Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
12 bulan ganti gak salah itu om kelep? Cepet amit? Kaya oli mesin aje gantinya.
Nah itu om Profith mau dijadiin 2.5 taon olinya setelah liat oli buangan atf lio nya om surya yg katanya masih bagus, kurang dr 20 rebu, kurang dr 2 taon.
12 bulan ganti gak salah itu om kelep? Cepet amit? Kaya oli mesin aje gantinya.
Nah itu om Profith mau dijadiin 2.5 taon olinya setelah liat oli buangan atf lio nya om surya yg katanya masih bagus, kurang dr 20 rebu, kurang dr 2 taon.
Kan kita orang mobil odo nya muter secepet jumlah kes kovit d malon mbah
menurut pandangan pribadi nubie sotoy sebetulnya cvtf ga perlu ada ukuran oci dlm waktu sebab olinya ga terekspos dgn foreign material spt carbon deposit, fuel dump, water by product, acid, dsb layaknya engine oil. kecuali mobil jarang bgt dipake sehingga ada kemungkinan moisture mengkontaminasi ke cvtf nya, I'd say cukup pakai oci based on km.
justeruuu yg jd faktor pemercepat oci adalah pemakaian sehari2, apakah jd kuda beban. kuda beban maksudnya sering bawa heavy loads, naik turun gunung, atau extended high speed di tol. itu yg bikin accelerated wear di belt n pulley nya. kl mobil tiap hari cuma diisi suami istri komuter rumah kantor mah cukup pakai oci 20.000km. kl bawa heavy loads sampai ban depan naik kaya pesawat mau take off nah itu musti tiap ceban km.
Omnibus wrote: Sat Sep 25, 2021 11:02
menurut pandangan pribadi nubie sotoy sebetulnya cvtf ga perlu ada ukuran oci dlm waktu sebab olinya ga terekspos dgn foreign material spt carbon deposit, fuel dump, water by product, acid, dsb layaknya engine oil. kecuali mobil jarang bgt dipake sehingga ada kemungkinan moisture mengkontaminasi ke cvtf nya, I'd say cukup pakai oci based on km.
justeruuu yg jd faktor pemercepat oci adalah pemakaian sehari2, apakah jd kuda beban. kuda beban maksudnya sering bawa heavy loads, naik turun gunung, atau extended high speed di tol. itu yg bikin accelerated wear di belt n pulley nya. kl mobil tiap hari cuma diisi suami istri komuter rumah kantor mah cukup pakai oci 20.000km. kl bawa heavy loads sampai ban depan naik kaya pesawat mau take off nah itu musti tiap ceban km.
Om gearboks matik sama cvt honda bener olinya kudu khusus honda label idemitsu atau gimana ya? Bahasnya di luar ams cvt konteksnya.
Faham saya mestinya bisa, tp apa metodenya yg beda atau olinya yg fix kudu dr honda idemitsu itu?
erwinign wrote: Wed Oct 06, 2021 10:11
Om gearboks matik sama cvt honda bener olinya kudu khusus honda label idemitsu atau gimana ya? Bahasnya di luar ams cvt konteksnya.
Faham saya mestinya bisa, tp apa metodenya yg beda atau olinya yg fix kudu dr honda idemitsu itu?
ya kl penggantinya merk sekelas atau bahkan lbh rendah kwalitetnya mending pake oli honda toh. kecuali kl gantinya pake merk yg jauh lbh diatas idemitsu, jd gambling nya beralasan kuat. tp yg terpenting jangan sampai salah baca spec.
slowvolvo wrote: Tue Aug 24, 2021 8:55
ATF T-IV bisa diganti dengan AFW+ kah?
Bisa pake banget
T-IV, (bahkan WS menurut PDS aisin) masuk ke AFW+
Tapi entah kenapa klo WS saya lebih sarankan ke AFW-VI
maaf ikut nimbrung om, untuk Camry XV40 yang requirementnya ATF WS jadi lebih baik pakai Aisin yang mana? AFW+ atau AFW-VI?
AFW VI om,
rentang keencerannya WS kisaran cst 5.8
rentang keencerannya AFW VI kisaran 6.12
rentang keencerannya AFW+ kisaran 7.4 (agak jauh) meskipun menurut aisin juga comply dengan WS
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Bisa pake banget
T-IV, (bahkan WS menurut PDS aisin) masuk ke AFW+
Tapi entah kenapa klo WS saya lebih sarankan ke AFW-VI
maaf ikut nimbrung om, untuk Camry XV40 yang requirementnya ATF WS jadi lebih baik pakai Aisin yang mana? AFW+ atau AFW-VI?
