Pernah cb LM 705 om? Empuk mana sama ventus om?vincewonk wrote: Fri Oct 29, 2021 16:07Bisa dicek dulu angin bannya brp? Kalau baru dipasanf biasanya mereka anginnya agak keras. Karena memang aturannya bgitu pas baru pasang ban. Nanti setelah beberapa saat baru dehfree2d wrote: Fri Oct 29, 2021 11:37 Tadi pagi mampir be Bquick PV dan ganti 4 pcs Primacy 4 225/55R17 di HRV dengan harga Rp1.269.000 each nett. Produksi date 2721.
Langsung test di JORR2. Quiet, good grip. Gak as soft as I expected but good.
Saya rasa kalau mau cari ban empuk itu hankook seri ventus om. Saya 3x pake ban hankook semua sidewallnya super empuk. Tp aquaplanning nya ga enak
Serba Serbi Ban Part 3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 975
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Serba Serbi Ban Part 3
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56
Re: Serba Serbi Ban Part 3
LM705 blm pernah. Asli HRV Dunlop Sport 050.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Nov 21, 2016 7:16
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Ijin sharing long-term pemakaian BS Dueler AT 693 (90.000km)
(ukuran 265/65 R17 @Fortuner 2GD)
Rute,
95% aspal, 5% jalur pramuka (tanah, makadam, pasir pantai, dll)
5% jalur pramuka --> disaat shortcut jalur mainstream/sengaja diblusukin RC
Positive point,
a. Durability & kekuatan roda
b. Keawetan roda (5th, 90000 km, sisa alur masih 2-3mm)
c. Roda segala medan (aspal, tanah, pasir)
d. Roda tidak berisik
e. Sidewall kuat
f. Value for money
Negative point,
a. Kurang cocok utk medan offroad (tanah liat, lumpur)
b. Kehilangan grip roda dimedan offroad
c. Tampilan roda kurang macho
Overall : PUAS

(ukuran 265/65 R17 @Fortuner 2GD)
Rute,
95% aspal, 5% jalur pramuka (tanah, makadam, pasir pantai, dll)
5% jalur pramuka --> disaat shortcut jalur mainstream/sengaja diblusukin RC
Positive point,
a. Durability & kekuatan roda
b. Keawetan roda (5th, 90000 km, sisa alur masih 2-3mm)
c. Roda segala medan (aspal, tanah, pasir)
d. Roda tidak berisik
e. Sidewall kuat
f. Value for money
Negative point,
a. Kurang cocok utk medan offroad (tanah liat, lumpur)
b. Kehilangan grip roda dimedan offroad
c. Tampilan roda kurang macho
Overall : PUAS
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Serba Serbi Ban Part 3
LM705 ngga pernah.well wrote: Sat Oct 30, 2021 11:01Pernah cb LM 705 om? Empuk mana sama ventus om?vincewonk wrote: Fri Oct 29, 2021 16:07Bisa dicek dulu angin bannya brp? Kalau baru dipasanf biasanya mereka anginnya agak keras. Karena memang aturannya bgitu pas baru pasang ban. Nanti setelah beberapa saat baru dehfree2d wrote: Fri Oct 29, 2021 11:37 Tadi pagi mampir be Bquick PV dan ganti 4 pcs Primacy 4 225/55R17 di HRV dengan harga Rp1.269.000 each nett. Produksi date 2721.
Langsung test di JORR2. Quiet, good grip. Gak as soft as I expected but good.
Saya rasa kalau mau cari ban empuk itu hankook seri ventus om. Saya 3x pake ban hankook semua sidewallnya super empuk. Tp aquaplanning nya ga enak
Hankook memang typical sidewallnya empuk2. Bahkan sampai yg high performance spt v12 evo ring 20.
Ga terlalu suka saya feedbacknya jd dull, ga responsif. Tp istri saya suka hankook empuk buat jalan jelek.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV 2019
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Nah bener ini om.. Saya selalu isi 40 psi rata di kendaraan2 di rumah, buat saya ga terasa keras kok, malah terasa lebih firm aja kalo di toll, ga limbung, tarikan enteng, stir enteng, bbm lebih irit... Buat saya lebih banyak positifnya.. HeheheSuryaputra wrote: Sat Oct 30, 2021 2:25 Ban klo keempukan, bahaya buat di tol / hi speed,
jadi cenderung floaty dan handlingnya rada gak karuan.
Gak responsif ketika manuver, in case hindarin sesuatu.
Ikutin anjuran pabrik aja & pakai nitro (minim kandungan air).
Biasanya di atas 32 psi.
Klo di lio, hajar 33-35 psi enak klo pas jalan 140km/h, lbh responsif handlingnya.
Cmiiw.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12575
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Yes om.fannykuncoro wrote: Sun Oct 31, 2021 3:54Nah bener ini om.. Saya selalu isi 40 psi rata di kendaraan2 di rumah, buat saya ga terasa keras kok, malah terasa lebih firm aja kalo di toll, ga limbung, tarikan enteng, stir enteng, bbm lebih irit... Buat saya lebih banyak positifnya.. HeheheSuryaputra wrote: Sat Oct 30, 2021 2:25 Ban klo keempukan, bahaya buat di tol / hi speed,
jadi cenderung floaty dan handlingnya rada gak karuan.
Gak responsif ketika manuver, in case hindarin sesuatu.
Ikutin anjuran pabrik aja & pakai nitro (minim kandungan air).
Biasanya di atas 32 psi.
Klo di lio, hajar 33-35 psi enak klo pas jalan 140km/h, lbh responsif handlingnya.
Cmiiw.![]()
Hukum fisika.
Empuk = less responsive = lack of manuverability
Klo dibilang, emg balapan di sirkuit?
Lah emang klo nyetir di tol bisa 40km/h?

Klo ada yg bilang tekanan ban tinggi itu keras, yah coba naik skutik beat dehh

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Mau tanya lagi ni.
Achilles, Accelera PHI R dan GT Radial HPY posisi nya di banding LM705, Primacy4, T005A dimana mana?
Achilles, Accelera PHI R dan GT Radial HPY posisi nya di banding LM705, Primacy4, T005A dimana mana?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Tempo hari nubi udah banyak nanya sana sini di marih, maka dari itu sbg ungkapan rasa terima kasih boleh lah nubi kasih FR sikit ban barunya, soalnya konon katanya "sharing is caring" (halah)
Jadi ceritanya setelah berburu ke sana kemari, ane memutuskan ngambil Michelin Energy XM2+ soalnya dapet harga yang sangat bagus. Thanks to oom @josomba yang udah ngasih insight bengkel ban pitstop karawaci. Tadinya ane nanya2 ke situ buat nanya dunlop LM705, iseng sekalian nanya mich XM2+, ehh ternyata per ban nya untuk size 185/65 R15 hanya kena 875k, lebih murah dari kebanyakan toko ban lain yg ane tanya2 yg kebanyakan jual di angka 1,0 - 1,2 mio. Bahkan lebih murah daripada kebanyakan toko2 ban jual turanza size sama yang kebanyakan ane temukan di angka 900k - 1 mio.
Setelah crosscheck kalo barang ready dan produksi masih fresh tahun 2021, gak pake lama langsung meluncurlah ane ke sana. Ganti 4 ban, sekalian spooring. Spooring kena 120k, jadi total DC 3,62 mio.
