b0ku wrote: Fri Nov 12, 2021 8:48
dan enaknya lagi kek saya ud sayang banget sama GE8 tapi pengen upgrade performance sekarang saya bisa swap pake mesin civic turbo
harusnya tinggal duduk aja paling masalah di tranmisi kalo gak pake manual aja

dapet deh mesin lebih kenceng tapi daya tahan pabrikan
wah mantep itu kalo swap pake mesin civic turbo, jarang2 soalnya ge8 yg diswap pake mesin civic turbo, so far yg saya tau baru swap pake k20 atau k24 sih hehehe, swap mesin k20 atau k24 sebenernya udh bagus kok buat GE8, mesin tenaga gede gitu pasti kenceng kalo dimasukkin ke body jazz yg lebih enteng dibanding crv atau civic hehehe . salah 1 wishlist saya nih dulu pas miara GE8 2009 , cuma bedanya pengen diturboin aja bikin 200 HP ++ sm swap manual wkwkw. sayang blm kesampean sampe itu mobil dijual 2018 lalu dan digantikan sm xpander ultimate baru , karena ya to be honest, agak sayang juga jualnya , karena mobilnya masih enak + tarikannya juga kenceng terutama putaran tengah sm atasnya, cuma ya dulu karena udh mulai rattling dibagian dasbor dan doortrim sisi driver + udh ketuaan mau ga mau kepaksa dijual akhirnya

.
Ibet wrote: Fri Nov 12, 2021 9:19
Wah rame juga. Ikut nimbrung share pengalaman melihara Honda ya om.
Biar ga OOT mau ikutan nimbrung soal BR-V dan adiknya SUV-RS yg kemarin baru launching.
Kesan pertama lihat sendiri eksterior BR-V E baru rasanya desainnya agak kalem crossover pada umumnya sih ya.
Interior so-so agak spartan seperti model pendahulunya. Overall oke sih. Dasbor ala Amaze jg aman - aman aja.
Sempet nonton review di utube soal riding experience si BR-V konon improved dibanding pendahulu dan sodara kembarnya.
Mungkin ada perbedaan di shock breaker / spring rate dll. Ban + velg juga lebih gede dengan R17 dan ban tebel. Harusnya nyaman ya.
Saya malah tertarik SUV-RS nya yg kemarin baru launching. Bodi proportionally designed. Ban besar, (semoga) bantingan dan handling kaya BR-V baru ini. Body compact ga lebih gede dari HR-V current gen. Apalagi harga di set sekitaran Rocky / Raize sekitar 220 up to 300 kecil. Untuk mesin yg setara dengan 1.0 turbo nya duo Rocky apa ya? Semoga dapet mesinnya City HB / BR-V lah haha. Ini kayanya malah jadi formula yg tepat.
=====================================
Untuk case pengalaman melihara Honda.
So far saya baru pelihara 2.
Pertama, Jazz GE RS 2013 dari 2017 - 2021. Saya jual di odo read 67k, dulu pake sekitaran bekasi - cikarang.
Part kaki - kaki yg sudah pernah saya ganti :
- Support shock breaker (300k)
- Stabilizer link (450k)
- Lower arm assy include all bushing (saya beli merk NLK; 1000k)
Lower arm lama saya refresh semua karet - karetnya (@100-150k per bushing + 150k ball joint, dikali 2)
Sisanya? Standar melihara mobil Jepang. Oli, filter, dkk.
Ini saya kerjain di beres Honda per 5 ribu km. Kaget juga karena kok murah.
Tanpa tune up, ganti oli mesin 4 liter (paling murah 10w-30 @80k), filter oli, filter udara itu ga sampe 700 rb. Free kopi dan roti panggang di dealer Honda deket rumah. Ini pun saya minta ke mekanik untuk cek torque on spec baut - baut kaki - kaki. It's free haha.
Kalau tune up saya rasa per 10 rb / 20 rb km juga masih oke sih, atau misal ada keluhan.
Kagetnya lagi ganti oli matic di pan cuman abis 320k + ngasih mekanik. Ini saya rutin juga tiap 25k atau 5x ganti oli.
Sebenernya pelihara Honda mahal itu cuman masa lalu ya? Atau ketemunya orang yg ga tepat. Prinsip saya apa yg ditawarkan SA ga perlu semua dikerjain, seperti misalnya oil flush. Kita konsumen berhak kok beli apa yg dimau. Cuman saya perhatikan beberapa kali orang asal ttd aja yg diberikan SA tanpa dicek dulu. Ya wajar aja sekali servis bisa 3 jt+++.
Akhirnya saya jual mobil ini akhir bulan lalu. Dan pindah...... you guess what. Ke HR-V
. Orang bilang buruk tapi pas saya coba sendiri, lah ini mah packaging interiornya enak! Lapang dan interior nya quite nice in my opinion.
Bantingan juga lebih nyaman dari GE. Handling ga se-sporty GE tapi lincah buat mobil segede itu. (Lagi - lagi) kata orang banyak kena urusan build quality tapi sebelah mana selain bushing lower arm dan rack steering? Mesinnya ada yg bilang isi gocap sampe ke surga. Beneran irit sih. Saya sempet coba toll Bekasi - Bandung bisa dapet 1:19.5 di meternya.
Kaki - kaki glodakan kalo lewat jalan yg berlubang parah. Tapi ya ga rusak, setir masih stabil. Setelah tanya sana - sini ternyata tinggal tambah stopper insulator (@100k x2) di bushing di lower arm yg menghadap vertikal, beres urusan.
Atau ganti lower arm assy sekalian (kaget jg yg kw harganya cuman 500k each). Satu lagi penyakit umum HRV ganti rack steer di 2000k. Merem lah.
