Aslinya gak demen sama mobil beginian, lagian ngga cocok dengan saya karena 7 seater+kegedean. Dan lagi, saya udah liat foto unit pre-productionnya jauh sebelum launch. Tapi bocoran fitur dan development bikin ngiler, dan kata-kata pake DNGA makin bikin penasaran mau coba.
Singkat cerita abis launch melipirlah saya ke GIIAS, dan bujubuneng gila booth toyota/daihatsu masuknya antri! Padahal fyi saya ke sana weekday dan semua keramaian itu numpuk di avanza/veloz/xenia baru (kenapa jadi kembar tiga sih?). Bahkan salah satu teman yang datang weekend bilang antri masuk booth toyota setengah jam dan mau masuk avanza pun antri rebutan. GIIAS ini sebenernya highlightnya si kembar tiga, gak heran serame itu ICE BSD padahal banyak restrictionsnya. Saya gak masuk booth daihatsu, males antri cuma buat liat xenia. Booth toyota selama saya tongkrongin lumayan banyak juga yang spk avanza/veloz.
Dan di dealer pun sama, pas saya di service area (1 jam-an process), sudah ada 2 orang yang spk Veloz

Unit yang kali ini direview adalah Xenia 1.3R ADS (gak lama steernya karena belum ada plat) dan Veloz 1.5 Q TSS. Kenapa ga nyoba Avanza? Yah kayaknya bakal sama aja karena positioning dia di tengah. Yang mau saya liat dari Xenia adalah improvementnya dibanding yang lama dan kompetitor, sedangkan di Veloz saya bakal liat seberapa niat Toyota bikin Veloz jadi premium dan satu tingkat diatas Avanza.
Exterior
Dari bagian depan, si kembar tiga ini punya muka yang beda semua. Xenia mirip produk Tata atau Perodua, Avanza kayak Raize, dan Veloz jadi Corolla Cross KW. Avanza dan Xenia cuma beda bumper, tapi kalo mau convert Veloz harus ganti fender, kap, dan headlamp. Dari sini cukup niat sih Toyota ngebedainnya dari avxen. Lampu depan Xenia keliatan kecil, kurang proporsional tapi nyalanya bagus dan terang. Veloz lampunya jauh lebih besar, dan tambahan "premium"-nya ada running sign. Dari kembar tiga ini menurut saya paling mending depannya Veloz sih, tapi kromnya kebanyakan. Xenia ADS malah aneh dengan aksen merah di bumper yang gak buat sporty juga sebenernya.
Saya lebih suka sampingnya, kesannya panjang dan low-slung padahal gcnya tetep tinggi. Failnya disini cuma satu, pilar a keliatan terlalu maju dan tegak padahal sebenernya nggak. Dugaan saya sih karena moncong yang juga kelewat tegak kalo diliat dari samping. Sisanya bagus, garis body tegas sejajar handle, floating roof, dan spion di pintu bukan di pilar makin bikin cakep. Buat yang 1.3, velgnya 15", 1.5 16" dan Veloz Q khusus dapet 17". Saya awalnya kira Veloz bakal kedodoran bawa sepatu gede tapi nanti kita liat di driving impression.
Xenia ADS dapet sideskirt yang lagi-lagi warnanya ada aksen merah, bikin males padahal bentuk sideskirtnya bagus. Velg 15" kerasa kecil di body sebesar itu. Veloz sebagai pembedanya punya fender depan dan belakang lebih lebar dengan add-on, dan rapi juga karena warnanya sewarna body. Saya demen model begini karena kesannya gak tryhard jadi SUV kayak xcross atau XL7, tapi tetap jatidiri MPV aja. Veloz Q ini bannya profil 50, agak tipis. Rem belakang untuk Veloz sudah cakram dan ban pun ada 2 pilihan yang rada jomplang, Turanza T005A dan Champiro Ecotec. Veloz juga dapet puddle lamp, lucu tuh.
