Kita lihat duo rr ini yg 1.0t dicekoki pertalite ketahananya bagaimana
Belum masalah oli yg dr beres daerah mungkin masih dicekoki 10-40

Pilihan aman mesin 1.2 ke depannya sih
Cuma kalau 1.0t lebih gampang gain powernya

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
bisa jadi ECU berbeda jadi dicolok OBD di rocky ga jalan. mungkin berkaitan dengan fitur TSS. menurut saya agak lumrah kok untuk ukuran sebesar Toyota.sanfip77 wrote: Sat Nov 06, 2021 1:44 saya pernah coba pakai pertalite di RR turbo mesinnya tidak ngelitik lho om, secara spek di manual book toyota memang oktan yang dianjurkan minimal 90, sedangkan di daihatsu minimal oktan 91.
Saya kurang tahu pertimbangan kedua pabrikan ini kok berbeda spek bbm nya.
Dahulu sewaktu awal launching brosur daihatsu kan engine horsepowernya lebih gede dibanding Raize.
Protocol OBD kedua mobil ini juga sepertinya berbeda , saya pernah coba colok OBD2 di daihatsu rocky tidak bisa membaca data engine, tetapi di Raize bisa. Yah masih ada hal2 yang misteri di antara keduanya
Kotanya terlalu macet kali om…applecart wrote: Sun Nov 07, 2021 0:18 Penasaran kenapa Raize saya cuma bisa dapet 10.9km/L dalam kota ya![]()
Emg ga ada om… yg punya raize tss yg langsung adaptive cruise controlDuvebriliant0 wrote: Sun Nov 07, 2021 4:21 abis dipinjemin rocky 1.0t ASA, yg saya notice kok dari D ke N malah kayak nyentak yah? dari N ke D cuma geter dikit. sama cruise control itu emang gaada yah? ato sy yang gak nemu tombolnya![]()
Nah kl ke 1.2 gataublackncp91 wrote:Menarik nih, kebetulan saya lg ada rencana mau ganti Yaris Bakpao tipe E matic ke Raize tipe 1.2G CVT, cuma masih ragu takut ga betah karena penurunan horsepower yg ckp signifikan dari 1NZ-FE ke mesin 1200cc, teman-teman disini kira2 gimana impresi tenaga mesin 1.2 nya raize?
Saya udah coba cari2 di youtube, tp yg review banyakan cuma seputar eksterior-interior dan fitur2 doang.
saya cuma pernah coba nyalakan mesin nya dan coba maju mundur aja. karena waktu itu saya Test Drive yg 1.0 TC eh ternyata ada juga unit yg 1.2 jadi sekalian aja coba nyalakan. heran nya yg 1.2 ini waktu dinyalakan getar nya lumayan kerasa, jauh lebih mending yg 1.0 turbo.blackncp91 wrote: Mon Nov 08, 2021 10:14 Menarik nih, kebetulan saya lg ada rencana mau ganti Yaris Bakpao tipe E matic ke Raize tipe 1.2G CVT, cuma masih ragu takut ga betah karena penurunan horsepower yg ckp signifikan dari 1NZ-FE ke mesin 1200cc, teman-teman disini kira2 gimana impresi tenaga mesin 1.2 nya raize?
Saya udah coba cari2 di youtube, tp yg review banyakan cuma seputar eksterior-interior dan fitur2 doang.
kalo yg 1.2 kurang tau, tapi kalo yg 1.0 turbo sih lumayan ya tarikannya buat ukuran mesin 3 cyl, entah knp lebih responsif dibanding yaris bakpao dan yaris joker saya dulu tarikan bawahnya , kebetulan dulu pernah piara yaris bakpao dan yaris joker + udh pernah nyoba raize ini, kalo mau raize saya lebih prefer yg 1.0 turbo, dan kalo emg ada budgetnya beli yg TSS sekalian, worth kok sm harganya menurut saya karena fiturnya cukup lengkap buat ukuran mobil baru under 300 jt menurut sayablackncp91 wrote: Mon Nov 08, 2021 10:14 Menarik nih, kebetulan saya lg ada rencana mau ganti Yaris Bakpao tipe E matic ke Raize tipe 1.2G CVT, cuma masih ragu takut ga betah karena penurunan horsepower yg ckp signifikan dari 1NZ-FE ke mesin 1200cc, teman-teman disini kira2 gimana impresi tenaga mesin 1.2 nya raize?