Penampakan side wall ban : Dibanding waktu masih pake ban enasep yg lama : Yang rada2 unik dari micin XM2+ ini, untuk size lebar tapak 185 ke bawah 'got' nya cuma dua. Padahal kebanyakan ban2 lain tetep tiga. Menurut ane jadi keliatan rada aneh aja sih tapaknya. Tapi buat size 195 ke atas sih ane liat udah jadi tiga. Berikut penampakan tapaknya : Sedikit impresi pemakaiannya setelah ban ngegelinding sekitar 300an km dan dibandingkan dengan ban lama si enasep, menurut kuping ane yang pasti ini ban lumayan lebih senyap sih. Ane sering lewat tol sedyatmo dari bandara ke pluit yang jalur atas, ane udah hafal banget selama masih make enasep begitu lewatin exit kamal cengkareng pasti berisik banget kalo lewat sana, even semenjak mubil masih baru masih gress yang mana artinya waktu itu ban enasep yg lama juga masih fresh dong. Kemarin nyoba lewat situ lagi, suara gemuruhnya berkurang lumayan sih. Terus kalo lewat aspal yang kasar dan jalanan beton juga lebih senyap. Untuk gripnya, ane kurang peka sih sama ginian, tapi yg ane rasain kayanya better than enasep yg pasti. Ane test di suatu jalanan tanjakan yang rada 'ngejeglok' gitu yg mana sewaktu masih make enasep, kalo nginjek gas nya kedaleman pasti auto spin ban depannya, sekarang make ban ini lewatin tanjakan yang sama rasanya spinnya lebih minim. Untuk keempukan, kayanya ini jg kategori ban yang rada empuk. Soalnya seinget ane semenjak mubil awal ane terima, setiap lewatin lobang si enasep rasanya agak lebih keras dikit. Yaa, emang dasarnya ertiga emang udah rada empuk sih suspensinya, jadi sebenernya ane gak terlalu ngincer ban yang empuk2, misal keras2 dikit jg ga masalah.
Oh ya, satu hal yang cukup menarik perhatian ane, ane baru mudeng pas kemaren siang lagi nyapu carport deket ban belakang kiri, gak sengaja ane ngebaca tread ban nya yang bertuliskan "2 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall plies : 2 polyester", padahal seinget ane waktu di bengkel ban ane sempet ngebaca komposisi tread ban nya 1+2+1 dan sidewall 1 ply dehh... Coba cek2 ban yang lain, eh iya ternyata yang ban belakang kiri ini beda sendiri dong...
Yang ternyata setelah ane selidiki dia juga paling muda sendiri minggu produksinya dibandingkan 3 ban lainnya. Yg satu ini produksinya minggu ke-23 tahun 2021
Tiga ban lainnya komposisi tread plies nya tetep "1 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall ply : 1 polyester"
Dan masing-masing ketiga ban sisanya tahun produksinya 2021 minggu ke-3, 8, dan 12. Ban yang ane foto di atas adalah ban depan kiri yg diproduksi di minggu ke-8 :
Jadinya mungkin khusus yang ban belakang kiri kalo ngehajar lobang lebih kuat kali ya
So, pesan moralnya buat teman2 yang nyari micin XM2+ dengan size 185/65 R15, kalo bisa dapet tahun produksi 2021 dengan minggu produksi yang lebih muda akan lebih baik, soalnya kali2 dapet yang komposisinya udah 2+2+1 dan sidewall 2 ply.
Sekian FR nubi, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisannya terlalu panjang


Jadi ceritanya setelah berburu ke sana kemari, ane memutuskan ngambil Michelin Energy XM2+ soalnya dapet harga yang sangat bagus. Thanks to oom @josomba yang udah ngasih insight bengkel ban pitstop karawaci. Tadinya ane nanya2 ke situ buat nanya dunlop LM705, iseng sekalian nanya mich XM2+, ehh ternyata per ban nya untuk size 185/65 R15 hanya kena 875k, lebih murah dari kebanyakan toko ban lain yg ane tanya2 yg kebanyakan jual di angka 1,0 - 1,2 mio. Bahkan lebih murah daripada kebanyakan toko2 ban jual turanza size sama yang kebanyakan ane temukan di angka 900k - 1 mio.
Setelah crosscheck kalo barang ready dan produksi masih fresh tahun 2021, gak pake lama langsung meluncurlah ane ke sana. Ganti 4 ban, sekalian spooring. Spooring kena 120k, jadi total DC 3,62 mio.
Penampakan side wall ban : Dibanding waktu masih pake ban enasep yg lama : Yang rada2 unik dari micin XM2+ ini, untuk size lebar tapak 185 ke bawah 'got' nya cuma dua. Padahal kebanyakan ban2 lain tetep tiga. Menurut ane jadi keliatan rada aneh aja sih tapaknya. Tapi buat size 195 ke atas sih ane liat udah jadi tiga. Berikut penampakan tapaknya : Sedikit impresi pemakaiannya setelah ban ngegelinding sekitar 300an km dan dibandingkan dengan ban lama si enasep, menurut kuping ane yang pasti ini ban lumayan lebih senyap sih. Ane sering lewat tol sedyatmo dari bandara ke pluit yang jalur atas, ane udah hafal banget selama masih make enasep begitu lewatin exit kamal cengkareng pasti berisik banget kalo lewat sana, even semenjak mubil masih baru masih gress yang mana artinya waktu itu ban enasep yg lama juga masih fresh dong. Kemarin nyoba lewat situ lagi, suara gemuruhnya berkurang lumayan sih. Terus kalo lewat aspal yang kasar dan jalanan beton juga lebih senyap. Untuk gripnya, ane kurang peka sih sama ginian, tapi yg ane rasain kayanya better than enasep yg pasti. Ane test di suatu jalanan tanjakan yang rada 'ngejeglok' gitu yg mana sewaktu masih make enasep, kalo nginjek gas nya kedaleman pasti auto spin ban depannya, sekarang make ban ini lewatin tanjakan yang sama rasanya spinnya lebih minim. Untuk keempukan, kayanya ini jg kategori ban yang rada empuk. Soalnya seinget ane semenjak mubil awal ane terima, setiap lewatin lobang si enasep rasanya agak lebih keras dikit. Yaa, emang dasarnya ertiga emang udah rada empuk sih suspensinya, jadi sebenernya ane gak terlalu ngincer ban yang empuk2, misal keras2 dikit jg ga masalah.
Oh ya, satu hal yang cukup menarik perhatian ane, ane baru mudeng pas kemaren siang lagi nyapu carport deket ban belakang kiri, gak sengaja ane ngebaca tread ban nya yang bertuliskan "2 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall plies : 2 polyester", padahal seinget ane waktu di bengkel ban ane sempet ngebaca komposisi tread ban nya 1+2+1 dan sidewall 1 ply dehh... Coba cek2 ban yang lain, eh iya ternyata yang ban belakang kiri ini beda sendiri dong...


So, pesan moralnya buat teman2 yang nyari micin XM2+ dengan size 185/65 R15, kalo bisa dapet tahun produksi 2021 dengan minggu produksi yang lebih muda akan lebih baik, soalnya kali2 dapet yang komposisinya udah 2+2+1 dan sidewall 2 ply.