Bagian belakangnya juga dibedain antara avxen dan Veloz. Veloz punya lampu belakang yang nyambung full kanan ke kiri, sedangkan avxen putus di tengah. Tapi kalo Xenia yang ADS dapet garnish item juga yang nyambungin lampu. Nah sialnya kalo mau convert Veloz, avxen harus ganti sepintu-pintu belakangnya karena lampu Veloz yang nyambung itu beneran nyala semua bukan kayak BR-V yang hiasan aja.
Belakangnya sih kayak rushter campur Xpander, gak jelek tapi gak keren juga, biasa aja. Highlight yang gak disuka adalah emblem Xenia yang keramean, semua ditulis. Di Veloz yang gak disuka vent palsu kanan kirinya. Yang disuka? Penempatan emblem Veloz yang kesannya rapi dan premium, udah gitu semua lampu yang nyambung itu nyala jadi beda presencenya di jalan dibanding avxen.
Overall sih exteriornya gak keren tapi gak jelek juga, cuma yang pasti leap forward dibanding avxen lama yang kesannya murah dibanding kompetitor. Saya lebih megang desainnya Veloz di antara kembar 3 ini, dan juga dibanding Xpander baru.
Interior
Nah bagian ini di Veloz cukup bikin amazed, tampilannya gile layar semua headunit, ac, speedo. Tapi kita urutin dari masuk mobil aja.
Begitu masuk mobil, pintunya jauh lebih berat dibanding avxen lama dan bukanya pun lebih smooth. Yang saya notice dari perpintuan ini, pintu Veloz terasa lebih mantep dibuka tutup dibanding Xenia. Entah beda karet atau gimana, tapi tutup pintu Veloz lebih "blep" dibanding Xenia yang masih agak "breng". Notice kedua adalah posisi masuk kita ke mobil yang jauh lebih mudah dari avxen lama. Tapi entah kenapa pas pake Veloz dalam waktu yang lama (Xenia cuma steer sebentar) sepatu saya selalu kena panel bodi deket door sill. Gak kenapa-kenapa sih, cuma bunyi aja gak enak. Hal ini gak pernah terjadi di semua mobil walaupun saya cuma pakai nyetir dua kali.
Doortrim pun Xenia dan Veloz kerasa banget bedanya, Veloz ada ambient lighting dan insert faux leather sementara Xenia polos aja. Kudos buat Toyota mau bedain sejauh ini. Duduk di dalem, posisi jauh better dibanding avxen lama yang ketinggian. Tapi buat yang terbiasa pake avxen lama harus adaptasi lagi karena kesan commandingnya kurang. Jok juga surprisingly punya support yang oke untuk kelas LMPV, cuman posisi headrest dan sandaran masih kurang tinggi. Material jok Veloz pakai campuran faux leather dan fabric, sementara Xenia full fabric.
Dashboardnya dibuat mirip raize, common partsnya pun banyak (speedo, lingkar steer, panel ac, tombol start stop, tombol epb). Bedanya kembar 3 ini dibuat simetris dashboardnya dan lebih konvensional. Oh ya, dash avxen dan Veloz beda. Avxen punya storage di bawah airbag passenger dan di bawah panel AC. Sialnya, di Veloz ini ilang semua karena diganti panel faux leather dan piano black. Padahal di bawah panel AC harusnya masih bisa dibuat storage. Penggantinya, di Veloz sebelah kiri shifter ada storage kecil. Soal bahan sih standar aja, plastik semua dan fit and finishnya masih di bawah Ertiga/Xpander. Setirnya mirip Raize tapi hornpad dibuat mengotak sesuai dash. Keren sih, nggak keliatan murahan.
On side note, Xenia 1.5 punya aksen merah di kisi AC, dash, dan tombol start stopnya juga dibuat merah. Aneh dan kesannya norak buat MPV gini. Kenapa sih seleranya ADM dari krom jadi merah-merah gini

Konsol tengah juga beda, sama-sama model tinggi tapi Veloz sudah ada EPB dan auto hold. Suatu fitur yang bakal buat bingung kayaknya kalo Veloz baru udah banyak, sekarang mah unit yang saya pake aja di jalan

Speedo Xenia R ke atas dan Avanza G ke atas sudah TFT dan lumayan tajam resolusinya, meski menunya sedikit tapi infonya lengkap sekali. Veloz dapat instrumen full TFT dengan animasi opening yang keren banget. Di Xenia ADS, ada karpet mangkok ala-ala Volvo 960 yang saya suka karena mudah dibersihkan (berguna buat keluarga yang masih ada anak kecil). Cuma karena bahannya vinyl, karpet licin kalau basah dan berpotensi mengganggu pengemudi. Harusnya karet aja bisa.
