Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 13, 2021 18:00
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: Sienta
Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.
Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.
Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.
Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:
A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer
B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?
C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?
Terima kasih
Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.
Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.
Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:
A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer
B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?
C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?
Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.
kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4013
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Limiter putaran setir itu kaya apa ya om barangnya?r1409 wrote: βSun Nov 14, 2021 9:39 ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.
kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
yaris baru kan "katanya" radius putarnya lebih pendek yah? 5.1M, siapatau racksteernya bisa make yasir punya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 13, 2021 18:00
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: Sienta
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
yanuarra wrote: βSun Nov 14, 2021 9:51Limiter putaran setir itu kaya apa ya om barangnya?r1409 wrote: βSun Nov 14, 2021 9:39 ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.
kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
r1409 wrote: βSun Nov 14, 2021 9:39 ga pernah punya sienta, tapi dugaan saya ada pada limiter putaran setir, di versi profil ban lebar diberi limiter biar ban tidak gesrot ketika belok maksimal.
kalau benar, maka tinggal ganti ke profil lebih kecil dan lepas/kurangi limiternya, maka akan bisa mengurangi radius putar karena memang ini mobil yg sama.
Thanks masukannya . Mungkin harus konsultasi ke beres dulu. Yaris dengan sienta punya basis sama ya om? Berarti vios sama jg?Duvebriliant0 wrote: βSun Nov 14, 2021 10:56 yaris baru kan "katanya" radius putarnya lebih pendek yah? 5.1M, siapatau racksteernya bisa make yasir punya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1291
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Halo om, ada users sienta di sini yg kecilin velg dan benar radius putar jadi lebih kecil kok
Untuk poin C, ngga signifikan kok risikonya om
Untuk poin C, ngga signifikan kok risikonya om
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 13, 2021 18:00
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: Sienta
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4737
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
saya kasih solusi terbaik dapet uang pulaajustforlaughs wrote: βSun Nov 14, 2021 8:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.
Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.
Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.
Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:
Polish_20211114_152058020.jpg
A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer
B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?
C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?
Terima kasih
jual sientanya ganti freed aja karena freed harga secondnya lebih murah otomatis dapet duit lebih
itu mobil radius puter sama handlingnya terbaik buat mobil roti tawar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1291
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Lupa om coba cek di thread sienta ajajustforlaughs wrote: βMon Nov 15, 2021 4:57Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
Understeer tu kalo misalnya ngebut trus setir diputer belok tapi mobilnya masi lurus ajah. Kemungkinannya si sangat kecil yah kecuali ngebut banget.
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
mobil papa saya downgrade om, sienta Q tanpa bodykit dan velg tipe G.justforlaughs wrote: βMon Nov 15, 2021 4:57Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
skrg pakai XM2+ 185 60 15.
anda tipe driver agresif kah om? kalau iya, jangan dikecilin bannya.
cuma papa saya nyetir van roti tawar tau diri sih, ga kenceng di tikungan
saya nyari google ada sih keluar under vs oversteer
belum lagi dikata2in orang tiap kali servis, udah bagus2 pake bodykit, ban low profile velg 16. koq didowngrade?
beli tipe G aj, ya kita beli VSCnya untuk safety.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
justforlaughs wrote: βMon Nov 15, 2021 4:57
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
understeer itu saat kita masuk tikungan dan memutar setir, tapi kendaraan masih belum "nurut" dan cenderung keluar jalur, otomatis kita harus memutar setir lebih banyak lagi supaya mobil mau "nurut" dan berbelok.
kalau di mobil FWD mengatasinya sangat mudah, injek pedal gas saja alias berakselerasi dan bersiap untuk countersteer.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4013
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
marmut wrote: βMon Nov 15, 2021 11:31justforlaughs wrote: βMon Nov 15, 2021 4:57
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
understeer itu saat kita masuk tikungan dan memutar setir, tapi kendaraan masih belum "nurut" dan cenderung keluar jalur, otomatis kita harus memutar setir lebih banyak lagi supaya mobil mau "nurut" dan berbelok.
kalau di mobil FWD mengatasinya sangat mudah, injek pedal gas saja alias berakselerasi dan bersiap untuk countersteer.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
si om bisa ajab0ku wrote: βMon Nov 15, 2021 5:35saya kasih solusi terbaik dapet uang pulaajustforlaughs wrote: βSun Nov 14, 2021 8:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.
Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.
Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.
Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:
Polish_20211114_152058020.jpg
A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer
B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?
C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?