Sekian FR nubi, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisannya terlalu panjang

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Nice review om, pas bgt saya juga lg masukin wishlist ban ini utk gantiin lm704.rakyatwkwkland wrote:Tempo hari nubi udah banyak nanya sana sini di marih, maka dari itu sbg ungkapan rasa terima kasih boleh lah nubi kasih FR sikit ban barunya, soalnya konon katanya "sharing is caring" (halah)![]()
![]()
Jadi ceritanya setelah berburu ke sana kemari, ane memutuskan ngambil Michelin Energy XM2+ soalnya dapet harga yang sangat bagus. Thanks to oom @josomba yang udah ngasih insight bengkel ban pitstop karawaci. Tadinya ane nanya2 ke situ buat nanya dunlop LM705, iseng sekalian nanya mich XM2+, ehh ternyata per ban nya untuk size 185/65 R15 hanya kena 875k, lebih murah dari kebanyakan toko ban lain yg ane tanya2 yg kebanyakan jual di angka 1,0 - 1,2 mio. Bahkan lebih murah daripada kebanyakan toko2 ban jual turanza size sama yang kebanyakan ane temukan di angka 900k - 1 mio.
Setelah crosscheck kalo barang ready dan produksi masih fresh tahun 2021, gak pake lama langsung meluncurlah ane ke sana. Ganti 4 ban, sekalian spooring. Spooring kena 120k, jadi total DC 3,62 mio.
Penampakan side wall ban : Dibanding waktu masih pake ban enasep yg lama : Yang rada2 unik dari micin XM2+ ini, untuk size lebar tapak 185 ke bawah 'got' nya cuma dua. Padahal kebanyakan ban2 lain tetep tiga. Menurut ane jadi keliatan rada aneh aja sih tapaknya. Tapi buat size 195 ke atas sih ane liat udah jadi tiga. Berikut penampakan tapaknya : Sedikit impresi pemakaiannya setelah ban ngegelinding sekitar 300an km dan dibandingkan dengan ban lama si enasep, menurut kuping ane yang pasti ini ban lumayan lebih senyap sih. Ane sering lewat tol sedyatmo dari bandara ke pluit yang jalur atas, ane udah hafal banget selama masih make enasep begitu lewatin exit kamal cengkareng pasti berisik banget kalo lewat sana, even semenjak mubil masih baru masih gress yang mana artinya waktu itu ban enasep yg lama juga masih fresh dong. Kemarin nyoba lewat situ lagi, suara gemuruhnya berkurang lumayan sih. Terus kalo lewat aspal yang kasar dan jalanan beton juga lebih senyap. Untuk gripnya, ane kurang peka sih sama ginian, tapi yg ane rasain kayanya better than enasep yg pasti. Ane test di suatu jalanan tanjakan yang rada 'ngejeglok' gitu yg mana sewaktu masih make enasep, kalo nginjek gas nya kedaleman pasti auto spin ban depannya, sekarang make ban ini lewatin tanjakan yang sama rasanya spinnya lebih minim. Untuk keempukan, kayanya ini jg kategori ban yang rada empuk. Soalnya seinget ane semenjak mubil awal ane terima, setiap lewatin lobang si enasep rasanya agak lebih keras dikit. Yaa, emang dasarnya ertiga emang udah rada empuk sih suspensinya, jadi sebenernya ane gak terlalu ngincer ban yang empuk2, misal keras2 dikit jg ga masalah.
Oh ya, satu hal yang cukup menarik perhatian ane, ane baru mudeng pas kemaren siang lagi nyapu carport deket ban belakang kiri, gak sengaja ane ngebaca tread ban nya yang bertuliskan "2 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall plies : 2 polyester", padahal seinget ane waktu di bengkel ban ane sempet ngebaca komposisi tread ban nya 1+2+1 dan sidewall 1 ply dehh... Coba cek2 ban yang lain, eh iya ternyata yang ban belakang kiri ini beda sendiri dong...Yang ternyata setelah ane selidiki dia juga paling muda sendiri minggu produksinya dibandingkan 3 ban lainnya. Yg satu ini produksinya minggu ke-23 tahun 2021 Tiga ban lainnya komposisi tread plies nya tetep "1 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall ply : 1 polyester" Dan masing-masing ketiga ban sisanya tahun produksinya 2021 minggu ke-3, 8, dan 12. Ban yang ane foto di atas adalah ban depan kiri yg diproduksi di minggu ke-8 : Jadinya mungkin khusus yang ban belakang kiri kalo ngehajar lobang lebih kuat kali ya
![]()
So, pesan moralnya buat teman2 yang nyari micin XM2+ dengan size 185/65 R15, kalo bisa dapet tahun produksi 2021 dengan minggu produksi yang lebih muda akan lebih baik, soalnya kali2 dapet yang komposisinya udah 2+2+1 dan sidewall 2 ply.
Sekian FR nubi, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisannya terlalu panjang
Tp yg saya tangkep kok om seperti biasa aja ya ga terlalu impressed sama ban ini? Pdhl ban sebelumnya enasave yg udh ketauan kualitasnya biasa aja
Dan saya baru tau kalo produksi lama ternyata sidewallnya 1 ply, dr pengalaman saya pake lm704 terus bannya oleng saya lebih consider cari ban yg 2 ply
Btw, ditunggu review berikutnya ya om paling ngga setelah sebulan [emoji16]. Siapa tau om ada impresi lain setelah agak lama pakainya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Buat bahan referensi om.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Yahh namanya jg nubi oom, jd harap maklum kalo feelingnya belon sepeka itutriport13 wrote: Sun Oct 31, 2021 9:17Nice review om, pas bgt saya juga lg masukin wishlist ban ini utk gantiin lm704.rakyatwkwkland wrote:Tempo hari nubi udah banyak nanya sana sini di marih, maka dari itu sbg ungkapan rasa terima kasih boleh lah nubi kasih FR sikit ban barunya, soalnya konon katanya "sharing is caring" (halah)![]()
![]()
Jadi ceritanya setelah berburu ke sana kemari, ane memutuskan ngambil Michelin Energy XM2+ soalnya dapet harga yang sangat bagus. Thanks to oom @josomba yang udah ngasih insight bengkel ban pitstop karawaci. Tadinya ane nanya2 ke situ buat nanya dunlop LM705, iseng sekalian nanya mich XM2+, ehh ternyata per ban nya untuk size 185/65 R15 hanya kena 875k, lebih murah dari kebanyakan toko ban lain yg ane tanya2 yg kebanyakan jual di angka 1,0 - 1,2 mio. Bahkan lebih murah daripada kebanyakan toko2 ban jual turanza size sama yang kebanyakan ane temukan di angka 900k - 1 mio.
Setelah crosscheck kalo barang ready dan produksi masih fresh tahun 2021, gak pake lama langsung meluncurlah ane ke sana. Ganti 4 ban, sekalian spooring. Spooring kena 120k, jadi total DC 3,62 mio.