AFW VI om,
rentang keencerannya WS kisaran cst 5.8
rentang keencerannya AFW VI kisaran 6.12
rentang keencerannya AFW+ kisaran 7.4 (agak jauh) meskipun menurut aisin juga comply dengan WS
Kalau WS visc 100-nya 5.8, berarti pake Q8 Auto MV cucok tuh sama2 5.8 n memang comply ke ws
maaf ikut nimbrung om, untuk Camry XV40 yang requirementnya ATF WS jadi lebih baik pakai Aisin yang mana? AFW+ atau AFW-VI?
AFW VI om,
rentang keencerannya WS kisaran cst 5.8
rentang keencerannya AFW VI kisaran 6.12
rentang keencerannya AFW+ kisaran 7.4 (agak jauh) meskipun menurut aisin juga comply dengan WS
Kalau WS visc 100-nya 5.8, berarti pake Q8 Auto MV cucok tuh sama2 5.8 n memang comply ke ws
i got it, intinya mulai dari minyak rem pake Q8 brake fluid DOT 3 LV, oli mesin pake Q8 D1 FE 0W-20 trus CVT fluidnya jangan lupa pake Q8 Auto MV.
all the way to Q8
AbdulHakim wrote: Wed Oct 06, 2021 14:14
i got it, intinya mulai dari minyak rem pake Q8 brake fluid DOT 3 LV, oli mesin pake Q8 D1 FE 0W-20 trus CVT fluidnya jangan lupa pake Q8 Auto MV.
all the way to Q8
Ohh om lagi pake all Q8? wkwkkw
Saya sih cuman pake ATF-nya aja, kalau olmes lg nyobain aisin aja n brake fluid sehh pake valeo
Turboman wrote: Thu Apr 13, 2017 13:29
cari ATF yg harga berapaan ?
pow steer bisa pake T-4
Yang value for money aja om, kalo T IV sdh cukup bagus buat di pake 20 rb terus flush, akan sy pake terus, bgm om? Mbl setahun jalan 10rb an, mohon saran om, nuwun
T-4 segallon 4 L harga 330 rb aka 83 rb / L
kalo mesin std pake itu ya oke aja
mau bagusan dikit bisa pake Aisin AFW harga beda tipis di Toda
pake T-4 tiap 15 - 20 rb km buang 4 L yg di pan, masukkin 4 L baru, jadi fresh terus
OM turbo, AISIN AFW masih bagus kah Buat Grand Innova Diesel 2013? Klo sebelumnya pakai merk lain (KIXX) harus di flush ya om? Butuh berapa Galon om AISIN AFW nya utk Flushing Grand Innova Diesel? terima kasih sblmnya
Misi om.. mau nanya, oli atf apa ya yang paling recommend untuk pengganti toyota ws di yaris lele odo 102.k km. Selama ini rutin ganti setiap 20k km.. kalau gulf lv di tokoijo gimana ya? Atau merk lain yang paling cocok apa ya? Makasih sebelumnya om
Last edited by Kiky1818 on Sat Oct 23, 2021 0:32, edited 4 times in total.
Kiky1818 wrote: Sat Oct 23, 2021 0:22
Misi om.. mau nanya, oli atf apa ya yang paling recommend untuk pengganti toyota ws di yaris lele odo 102.k km. Selama ini rutin ganti setiap 20k km.. kalau gulf lv di tokoijo gimana ya? Atau merk lain yang paling cocok apa ya? Makasih sebelumnya om
Tergantung bajet mau seberapa.
Kalau mau gerlong lele ane 6.5l, ane ada ceritain proses gerlong di trit gerlong.
Misi om, saya mau tanya buat panther matic 2002 odo +-280.000 pilihannya apa ya yang cocok? Beli mobil dari tahun 2018 baru ganti atf dan bersihkan filter di karter sekali di Januari 2020, kilometer 270.000 pakai Aisin AFW. Habis sekitar 2.5L. rencananya mau kuras teknik gerlong.. Sejauh ini mobil masih enak, transmisi shifting normal, ga ada jeduk. Paling ada rasa ngayun dari 3 ke 4 kalo digas full throttle.
Saya lihat karena butuhnya cuma dexron II, pilihannya ada:
- Valvoline Dex III (Rp45.000 / liter)
- Pertamina ATF (Rp50.000 / liter)
- Aisin AFW sekarang harganya udah sama kayak AFW+. Sekitar Rp65.000 per liter.
Selain tiga merk di atas, saya lihat ada yang lebih mahal dengan base synthetic dan comply ke dexron II:
-Valvoline Maxlife Dexron VI (Rp95.000 per liter atau Rp350.000 per galon)
-PTT LV 1A (Rp110.000)
Pertanyaannya:
1. Selain Valvoline Dex III, Pertamina ATF, dan AFW+, ada pilihan lain?
2. Secara teknis apakah transmisi AW 03-72 ini aman pakai spek encer (KV 100⁰C 6 cst)? Sempat kepikiran coba Maxlife biar lebih enteng, kalau memang masih memungkinkan secara spesifikasi.