Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Hello Om Or4cle, kabar All New Grand Livina tahun 2014 gue masih baik-baik aja di odonya sekarang 108,612 Km wkwkwk setelah hampir 8 tahun pemakaiannya dari Mei 2014 sampai sekarang ini. Untuk sektor kaki kaki masih baik karena cuma pernah ganti sepasang karet boot shock roda depan (Murah) karena sobek dulu wkwkwk, Cuma sekarang setelah hampir 8 tahun saya kendarai menggunakan BBM selalu premium Ron 88, sekarang ANGL 2014 BBM nya harus pakai pertalite wkwkwk bukan karena takut mesinnya rusak tapi karena di area Sumatera Selatan sekarang SPBU nya tidak lagi jual premium Ron 88 tapi Pertalite wkwkwk. Next rencana saya, seandainya Mobil Listrik BYD dijual di Indonesia dengan harga yg reasonable pengen tambah Mobil Listrik sebagai Mobil kedua wkwkwk.MVIMG_20211129_184607.jpg
Aje gile km 108.612 blm.ada perbaikan kaki2.
Owh iya HRDE15 2014 CVT ya Om.
Saya yg 96.853 km aja sdh ganti shock depan, kaki2 semua minus bearing shock ama bushing stabil plus karet stabil aja.
Sungguh ruarrr biasa......
ane punya HR15DE udh KM 110 jg blm ganti kaki2 om
cuma ganti koil yg mati minggu lalu.
sisanya cuma kopling, ga prnh ganti apa2 lg
so far so good.
olmes pake cap kerank 5w30, jalan 1200km an sudah nambah 300ml. joss emg sang drakula.
HX8 kah om?
Saya udah 2500 km 5 bulan belum top up nih.. Tiap cek dipstik belum ada penurunan.. Sama di HR15 juga..
Bulan depan mau drain, cobain ptt item 5w30
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 12:35
by spec nih kl ga salah inget,
0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8
bingung kan mau kemana.
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis
tuh udah diracunin 0w16 om
start dr 0w20 aja kl jarang macet n jarang high rpm. tp sebetulnya ada faktor lain jg spt besarnya kapasitas oli dan ambient temperature. kl sering dipake long distance, siang hari pas lg terik2nya ya sebaiknya 5w30. spy ga terlalu besar penguapan oli juga, kuatirnya ga terkontrol tau2 olinya berkurang banyak di mesin.
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe
triport13 wrote: Mon Nov 29, 2021 11:54
Kalo Q8 yg om surya pake tp versi 5w-30 nya kegantengannya sama ga ya dgn yg 0w-20?
Rencana mau hijrah nih kyknya dr ams ss, harganya terlalu ngeri buat saya skrg.
Rencana utk OCI 1 taun <8000km
by spec nih kl ga salah inget,
0w20 nya enceran q8
5w30 nya kentelan q8
bingung kan mau kemana.
Mobil apa mbah?
Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om
Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?
Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis
Raize turbo mah 0w16
Tp 0w20 jg bisa.
0w20 mid level ada:
- Amsoil OE
- PTT super syn 0w20 (tutup emas)
Cek manual booknya deh, oli plg encer dan plg kentel yg disarankan
Untuk drain per brp km klo kedua produk ni om ? , kalau pakai 0-16 gk nguap kali om apa lgi saya tinggal di kota yang lumayan panasnya
Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.
0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS
Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.
Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:39
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe
cobain aja dua2nya om, nanti tau mana yg lbh cocok. kl bisa dr merk dan jenis yg sama jd ga ada faktor pembeda lainnya spt komposisi lah apa lah, kecuali viskositas tok.
kl dah tau visco yg cocok, next nya boleh lah jajan merk lain kl mau cobain semua merk dgn visco yg udah tau cocok itu.