Penampakan side wall ban :
207184.jpg
Dibanding waktu masih pake ban enasep yg lama :
207179.jpg
Yang rada2 unik dari micin XM2+ ini, untuk size lebar tapak 185 ke bawah 'got' nya cuma dua. Padahal kebanyakan ban2 lain tetep tiga. Menurut ane jadi keliatan rada aneh aja sih tapaknya. Tapi buat size 195 ke atas sih ane liat udah jadi tiga. Berikut penampakan tapaknya :
207183.jpg
Sedikit impresi pemakaiannya setelah ban ngegelinding sekitar 300an km dan dibandingkan dengan ban lama si enasep, menurut kuping ane yang pasti ini ban lumayan lebih senyap sih. Ane sering lewat tol sedyatmo dari bandara ke pluit yang jalur atas, ane udah hafal banget selama masih make enasep begitu lewatin exit kamal cengkareng pasti berisik banget kalo lewat sana, even semenjak mubil masih baru masih gress yang mana artinya waktu itu ban enasep yg lama juga masih fresh dong. Kemarin nyoba lewat situ lagi, suara gemuruhnya berkurang lumayan sih. Terus kalo lewat aspal yang kasar dan jalanan beton juga lebih senyap. Untuk gripnya, ane kurang peka sih sama ginian, tapi yg ane rasain kayanya better than enasep yg pasti. Ane test di suatu jalanan tanjakan yang rada 'ngejeglok' gitu yg mana sewaktu masih make enasep, kalo nginjek gas nya kedaleman pasti auto spin ban depannya, sekarang make ban ini lewatin tanjakan yang sama rasanya spinnya lebih minim. Untuk keempukan, kayanya ini jg kategori ban yang rada empuk. Soalnya seinget ane semenjak mubil awal ane terima, setiap lewatin lobang si enasep rasanya agak lebih keras dikit. Yaa, emang dasarnya ertiga emang udah rada empuk sih suspensinya, jadi sebenernya ane gak terlalu ngincer ban yang empuk2, misal keras2 dikit jg ga masalah.
Oh ya, satu hal yang cukup menarik perhatian ane, ane baru mudeng pas kemaren siang lagi nyapu carport deket ban belakang kiri, gak sengaja ane ngebaca tread ban nya yang bertuliskan "2 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall plies : 2 polyester", padahal seinget ane waktu di bengkel ban ane sempet ngebaca komposisi tread ban nya 1+2+1 dan sidewall 1 ply dehh... Coba cek2 ban yang lain, eh iya ternyata yang ban belakang kiri ini beda sendiri dong...![]()
207181.jpg
Yang ternyata setelah ane selidiki dia juga paling muda sendiri minggu produksinya dibandingkan 3 ban lainnya. Yg satu ini produksinya minggu ke-23 tahun 2021
207182.jpg
Tiga ban lainnya komposisi tread plies nya tetep "1 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall ply : 1 polyester"
207185.jpg
Dan masing-masing ketiga ban sisanya tahun produksinya 2021 minggu ke-3, 8, dan 12. Ban yang ane foto di atas adalah ban depan kiri yg diproduksi di minggu ke-8 :
207186.jpg
Jadinya mungkin khusus yang ban belakang kiri kalo ngehajar lobang lebih kuat kali ya![]()
So, pesan moralnya buat teman2 yang nyari micin XM2+ dengan size 185/65 R15, kalo bisa dapet tahun produksi 2021 dengan minggu produksi yang lebih muda akan lebih baik, soalnya kali2 dapet yang komposisinya udah 2+2+1 dan sidewall 2 ply.
Sekian FR nubi, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisannya terlalu panjang
Tp yg saya tangkep kok om seperti biasa aja ya ga terlalu impressed sama ban ini? Pdhl ban sebelumnya enasave yg udh ketauan kualitasnya biasa aja
Dan saya baru tau kalo produksi lama ternyata sidewallnya 1 ply, dr pengalaman saya pake lm704 terus bannya oleng saya lebih consider cari ban yg 2 ply
Btw, ditunggu review berikutnya ya om paling ngga setelah sebulan [emoji16]. Siapa tau om ada impresi lain setelah agak lama pakainya

Kalo ditanya worth atau engga nya pun ane jg bingung, abis ane belon pernah ada pengalaman dgn ban2 lain yg seharga atau mungkin yang harganya sedikit di bawah ini. Jd susah jg buat ngomong. Tapi ya sekilas yg paling membuat ane berasa upgrade ya kesenyapannya sih yg meningkat lumayan.
Inipun ane baru mulai dapet pencerahan buat gak asalan kalo milih ban semenjak sering ngikutin forum ini... Kalo engga mungkin bisa2 ane milihnya enasep lagi enasep lagi, atau kalo ga ekopeyang lagi

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Wahahaha... dulu waktu2 nyari ban jg sempet baca2 referensi di situ tuh oom. Awalnya seneng sih ngeliat ada sistem penilaian pake angka2 gitu, cuma lama2 ane malah makin bingung dan ragu, terutama kalo misalnya di situ ketulis "dry grip 79%" nah itu angka segitu orang ngenilainya dari overall semua ban pada umumnya atau dibandingkan dengan kompetitor seharganya? Sebab kadang2 suka ada angka2 tertentu yg agak2nya janggal ya, misalnya si mich XM2 ini comfortnya 72% dibandingin dgn BS ecopia ep150 yg angka comfort nya 73%, padahal menurut ane ya jelas menang XM2 inilah comfortnya (ane ada make ecopia jg di mobil lain, itu ban ga ada enak2nya, udah keras, berisik, grip kayanya jg rada kurang yah).
Akhirnya tetep paling enak baca review dan komparasi dari suhu2 di tret ini dah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Barusan habis beli sepasang Continental..
Dahlah intinya kudu beli sepasang lg ini mah
Dahlah intinya kudu beli sepasang lg ini mah

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Setuju bgt nih om,rakyatwkwkland wrote:Wahahaha... dulu waktu2 nyari ban jg sempet baca2 referensi di situ tuh oom. Awalnya seneng sih ngeliat ada sistem penilaian pake angka2 gitu, cuma lama2 ane malah makin bingung dan ragu, terutama kalo misalnya di situ ketulis "dry grip 79%" nah itu angka segitu orang ngenilainya dari overall semua ban pada umumnya atau dibandingkan dengan kompetitor seharganya? Sebab kadang2 suka ada angka2 tertentu yg agak2nya janggal ya, misalnya si mich XM2 ini comfortnya 72% dibandingin dgn BS ecopia ep150 yg angka comfort nya 73%, padahal menurut ane ya jelas menang XM2 inilah comfortnya (ane ada make ecopia jg di mobil lain, itu ban ga ada enak2nya, udah keras, berisik, grip kayanya jg rada kurang yah).
Akhirnya tetep paling enak baca review dan komparasi dari suhu2 di tret ini dah
Dr review itu triplemax 2 kayaknya menjanjikan bgt tp agak ragu juga mereka ngasih rating itu bandingannya sama apa, mungkin kalo ratingnya dibikin A vs B (triplemax2 vs xm2) bakal lebih yakin ya. Apalagi di forum sini jg blm banyak yg ngasih review triplemax 2.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Continental tipe apa om? Dan utk mobil apa? Ok bgt kah?yanuarra wrote:Barusan habis beli sepasang Continental..