Saya udah coba cari2 di youtube, tp yg review banyakan cuma seputar eksterior-interior dan fitur2 doang.
oohh pantesan.. ternyata masih dibedain yah harus bagusan atoyot wkwk. tengs omMcLaren wrote: Sun Nov 07, 2021 8:11Emg ga ada om… yg punya raize tss yg langsung adaptive cruise controlDuvebriliant0 wrote: Sun Nov 07, 2021 4:21 abis dipinjemin rocky 1.0t ASA, yg saya notice kok dari D ke N malah kayak nyentak yah? dari N ke D cuma geter dikit. sama cruise control itu emang gaada yah? ato sy yang gak nemu tombolnya![]()
Kebetulan saya pake raize 1.0T GR TSS, low rpm kena turbo lag..cm kalau udah rpm 2000 keatas sadis tarikannya. Klo masih kurang ya pencet tombol power di stir agar gk kerasa turbo lag.blackncp91 wrote: Tue Nov 09, 2021 5:14 Makasih om-om diatas yg udah reply utk impresi mesinnya Raize, jd kalo utk pindah dr Bakpao lebih mending ke 1.0T nya aja ya drpd yg 1200cc nya. Jadi sedikit tercerahkan nih, soalnya banyak yg komen juga mesin 1.0T nya lemot di low rpm dan baru berasa enak ketika turbonya udah bekerja.
Pengalaman 1 bulan lalu, di tol cipularang arah bandung, ada yg bawa Raize GR Sport memang kenceng juga sih, sempet iring2an juga bbrp saat dan yg saya rasakan sepertinya memang tarikan atasnya nampol.
Mantab om, jd makin bimbang antara pilih 1.0T atau 1.2rixrex wrote: Tue Nov 09, 2021 11:05Kebetulan saya pake raize 1.0T GR TSS, low rpm kena turbo lag..cm kalau udah rpm 2000 keatas sadis tarikannya. Klo masih kurang ya pencet tombol power di stir agar gk kerasa turbo lag.blackncp91 wrote: Tue Nov 09, 2021 5:14 Makasih om-om diatas yg udah reply utk impresi mesinnya Raize, jd kalo utk pindah dr Bakpao lebih mending ke 1.0T nya aja ya drpd yg 1200cc nya. Jadi sedikit tercerahkan nih, soalnya banyak yg komen juga mesin 1.0T nya lemot di low rpm dan baru berasa enak ketika turbonya udah bekerja.
Pengalaman 1 bulan lalu, di tol cipularang arah bandung, ada yg bawa Raize GR Sport memang kenceng juga sih, sempet iring2an juga bbrp saat dan yg saya rasakan sepertinya memang tarikan atasnya nampol.
menyumbang perspektif dari pengguna turbo merek sebelahblackncp91 wrote: Thu Nov 11, 2021 5:54 Mantab om, jd makin bimbang antara pilih 1.0T atau 1.2![]()
1.0T -->Tenaga ga ngecewain, tapi jangka panjang msh agak ragu dgn keawetan dan maintenance sistem turbonya
1.2 --> Tenaga sepertinya agak mengecewakan tapi utk jangka panjang perawatan lebih mudah
Sepertinya mau usahakan utk lakukan TD dulu di masing2 tipe engine tsb supaya ga salah ambil dan menyesal![]()
Makasih om ChZ utk replynya, menurut saya benar juga sih ttg sistem turbo yg ditulis om ChZ, apalagi ada potensi besar utk tuning dibanding yg N/A 1.2.ChZ wrote: Thu Nov 11, 2021 6:59menyumbang perspektif dari pengguna turbo merek sebelahblackncp91 wrote: Thu Nov 11, 2021 5:54 Mantab om, jd makin bimbang antara pilih 1.0T atau 1.2![]()
1.0T -->Tenaga ga ngecewain, tapi jangka panjang msh agak ragu dgn keawetan dan maintenance sistem turbonya
1.2 --> Tenaga sepertinya agak mengecewakan tapi utk jangka panjang perawatan lebih mudah
Sepertinya mau usahakan utk lakukan TD dulu di masing2 tipe engine tsb supaya ga salah ambil dan menyesal![]()
![]()
kadang lucu juga banyak yang begitu dengar mobil berturbo hanya karena embel-embel turbo, pdhl truk colt diesel dan innova diesel rentalan juga udah dari jaman awal 2000an pake turbo
kl bone stock mesin gak diapa apain rawatan turbo gak beda koq bahkan secara prinsip cara kerja aja sama persis khan sama-sama udara dimasukin ke silinder. malah biasanya jerohan mesin turbo itu lebih kuat daripada NA dan dari pabrik cuma dikeluarin hanya mungkin gak sampe 70% dari kemampuan maksimal (apalagi toyota, 2KD turbocharged aja cuma 102 hp itu gak kurang loyo apa?) krn pertimbangan durabilitas jangka panjang dan tetek bengek lain spt kebiasaan rakyat +62 mengisi BBM termurah yang ada.