Terima kasih
jual sientanya ganti freed aja karena freed harga secondnya lebih murah otomatis dapet duit lebih
itu mobil radius puter sama handlingnya terbaik buat mobil roti tawar
emang beneran ya bisa memperkecil radius putar hanya dengan ganti ban ke ukuran lebih kecil? bukannya udah fix ya dari racksteer
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 13, 2021 18:00
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: Sienta
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
marmut wrote: βMon Nov 15, 2021 11:31justforlaughs wrote: βMon Nov 15, 2021 4:57
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
understeer itu saat kita masuk tikungan dan memutar setir, tapi kendaraan masih belum "nurut" dan cenderung keluar jalur, otomatis kita harus memutar setir lebih banyak lagi supaya mobil mau "nurut" dan berbelok.
kalau di mobil FWD mengatasinya sangat mudah, injek pedal gas saja alias berakselerasi dan bersiap untuk countersteer.
Saya tipilkal slow om, kecepatan tidak pernah lebih dari 80kpj. Secara estetika jadi kurang kalau downsize velg, tapi benefitnya radius putar lebih sempit dan lebih bisa meredam getaran&guncangan karena ban lebih tebalvincewonk wrote: βMon Nov 15, 2021 10:24mobil papa saya downgrade om, sienta Q tanpa bodykit dan velg tipe G.justforlaughs wrote: βMon Nov 15, 2021 4:57Thanks om atas pencerahannya. Btw, user sienta yg downsize velg nama akunnya apa?
Untuk poin C, understeer itu gambarannya seperti apa om?
skrg pakai XM2+ 185 60 15.
anda tipe driver agresif kah om? kalau iya, jangan dikecilin bannya.
cuma papa saya nyetir van roti tawar tau diri sih, ga kenceng di tikungan
saya nyari google ada sih keluar under vs oversteer
belum lagi dikata2in orang tiap kali servis, udah bagus2 pake bodykit, ban low profile velg 16. koq didowngrade?
beli tipe G aj, ya kita beli VSCnya untuk safety.
jessboy wrote: βMon Nov 15, 2021 14:20si om bisa ajab0ku wrote: βMon Nov 15, 2021 5:35justforlaughs wrote: βSun Nov 14, 2021 8:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.
Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.
Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.
Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:
Polish_20211114_152058020.jpg
A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer
B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?
C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?
Terima kasih
emang beneran ya bisa memperkecil radius putar hanya dengan ganti ban ke ukuran lebih kecil? bukannya udah fix ya dari racksteer
Saya ada logika sederhana om. Dulu pernah punya Civic velg stock 16" , dimodif ganti ke 19". Di U turn yang rutin dilewati sejak ganti 19" tidak pernah bisa sekali putaran
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
kayaknya steering rack sienta tipe q beda sama yg dibawahnya deh, rasionya mungkin lebih sharp yg Q jadinya putaran setir atau lock to locknya berkurang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4737
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
karena dulu saya sempet pake yaris bakpao radius puternya juga parah, akhirnya cuma tahan 3 bulan abis itu saya tuker sama freed adek saya harusnya sih radius putar pengaruh dari rack tapi pelek juga ada pengaruh, tapi overaal banyakan sih dari racknya, karena lucunya saya sekarang pake pajero juga malah enak di pake manuver di tempat sempit di banding yaris ternyata setelah cek spek emang pajero radius puternya paling kecil di banding mobil sekelas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1322
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
berarti solusinya yang paling ampuh itu ganti racksteernya ya?
racksteer new yaris apa interchangeable dengan racksteer sienta?
racksteer new yaris apa interchangeable dengan racksteer sienta?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4737
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
nah itu keknya kudu jejerin 2 2nya buat liat dudukannya sama soket2xnya bisa jadi yang baru duduknya bedakrniawnhdr wrote: βTue Nov 16, 2021 2:46 berarti solusinya yang paling ampuh itu ganti racksteernya ya?
racksteer new yaris apa interchangeable dengan racksteer sienta?
soalnya dulu jazz cuma modal facelift aja axle belakangnya malah lebih lebar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 897
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Racksteer Sienta E/G dan Sienta V/Q itu partnumbernya berbeda sih, jadi ada kemungkinan perbedaan radius putar juga disebabkan oleh racksteer tsb.
