Object comparisons:
- Innova 2GD 2017 G MT, 1st batch: Catalis at downpipe, Km74k, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
- Innova 2GD 2021 G MT, km 100, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
- VRZ 2018 improvement Catalis at center pipe, km 42k, full stock, running on Bisol + PSDK/PTT/2EHN
THE STORY SO FAR
Setelah 4,5 thn innova 2 GD running 74k km, sudah dirasa untuk penyegaran

walaupun tidak ada problem so far sih..

tapi mumpung masih ada diskon PPN BM maka hunting mobil pengganti dimulai.
Akhirnya pilihan jatuh pada ...

..
..
..
..
..
..
..
2GD G MT again..... wkwkwk

mo bilang Atoyot fanboy, Sekte Astra kek, kopongan kek.. pokoke sangat puas pake nya

walaupun tipe yang dipilih sukses bikin sales garuk2 kepala krn ga ready stock..

Ya inden sebulan terserahlah asal dapat tahun ini...

skip skip akhirnya mobil datang akhir november as promised

diparkir berjejer, lah, kok si 2021 lbh tinggi sekitar 3cm dr 2017 ya

apa pengaruh ban 2017 ud tipis atau ada improvement suspensi? bisa jadi..


THE SUNATAN
Langsung aja ke hot topic yang disukai antifans dan kaum mendang mending...

kapan lagi bisa bashing market leader kan?
Nah sunatan sudah berasa sejak serah terima mobil......
kunci remote cuma ada 1, dua sisanya tanpa remote, kalo dulu kan 1 saja yg tanpa remote
supir bilang skrg tipe v juga kuncinya cm satu
yaelah sampe segitunya Atoyot...

next saat masuk dan lihat tombol bawah setir, lah kok ada yg hilang?
astaga ternyata tombol buat matiin parkir sensor disunat juga...

mungkin tombolnya dipindah buat VSC nya ...


kalau lampu power window sih sudah pada paham kalo disunat ya..
nah ternyata saat kita ganti anak saklar nya pake yg berlampu punya riborn 17 ternyata ga bisa nyala jg
ini yang pintu dpn kiri, dan belakang ki-ka ya, pintu driver sih bisa diganti dan nyala
ternyata kurang jalur kabel power lampu, wuaseem, sia2 deh ganti anak saklar

setelah duduk, kok rasanya kursi beda ya, agak lebih tipis gitu... another sunatan? probably
ada lagi yg berasa beda, kulit pembungkus tuas persneling juga beda, yg 2017 ala kulit sintetis tebal dengan jahitan
nah yang 2021 ini lebih mirip.... apa ya, kyk bahan karpet dasar 200 rb an tipisnya ...wkwkwk miris....



terakhir mungkin bukan sunatan ya, perubahan speaker dari kertas di 2017 ke plastik atau kevlar gitu


socket speaker juga beda, lebih kecil yg 2021, jadi sia2 deh udah beli socket pnp buat ganti speaker standar


THE CHANGES AND IMPROVEMENT
supaya fair, ini mobil pasti ada juga improvement nya
start engine, dan mulai jalan, impresinya adalah.....
....
....
....
....
....
....
....
BEDA! ya, itu yang bener dirasakan

sejak start engine, jelas keliatan, kalau 2017 tu kap mesin pasti keliatan guncang, ini anteng aja
vibrasi sangat sangat berkurang, setingkat lagi mendekati mesin bensin
suara juga lebih alus, beneran ga kaleng kaleng lah...

tapi samar2 masih lah ada suara mesin jait khas disel kalo di gas
di dalam mobil noise nya sudah setara dengan VRZ yang kekedapannya setingkat diatas inova
bukan karena kekedapan 2021 yang meningkat, tapi suara mesin yang berkurang wkwkwk

So NV nya 2017 < 2021 & VRZ
Tuas transmisi..
disini juga meningkat, tetap longthrow sih...
tapi di 2017 masuk giginya pasti kayak ga pas gitu apalagi gigi 1,2 sama R ngajak berantem rasanya
nah di 2021 ini halus dan presisi, gigi R masih berasa nyangkut, tapi yang lainnya relatif smooth... good job deh

Tuas Transmisi 2017 < 2021
Performa
nah saya sangat surprise disini, performa di MT ini kerasa banget, 2021 lebih ngacir
rasanya seperti bobot mobil berkurang, bener-bener effortless dibanding 2017....

buat yang biasa pake MT pasti udah ada muscle memory pas mobil mulai lugging, nah disini lugging nya jauhhh berkurang
Harusnya torsi meningkat, jadi sangat jarang mesin lugging karena telat nurunin gigi, rasanya anteng aja terus... mantappp

Hmm apa injector nya beneran diganti piezo? hanya AToyot yang tahu nih...
mudah-mudahan nanti pas ganti oli bawaan gembel 15-40 ke 5-30 suara tetap halus nih.