Dahlah intinya kudu beli sepasang lg ini mah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Wah alur airnya cuma 2 ya untuk ukuran 185, tipikal ban grip basahnya menurut saya agak kurang (alur ban tengah ban lebih banyak tipikal ban grip basah bagus tapi xm2+ kelihatan agak besar got alurnya walaupun cuma 2). Mungkin mereka buat 2 alur supaya grip keringnya tetap lengket karna keterbatasan permukaan ban dengan hanya lebar 185.rakyatwkwkland wrote: Sun Oct 31, 2021 7:53 Tempo hari nubi udah banyak nanya sana sini di marih, maka dari itu sbg ungkapan rasa terima kasih boleh lah nubi kasih FR sikit ban barunya, soalnya konon katanya "sharing is caring" (halah)![]()
![]()
Jadi ceritanya setelah berburu ke sana kemari, ane memutuskan ngambil Michelin Energy XM2+ soalnya dapet harga yang sangat bagus. Thanks to oom @josomba yang udah ngasih insight bengkel ban pitstop karawaci. Tadinya ane nanya2 ke situ buat nanya dunlop LM705, iseng sekalian nanya mich XM2+, ehh ternyata per ban nya untuk size 185/65 R15 hanya kena 875k, lebih murah dari kebanyakan toko ban lain yg ane tanya2 yg kebanyakan jual di angka 1,0 - 1,2 mio. Bahkan lebih murah daripada kebanyakan toko2 ban jual turanza size sama yang kebanyakan ane temukan di angka 900k - 1 mio.
Setelah crosscheck kalo barang ready dan produksi masih fresh tahun 2021, gak pake lama langsung meluncurlah ane ke sana. Ganti 4 ban, sekalian spooring. Spooring kena 120k, jadi total DC 3,62 mio.
Penampakan side wall ban :
207184.jpg
Dibanding waktu masih pake ban enasep yg lama :
207179.jpg
Yang rada2 unik dari micin XM2+ ini, untuk size lebar tapak 185 ke bawah 'got' nya cuma dua. Padahal kebanyakan ban2 lain tetep tiga. Menurut ane jadi keliatan rada aneh aja sih tapaknya. Tapi buat size 195 ke atas sih ane liat udah jadi tiga. Berikut penampakan tapaknya :
207183.jpg
Sedikit impresi pemakaiannya setelah ban ngegelinding sekitar 300an km dan dibandingkan dengan ban lama si enasep, menurut kuping ane yang pasti ini ban lumayan lebih senyap sih. Ane sering lewat tol sedyatmo dari bandara ke pluit yang jalur atas, ane udah hafal banget selama masih make enasep begitu lewatin exit kamal cengkareng pasti berisik banget kalo lewat sana, even semenjak mubil masih baru masih gress yang mana artinya waktu itu ban enasep yg lama juga masih fresh dong. Kemarin nyoba lewat situ lagi, suara gemuruhnya berkurang lumayan sih. Terus kalo lewat aspal yang kasar dan jalanan beton juga lebih senyap. Untuk gripnya, ane kurang peka sih sama ginian, tapi yg ane rasain kayanya better than enasep yg pasti. Ane test di suatu jalanan tanjakan yang rada 'ngejeglok' gitu yg mana sewaktu masih make enasep, kalo nginjek gas nya kedaleman pasti auto spin ban depannya, sekarang make ban ini lewatin tanjakan yang sama rasanya spinnya lebih minim. Untuk keempukan, kayanya ini jg kategori ban yang rada empuk. Soalnya seinget ane semenjak mubil awal ane terima, setiap lewatin lobang si enasep rasanya agak lebih keras dikit. Yaa, emang dasarnya ertiga emang udah rada empuk sih suspensinya, jadi sebenernya ane gak terlalu ngincer ban yang empuk2, misal keras2 dikit jg ga masalah.
Oh ya, satu hal yang cukup menarik perhatian ane, ane baru mudeng pas kemaren siang lagi nyapu carport deket ban belakang kiri, gak sengaja ane ngebaca tread ban nya yang bertuliskan "2 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall plies : 2 polyester", padahal seinget ane waktu di bengkel ban ane sempet ngebaca komposisi tread ban nya 1+2+1 dan sidewall 1 ply dehh... Coba cek2 ban yang lain, eh iya ternyata yang ban belakang kiri ini beda sendiri dong...![]()
207181.jpg
Yang ternyata setelah ane selidiki dia juga paling muda sendiri minggu produksinya dibandingkan 3 ban lainnya. Yg satu ini produksinya minggu ke-23 tahun 2021
207182.jpg
Tiga ban lainnya komposisi tread plies nya tetep "1 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall ply : 1 polyester"
207185.jpg
Dan masing-masing ketiga ban sisanya tahun produksinya 2021 minggu ke-3, 8, dan 12. Ban yang ane foto di atas adalah ban depan kiri yg diproduksi di minggu ke-8 :
207186.jpg
Jadinya mungkin khusus yang ban belakang kiri kalo ngehajar lobang lebih kuat kali ya![]()
So, pesan moralnya buat teman2 yang nyari micin XM2+ dengan size 185/65 R15, kalo bisa dapet tahun produksi 2021 dengan minggu produksi yang lebih muda akan lebih baik, soalnya kali2 dapet yang komposisinya udah 2+2+1 dan sidewall 2 ply.
Sekian FR nubi, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisannya terlalu panjang![]()
Ban triplemax2 pun dengan lebar 185 hanya punya alur tengah 3 buah tapi kalau naik ke lebar 195 baru punya alur got 4 buah. Memang susah sih nyari ban yg enak dengan lebar 185 yg tidak terlalu lebar (dari dulu suzuki ngasih ban dimensi ramping melulu kayanya ngejar efisiensi bahan bakar, mau itu mobil atau motor sama aja). Makanya saya sendiri naik 1 step ke 195 biar lebih lengket ke jalan.
Untuk masalah 2 ply sidewall.. Sidewall dengan banyak ply akan lebih stiff ketika manuver, sayang hanya 1 ban yg 2 ply disitu.. Andaikan ada 2 ban mungkin bisa ngerasain dengan pasang yg sama sisi depan atau belakang, nanti pas nikung biasanya akan berasa mana sisi yg paling nurut diajak nikung. Atau kalau pernah lewat rel kereta nanti bisa merasakan apakan goyangan mobil masih tetap sama dengan bawaan enasave atau lebih baik di xm2+.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kalo triplemax2 mah kayanya udah ada beberapa oom kalo liat2 ke page2 belakang. Kesimpulan yg ane ambil, konon katanya lumayan senyap, grip jg not so bad. Kalo empuk atau engga ane lupa. Kayanya 11 12 dgn LM705 lah. Sayang kayanya gutyer krg begitu gencar ya promosinya, gak terlalu banyak yg nyetok.triport13 wrote: Sun Oct 31, 2021 12:36Setuju bgt nih om,rakyatwkwkland wrote:Wahahaha... dulu waktu2 nyari ban jg sempet baca2 referensi di situ tuh oom. Awalnya seneng sih ngeliat ada sistem penilaian pake angka2 gitu, cuma lama2 ane malah makin bingung dan ragu, terutama kalo misalnya di situ ketulis "dry grip 79%" nah itu angka segitu orang ngenilainya dari overall semua ban pada umumnya atau dibandingkan dengan kompetitor seharganya? Sebab kadang2 suka ada angka2 tertentu yg agak2nya janggal ya, misalnya si mich XM2 ini comfortnya 72% dibandingin dgn BS ecopia ep150 yg angka comfort nya 73%, padahal menurut ane ya jelas menang XM2 inilah comfortnya (ane ada make ecopia jg di mobil lain, itu ban ga ada enak2nya, udah keras, berisik, grip kayanya jg rada kurang yah).