Sienta E dan G
45510-0D440 Gear Assy, Steering
https://www.megazip.net/zapchasti-dlya- ... k-18060902
Sienta V dan Q
45510-0D560 Gear Assy, Steering
https://www.megazip.net/zapchasti-dlya- ... k-18060902
Sienta E dan G
45510-0D440 Gear Assy, Steering
https://www.megazip.net/zapchasti-dlya- ... k-18060902
Sienta V dan Q
45510-0D560 Gear Assy, Steering
https://www.megazip.net/zapchasti-dlya- ... k-18060902
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
pernah punya sienta om. dan saya setuju sama pendapat om. kekurangannya ya itu radius putar, dan secara teori-praktek memperkecil ukuran ban+velg bisa memperpendek radius putar, karena daya pijak ban lebih ke dalam. efek positif lainnya adalah mobil jadi lebih lincah dan lebih efisien bahan bakar karena luas gesekan lebih kecil. tapi efek negatifnya pasti terkait pengereman pasti lebih panjang jaraknya. walaupun kalau sudah terbiasa tidak akan masalahjustforlaughs wrote: βSun Nov 14, 2021 8:32 Halo teman, saya newbie dan pertama kali post.
Saya ada sienta Q dari pemberian. Saya menyukai mobil ini, menurut saya MPV dari toyota paling enak disetir. Irit, ac dingin, nyaman dan banyak hal positif lainnya.
Cuma saya masih sedikit terganggu dengan radius putar mobil ini.
Saya menemukan hal yg menarik ketika membaca brosur sienta singapore:
Polish_20211114_152058020.jpg
A. Sienta Q dengan spek 195/50r16. Apakah dengan mengganti ke 185/60r15 benar radius putar menjadi 5.3m ? Karena seingat saya mobilio 5.3m. Kebetulan kemaren tanya auto2000 dan velg 15" sienta murmer
B. Apakah teman ada solusi untuk mengurangi radius putar?
C. Saya pernah tanya ke toko velg, infonya dengan mengganti velg depan lebih masuk ke dalam bisa mengurangi radius putar dengan trade-off lebih mudah understeer. Apakah menurut teman info tersebut tepat?
Terima kasih
kalau sienta ganti Freed..? kalau saya no way. freed ga ada enak2nya. menang di captain seat aja.
saya jadi penggemar roti tawar setelah punya sienta ini hampir 4 tahun, ganti C26 dan sekarang ganti Voxy
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 663
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
Saya user Sienta.
Tipe V matic tahun 2017
Ukuran standar Velgnya 16 inch.
Sekarang pakai velg 15 inch dengan profil tinggi.
Hasil yang diraih
1. Naekan sedikit lebih empuk
2. Radius putar bagaimana? sedikit improve tp nggak banyak
Tipsnya: Saya pasangin mirror kecil tambahan di spionnya. Lah buat apa? buat ngintip bawah mobil jadi waktu belok saya bisa mepet abis shg bisa lebih dapat puter baliknya.
Kenapa sih Sienta radius putarnya lebar banget?
Hmmm.. kemungkinan besar karena kaki2nya (mungkin) dibikin lebih besar dari kontruksi yaris/vios sebelumnya.
Kok bisa memprediksi spt itu?
Ya saya sih belum komparasi langsung, tapi yang jelas ini kaki2 sienta sampai umur 65 ribu kilometer belum ada keluhan kletek2. Padahal sering hajar jalan keriting. Buat ukuran mobil FWD, umur kaki2 65ribu cukup oke banget bandelnya.
Beda banget ama Yaris bakpo. Umur 40an ribu uda kletek2.
Jadi tebakan saya, si Toyota improve disisi kaki2 ntah sterring racknya atau hal yang lainnya.
Nah improvenya ini kebangetan sih sampai2 sulit puter balik ya walau disisi lain kekuatan kaki2nya oke banget.
Oiya btw saya pernah naek Freed sodara. Naekannya lebih keras dari Sienta saya. Padahal menurut saya Sienta itu naekannya keras.
Tipe V matic tahun 2017
Ukuran standar Velgnya 16 inch.
Sekarang pakai velg 15 inch dengan profil tinggi.
Hasil yang diraih
1. Naekan sedikit lebih empuk
2. Radius putar bagaimana? sedikit improve tp nggak banyak
Tipsnya: Saya pasangin mirror kecil tambahan di spionnya. Lah buat apa? buat ngintip bawah mobil jadi waktu belok saya bisa mepet abis shg bisa lebih dapat puter baliknya.
Kenapa sih Sienta radius putarnya lebar banget?
Hmmm.. kemungkinan besar karena kaki2nya (mungkin) dibikin lebih besar dari kontruksi yaris/vios sebelumnya.
Kok bisa memprediksi spt itu?
