Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Jul 16, 2011 19:38
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Sudah pernah ngalamin aquaplanning ini di ANPS, sereeem. Emang salahnya waktu itu malem2 lagi nyopir sendiri hujan deras sambil dengerin musik keras, sempat kurang kontrol dengan kecepatan di speedo karena mungkin overconfindence. Mungkin speed saat itu 120km/jam di Tol Ngawi Kertosono arah ke Solo, pada saat jalan lurus di jalur kanan tiba2 mobil hilang kendali dan langsung berbelok tajam ke kiri, reflek counter setir injak rem, mobil seperti sliding ke samping. In split second terpikir recovery plan dengan potensi damage minimal adalah menabrakkan moncong mobil ke pembatas tol kiri agar mobil kembali lurus. Braaak pertama hidung terkoreksi...brak kedua pantat terkoreksi...,hidungnya somehow agak overcorrection sehingga sekarang arah mobil berbalik nyelonong melintas ke pinggir kanan jalan tol...tapi untungnya roda sudah dapat traksi sehingga kontrol kembali di dapat. Jantung bergedup kencang karena adrenalin, badan panas dingin, Alhamdulillah saat itu tidak ada kendaraan lain yang melintas, jadi tidak ada resiko tabrakan dengan yg lain. Mobil tetap dijalankan sampe rest area yang terdekat dan baru berhenti di rest area. Sempet 10 menit tertegun untuk refleksi apa yang terjadi...sempet berpikir itu mimpi tapi begitu turun lihat moncong dan samping mobil yang penyok lumayan barulah tersadar dan mengucap syukur Alhamdulillah masih diberi selamat, mobil rusak urusan asuransi. Syukur alhamdulillah mobil kondisi masih prima dan bisa lanjut perjalanan pulang sampe ke Bogor. Saya pikir2 lagi..perasaan suara Braknya kencang sekali, tetapi kaki2 aman dan hanya body dan overfender saya yang kena..ini ANPS bodynya memang oke. Dari saat itu kapok, kalo hujan di jalan tol benar2 melototin speedo supaya speed ndak lebih dari 90km/jam dan hindari genangan air sebisa mungkin.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
mknya kadang kbanyakan org kepo.....ngpn beli venturer...darrelund wrote: Thu Mar 04, 2021 9:55wah saya pernah baca nih om, soal ban OEM. ternyata benar seperti yg oom bilang soal ban OEM yang emg dasarnya kasta paling bawahClonz wrote: Thu Dec 24, 2020 5:13Kalau saya sharing sama temen2 yg non hobi otomotif, mereka ini blind bener mengenai ban om. Karena secara kasat mata jg kan fisiknya sama semua bagi orang awam.erwinign wrote:
Bener om, walaupun cukup miris juga sampe detik ini orang kalo modif mobil di sektor kaki2 lebih mentingin velg (gaya) daripada ban (fungsi), ato ga begitu sampe toko ban minta yang paling murah harganya. Nggak heran banyak accident di tol ntah ban meletus, kepleset, aquaplanning gara2 pake ban abal2. Even kadang velg walaupun untung2an pada pake replika yang buat saya safetynya tanda tanya (no offense ini, gimanapun modifikasi sy ttp apresiasi krn hobi).
Makanya ga heran banyak orang kl accident nyalahin drivernya, padahal ga attention ke kondisi ban yang kembangannya entah tipis, kena paku ga kerasa, karetnya tua, even dr hal terkecil dan tersimpel kaya cek tekanan nitrogen berkala aja kl dibilangin pada ngeyel ngomel2. Padahal di tiap SPBU ya ada
Saya jg baru lebih tau dikit2 ttg ban gara2 beli innova reborn yg pake enasave yg ga enak buanget dibanding mobil2 sebelumnya (sebelumnya saya kebanyakan beli mobil 2nd taun tua yg untungnya bannya masih proper semua: sx4, crv rd, crv re)
Begitu naik enasave, lgsg hati ini merasa ga enak, kok ban mobil baru kayak gini sih, dan setelah liat2 d forum ini baru lebih ngeh mengenai ban2.
Buat orang awam ya, org2 itu taunya beli ban beda merk pasti lebih bagus. Dunlop better than gt radial. Atau BS better than dunlop. Atau beli michelin pasti bagus drpd beli BS.
Padahal kenyataannya kan semua merk sama skrg. Produknya ada semua dari lini bawah sampe atas.
Kalau compare michelin xm2 vs bs turanza atau potenza ya ga apple to apple kan.
Dan parahnya lagi, banyak org awam yg masih berpikiran : pake ban bawaan pabrik waktu beli mobil aja, kan itu sudah bagus. Nah ini yg bahaya, apalagi di jaman skrg, semua pabrik pasti minta ngirit cost buat menambah profit, ban yg dikasihkan semakin minim specnya jg safetynya.
Udah beda ama jaman dulu yg mana pabrikan ngejar kualitas untuk compete, skrg kejar2an murah2an demi dapet omzet selling.
Ga jauh2 ya reborn ini lah.
Dan jg yg kmrn saya kaget : nissan kicks epower ampir 500jt, TD unitnya pake enasave. Mateng hahaha.
mereka sendiri sebagai pabrikan pun sadar om kalo ban yang mereka kasih emg seadanya dan tahu kalo ada ban yang lebih bagus.
tapi selain faktor ngirit cost mereka juga ngejar efisiensi supaya fuel cons yang ada di real life itu sama sperti yg ada di brosur, bahaya om kalo perbedaan fuel cons real life sama brosur terlalu jauh perbedaannya, bisa kena false marketing itu![]()
padahal venturer itu bannya kelas mahal ampir 2 juta....
ban oem kijang gw aja ampir 2 juta/pis...
ada harga ada kualitas....
JOSSSS....GANDOSSSS....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Ada satu pelajaran sangat penting dan krusial dari kejadian ini...........
Pada saat hujan, kijang innova bisa ngekor ke anps. Sudah terbukti anps yang selip duluan