Ntar ya Mbah Marmut km 2000 ngabsen kesana...
oya, satu yang keliatan beda, idle 2017 itu di rpm 900, sedangkan 2021 itu di rpm 600-700 an, apa ini penyebab suara mesin lebih alus?



Masuk mode power... loh kok ga segalak 2017 ???
di 2017 susah ngepasin kopling kalo Power mode low gear, sering melonjak gak karuan, nah di 2021 ini kyknya lebih jinak...

mungkin memang diset ga terlalu agresif
Skor VRZ < 2017 < 2021
yalah VRZ udah bobot seberat gajah, matic lelet pula, paling ga cocok sruntulan duh...

Konsumsi BBM
Rasanya sama aja dengan 2017, taipi eits ini masih inreyen dan oli bawaan, harusnya bisa lebih hemat nih, daily inova 2017 di 1:13 an dan VRZ di 1:11 an
Skor VRZ < 2017 < 2021
Suspensi
Nah ini bagian yang sulit karena butt-o-meter saya ga sensitip kebanyakan naek ladder prem...

Tapi impresi yang dirasa itu empukan 2021 dikit, dan lebih stabil, manuver high speed rasanya lebih secure.
Stability
2017 < 2021 < VRZ
Keempukan
VRZ < 2017 < 2021
Audio & Rear Cam
Audio 2021 secara fisik udah sangat proper rasanya pas dengan frame nya, kalo 2017 kayak kekecilan
resolusi dan saturasi warna 2021 membaik jauh, bahkan diatas VRZ, rasanya kyk membandingkan LCD hp low end vs Iphone.
Tapi ya itu, suaranya asli... FLAT wkwkwk mau diapain juga ga ada bass nya

setting bass boost max, equalizer preset hard rock, loudness level high, sami mawon, apa pengaruh speaker kevlar entahlah..
2017 masih mendingan ngebass meskipun kalo kencengan dikit ada suara prek prek kyk speaker robek...

VRZ paling bagus disini, stock aja masih lumayan tendangan bass dan lebih detail suaranya..
Display : 2017 < VRZ < 2021
Sound : 2021 < 2017 < VRZ
Next rear cam, terang sih meskipun malem, resolusi sebanding lah dengan VRZ.... Blur nya ...

2017 yang aftermarket redbat aja jauh pake banget ketajaman nya
Alamaak Atoyot susah bener sih kasih rear cam yang sekelas redbat aja...

Rear Cam VRZ < 2021 < 2017
AC
feeling aja, rasanya 2017 lebih cepat dingin dibanding 2021 dan lebih menusuk dingin nya
THE VERDICT
Same old car, some nice improvements..
Tadinya tidak berharap banyak untuk mobil ini, kirain sama ajalah rasanya, oalahhh ternyata salah....
driving feel nya lebih enak dari inopah 1st batch..
memang MT ini bukan buat semua orang...

tapi kalau mau merasakan full potensial stock engine 2GD ini pilihan terbaik
terlalu sayang torsi jumbo begini kawin sama AT lemot macem AC60E
apakah worth it upgrade? buat pemilik 2GD sebelumnya?
dengan harga 2gd MT yang sudah naik sangat banyak dari 4-5 tahun lalu (dulu sekitar 290 an),
dan kalau om adalah orang yang hobi kutak katik dan telaten pelihara mobil, jawabannya mungkin tidak,
karena saya yakin, my old inova yang cuma rawatan beres doang tiap 10k km pun will run another 2-3 years without major issues.
dan ambience di dalam ya 99% sama plek, terutama buat penumpang
dan fitur2 pun masih sama kopongannya masih tanpa immob
tapi dengan makin kuatnya issue hybrid inova dan hilangnya varian RWD Dijel MPV, maka bisa dipertimbangkan untuk membeli 2GD ini
secara turbo sudah lebih kuat, injector dan teknologi yang sudah lebih canggih, seharusnya issue2 lama sudah diperbaiki ...