Benar, teknologi sekarang memang dibuat semua serba electric agar tergantung sama BeRes.ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 3:41yah di jaman anak baru gede skrg baru bisa nyetir klo mobil bokapnya avanza xenia aja udah electric power steering dan udah masanya elsegesepengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 3:35
Ya namanya manusia mbah, selalu cari yang paling enak.
Saya kadang juga agak gimana gitu pas baca ada yg bilang setirnya anki terasa berat....kayaknya belum pernah coba mobil jadul2 yang non power steering. Tiap parkir 2x bisa abis nasi padang 1 bungkus tuh.
Atau jendela yang masih kerekan.
Tapi ya namanya teknologi, selalu berkembang. Mungkin satu saat nanti epb sama brake hold ini jadi satu fitur standard macem power window. Lebih reliable dan perbaikannya bisa lebih simple![]()
gw dulu lumayan masih remaja pegang xenia lama aja masih itungannya berat dibanding mobil mobil skrg. pegang L300 non-PS juga pernah beberapa kali pindah ke SX4 rasanya ringan banget nih setir padahal buat ukuran mobil modern SX4 tuh berat naudzubillahanki ribon klo pindah dari gnki sehh rasanya ringan bgt.
nah sekarang aja udah jadi fitur standar tinggal gimana tuh pabrikan nanti mikir caranya manual override parking brake elektrik...
tp makin kesini cust kayak dibuat makin bergantung ama bengkel resmi sih... yang curang tuh pabrikan sekarang emang berusaha sebisa mungkin orang harus ke bengkel resmimakanya yg serba manual diilangin dan ancaman warranty void akan selalu di depan mata.
ini tuh macem kejar kejaran maling mobil ama teknologi keamanan aja sebenernya. gimanapun maling tambah canggih pabrikan pasti bikin yang makin canggih and so on.
Kalau manual kan bisa dioprek sendiri. Jadi BeRes kurang laku.
Sebenarnya BeRes posisi sulit juga kalau investasi puluhan M, tetapi 80% omset cuma dari servis gratis garansi 3 thn.
Supaya omset penjualan dan sevice naik, dibuatlah semua electric. Jadi pembeli awam kuatir service di luar karena banyak electric.