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 13:15
Untuk rute yang jarang kenak macet bagusnya 0-20 atau 5-30 om , sama selain ams dan q8 oli yang rekomend di mid level atau satu tingkat di bawah ams dan q8 apa ya om , untuk mesin raize turbo mumpung mau masuk waktu servis
tuh udah diracunin 0w16 om
start dr 0w20 aja kl jarang macet n jarang high rpm. tp sebetulnya ada faktor lain jg spt besarnya kapasitas oli dan ambient temperature. kl sering dipake long distance, siang hari pas lg terik2nya ya sebaiknya 5w30. spy ga terlalu besar penguapan oli juga, kuatirnya ga terkontrol tau2 olinya berkurang banyak di mesin.
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe
Sy pakai 0w20, 2 bulan kemarin PP bandung yogya solo purwokerto.
Trus jkt bandung bekasi PP
2 bulan dah nempuh 5rb km.
Kadang2 hard accel sampai RPM 5rb buat overtake ajah.
Sekarang dicek di dipstick gak berkurang
Jangan kencang2 mbah.
Udah banyak warning dan accident.
Jalan umum, max 120 km/h ajah.
Klo geber buat akselerasi it's ok lahh.
Gakda salahnya cobain 0w20 mbah, kan disarankan di manual book malah 0w16
Last edited by Suryaputra on Mon Nov 29, 2021 15:56, edited 3 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om
Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?
Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
Pakai Formula Special G/D1 long life 5w30, udah baguss.
di market rata2 145-150rb seliter.
Jika di manual book, dibolehin dan rekomen pakai 0w20, di harga segitu bisa PTT super syn 0w20 atau Amsoil OE 0w20
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:39
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe
cobain aja dua2nya om, nanti tau mana yg lbh cocok. kl bisa dr merk dan jenis yg sama jd ga ada faktor pembeda lainnya spt komposisi lah apa lah, kecuali viskositas tok.
kl dah tau visco yg cocok, next nya boleh lah jajan merk lain kl mau cobain semua merk dgn visco yg udah tau cocok itu.
Nah ini nich yg lagi tak cobain mbah shifu..
Dari Mobil Super 10W-40 ke PTT 5W-30 trs ke 0W-30 API SN.
Skrg sdh 2x interval pake PTT 0W-30 masing2 7 bln dgn jarak 5000 km.
Di kisaran itu saingannya emang Q8 ama Amsoil OE atau SS tetapi krn budget tak kuat so far bertahan di situ aja
Kecuali nich PTT mulai naik2 ke puncak gunung baru dah ke Q8 ama Amsoweeelll...
Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om
Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?
Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
G long life lebih enak, tapi G/D1 juga cukup ok. VX kita masukin karena punya sertifikasi VW group paling lengkap. Kalau Special D1 dia udah anti-lspi, tapi berhubung avanza belum turbo gak diperlukan.
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 4:48
Belum bisa di sandingkan dengan ams ss ya om
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.
Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace
Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu
Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah
tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme
Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya
Dibanding dgn Amsoil OE aja sdh keok, apalagi disandingkan dengan Amsoil SS.
Ane belum pernah pakai SS, karena selisih harganya cukup jauh dari OE dan menurut ane lebih dari cukup kualitasnya.
Berdasarkan ilmu dari diktat prinsip akuntan om Herman7103, dgn Rp 220.000/liter baru BEP kalau di-push OCI sampai 20.000 KM (which is mustahil)
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.
Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace
Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu
Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah
tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme
Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya
Discl
Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.
Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:39
Iya nih om mobil sering di pakai long distance kadang suka geber klo di toll om makanya masih galau mau pakai 0-20atau 5-30 om dan di tempat tinggal saya panasnya mayan om hehehe
cobain aja dua2nya om, nanti tau mana yg lbh cocok. kl bisa dr merk dan jenis yg sama jd ga ada faktor pembeda lainnya spt komposisi lah apa lah, kecuali viskositas tok.
kl dah tau visco yg cocok, next nya boleh lah jajan merk lain kl mau cobain semua merk dgn visco yg udah tau cocok itu.
Okey om makasi om infonya hehehe tpi syukur2 ada rezeki lebih beli q8 /ams
rujaktahu wrote: Sat Nov 27, 2021 2:49
Oli mesin DGO dibanding ecstar nya suzuki bagusan mana ya? Sy baru beralih dari merk D ke merk S soalnya dapat gratis oli sampe 3 tahun.