jadi tenang aja apalagi ini toyota astra udah mempertimbangkan mesin canggih diisi oktan 90. orang CRV diisi ron90 aja pada anteng anteng kan gak ada cerita jebol karena salah isi![]()
makanya mesin bensin turbo kalau begitu pasang aftermarket parts, retuning untuk bensin oktan tinggi sih tenaganya gila.
hanya kalau mau nikmatin maksimal performance dan keawetannya, sila invest ke lendir-lendir berkualitas baik untuk engine maupun CVT krn spek OEM itu pukul rata. kl masih sayang sayang ama warranty ya sudah 3 taun pake oli sapujagat OEM won't hurt in the long run.
paling kalo udah tua, butuh extra maintenance untuk piping-piping karetnya aja krn suka getas dan bikin tenaga tau-tau ngempos. penyebab turbo jebol itu kalo ngga salah oli, kurang oli, knocking (makanya LSPI protection penting), dan overboosted. sisanya regular wear n tear aja.
ini nurut saya ya oom, kalau mampu beli raize yang turbo ya sayang atuh beli yang 1.2 liter![]()
sonsa wrote: Tue Nov 16, 2021 1:48
-cut-
Btw ban yg sy dapat di unit pake Dunlop EnaSave.
Oh ya, sy juga mau tanya yg punya unit Raize / Rocky ketika kontak dalam posisi On & ( keyless tombol start stop di tekan 2x tanpa tekan rem / engine blm nyala), di unit saya ada bunyi ngennnnngg ngennnnnngg... cukup keras bunyi nya , pintu ditutup pun masih masuk bunyi nya.
Sy tanyakan ke dealer kata nya normal, krn unit lain juga gitu..![]()
apakah bener seperti itu ??
Terimakasih, nanti sy update lagi jika ada perkembangan
Nah itu om , kata nya teknisi Toyota suara throttle body, tp ini kok terus-terusan ya.. ga 3 detik om.. selama itu kontak on juga bunyi terus..marvelio wrote: Tue Nov 16, 2021 2:53
Saya kira Raize dapetnya Turanza T005 ternyata masih Dunlop Enasave ya om. Sayang banget.
Kalo mobil di acc on doang biasa ada suara fuel pump mompa bensin, paling lama 3 detikan mungkin om. Kalo selain itu kayanya jarang ada suara lain deh. CMIIW.
Ban raize turbo 1.0/rocky 1.0 turbo (205 60 17) = Dunlop enasave/GT champ ecotecmarvelio wrote: Tue Nov 16, 2021 2:53sonsa wrote: Tue Nov 16, 2021 1:48
-cut-
Btw ban yg sy dapat di unit pake Dunlop EnaSave.
Oh ya, sy juga mau tanya yg punya unit Raize / Rocky ketika kontak dalam posisi On & ( keyless tombol start stop di tekan 2x tanpa tekan rem / engine blm nyala), di unit saya ada bunyi ngennnnngg ngennnnnngg... cukup keras bunyi nya , pintu ditutup pun masih masuk bunyi nya.
Sy tanyakan ke dealer kata nya normal, krn unit lain juga gitu..![]()
apakah bener seperti itu ??
Terimakasih, nanti sy update lagi jika ada perkembangan
Saya kira Raize dapetnya Turanza T005 ternyata masih Dunlop Enasave ya om. Sayang banget.
Kalo mobil di acc on doang biasa ada suara fuel pump mompa bensin, paling lama 3 detikan mungkin om. Kalo selain itu kayanya jarang ada suara lain deh. CMIIW.
congrats om buat mobil barunya. kalo dari jazz ke raize sih bakal dapet road noise yg lebih baik, model yg lebih fresh, fitur yg cukup lengkap dan juga gc yg lebih tinggi. cuma minusnya ya itu, handling dan driving feelnya ga seenak jazz (kebetulan udh pernah nyobain GK5 punya om saya dan raize baru juga) . cukup naksir sih sm mobil ini, seandainya saya masih piara yaris joker trd 2019 dan blm ambil HRV seken, mungkin raize ini yg akan menjadi pengganti yaris saya, cuma ya karena udh terlanjur beli hrv seken awal tahun ini ya jadi kurang yakin sm raize ini karena handling + driving feelnya gak seenak hrv hehehesonsa wrote: Tue Nov 16, 2021 1:48 Mau share nih bos..