Akhirnya tetep paling enak baca review dan komparasi dari suhu2 di tret ini dah
Dr review itu triplemax 2 kayaknya menjanjikan bgt tp agak ragu juga mereka ngasih rating itu bandingannya sama apa, mungkin kalo ratingnya dibikin A vs B (triplemax2 vs xm2) bakal lebih yakin ya. Apalagi di forum sini jg blm banyak yg ngasih review triplemax 2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Iya nih oom. Size ini so far yg ane temukan yg paling oke dan jg paling mahal cuma ada di grade nya turanza dan XM2+. Kalo mau naik kelas ke ban2 macam primacy atau MC6 dan UC6 kagak ada euy. Tapi positifnya kayanya di jajaran ban R15 size yg satu ini kayanya harganya paling murah ya? Lebih banyak yg nyetok jg sih kayanya soalnya size pasaran.wicaksono99 wrote: Sun Oct 31, 2021 13:14Wah alur airnya cuma 2 ya untuk ukuran 185, tipikal ban grip basahnya menurut saya agak kurang (alur ban tengah ban lebih banyak tipikal ban grip basah bagus tapi xm2+ kelihatan agak besar got alurnya walaupun cuma 2). Mungkin mereka buat 2 alur supaya grip keringnya tetap lengket karna keterbatasan permukaan ban dengan hanya lebar 185.rakyatwkwkland wrote: Sun Oct 31, 2021 7:53 Tempo hari nubi udah banyak nanya sana sini di marih, maka dari itu sbg ungkapan rasa terima kasih boleh lah nubi kasih FR sikit ban barunya, soalnya konon katanya "sharing is caring" (halah)![]()
![]()
Jadi ceritanya setelah berburu ke sana kemari, ane memutuskan ngambil Michelin Energy XM2+ soalnya dapet harga yang sangat bagus. Thanks to oom @josomba yang udah ngasih insight bengkel ban pitstop karawaci. Tadinya ane nanya2 ke situ buat nanya dunlop LM705, iseng sekalian nanya mich XM2+, ehh ternyata per ban nya untuk size 185/65 R15 hanya kena 875k, lebih murah dari kebanyakan toko ban lain yg ane tanya2 yg kebanyakan jual di angka 1,0 - 1,2 mio. Bahkan lebih murah daripada kebanyakan toko2 ban jual turanza size sama yang kebanyakan ane temukan di angka 900k - 1 mio.
Setelah crosscheck kalo barang ready dan produksi masih fresh tahun 2021, gak pake lama langsung meluncurlah ane ke sana. Ganti 4 ban, sekalian spooring. Spooring kena 120k, jadi total DC 3,62 mio.
Penampakan side wall ban :
207184.jpg
Dibanding waktu masih pake ban enasep yg lama :
207179.jpg
Yang rada2 unik dari micin XM2+ ini, untuk size lebar tapak 185 ke bawah 'got' nya cuma dua. Padahal kebanyakan ban2 lain tetep tiga. Menurut ane jadi keliatan rada aneh aja sih tapaknya. Tapi buat size 195 ke atas sih ane liat udah jadi tiga. Berikut penampakan tapaknya :
207183.jpg
Sedikit impresi pemakaiannya setelah ban ngegelinding sekitar 300an km dan dibandingkan dengan ban lama si enasep, menurut kuping ane yang pasti ini ban lumayan lebih senyap sih. Ane sering lewat tol sedyatmo dari bandara ke pluit yang jalur atas, ane udah hafal banget selama masih make enasep begitu lewatin exit kamal cengkareng pasti berisik banget kalo lewat sana, even semenjak mubil masih baru masih gress yang mana artinya waktu itu ban enasep yg lama juga masih fresh dong. Kemarin nyoba lewat situ lagi, suara gemuruhnya berkurang lumayan sih. Terus kalo lewat aspal yang kasar dan jalanan beton juga lebih senyap. Untuk gripnya, ane kurang peka sih sama ginian, tapi yg ane rasain kayanya better than enasep yg pasti. Ane test di suatu jalanan tanjakan yang rada 'ngejeglok' gitu yg mana sewaktu masih make enasep, kalo nginjek gas nya kedaleman pasti auto spin ban depannya, sekarang make ban ini lewatin tanjakan yang sama rasanya spinnya lebih minim. Untuk keempukan, kayanya ini jg kategori ban yang rada empuk. Soalnya seinget ane semenjak mubil awal ane terima, setiap lewatin lobang si enasep rasanya agak lebih keras dikit. Yaa, emang dasarnya ertiga emang udah rada empuk sih suspensinya, jadi sebenernya ane gak terlalu ngincer ban yang empuk2, misal keras2 dikit jg ga masalah.
Oh ya, satu hal yang cukup menarik perhatian ane, ane baru mudeng pas kemaren siang lagi nyapu carport deket ban belakang kiri, gak sengaja ane ngebaca tread ban nya yang bertuliskan "2 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall plies : 2 polyester", padahal seinget ane waktu di bengkel ban ane sempet ngebaca komposisi tread ban nya 1+2+1 dan sidewall 1 ply dehh... Coba cek2 ban yang lain, eh iya ternyata yang ban belakang kiri ini beda sendiri dong...![]()
207181.jpg
Yang ternyata setelah ane selidiki dia juga paling muda sendiri minggu produksinya dibandingkan 3 ban lainnya. Yg satu ini produksinya minggu ke-23 tahun 2021
207182.jpg
Tiga ban lainnya komposisi tread plies nya tetep "1 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall ply : 1 polyester"
207185.jpg
Dan masing-masing ketiga ban sisanya tahun produksinya 2021 minggu ke-3, 8, dan 12. Ban yang ane foto di atas adalah ban depan kiri yg diproduksi di minggu ke-8 :
207186.jpg
Jadinya mungkin khusus yang ban belakang kiri kalo ngehajar lobang lebih kuat kali ya![]()
So, pesan moralnya buat teman2 yang nyari micin XM2+ dengan size 185/65 R15, kalo bisa dapet tahun produksi 2021 dengan minggu produksi yang lebih muda akan lebih baik, soalnya kali2 dapet yang komposisinya udah 2+2+1 dan sidewall 2 ply.
Sekian FR nubi, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisannya terlalu panjang![]()
Ban triplemax2 pun dengan lebar 185 hanya punya alur tengah 3 buah tapi kalau naik ke lebar 195 baru punya alur got 4 buah. Memang susah sih nyari ban yg enak dengan lebar 185 yg tidak terlalu lebar (dari dulu suzuki ngasih ban dimensi ramping melulu kayanya ngejar efisiensi bahan bakar, mau itu mobil atau motor sama aja). Makanya saya sendiri naik 1 step ke 195 biar lebih lengket ke jalan.