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Setuju banget ini om. Banyak juga yang upgrade engine cuma untuk kejar akselerasi & top speed tapi lupa untuk upgrade suspensi, rem & ban. Padahal stock suspension & rem dirancang pabrikan untuk handle stock engine, jadi kalau tenaga engine ditingkatkan signifikan tanpa upgrade suspension, rem & ban yah ga bakalan bisa handle kenaikan torsi & tenaga yang ujung2nya membahayakan keselamatan baik si driver maupun pengguna jalan lainnya. Pokoknya asal bisa ngebut tanpa memperdulikan faktor safety.ChZ wrote: Fri May 28, 2021 7:55maklum om... ingin dekat pada yang kuasa...pengendiesel wrote: Fri May 28, 2021 7:26Ane setuju buanget nget nget sama ini.erwinign wrote: Fri May 28, 2021 5:41
Kl orang bener ya begitu tau ujan ato traffic di tol ndak mendukung sih nyetir dan pasang kecepatan yg sekiranya safe dg distance mobil depannya sih om. Dan safe secara fokus dan konsen drivernya, terus lihat kondisi dan tipe ban yg dipake
Emangnya transjawabahn sirkuit kali yak.... terus mentang2 mobilnya bs lari dipentokin se mentok2nya, ngeri.
Padahal yg beneran pembalap pun saya yakin mereka sangat2 tau menempatkan diri pas nyetir kenceng dimana, dan nyetir aman di tempat spt apa dan cara menghandle mobil sesuai karakternya
Sering ngakak juga ngeliat kelakuan orang2 ngebut, foto/video speedo, posting, berasa dewa balap, lucunya...makin kenceng makin viral![]()
Padahal imho, pure luck![]()
rekam rekam top speed buat kepuasan pribadi gapapa asal jangan supirnya pegang hp minimal passengernya atau ada phone holder di setir.
yah pembalap yang terbiasa dengan high speed dan high-G aja masih butuh navigator dan tim...
yang ane ngeri tuh kadang-kadang pake mobil yang tidak didesain untuk kecepatan tinggi dan bone stock se ban-bannya dan rem-remnya. udah gitu mau nyampe top speednya juga lama abis ngebayangin itu supirnya gimana jantungnya kalo misal tetiba ada truk meleng pindah jalur.
Bukan menyudutkan, tapi banyak sekali mobil yang ngebut di jalan tol itu mobil yang ga ditujukan untuk kecepatan tinggi seperti lmpv dan ladder frame suv. Kita kan ga tahu apakah mobil2 tersebut sudah dimodifikasi dgn proper untuk ngebut atau jangan2 suspensi, rem & ban masih stock. Kalau ketemu seperti ini lebih baik saya jaga jarak dengan daripada ada apa2 ikut celaka juga.
Selama ini belum pernah mengalami aquaplanning yang parah, paling parah kehilangan traksi beberapa saat tapi karena kena genangan di jalan tol dalkot tapi karena kecepatan dibawah 60km/jam masih bisa dikendalikan begitu ban sudah dapatkan traksi. Kalau menurut saya lebih baik spend lebih untuk ban karena ban itulah satu2nya yang menghubungkan antara mobil dgn jalan. Kalau punya budget terbatas lebih baik upgrade ban dgn velg standar dibanding ganti velg aftermarket tapi ban pakai yang eco2an.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Hush, jgn bicara begitu ente ini. Factory std ini, sdh lolos uji teknis.pengendiesel wrote: Sat May 29, 2021 2:09 Ada satu pelajaran sangat penting dan krusial dari kejadian ini...........
Pada saat hujan, kijang innova bisa ngekor ke anps. Sudah terbukti anps yang selip duluan![]()

