iya om, problem soal STNK ini emg udh ada sejak jaman MMI sampe sekarang pas dipegang sm eurokars . untungnya semua drama soal STNK ini masih bisa saya maafkan karena produknya bagus, durabilitynya bagus juga buat ukuran mobil nonmainstream dan pelayanan beresnya yg cukup baik menurut sayasusupanda wrote: Sun Nov 07, 2021 0:31
wah, thanks bgt om udah sharing sampe mendetail gini. sepertinya memang problem menahun ya masalah STNK ini di Mazda... kasian juga salesnya jadi perlu mikirin post-sales follow up gara2 masalah plat nomor ini terus2an. curiga memang dipersulit pihak berwenang buat brand ini dalam masalah pengurusan surat2![]()
untuk poin kedua terkait ga ada keluhan aneh2 mungkin memang jadi tolok ukur bq yang bagus ya. jadi maintenance standar pun sudah cukup karena kualitas mobilnya pun udah ok. shock kaki2 kayanya standar ya, mengingat jalanan indo gradakan dan jarang banget yang bener2 mulus hehehe
iya om, selama 3 tahun pake, semuanya std, kecuali paddle shiftnya doang yg saya tambahin karena yg tahun 2018 blm ada paddle shift sebagai standarnya, masih opsional. kalo yg improvement model 2020 keatas baru ada paddle shiftnya sebagai standar buat tipe elitenya hehehe
aminn, makasih om, pengennya sih naik kelas ke mobil diesel atau mobil eropa seken kaya mercy or bmw atau ganti ke HRV baru , tapi saat ini saya mencoba buat mensyukuri dan menikmati apa yg sudah saya punya saja om hehehesusupanda wrote: Sun Nov 07, 2021 0:37
exactly. asumsi saya juga ada di angka segitu dan yang HRV RS nanti mesti tepat itu penempatannya kalau2 sipik HB turbo masuk.
tapi masalah worth it... gatau ya saya masih sangsi sama Honda sekarang dengan harga naik drastis tapi fitur2 masih hobi banget disunat2in. Calon pembeli sekarang udah banyak dapat informasi sehingga bisa komparasi dan kalkulasi harga dibandingkan versi luar negeri. review2 HRV di luar negeri speknya bagus2 banget dan lengkap, begitu lihat versi HPM emang harus siap kecewa dan mengelus dada hahaha
siap om, mudah2an nanti pas HRV-nya udah 5 tahun langsung ganti yang lebih oke lagi lah. bisa jadi udah bukan market Honda lagi tapi udah naik kelas, aminnn![]()
itu dulu om, pas jaman 2020 kebawah. sekarang semenjak munculnya city hatch, CRV Turbo FL, dan AN BRV, speknya udh jauh membaik dibanding dulu terutama soal bq dan fitur, udh ga sepelit dulu menurut saya. tinggal diliat aja durabilitynya kaya gimana, apakah masih kaya dulu yg blm 5 tahun udh kena kaki2 dan rack steeringnya + rattling atau tidak
kalo soal fitur sih, emg disesuaiin sm masing2 negara ya, karena kebutuhannya beda2. paling gampang deh, spek HPM kalah soal fitur dan bqnya dibanding negara tetangga kaya Malay , Thailand dan SG. cuma kan mayoritas konsumen disana udh banyak yg melek otomotif, fitur + spek menjadi salah 1 faktor dalam memilih mobil disana dengan membandingkan pada rival sekelasnya di range harga yg mirip
kalo di Indo, mohon maaf, masih banyak yg blm mempertimbangkan fitur sebagai prioritas utama dalam memilih mobil. kan mayoritas orang Indo kalo beli mobil yg penting lega, muat banyak, perawatan murah, part kw nya banyak, gampang benerinnnya, part ada dimana (bengkelnya banyak, sampe di kota kecil pun ada, baik beres maupun spesialisnya, gacuma di kota besar doang), irit bbm, bisa make oli apa aja, bisa minum BBM subsidi dan kalo dijual lagi harganya ga jatoh2 amat hehehe. kalo fitur, kenyamanan dan driving feel no sekian