Dulu cukup 1x aja pake dgo habis itu pake yg lain terus
kalo DGO 0w20 bagus jg
sisanya skip mending ecstar, ecstar 0w20 jg ada molynya dikit, ecstar ini improve dari SGO
siap om. kl gitu tetap pake ecstar mumpung masih dapat gratisan
Travellintas wrote: Mon Nov 29, 2021 15:37
Untuk drain per brp km klo kedua produk ni om ? , kalau pakai 0-16 gk nguap kali om apa lgi saya tinggal di kota yang lumayan panasnya
Ams OE atau PTT super syn coba pakai sampai 9 bulan / <10rb KM.
secara berkala cek dipstick juga mbah.
0w16 di indo, kayanya baru ravenol.
harganya lbh ngeri dari amsoil SS
Yg penting:
- Kondisi Radiator terawat (drain air radiator tiap tahun)
- Fan Radiator berfungsi
Radiator berperan penting buat buang panas mesin.
Namanya elektronik, even barang baru pun, bisa aja Fan Radiator malfunction
Okey siap om nnti cba pantau lagi om harganya mana yang cocok
Kalau Valvoline 0W20 bisa tahan setahun ga ya buat Raize 1.0T mbah? Hahaha.
Kapasitas oli mesin cuma 3 liter sih sudah sama filter.
Ini sodara cewek kemaren2 ada tanya mau cari yg ekonomis aja.
evanbngdor wrote:
Mustahil kalau di Indo pemakaian macet ya.
Temen ada yg pakai mobil delvac MX untuk Hiace travel nya, rute Bandung - Surabaya PP itu dihajar sampe 12rb KM sih sama dia. rata-rata ganti oli seminggu sekali. 2x bongkar head masih bening tanpa sludge. Odo nya rata-rata udah di atas 500rb KM semua itu Hiace
Bener-bener masuk nih secara nilai ekonomis
Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu
Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah
tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme
Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya
Discl
Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.
Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya
OOT dikit mbah, saya minyak rem malah 20rb km msh bening2 aja dan tiap diukur pakai alat itu kandungan air nya msh minim banget. Apa karena kwalitet lender yg saya pake ya?
Cuma memang selalu sih apapun kondisinya, max 20rb udah saya ganti langsung
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Turboman wrote: Mon Nov 29, 2021 23:38
Kalo 12.000 km dicapai cuman seminggu
Oli tsb dipake 18.000 km / 1,5 minggu juga spt nya gak masalah
tetap disarankan utk sesekali test lab jika interval ganti extreme
Malah jika olinya dipake cuman 4000 km tapi durasi 12 bulan itu pada bulan ke 12 mungkin akan lebih drop kondisinya
Discl
Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.
Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya
OOT dikit mbah, saya minyak rem malah 20rb km msh bening2 aja dan tiap diukur pakai alat itu kandungan air nya msh minim banget. Apa karena kwalitet lender yg saya pake ya?
Cuma memang selalu sih apapun kondisinya, max 20rb udah saya ganti langsung
Sy tinggal di bandung yg lembabnya poll (cek di weather apps humidity 80 ~ 90%)
Mungkin pengaruh jg ini mbah.
Klo pagi dinginnya pernah sesekali sampai 16C di daerah buah batu dan berembun tingkat tinggi semua body dan kaca (dataran plg rendahnya bandung)
Last edited by Suryaputra on Tue Nov 30, 2021 1:53, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sy pikir juga gitu mbah suhuu.
Karena proses "oksidasi" itu adalah racun buat lendir.
Kyk minyak rem, kondisi 1 tahun aja dah butek banget.
Menurunkan titik didih dan bahaya bisa resiko bikin rem blong, karena mendidih di dalam brake hose nya
OOT dikit mbah, saya minyak rem malah 20rb km msh bening2 aja dan tiap diukur pakai alat itu kandungan air nya msh minim banget. Apa karena kwalitet lender yg saya pake ya?