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning

hati2.
sesuaikan mobil dan kondisi bannya untuk habitat jalannya.
mercy c class yg dirancang buat aspal aja bs selip krn aquaplanning.
bs jadi itu kijang ipah yg dibuntutiin dah ganti ban yg sesuai sm kondisi jalan basah. who knows.
dan slipstream ini adalah kondisi dmn mbl ngurangin downforce malah, karena less downforce akibat dr downforce yg sudah ditangkap dr mobil depan nya.
klo pk mbl tinggi dgn ban gemuk gtu, jgn lbh dari 100 km/h.
klo something happened scr tiba2, mau manuver jg susah, gak segesit sasis monokok dan perlu diingat, jalan raya puluhan x lipat lbh danger dibanding circuit, krn jalan raya melibatkan orang lain

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Terima kasih atas sharingnya omdzent56 wrote: Fri May 28, 2021 11:24 Sudah pernah ngalamin aquaplanning ini di ANPS, sereeem. Emang salahnya waktu itu malem2 lagi nyopir sendiri hujan deras sambil dengerin musik keras, sempat kurang kontrol dengan kecepatan di speedo karena mungkin overconfindence. Mungkin speed saat itu 120km/jam di Tol Ngawi Kertosono arah ke Solo, pada saat jalan lurus di jalur kanan tiba2 mobil hilang kendali dan langsung berbelok tajam ke kiri, reflek counter setir injak rem, mobil seperti sliding ke samping. In split second terpikir recovery plan dengan potensi damage minimal adalah menabrakkan moncong mobil ke pembatas tol kiri agar mobil kembali lurus. Braaak pertama hidung terkoreksi...brak kedua pantat terkoreksi...,hidungnya somehow agak overcorrection sehingga sekarang arah mobil berbalik nyelonong melintas ke pinggir kanan jalan tol...tapi untungnya roda sudah dapat traksi sehingga kontrol kembali di dapat. Jantung bergedup kencang karena adrenalin, badan panas dingin, Alhamdulillah saat itu tidak ada kendaraan lain yang melintas, jadi tidak ada resiko tabrakan dengan yg lain. Mobil tetap dijalankan sampe rest area yang terdekat dan baru berhenti di rest area. Sempet 10 menit tertegun untuk refleksi apa yang terjadi...sempet berpikir itu mimpi tapi begitu turun lihat moncong dan samping mobil yang penyok lumayan barulah tersadar dan mengucap syukur Alhamdulillah masih diberi selamat, mobil rusak urusan asuransi. Syukur alhamdulillah mobil kondisi masih prima dan bisa lanjut perjalanan pulang sampe ke Bogor. Saya pikir2 lagi..perasaan suara Braknya kencang sekali, tetapi kaki2 aman dan hanya body dan overfender saya yang kena..ini ANPS bodynya memang oke. Dari saat itu kapok, kalo hujan di jalan tol benar2 melototin speedo supaya speed ndak lebih dari 90km/jam dan hindari genangan air sebisa mungkin.