Sy akhir nya ambil Raize 1.0 GR Sport CVT warna Grey. Awalnya mau ambil yg type G aja, tp karena stock nya kosong ya udalah daripada kelamaan tunggu akhir nya ambil yg GR.
Impresi untuk BQ ya so..so.. untuk interior di pilar A kiri dengan dashboard nya ada celah kayak ga rapet gitu. terus kl lewat jalan yg ga rata ada banyak bunyi2an. ada bunyi rattle dan ada bunyi glodak2 kecil yg seperti nya berasal dr plastik. (bukan dari kaki-kaki). Peredaman suara atap mobil kl dibandingkan dengan Honda Jazz S tahun 2016 yg dulu pernah saya pake masih better Raize. Kalau suara Road Noise dan kaki2 jelas lebih senyap Raize drpada Jazz![]()
Untuk suara enviroment sekitar ya ga bs dibilang bagus juga, suara motor dll masih masuk. ya mungkin wajar untuk harga sekelas ini.
Kalau untuk eksterior di unit saya ada gap yg ga rata di daerah bumper depan. selebih nya ga ada masalah. pintu bagasi belakang cukup berat , pintu depan lebih berat drpada pintu baris 2.
Engine 1.0 TC ini mmg rpm bawah nya ( under 2.000) terasa kosong, diatas nya waktu turbo uda masuk rentang rpm optimal baru tenaga nya yg keluar lumayan untuk melajukan Raize ini. Soal kehalusan mesin dan vibrasi nya bagaimana pun kl dicompare dgn mesin NA 4 silinder tentu ga bisa menyaingi mesin dr Honda Jazz 1.5 yg dulu sy pakai. Di kecepatan tertentu pas rpm rendah, rasa nya terasa getar. Karakter CVT jujur saya lebih suka di Honda Jazz. CVT Jazz terasa lebih halus dan responsif (bisa jadi karena kombinasi mesin NA 1.5 & CVT yg halus compare dgn 1.0 TC 3 silinder & CVT), atau mungkin perlu pembiasaan diri ya untuk karakter CVT Raize.
Untuk suspensi pasti lebih limbung Raize karena gc yg lebih tinggi, tapi masih dlm batas bs ditoleransi. kelemahan Raize ketika menghadapi jalan tidak rata / keriting baru muncul. terasa mmg budget suspensi nya. peredaman nya kurang halus, terasa guncang di kabin. ini PR mungkin bs diatasi dgn upgrade suspensi aftermarket jika nanti sudah tersedia. Btw ban yg sy dapat di unit pake Dunlop EnaSave.
Oh ya, sy juga mau tanya yg punya unit Raize / Rocky ketika kontak dalam posisi On & ( keyless tombol start stop di tekan 2x tanpa tekan rem / engine blm nyala), di unit saya ada bunyi ngennnnngg ngennnnnngg... cukup keras bunyi nya , pintu ditutup pun masih masuk bunyi nya.
Sy tanyakan ke dealer kata nya normal, krn unit lain juga gitu..![]()
apakah bener seperti itu ??
Terimakasih, nanti sy update lagi jika ada perkembangan
sama saya awal bulan juga hunting coba2 buat Raize 1.2G AT. sepertinya memang tidak ada stok se Jabodetabek. inden sepertinya sampai januari awal saja, karena seperti biasa pabrikan sekarang sudah tidak produksi VIN Desember 2021. langsung produksi VIN tahun 2022.blackncp91 wrote: Mon Dec 20, 2021 8:22 Rekan2 SM, akhirnya setelah berhasil menjual Yaris Bapao saya dengan harga yang menurut saya not bad, sy putuskan untuk meminang sebuah Raize GR Sport non-TSS karena setelah ngubek-ngubek dealer Atoyot se-Jkt-Bdg, hampir semua tidak ada ready stok tipe G (hrs inden gatau sampe kapan, ini yg sy hindari karena harus setor duid sekian puluh juta sbg tanda jadi).