Cuma memang selalu sih apapun kondisinya, max 20rb udah saya ganti langsung
Sy tinggal di bandung yg lembabnya poll (cek di weather apps humidity 80 ~ 90%)
Mungkin pengaruh jg ini mbah.
Klo pagi dinginnya pernah sesekali sampai 16C di daerah buah batu dan berembun tingkat tinggi semua body dan kaca (dataran plg rendahnya bandung)
Oh iya masuk akal banget sih Mbah. Temen yg tinggal di Bandung, kebetulan di deket kawaluyaan situ, dia mobilnya kalo didiemin seminggu aja katanya langsung bau lembab banget interior nya.
Pasti cuaca gitu sangat berdampak ke perlendirannya ya Mbah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Ada 2 macam Q8 yg 5w30:
- Formula D1 FE 5w30 (labelled dex1 gen2) <- lbh kentel dibanding gen 1 dan wajib buat mesin turbo
- Formula Special G/D1 long life 5w30 (labelled dex 1), lbh murah dan klo mesin non turbo, cukup banget pakai ini
Avanza 1.5 om
Kalo
Q8 formula special G Long life 5w-30
Q8 VX Long life
Ini tingkatannya dibanding special D1 gimana om?
Banyak juga ya Q8 level olinya bikin bingung [emoji2]
G long life lebih enak, tapi G/D1 juga cukup ok. VX kita masukin karena punya sertifikasi VW group paling lengkap. Kalau Special D1 dia udah anti-lspi, tapi berhubung avanza belum turbo gak diperlukan.
Jadi G Long Life lebih tinggi speknya dibanding D1 FE ya om? Pdhl D1 FE aja seharusnya udh selevel sama AMS SS ya...
Paling ekonomis berarti si PTT Super ya untuk pemakaian 10rb. Hahaha.
Tapi rasanya jg jarang yg pake PTT Super disini, kebanyakan pake yg eco. Haha.
Nampaknya iya om jarang pakai yang super , pengennya pakai yang super klo tahan ampe 10ribu km , mau juga ni mbah2 SM jika di tambahkan ceratec/xado apakah takaran olinya di kurangin dan bermanfaat kah ?
Saya pernah tanya kenapa ngga delvac 1 aja hajar 20rb km. Dia bilang mending Delvac MX aja harga jauh lebih murah, apalagi dia beli langsung ukuran drum.
Setuju travel PP banyak konstan speed, cuma banyak juga itu travel hiace yg bejek pol injek gas sampe mentok limiter berjam2, apalagi ruas tegal-semarang sama solo-surabaya. Entah yg sakti oli nya atau mesinnya
Mungkin travel hiace-nya sudah modif pake dry sump
Hello Om Or4cle, kabar All New Grand Livina tahun 2014 gue masih baik-baik aja di odonya sekarang 108,612 Km wkwkwk setelah hampir 8 tahun pemakaiannya dari Mei 2014 sampai sekarang ini. Untuk sektor kaki kaki masih baik karena cuma pernah ganti sepasang karet boot shock roda depan (Murah) karena sobek dulu wkwkwk, Cuma sekarang setelah hampir 8 tahun saya kendarai menggunakan BBM selalu premium Ron 88, sekarang ANGL 2014 BBM nya harus pakai pertalite wkwkwk bukan karena takut mesinnya rusak tapi karena di area Sumatera Selatan sekarang SPBU nya tidak lagi jual premium Ron 88 tapi Pertalite wkwkwk. Next rencana saya, seandainya Mobil Listrik BYD dijual di Indonesia dengan harga yg reasonable pengen tambah Mobil Listrik sebagai Mobil kedua wkwkwk.MVIMG_20211129_184607.jpg
Wahhh, syukur lah kalau di Sumsel premium ikutan dihapus penjualannya.
At least, setelah 8 tahun disiksa dengan pre-ignition akhirnya ANGL om Herman7103 dapat BBM yang sedikit lebih proper.