Pindah baris kedua, ruangnya super lega. Ini karena jarak main sliding joknya yang luar biasa jauh dan recliningnya juga luar biasa jarak mainnya. Good job Toyodai! Model atap yang low juga ngga buat ruang kepala sempit. Nah setelah duduk di baris kedua baru sadar kenapa AC nya dibuat mirip Calya, karena selain ganti model, juga gak makan tempat kayak double blower konvensional. Sehingga penumpang 2nd row bisa punya pemandangan yang lebih luas tanpa kehalang AC. Ya minusnya jelek aja sih jadi kayak kipasnya Calsig. Di plafon untuk Veloz juga ada monitor RSE yang sebenernya engselnya lemah dan kalo jalan agak goyang. Tapi bolehlah kasi jempol karena pesaingnya gak ada yang kasih. Uniknya monitor ini dia gak mati kalau dilipat, jadi kesannya kayak ambient lighting gitu.
Doortrim baris kedua juga bisa dibilang pintar karena banyak cupholder. Ini Toyodai dari avxen gen 2 pinter ya, tau orang indo kalo jalan suka bawa minum banyak-banyak. Buat Veloz juga ada storage di balik jok depan yang idenya ngambil dari Xpander, tapi dibuat ada di jok kanan kiri. Highlight lain di belakang ada long sofa mode yang digembar-gemborin di brosur dan review yutub, tapi ini sebenernya Jazz dan Myvi saya juga bisa.
Baris ketiga belum coba, tapi kayaknya jauh lebih lega karena panjang nambah 20an cm. Bagasi juga lega dan ada kompartemen di bawah. Bagusnya lagi, untuk pertama kalinya avxen bisa punya kursi yang dilipat rata lantai bagasi.
Overall sih interiornya superb, saya suka banget meski fit and finishnya masih rada kacrut. Banyak fitur dan yang pentingnya, terpakai gak cuma gimmick aja. Contoh cup holder dan storage2nya.
Driving Impression
Masuk mobil, start. Dua-duanya sama-sama pakai tombol start stop. Nyalain AC, dan hal pertama yang saya notice adalah : acnya lama dingin. Entah karena mobil masih baru atau kabin kegedean. Yang pasti ini kejadian di Xenia dan Veloz. Tapi kalo udah lama dingin banget kok khas Toyota.
Kita coba bahas Xenia dulu. Karena mobil di stockyard, pertama saya keluarin dulu dari stockyard dengan kondisi jalan nanjak. Nah kodratnya body segede hampir Innova lama dengan mesin 1.3, ya pasti lemot. Buat nanjak agak ngeden meski gak perlu effort neken gas dalem-dalem. Saya juga lupa kalau dia ada mode manualnya, mungkin kalo pake mode manual lebih easy nanjaknya.
Setelah keluar stockyard, saya coba muter-muter dengan kecepatan lowspeed. Yang kerasa pertama adalah mobil jauh, jauh sekali lebih tenang dibanding avxen lama dari segi NVH. Mungkin masih di bawah Xpander/Ertiga tapi sudah ok. Dan di lowspeed juga pedal gas ditoel dikit udah wuzz wuzz, kayaknya tetep disetting supaya karakter sruntulan avxen lama gak hilang walau CVT.