Untuk masalah 2 ply sidewall.. Sidewall dengan banyak ply akan lebih stiff ketika manuver, sayang hanya 1 ban yg 2 ply disitu.. Andaikan ada 2 ban mungkin bisa ngerasain dengan pasang yg sama sisi depan atau belakang, nanti pas nikung biasanya akan berasa mana sisi yg paling nurut diajak nikung. Atau kalau pernah lewat rel kereta nanti bisa merasakan apakan goyangan mobil masih tetap sama dengan bawaan enasave atau lebih baik di xm2+.
Kenapa ga upgrade ke 195, soalnya harganya pasti lebih mahal. Eh tapi kemaren ane jg ga sempet nanya sih kl yg 195/60 kena berapa...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12575
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Punten, Klo di mbl lain gak apple to apple mbah.rakyatwkwkland wrote: Sun Oct 31, 2021 11:31Wahahaha... dulu waktu2 nyari ban jg sempet baca2 referensi di situ tuh oom. Awalnya seneng sih ngeliat ada sistem penilaian pake angka2 gitu, cuma lama2 ane malah makin bingung dan ragu, terutama kalo misalnya di situ ketulis "dry grip 79%" nah itu angka segitu orang ngenilainya dari overall semua ban pada umumnya atau dibandingkan dengan kompetitor seharganya? Sebab kadang2 suka ada angka2 tertentu yg agak2nya janggal ya, misalnya si mich XM2 ini comfortnya 72% dibandingin dgn BS ecopia ep150 yg angka comfort nya 73%, padahal menurut ane ya jelas menang XM2 inilah comfortnya (ane ada make ecopia jg di mobil lain, itu ban ga ada enak2nya, udah keras, berisik, grip kayanya jg rada kurang yah).
Akhirnya tetep paling enak baca review dan komparasi dari suhu2 di tret ini dah![]()
Enasave ec300+ di xpander itu nyaman senyap banget
ban yg sama di mobilio, jauh lbh berisik suara bannya

Krn peredamnya udh beda

Last edited by Suryaputra on Sun Oct 31, 2021 14:07, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kalau untuk ukuran 185 ban impor paling murah masih CC6 om, harganya dibawah XM2+. Tapi kalau produksi lokal masih murah triplemax2 (harga ban doang kisaran 500rban/piece dah dpt kelas mid), lm705 masih diatas 600an ukuran 185.rakyatwkwkland wrote: Sun Oct 31, 2021 13:21Iya nih oom. Size ini so far yg ane temukan yg paling oke dan jg paling mahal cuma ada di grade nya turanza dan XM2+. Kalo mau naik kelas ke ban2 macam primacy atau MC6 dan UC6 kagak ada euy. Tapi positifnya kayanya di jajaran ban R15 size yg satu ini kayanya harganya paling murah ya? Lebih banyak yg nyetok jg sih kayanya soalnya size pasaran.wicaksono99 wrote: Sun Oct 31, 2021 13:14Wah alur airnya cuma 2 ya untuk ukuran 185, tipikal ban grip basahnya menurut saya agak kurang (alur ban tengah ban lebih banyak tipikal ban grip basah bagus tapi xm2+ kelihatan agak besar got alurnya walaupun cuma 2). Mungkin mereka buat 2 alur supaya grip keringnya tetap lengket karna keterbatasan permukaan ban dengan hanya lebar 185.rakyatwkwkland wrote: Sun Oct 31, 2021 7:53 Tempo hari nubi udah banyak nanya sana sini di marih, maka dari itu sbg ungkapan rasa terima kasih boleh lah nubi kasih FR sikit ban barunya, soalnya konon katanya "sharing is caring" (halah)![]()
![]()
Jadi ceritanya setelah berburu ke sana kemari, ane memutuskan ngambil Michelin Energy XM2+ soalnya dapet harga yang sangat bagus. Thanks to oom @josomba yang udah ngasih insight bengkel ban pitstop karawaci. Tadinya ane nanya2 ke situ buat nanya dunlop LM705, iseng sekalian nanya mich XM2+, ehh ternyata per ban nya untuk size 185/65 R15 hanya kena 875k, lebih murah dari kebanyakan toko ban lain yg ane tanya2 yg kebanyakan jual di angka 1,0 - 1,2 mio. Bahkan lebih murah daripada kebanyakan toko2 ban jual turanza size sama yang kebanyakan ane temukan di angka 900k - 1 mio.
Setelah crosscheck kalo barang ready dan produksi masih fresh tahun 2021, gak pake lama langsung meluncurlah ane ke sana. Ganti 4 ban, sekalian spooring. Spooring kena 120k, jadi total DC 3,62 mio.
Penampakan side wall ban :
207184.jpg
Dibanding waktu masih pake ban enasep yg lama :
207179.jpg
Yang rada2 unik dari micin XM2+ ini, untuk size lebar tapak 185 ke bawah 'got' nya cuma dua. Padahal kebanyakan ban2 lain tetep tiga. Menurut ane jadi keliatan rada aneh aja sih tapaknya. Tapi buat size 195 ke atas sih ane liat udah jadi tiga. Berikut penampakan tapaknya :
207183.jpg
Sedikit impresi pemakaiannya setelah ban ngegelinding sekitar 300an km dan dibandingkan dengan ban lama si enasep, menurut kuping ane yang pasti ini ban lumayan lebih senyap sih. Ane sering lewat tol sedyatmo dari bandara ke pluit yang jalur atas, ane udah hafal banget selama masih make enasep begitu lewatin exit kamal cengkareng pasti berisik banget kalo lewat sana, even semenjak mubil masih baru masih gress yang mana artinya waktu itu ban enasep yg lama juga masih fresh dong. Kemarin nyoba lewat situ lagi, suara gemuruhnya berkurang lumayan sih. Terus kalo lewat aspal yang kasar dan jalanan beton juga lebih senyap. Untuk gripnya, ane kurang peka sih sama ginian, tapi yg ane rasain kayanya better than enasep yg pasti. Ane test di suatu jalanan tanjakan yang rada 'ngejeglok' gitu yg mana sewaktu masih make enasep, kalo nginjek gas nya kedaleman pasti auto spin ban depannya, sekarang make ban ini lewatin tanjakan yang sama rasanya spinnya lebih minim. Untuk keempukan, kayanya ini jg kategori ban yang rada empuk. Soalnya seinget ane semenjak mubil awal ane terima, setiap lewatin lobang si enasep rasanya agak lebih keras dikit. Yaa, emang dasarnya ertiga emang udah rada empuk sih suspensinya, jadi sebenernya ane gak terlalu ngincer ban yang empuk2, misal keras2 dikit jg ga masalah.