dan ATPM ga sepenuhnya salah menurut saya. mereka mencoba memenuhi aja apa yg menjadi keinginan mayoritas konsumen. kalo di Indonesia, yg merhatiin fitur dan spek sebagai prioritas dalam membeli mobil masih cukup sedikit menurut saya. kalo nambahin fitur full spek pun harganya bakal tambah mahal which is mengurangi presentase penjualan mobilnya. toh atpmnya juga mikir, kalo dikasih spek biasa aja sm harga mahal aja masih tetep laku keras ngapain cape2 nambah fitur hehehe
kalo ambil mazda bekas sih, mending GCU ke beres aja om, atau gak bawa kenalan or mekanik yg ngerti mobil jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan, at least, kita tau penyakit itu mobil pas awal beli, jadi kita tau mesti spare budget berapa diluar harga mobil diluar perbaikkan . kalo spare budgetnya ada sih gamasalah om, kalo di jakarta partnya masih cukup mudah didapatkan karena banyak beresnya yg bisa handle kalo mazda . rugi waktunya yg susah, nyari unitnya aja udh makan waktu apalagi gabisa sekali jadi kalo beli seken , kudu bandingin sm opsi A, B ,C buat nentuin mana yg lebih layak buat dibeli dari segi harga dan kondisi, blm lg kalo mesti beresin PRnya. tapi disitulah seninya kalo main mobekas, merek apapun, gacuma mazda aja, banyak ilmu dan pengalaman yg bisa kita dapatkan mulai dari hunting unit sampe beresin PR2nya which is kita ga dapetin di mobil baru (saya sudah mengalami sendiri pas hunting avanza dan HRV dulu), perlu waktu dan mental yg kuat kalo mau main mobekas, karena ya emg kudu spare budget diluar harga mobil buat perbaikkan karena kita gatau pemakaian owner sblmnya seperti apa, kecuali kita udh kenal baik sm owner sblmnya, jadi kita udh tau nih itu mobil selama dipelihara sm owner sebelumnya itu pemakaian dan perawatannya bagaimanasusupanda wrote: Sun Nov 07, 2021 13:01
kebetulan dua teman dan satu sepupu saya ambil m2 sky bekas (masing2 2015, 2016, dan 2017) semuanya trouble di kaki2, kelistrikan, RPM turun dan kadang ngeden2... saya jadi agak ragu juga kalau ikut ambil bekasan tapi kondisinya bikin pusing berikutnya![]()
cost of time (+money +effort) buat saya lebih ngerugiin dibandingkan harga murah di awal. apalagi rugi waktu itu ga bisa didapatkan lagi penggantinya om hehehe. tambahan harga untuk dapat peace of mind dari kondisi mobil baru (yang secara harusnya jauh bebas problem) buat saya pribadi lebih makes sense om![]()
cuma ya semua kembali lagi ke kitanya , mau keluar waktu lebih gak buat hunting unit + mentalnya kuat gak buat ngadepin kalo nyari mobekas itu gabisa sekali jadi. kalo emg waktu kita terbatas dan mentalnya masih blm kuat mending beli baru aja, lebih worry free walaupun tambahan harganya lumayan jauh hehehe menurut saya . tapi kalo beli mobekas dan udh tau cara benerinnya gimana, dimana beli sparepartnya, terus penyakit bawaannya apa aja dan yg harus diperhatiin apa aja itu asik kok. dengan harganya lebih murah dibanding beli baru, kita bisa dapet mobil yg kelasnya lebih tinggi walaupun tahun lebih tua + dengan spare budget yg udh kita siapin buat servis , kalo ditotal2 dengan selisih yg masih lumayan jauh dengan harga barunya dulu, kita bisa menikmati enaknya mobil tersebut dengan feel yg mirip seperti harga barunya dulu
contoh sederhananya deh. om beli M2 2018 yg dulu harga barunya 270an. saat ini, om beli secara seken di harga 200jt. terus spare perbaikkan katakanlah abis 10-15 jt. dengan harga 210-215 jt, which is selisihnya lumayan dengan yg baru, om udh bisa merasakan kenikmatan dari mazda 2 tersebut dengan feel yg mirip saat kondisi mobil tersebut baru hehehe . walaupun om beli secara seken mobilnya