Ini bener sih, OOT dikit kebetulan ada temen komunitas dia kerja di daerah Bengkulu, entah ini masuk kota besar atau ngga ya.kunaskun wrote: Wed Dec 01, 2021 7:39orang di luar kota besar bahkan di jawa saja, mana pernah service selain ganti oli. kenapa? karena ga mau bayar (pelit) dan kalaupun mau ya sedikit sekali bengkel umum yang bisa kerjakan dan mumpuni, spare part bisalah beli di tokped tapi yang ngerjain kan tetap mekanik. nah cocoklah dengan diesel kan yang cuma isi solar doang udah jalan, paling ganti oli.Pboyz97 wrote: Wed Dec 01, 2021 1:17 setuju om. dan paham tersebut masih mengakar kuat sampe sekarang menurut pengamatan sotoy saya ,terutama diluar jawa. gaheran kalo harga mobil rwd kaya kisul, panther, avxen lama, rushter lama atau innova diesel , pajero or fortuner model lama masih cukup nahan dan stabil sampe sekarang, karena ya peminatnya di daerah masih banyak. selain faktor karena emg lega, muat banyak, perawatan murah, bandel , awet, partnya gampang ada dimana mana + kalo dijual lagi ga jatoh2 amat harganya, serta pilihan merek disana yg terbatas ya, lebih condong ke merek mainstream aja yg bengkelnya ada disana + opsi unit sekennya yg memang lebih terbatas dibanding di jakarta , sedangkan kalo di jakartanya sendiri model2 itu udh cukup jarang ditemuin di jalan, rata2 udh pada pindah ke generasi terbarunya kaya ANKI, ANF atau ANPS wkwkwk
kalo yg beli model FWD, mayoritas emg tinggal di perkotaan kaya jakarta kalo menurut pengamatan sotoy saya, sedangkan kalo di daerah terutama yg banyak tanjakkan atau yg kualitas jalannya masih kurang baik, mereka masih lebih prefer RWD rata2 menurut saya hehehe
makanya cari mobil ga jauh2 dari merek itu2 saja, merek lain yg beredar disini kemungkinan besar hanya dipake sekian tahun terus dijual itupun dengan plat kota besar. makanya pedege mobkas ogah beli mobil plat nomor di luar kota besar, karena biasanya ga pernah di service![]()
soal FWD atau RWD ini ya balik ke faktor paling awal: urusan service. lah cari bengkel yg bisa service saja sulit, sedangkan bengkel resmi "mahal" apalagi service itu steering rack. mendingan beli RWD yg ga perlu diservice![]()
Itu katanya mobil usia sebulan ngga ada baret aja udah rekor. Banyak yg baru dianter aja udah ngehajar kerbau, dan kalo udah gitu ya ngga akan masuk bengkel resmi, masuk bengkel biasa.
Dia pernah nemuin ANKI usia 8 bulan itu part kaki-kaki nya udah 'diakalin' semua, padahal secara kebijakan harusnya kan masih bisa claim garansi. Katanya si owner males ke bengkel resmi karena jauh dan pasti mahal, mending benerin sendiri aja. Oli mesin yg dipake jg Meditran drum