Oh ya, satu hal yang cukup menarik perhatian ane, ane baru mudeng pas kemaren siang lagi nyapu carport deket ban belakang kiri, gak sengaja ane ngebaca tread ban nya yang bertuliskan "2 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall plies : 2 polyester", padahal seinget ane waktu di bengkel ban ane sempet ngebaca komposisi tread ban nya 1+2+1 dan sidewall 1 ply dehh... Coba cek2 ban yang lain, eh iya ternyata yang ban belakang kiri ini beda sendiri dong...![]()
207181.jpg
Yang ternyata setelah ane selidiki dia juga paling muda sendiri minggu produksinya dibandingkan 3 ban lainnya. Yg satu ini produksinya minggu ke-23 tahun 2021
207182.jpg
Tiga ban lainnya komposisi tread plies nya tetep "1 polyester + 2 steel + 1 polyamide, sidewall ply : 1 polyester"
207185.jpg
Dan masing-masing ketiga ban sisanya tahun produksinya 2021 minggu ke-3, 8, dan 12. Ban yang ane foto di atas adalah ban depan kiri yg diproduksi di minggu ke-8 :
207186.jpg
Jadinya mungkin khusus yang ban belakang kiri kalo ngehajar lobang lebih kuat kali ya![]()
So, pesan moralnya buat teman2 yang nyari micin XM2+ dengan size 185/65 R15, kalo bisa dapet tahun produksi 2021 dengan minggu produksi yang lebih muda akan lebih baik, soalnya kali2 dapet yang komposisinya udah 2+2+1 dan sidewall 2 ply.
Sekian FR nubi, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisannya terlalu panjang![]()
Ban triplemax2 pun dengan lebar 185 hanya punya alur tengah 3 buah tapi kalau naik ke lebar 195 baru punya alur got 4 buah. Memang susah sih nyari ban yg enak dengan lebar 185 yg tidak terlalu lebar (dari dulu suzuki ngasih ban dimensi ramping melulu kayanya ngejar efisiensi bahan bakar, mau itu mobil atau motor sama aja). Makanya saya sendiri naik 1 step ke 195 biar lebih lengket ke jalan.
Untuk masalah 2 ply sidewall.. Sidewall dengan banyak ply akan lebih stiff ketika manuver, sayang hanya 1 ban yg 2 ply disitu.. Andaikan ada 2 ban mungkin bisa ngerasain dengan pasang yg sama sisi depan atau belakang, nanti pas nikung biasanya akan berasa mana sisi yg paling nurut diajak nikung. Atau kalau pernah lewat rel kereta nanti bisa merasakan apakan goyangan mobil masih tetap sama dengan bawaan enasave atau lebih baik di xm2+.
Kenapa ga upgrade ke 195, soalnya harganya pasti lebih mahal. Eh tapi kemaren ane jg ga sempet nanya sih kl yg 195/60 kena berapa...![]()
Tapi syukuri aja yg sudah ada om, kalau ngikutin keinginan gak abis2. Karna waktu milih ban kita masih condong milih brandnya.. Hehe...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 272
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: Serba Serbi Ban Part 3
soal Sidewall.. ane pernah pakai Conti MC5 (2017) ukuran 235/50R18 sidewall cuma 1 ply. tapi mgkn 1 ply-nya conti beda sama merk lain. secara harga juga beda.
Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Hahahaha... Ada benernya jg sih hu. Soalnya itu boil yg make ecopia adalah LMPV paling gak enak dan paling dihina di kelasnyaSuryaputra wrote: Sun Oct 31, 2021 13:26Punten, Klo di mbl lain gak apple to apple mbah.rakyatwkwkland wrote: Sun Oct 31, 2021 11:31Wahahaha... dulu waktu2 nyari ban jg sempet baca2 referensi di situ tuh oom. Awalnya seneng sih ngeliat ada sistem penilaian pake angka2 gitu, cuma lama2 ane malah makin bingung dan ragu, terutama kalo misalnya di situ ketulis "dry grip 79%" nah itu angka segitu orang ngenilainya dari overall semua ban pada umumnya atau dibandingkan dengan kompetitor seharganya? Sebab kadang2 suka ada angka2 tertentu yg agak2nya janggal ya, misalnya si mich XM2 ini comfortnya 72% dibandingin dgn BS ecopia ep150 yg angka comfort nya 73%, padahal menurut ane ya jelas menang XM2 inilah comfortnya (ane ada make ecopia jg di mobil lain, itu ban ga ada enak2nya, udah keras, berisik, grip kayanya jg rada kurang yah).
Akhirnya tetep paling enak baca review dan komparasi dari suhu2 di tret ini dah![]()
Enasave ec300+ di xpander itu nyaman senyap banget
ban yg sama di mobilio, jauh lbh berisik suara bannya![]()
Krn peredamnya udh beda![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Setuju, makanya ban2 high performance itu sidewall cenderung keras supaya handling nya better.Suryaputra wrote: Sat Oct 30, 2021 2:25 Ban klo keempukan, bahaya buat di tol / hi speed,
jadi cenderung floaty dan handlingnya rada gak karuan.
Gak responsif ketika manuver, in case hindarin sesuatu.
Ikutin anjuran pabrik aja & pakai nitro (minim kandungan air).
Biasanya di atas 32 psi.
Klo di lio, hajar 33-35 psi enak klo pas jalan 140km/h, lbh responsif handlingnya.
Cmiiw.
Pake ban eco + tekanan ban standar, good bye deh, letoy banget jdnya pas nekuk agak tajem
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Yg comfort contact brp gitu lupa.. ntr sy liatin deh om mobilnya udah gelinding jalan soalnya.. synya di rumah hehetriport13 wrote: Sun Oct 31, 2021 12:37Continental tipe apa om? Dan utk mobil apa? Ok bgt kah?yanuarra wrote:Barusan habis beli sepasang Continental..
Dahlah intinya kudu beli sepasang lg ini mah
Mobil yaris lawas om.. so far ini ban ter-oke yg pernah dipake di mobil sendiri sih om (opini pribadi aja).
Senyap bgt ini ban. Di mobil saya yg peredaman jelek aja lgsg kerasa bedanya after ban lama diganti. Mobilnya berasa napak banget. Rating speed nya juga 1 step diatas ban sy yg lama. Yg lama brp yah ratingnya, sptinya H =240 kph. Ini diatas itu. (Need to check lg). Jd pede aja bawanya
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Dpt tanggal produksi 3720.. mayan dpt diskon per ban ampir 300rb apa yah.. Tdnya mau ambil BS/hankook.. dilokasi ditawarin conti diskon ambil conti aja lah akhirnya

Krn harganya after diskon jd sm kaya BS..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Ban Part 3
CC6 ya? Sering2 dipake aja mbah kalau conti, takut retakkk2 walau misalkan baru jalan 2 tahunyanuarra wrote: Mon Nov 01, 2021 23:55 Yg comfort contact brp gitu lupa.. ntr sy liatin deh om mobilnya udah gelinding jalan soalnya.. synya di rumah hehe
Mobil yaris lawas om.. so far ini ban ter-oke yg pernah dipake di mobil sendiri sih om (opini pribadi aja).
Senyap bgt ini ban. Di mobil saya yg peredaman jelek aja lgsg kerasa bedanya after ban lama diganti. Mobilnya berasa napak banget. Rating speed nya juga 1 step diatas ban sy yg lama. Yg lama brp yah ratingnya, sptinya H =240 kph. Ini diatas itu. (Need to check lg). Jd pede aja bawanya![]()
Dpt tanggal produksi 3720.. mayan dpt diskon per ban ampir 300rb apa yah.. Tdnya mau ambil BS/hankook.. dilokasi ditawarin conti diskon ambil conti aja lah akhirnya
Krn harganya after diskon jd sm kaya BS..
