b0ku wrote: Sat Nov 20, 2021 1:29
untuk camry hybrid saya bebeerapa kali dapet barang jualan batrenya jebol kalo di toyota emang 50jt karena beli 1 set sama casingnya kalo cuma ganti isinya doank katanya 30jt di bengkel mana ya gak tau karena kemaren cuma nanya doank sama yang punya
dan 8th 10th claim cuma teorinya nyatanya banyak yang fail di bawah itu, belom resiko terbakar sendiri kona sendiri ud banyak kasus kebakar sendiri lagi di parkir di garasi di indo belom pernah aja kejadian kebakaran mobil electric sekali kejadian saya jamin lsg ancur jualannya, ditambah disarankan gak boleh kebanyakan fast charging biar batrenya awet
itu di batu makam daun juga yang first gen deteriorate nya cepet banget. sampe lumayan rame saking parahnya pernah ada yang 1 jam pake udah drop

ya gak tau sih merek lain ya, it's nissan anyway well known for..... gak deh nanti dirajam loyalis nissan.
di sini sih EV paling jadi mainan orang kaya doank. harganya 700 jeti. bahkan gak sampe 50% mobil di jalan raya itu kelas 500juta. mostly 200-300 juta. masalahnya EV terjangkau tuh nanti nya macem wuling EV mobil buat lucu-lucuan doang yang pasti gak buat angkut 10 manusia + barang waktu mudik.
dan modelnya... ya cuma menarik buat SJW yang mau punya mobil terus feeling good karena gak keluarin asep. sisanya akan beli HRV atau Innova.
blom menurut ane switching ke EV itu gak melulu soal infrastructure dan harga mobilnya. tapi profil sosio-economic juga.
saya sangat yakin op cost rendah akan jadi marketing gimmick yang sangat menjual di kelas 200-300 juta, dari 300 ribu per bulan pakai avanza, jadi 30 ribu dengan EV, plus dengan market craze pasti skema kredit akan dipermudah dan akan menjangkau orang dengan budget yang pas-pasan yang punya rumah - tanpa garasi, dengan daya listrik..... pas-pasan.
krn kalau mobil 1 miliar aja bisa di isi pertalite/premium, apa yang bikin gak mungkin skenario rumah daya listrik pas-pasan dipake buat charging mobil?
biarpun positifnya nanti pasti kaya internet sih, listrik jadi murah meriah langganannya.