Kecepatan 120km/jam bisa membahayakan ya saat hujan, dengan kondisi ANPS yg cukup lengkap fitur keamanannya. Saya pribadi Alhamdulillah belum pernah merasakan aquaplanning yg sampai membahayakan, dengan membaca sharingnya om jadi pengingat harus lebih waspada berkendara saat hujan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
ya jelas lah design bodynya innova lebih aerodinamis di banding suv ladder frame makannya saya daripada fortuner mendingan innova mesin sama tapi kabin lebih lega sama handling lebih dapet dikitpengendiesel wrote: Sat May 29, 2021 2:09Ada satu pelajaran sangat penting dan krusial dari kejadian ini...........
Pada saat hujan, kijang innova bisa ngekor ke anps. Sudah terbukti anps yang selip duluan![]()

ditambah ANPS belakangan banyak complain limbung baru tau saya ternyata kalo handling OPS lebih bagus

saya pernah negrasain di LIVINA lari 120 ujan deres abis itu meilitir malang di tengah jalan tol untungnya gak ngehajar apa2xfaridrach wrote: Sun Nov 07, 2021 23:25
Terima kasih atas sharingnya om![]()
Kecepatan 120km/jam bisa membahayakan ya saat hujan, dengan kondisi ANPS yg cukup lengkap fitur keamanannya. Saya pribadi Alhamdulillah belum pernah merasakan aquaplanning yg sampai membahayakan, dengan membaca sharingnya om jadi pengingat harus lebih waspada berkendara saat hujan.


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Hati2 ya semua.
belakangan lg sering bolak balik transj, dan sering hujan lebat..
sekali hujan, lebatnya pake banget dan cukup panjang/lama..
saran jangan pake cruise control, waktu aquaplanning satu sisi, malah accelerate dia, saya sempet kaget.. sy set 70 kemarin dan FWD mobil nya, ada vsc (saya ga liat lampu vsc nya hidup kedip2)
belakangan lg sering bolak balik transj, dan sering hujan lebat..
sekali hujan, lebatnya pake banget dan cukup panjang/lama..
saran jangan pake cruise control, waktu aquaplanning satu sisi, malah accelerate dia, saya sempet kaget.. sy set 70 kemarin dan FWD mobil nya, ada vsc (saya ga liat lampu vsc nya hidup kedip2)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Satu lagi om, kl di trans jawa ruas arah barat sehabis cirebon (yg median jalannya rumput lebar) waktu hujan kenceng sebisa mungkin jangan ke lane kiri. Becekannya banyak dan bahaya banget, th lalu saya begitu wkt hujan. Krn hujan pelan2 saya pindah lane kiri itu ban saya aquaplanning-selip2 terusepinjose wrote: Mon Nov 08, 2021 3:51 Hati2 ya semua.
belakangan lg sering bolak balik transj, dan sering hujan lebat..
sekali hujan, lebatnya pake banget dan cukup panjang/lama..
saran jangan pake cruise control, waktu aquaplanning satu sisi, malah accelerate dia, saya sempet kaget.. sy set 70 kemarin dan FWD mobil nya, ada vsc (saya ga liat lampu vsc nya hidup kedip2)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Saya pake grand santafe ban continental saat hujan kecepatan 100-120 kph beberapa kali melintir penumpang 5 orang dewasa. Pake ANPS FL 21 ban bridgestone anteng aja saat hujan dg penumpang yg sama. Saat hujan saya lebih pede bawa ANPS daripada santafe.
Saya cek ban santafe gambar airnya di silang
Saya cek ban santafe gambar airnya di silang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Om, itu conti suv?ongisnade wrote: Mon Nov 08, 2021 5:58 Saya pake grand santafe ban continental saat hujan kecepatan 100-120 kph beberapa kali melintir penumpang 5 orang dewasa. Pake ANPS FL 21 ban bridgestone anteng aja saat hujan dg penumpang yg sama. Saat hujan saya lebih pede bawa ANPS daripada santafe.
Saya cek ban santafe gambar airnya di silang
Sy si merasa conti UC6 saya, lebar 225, lebih pede di air dan jalan basah, daripada bridgestone dueler H/T lebar 235.
Dueler HT lebih susah dapat traksi di jalan licin.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
sy kl ban std habis yaitu bs dueler ht mau ganti ke michi primacy suv. ada yg tau ga kemampuan basahnya bagus ngga, setara spt primacy 4 ngga ya? kl primacy 4 sy sdg pakai n puas banget.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
PakeOmnibus wrote: Mon Nov 08, 2021 12:19 sy kl ban std habis yaitu bs dueler ht mau ganti ke michi primacy suv. ada yg tau ga kemampuan basahnya bagus ngga, setara spt primacy 4 ngga ya? kl primacy 4 sy sdg pakai n puas banget.
Y o k o h a m a
A d v a n n e o v a
Aj mbah, si om mobi aj pakenya itu , resing tuh
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
jadi cungkring gitu? ogahDOHC wrote: Tue Nov 09, 2021 6:48PakeOmnibus wrote: Mon Nov 08, 2021 12:19 sy kl ban std habis yaitu bs dueler ht mau ganti ke michi primacy suv. ada yg tau ga kemampuan basahnya bagus ngga, setara spt primacy 4 ngga ya? kl primacy 4 sy sdg pakai n puas banget.
Y o k o h a m a
A d v a n n e o v a
Aj mbah, si om mobi aj pakenya itu , resing tuh

