Hahaha tritnya jadi OOT ke masalah lain... Berhubung banyak yg bahas mass public transport, nubi ikutan komentar ahh...
Ane orang jkt jd komennya buat di jkt ya, kota lain gapaham. Sebenernya bicara mass public transport ini, kalo yg paham dan hobi naik mass public transport, sekarang ini kalo buat di mamakota tercinta di jkt ya public transportnya sih sebenernya udah masuk kategori jauuuuuhhhh lebih baik dibandingkan dengan dulu2 ya, let say era 2010an awal. Sekarang ini menurut ane public transportnya udah cukup reliable kalo mau dijadiin kuda harian gitu. At least perbandingan total waktu tempuhnya dgn kendaraan pribadi gak sesignifikan dulu, bahkan kadang kalo public transportnya adalah kereta kalo lagi rush hour di rute yang macetnya ampun2 malah bisa lebih cepet dari kendaraan pribadi entah mobil entah motor. Bicara kenyamanan dan keamanan juga jauuuhhh lah meningkatnya. Sekarang bus dan kereta udah full AC, copet udah jauh berkurang, full CCTV, angkot jg armadanya udah pada kinclong2... Banyaklah berubahnya.
Kalo dibilang mass public transport ini belum bisa mengakomodir secara rute, mungkin ada benernya, menurut ane masih agak kurang karena daerah2 tertentu suka msh belon kecover. Tapi ya harap bersabar, semua butuh proses. Dibandingkan dgn dulu yg mana transjakarta itu cuma main koridor utama doang, sekarang rutenya udah nambah jauuuuhhh lebih banyak karena semenjak revolusi besar2an di 2016 lalu mereka mulai geser cara mainnya dengan banyak bikin rute2 non-BRT dan rute2 ke daerah penyangga. Ane inget dulu mah kalo mau ke komplek rumah ane dari halte/stasiun terdekat kudu nyambung ojek lagi, semenjak 2018 jadi ada rute transjak yg berenti depan gerbang komplek, sekarang dah hampir gak pernah lagi naik ojek kalo mau keluar rumah naik transjak. Mendingan gw jalan dikit ke halte dan extend waktu tempuh 10 menitan daripada narik urat ama tukang ojek

. So utk org jkt yg rumahnya belon kecover, ditunggu aja lah tanggal mainnya, suatu hari nanti pasti bakal kecoverlah. Perkembangan coveran rute ini menurut ane cukup positif kok, pemerintah cukup agresif dalam nambah2 rute begini.
Untuk kapasitasnya, sebenernya untuk sekarang menurut ane jumlah armada udah cukup bisa ngecover jumlah penumpang yg naik saat ini kok. Bandingkan dengan dulu yg kalo naik transjak di rush hour misalnya mesti nunggu sampe 4-5 bus lewat baru dapet naik, kalo sekarang mungkin 1-2 bus langsung dapet naik. Commuter jg ga ada lagi yg namanya atapers... udah lewat lama era jahiliyah begitu... armadanya udah lumayan mengakomodir walau kalo jam rame penuh kayak pepes... Cuman, kalo ngarepin semua orang yg ada dijalanan yg hari2 naik kendaraan pribadi pindah ke mass public transport, iya emang tentu gak cukup.
So, sebenernya kalo buat di jkt sih gak buruk2 amat lah public transportnya. Lumayan bisa diandalkan. Apalagi kalo dibandingkan dengan let say 7-8 tahun yang lalu, jauh lah peningkatannya. Emang masih belon sebagus public transport negara2 tetangga, tapi ya ditunggu aja tanggal mainnya. Selama pemerintah serius ngembanginnya, optimis lah semua kedepannya bakal makin oke kok.
Tinggal berikutnya gimana merubah kebiasaan masyarakat kita buat gak malas jalan kaki aja. Kadang orang2 tertentu jangankan ngarep mereka naik public transport, parkir mobil jauhan dikit dari tempat tujuan dan harus jalan kaki jauhan aja masih ngeluh...

Mau turun mobil di mall/kantor/sekolah aja kudu persis depan pintu lobby...

Nah mulai dari kebiasaan sepele inilah yg juga harus dirubah, beriringan dengan fasilitas mass public transportnya juga.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)