Nah pindah Veloz sekarang. Veloz punya mesin 1.5, tapi dipair dengan velg 17" yang kesannya berat. Nah ternyata surprisingly mobil larinya jauh better dibanding yang 1.3. Ini karena pengaruh power loss yang kecil dibanding RWD, sehingga dipakein 17" pun masih lari. Naik-naik tanjakan spiral mall pun oke tanpa masalah. Toyota sepertinya tau orang akan khawatir Avanza/Veloz baru gak kuat nanjak dan risetnya banyak di situ. Di tanjakan yang sama, saya rasa Veloz lebih lancar nanjaknya dibanding Xpander Cross babeh saya.
Soal NVH, Veloz punya kualitas yang hampir menyamai Xpander dan untuk faktor noise sudah better dibanding Ertiga. Cukup terasa juga bedanya dibanding Xenia yang masih masuk suara luar. Di Veloz ini sudah lebih senyap. Mobilio/BR-V lama lewat jauh kalo soal NVH dengan Veloz ini. Lucu juga mobil satu basis (Xenia, Avanza, Veloz) namun diferensiasinya sekali lagi dibuat jauh. Oya suara ban Ecotec masih masuk, saran saya push sales untuk kasi unit yang bannya Turanza harusnya lebih hening jauh.
Bantingan di Xenia saya kurang kerasa karena jalanan bagus, tapi tetap saja terasa improvement dibanding gen sebelumnya. Nah di Veloz ini terasa bantingannya yang lebih lembut dan gak mental-mentul kayak avxen lama. Feeling empuknya sudah menyamai Xpander dan Ertiga namun rasa premiumnya rebound Xpander belum bisa disamai (ya tapi Avanza shocknya gak rembes harusnya). Yang bikin surprised adalah bantingannya masih enak sekali walaupun ban profil 50. Saya kira awalnya akan keras.
Yang bikin surprised kedua : handlingnya. Ya mau berharap apa sebenarnya dengan handling LMPV, hehehe. Epsnya no feedback juga. Tapi karakter DNGA sebagai platform baru cukup kentara. Tidak setajam Mobilio yang keras tentunya, tapi limbung berkurang jauh dan sasis terasa lebih rigid di highspeed. Even dibanding Xpander ini lebih anteng di highspeed thanks to DNGA. Kalau dari Raize/Rocky pindah ke sini, saya rasa mirip-mirip. Performa pengereman pun best di kelasnya karena rem belakang cakram. Mungkin ada yang bilang gimmick tapi ini cukup terasa di kecepatan tinggi, mobil mengerem lebih mantap.
Bisa dibilang karakternya mirip Ertiga baru yang platform HEARTECT. Punya handling yang bagus namun tidak setajam Mobilio, comfortable namun tidak senyaman Xpander. 50:50. Saya suka.
Verdict
Veloz dan Xenia. Dua mobil yang dibuat berbeda namun satu basis, dan memang nyatanya sangat banyak perbedaannya. Dan merupakan game changer juga di kelas LMPV, setelah Honda memensiunkan Mobilio dan blunder dengan BR-V yang baru delivery Januari, dan Mitsu juga blunder dengan Xpander Sport facelift yang punya velg jelek dan downgrade AC.
Oya mobil ini sudah bisa dibeli dan ready, that's why Veloz saya foto di delivery stall. Kalau mau beli, beli sekarang mumpung antrian masih pendek.
Jika anda owner avxen lama dan mau upgrade, tidak mesti beli Veloz, Xenia pun cukup untuk merasakan 'naik kelas'. Lebih-lebih lagi jika beli Avanza atau Veloz.
Jika anda sebelumnya punya LMPV lain dan mau ganti, saran saya go for Veloz. Benar-benar game changer dari semua aspek.
Jika sebelumnya punya Innova atau mobil kelas di atasnya dan tergoda fiturnya saja, jangan beli. Namanya Avanza Xenia ya tidak akan seenak Innova atau mobil-mobil kelas atasnya lagi, seenak apapun avxen baru ini. Sudah berapa kali saya menemui orang yang menyesal beli Xpander/Cortez/ mobil bergimmick fitur lain karena waktu launch tergoda dengan "review" yutub yang memuja muji, akhirnya beli lalu menyesal karena tidak seenak mobil lamanya yang kelas di atasnya.
Thanks!