org nanya primacy suv 265/60 r18 buat kebo malah disuruh advanneova.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
cungkring sikit gapapaOmnibus wrote: Tue Nov 09, 2021 8:04jadi cungkring gitu? ogahDOHC wrote: Tue Nov 09, 2021 6:48PakeOmnibus wrote: Mon Nov 08, 2021 12:19 sy kl ban std habis yaitu bs dueler ht mau ganti ke michi primacy suv. ada yg tau ga kemampuan basahnya bagus ngga, setara spt primacy 4 ngga ya? kl primacy 4 sy sdg pakai n puas banget.
Y o k o h a m a
A d v a n n e o v a
Aj mbah, si om mobi aj pakenya itu , resing tuh
org nanya primacy suv 265/60 r18 buat kebo malah disuruh advanneova.![]()
kan yg penting resing



numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
sekalian aja tipis pelek 22 biar kek rapper

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Wahh jalanan sini pake pelek 22 sehh musti nyali gede tuh, hajar pothole lgs bubar kl yah
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
klo bmw auto off dan muncul warning bunyiepinjose wrote: Mon Nov 08, 2021 3:51 Hati2 ya semua.
belakangan lg sering bolak balik transj, dan sering hujan lebat..
sekali hujan, lebatnya pake banget dan cukup panjang/lama..
saran jangan pake cruise control, waktu aquaplanning satu sisi, malah accelerate dia, saya sempet kaget.. sy set 70 kemarin dan FWD mobil nya, ada vsc (saya ga liat lampu vsc nya hidup kedip2)
engine roaring!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: XJ 97
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Bagus....cobain ajaOmnibus wrote: Mon Nov 08, 2021 12:19 sy kl ban std habis yaitu bs dueler ht mau ganti ke michi primacy suv. ada yg tau ga kemampuan basahnya bagus ngga, setara spt primacy 4 ngga ya? kl primacy 4 sy sdg pakai n puas banget.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
DOHC wrote: Tue Nov 09, 2021 10:29
Wahh jalanan sini pake pelek 22 sehh musti nyali gede tuh, hajar pothole lgs bubar kl yah

MALL TERRAIN


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Ya betul mas bro, saat masih baru diantar sales km baru 200 san paginya saya bawa ke Semarang di tol Madiun yang sering mobil tergelincir itu saat hujan speed 160 kph penumpang 5 orang masih enak aja gigit banya. Tapi saat km mendekati 10 rb pas hujan di tol Cipali beberapa kali melintir. Itu performa ban cepet sekali berubah/menurun untuk pemakaian jalan basah. Tapi saat kering masih enak.McLaren wrote: Mon Nov 08, 2021 11:20Om, itu conti suv?ongisnade wrote: Mon Nov 08, 2021 5:58 Saya pake grand santafe ban continental saat hujan kecepatan 100-120 kph beberapa kali melintir penumpang 5 orang dewasa. Pake ANPS FL 21 ban bridgestone anteng aja saat hujan dg penumpang yg sama. Saat hujan saya lebih pede bawa ANPS daripada santafe.
Saya cek ban santafe gambar airnya di silang
Sy si merasa conti UC6 saya, lebar 225, lebih pede di air dan jalan basah, daripada bridgestone dueler H/T lebar 235.
Dueler HT lebih susah dapat traksi di jalan licin.