Sekian pengalaman saya melihara Honda. It is indeed easy to service dan tidak mahal, mamang spesialis sudah hafal mati sama Honda, hampir semua model sama aja strukturnya. Mesin no complain, masukkan tuas persneleng ke arah S, tekan sekali switch tiptronik kiri di belakang stir dan rasakan sensasi mesin N/A meraung ke 6800 rpm. Irit pula.
sebagai ex user GE8 RS AT 2009 dan sekarang pake HRV 1.5 E CVT 2018 saya setuju om sama poin yg saya bold. mobilnya emg katanya banyak orang jelek , terutama dari sisi durability dibagian kaki2 dan rack steeringnya + bqnya yg agak kurang buat mobil 300jtan.tapi, salah 1 alesan saya tetep pilih hrv ya itu, all rounder, desain luar dalemnya cakep, lega, storage banyak dan bagasi luas + gc tinggi. selain itu, mobilnya juga masih fun to drive dan handlingnya juga oke buat kelasnya + irit bbm juga. bantingan emg lebih nyaman dibanding GE8 saya dulu, terus tarikan putaran tengah - atas dan raungan mesinnya juga gak se kenceng GE8 tapi masih cukup oke lah menurut saya buat dalkot dan lukot
kalo isu bq sih emg iya om, cuma hoki2an jatohnya, ada yg udh kena rack steering sm kaki2nya, ada juga yg aman2 aja sampe pemakaian bertahun2. punya saya sendiri beli seken akhir tahun lalu di km 18rb, pas km 20rb udh kena bearing sm link stabnya, akhirnya ganti di bengkel kaki2 langganan saya deket rumah, abisnya sekitar 1,6 udh include jasa, sampe sekarang udh sekitar 8 bulan pemakaian dan odo 23rb on going masih aman2 aja, blm ada masalah yg aneh2 hehehe. sepengalaman saya miara honda sih emg cukup easy to service, apalagi bengkel spesialisnya banyak yg bisa handle dan part subtitusinya banyak. kalo mahal atau gaknya ya tergantung kitanya aja mau explore bengkel spesialis aja.
kebetulan saya juga ex user crv RD dan crv RE, dan sekarang pake crv RW. pengalaman saya dulu piara CRV RD 2.0 AT FL 2005, selama 6 tahun , selalu servis di beres gapernah ada masalah yg aneh2 selama make, cuma servis rutin dan ganti oli doang. setelah make CRV RD, kemudian saya upgrade ke CRV RE 2.4 FL 2010 (pemakaian januari 2011) , dipakai selama 8 tahun sampai akhirnya dijual tahun 2019 lalu di odo 125rb km ,mobilnya sih fun to drive , tarikan putaran tengah atasnya ngisi, handling oke, row 2 lega, storage lumayan banyak, desain timeless dan bagasinya luas, cuma biaya restorasinya emg lumayan juga ya , benerin kaki2, rack steering sm engine mounting yg emg udh pada kena semua abis sekitar 40-45 jtan (itupun campur2 sm beres dan spesialis). pengalaman saya di beres dulu juga gak gitu mengenakkan, ini murni pengalaman pribadi, bukan bermaksud menjelek2an beresnya (saya dulu pernah servis pas km 110rb di beres, sekalian cek kaki2 sm paking karena waktu itu udh ada bunyi klotok2 dari bagian kolong sm pakingnya udh pada bocor juga) . nah ada yg sedikit aneh, pas sebelum masuk beres kan HU bawaannya masih normal itu bluetooth sm TVnya juga masih bisa (soalnya kalo yg 2.4 di HU kenwood bawaannya udh ada TVnya). eh begitu keluar beres (karena waktu itu mobil mesti diinepin karena antrian servis di beres cukup rame saat itu) malah rusak bluetoohnya, terus pas dioperasikan juga sering hang dan ngelag + TV nya juga gabisa nyala sama sekali, udh disetting berkali2 tetep ga nyala, padahal sblm masuk beres masih normal itu HU . selain itu, baru sebulan udh kambuh2 lagi itu kaki2, udh bunyi2 lagi, akhirnya bolak balik beres sampe 3x gasembuh2 bahkan sampe nginep lg 2 hari di beres baru nemu penyebabnya. eh pas keluar malah kambuh lagi. akhirnya saya nyerah dan ganti di spesailis aja lah, abis sekitar 8-10 jtan kalo gasalah dulu sampe dijual 7 bulan kemudian setelah saya ganti kaki2 di spesialis gaada masalah yg aneh2
terus setelah make CRV RE, pas tahun 2019 saya upgrade ke CRV Turbo prestige PFL yg masih saya gunakan sampai hari ini. cukup banyak issue yg terjadi pada mobil ini mulai dari kancingan sunroof copot, tuas transmisi protol dan turbo jebol, yg saya dengar dari omogan orang2 diluar sana. cuma ya berdasarkan pengalaman saya make mobil ini selama 2 tahun, hoki2an jatohnya . punya saya surprisingly sampe km nya udh 37rban saat ini tuas transmisinya masih aman, kancingan sunroof juga masih bagus dan mesin turbo saya juga masih normal semua. dari baru - sekarang selalu servis di beres honda, blm pernah ke spesialis samsek. troublenya cuma rattle di doortrim dan dasbor sebelah kiri sm discbrake bergelombang pas kmnya 20rb. pas saya klaim pas servis rutin km 30rb di beres, semuanya solved dan blm ada masalah yg aneh2 sampai hari ini. pelayanan beresnya juga cukup memuaskan dan pengerjannya juga cukup bagus kualitasnya (gak bikin saya harus bolak balik bengkel buat masalah yg sama dan ga kunjung selesai pas saya melihara CRV RE dulu) hehehe