Ya saya sih belum komparasi langsung, tapi yang jelas ini kaki2 sienta sampai umur 65 ribu kilometer belum ada keluhan kletek2. Padahal sering hajar jalan keriting. Buat ukuran mobil FWD, umur kaki2 65ribu cukup oke banget bandelnya.
Beda banget ama Yaris bakpo. Umur 40an ribu uda kletek2.
Jadi tebakan saya, si Toyota improve disisi kaki2 ntah sterring racknya atau hal yang lainnya.
Nah improvenya ini kebangetan sih sampai2 sulit puter balik ya walau disisi lain kekuatan kaki2nya oke banget.
Oiya btw saya pernah naek Freed sodara. Naekannya lebih keras dari Sienta saya. Padahal menurut saya Sienta itu naekannya keras.
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
kalau durability kaki kaki mobil sih overall skrg memang meningkat om. dulu mobil FWD kena jalanan +62 minimal 40 ribu gak repair kaki kaki udah bagus banget.quyquy wrote: βTue Nov 16, 2021 3:47
Kenapa sih Sienta radius putarnya lebar banget?
Hmmm.. kemungkinan besar karena kaki2nya (mungkin) dibikin lebih besar dari kontruksi yaris/vios sebelumnya.
Kok bisa memprediksi spt itu?
Ya saya sih belum komparasi langsung, tapi yang jelas ini kaki2 sienta sampai umur 65 ribu kilometer belum ada keluhan kletek2. Padahal sering hajar jalan keriting. Buat ukuran mobil FWD, umur kaki2 65ribu cukup oke banget bandelnya.
Beda banget ama Yaris bakpo. Umur 40an ribu uda kletek2.
Jadi tebakan saya, si Toyota improve disisi kaki2 ntah sterring racknya atau hal yang lainnya.
Nah improvenya ini kebangetan sih sampai2 sulit puter balik ya walau disisi lain kekuatan kaki2nya oke banget.
Oiya btw saya pernah naek Freed sodara. Naekannya lebih keras dari Sienta saya. Padahal menurut saya Sienta itu naekannya keras.
dugaan saya justru kaitannya dengan handling. makin kecil rasio setir handling makin enak jadi mobil makin lincah buat selap selip.... ya memang harus diakui sienta handlingnya enak gak terlalu banyak puter setir buat belok.
tapi dugaan saya vendor yang supply ini salah desain... mungkin gak dibikin variable gear ratio atau bikin gear ratio steeringnya kepanjangan padahal sebenernya gak perlu sepanjang itu.
soalnya nurut saya beloknya setir sienta ini memang aneh, ban berbeloknya lebih pendek dari putaran setir kaya mobil setirnya speeleng / gak pas, kayak setirnya udah mentok duluan padahal bannya masih sisa banyak.
beda gitu sama setir honda civic turbo / CRV turbo saya yang lock to locknya pendek tapi speeleng setirnya dikit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4737
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
tapi masalahnya ini setir ud ada dari jaman XP90 sampe Yaris XP150 malah tambah parah baru di benerin pas facelift terakhir aneh kan?? itu nomor partsnya saya ud cek yang di kasih diatas barangnya bisa di pake ke yaris juga jd racknya sama sma yarisChZ wrote: βTue Nov 16, 2021 6:45
kalau durability kaki kaki mobil sih overall skrg memang meningkat om. dulu mobil FWD kena jalanan +62 minimal 40 ribu gak repair kaki kaki udah bagus banget.
dugaan saya justru kaitannya dengan handling. makin kecil rasio setir handling makin enak jadi mobil makin lincah buat selap selip.... ya memang harus diakui sienta handlingnya enak gak terlalu banyak puter setir buat belok.
tapi dugaan saya vendor yang supply ini salah desain... mungkin gak dibikin variable gear ratio atau bikin gear ratio steeringnya kepanjangan padahal sebenernya gak perlu sepanjang itu.
soalnya nurut saya beloknya setir sienta ini memang aneh, ban berbeloknya lebih pendek dari putaran setir kaya mobil setirnya speeleng / gak pas, kayak setirnya udah mentok duluan padahal bannya masih sisa banyak.
beda gitu sama setir honda civic turbo / CRV turbo saya yang lock to locknya pendek tapi speeleng setirnya dikit.
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Solusi Jitu Mempersempit Radius Putar Sienta
XP90 yaris telor berarti udah gini? tp mungkin badannya gak gede jd gak berasa ya
yah beginilah kl parts gak desain inhouse, mungkin kontrak produksi di vendornya masih banyak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7