
LCI dong om. Masalahmya bisa dapet apa nggak soalnya susah barangnya. Tuh mesin B58 salah satu mesin terbaik bmw modern. Bisa di tune sampe 600an hp pake internal stdsapi12 wrote: Fri Sep 16, 2022 16:43Jadi malah preLCI yg disarankan yaakendibocor wrote: Fri Sep 16, 2022 11:18Sejauh ini ga rewel si mbah. Kaki2 relatif senyap jg. Kemarin gnt shock sebenernya shock bawaan masih oke cuman memang uda mulai lemah aja. Ayuk lah mbah F30 uda murah2 kok, seharga hrv doang dpt B48. Modal bootmod3 stage 1 bisa jadi sleeper di tol. Lawan gajah diesel std mah 1/4 gas doang nginjek pedalnyaChZ wrote: Fri Sep 16, 2022 10:43 Asik bener mbah, buat ukuran biem 6 taun gak rewel yah. Modipnya jg sabi abis![]()
Kebetulan lg ngincer jg neh F30 buat mobil maenan![]()
![]()
N55 yg banyak om, 2015an masi ada kayaknya. Pokoknya preLCI aja. B58 ada tp cuman brp unit di indo info mbah ChZ di thread sebelah tuh.sapi12 wrote: Fri Sep 16, 2022 11:06 Mumpung di up… klo F30 yg inline 6 itu terakhir keluar tahun berapa yaa?
N55 yaa klo ga salah?
Beda dari yg biasanya, BMW biasanya lebih stabil yg LCI

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Review BMW 320i F30 2016
Cakep om modipnya
ganti r19 jadi alot apa masi nyaman?
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Pasti lebih keras om, tp ga sampe tahap menyiksa sih. Masih acceptable lah. Lagian gantinya dari R17 RFT busuk ke R19 + lowering kit jd ga beda jauh2 amat
