saya keliling cari amzoil di ace surabaya dan sidoarjo sudah dr setengah tahun lalu ga pernah ada...
stok sudah ditarik semua

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
saya keliling cari amzoil di ace surabaya dan sidoarjo sudah dr setengah tahun lalu ga pernah ada...
Iya sih om bener jugaSpies wrote:Positif om..triport13 wrote: Wed Oct 20, 2021 13:43Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?marvelio wrote:.
Hasilnya
- Cold start temp ke working temp jauuuuh lebih cepet daripada jaman pake TMO 10W-40Cuma sekitar 2-3 menit jarum temperatur udah naik seperempat. Biasanya 10 menit baru seperempat tuh.
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
Panas disini kan maksudnya working temp optimal mesin.. Kalo kelamaan naiknya kan malah boros, karena saat mesin masih dingin campuran bbm cenderung dibikin kaya
Setelah mesin berada pada working temp kan suhu mesin stabil karena radiator mulai bekerja
Cmiiw..
Saya ngerasa cukup signifikan sih om bedanya. Memang spesifikasi yg diminta 2ZR-FE saya ini minimal 5W-30, jadi ketika dikasih 10W-40 ya nggak heran kalau saya ngalamin lama panasnya saat cold start. Bahkan latest manual book 2ZR-FE udah mencantumkan minimum requirement 0W-20.triport13 wrote: Thu Oct 21, 2021 2:43
Iya sih om bener juga
Tp ane pribadi di 3SZ VE dr TMO 10-40 ke AMS SS 0W-20 ga merasa lebih cepet suhu naik ke working temp, malahan kalo udh tercapai working temp jeda waktu antar ekstra fan nyala lebih lama.
wah ternyata bener klo mobil kebanyakan ngendon di garasi, bikin fuel dilution.saturday wrote: Wed Oct 20, 2021 13:55Positif karena fungsi mesin & pelumasan akan maksimal ketika oil temp mencapai suhu optimal. Mesin yang dingin melulu juga berpotensi menyebabkan oil fuel dilution karena mesin dingin biasa run rich (olinya tercampur bensin sehingga properti pelumasannya menurun).triport13 wrote: Wed Oct 20, 2021 13:43Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?marvelio wrote:.
Hasilnya
- Cold start temp ke working temp jauuuuh lebih cepet daripada jaman pake TMO 10W-40Cuma sekitar 2-3 menit jarum temperatur udah naik seperempat. Biasanya 10 menit baru seperempat tuh.
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
panasin bawa muter 20 menitb3rez wrote:wah ternyata bener klo mobil kebanyakan ngendon di garasi, bikin fuel dilution.saturday wrote: Wed Oct 20, 2021 13:55Positif karena fungsi mesin & pelumasan akan maksimal ketika oil temp mencapai suhu optimal. Mesin yang dingin melulu juga berpotensi menyebabkan oil fuel dilution karena mesin dingin biasa run rich (olinya tercampur bensin sehingga properti pelumasannya menurun).triport13 wrote: Wed Oct 20, 2021 13:43 Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
saya baru saja ngalami, angl livina 2013 , pake oli valvoline synpower 5w30 ganti maret 2021, bbm vpower nitro. oli pake 4500 an udah warna merah. km mobil 96rb, baru x ini fd. ganti oli tiap 5000km, soalnya cuman 3 liter murmer.
dipake pp jkt-sby 2x, selebihnya cuman dipanasi doang wkwkwk. skrg pake oli ptt evotec abu2 5w30 hasil nyetok bli2
Klo di wilayah subtropis.. iya kemungkinan krn cyl liner msh dingin sehingga ada sebagian fuel yg nempel di liner tdk terbakar sempurnab3rez wrote: Fri Oct 22, 2021 13:24wah ternyata bener klo mobil kebanyakan ngendon di garasi, bikin fuel dilution.saturday wrote: Wed Oct 20, 2021 13:55Positif karena fungsi mesin & pelumasan akan maksimal ketika oil temp mencapai suhu optimal. Mesin yang dingin melulu juga berpotensi menyebabkan oil fuel dilution karena mesin dingin biasa run rich (olinya tercampur bensin sehingga properti pelumasannya menurun).triport13 wrote: Wed Oct 20, 2021 13:43
Om, utk poin working temp yg lebih cepat naik ini jadi nilai plus atau malah sebaliknya ya?
Apakah berarti kondisi mesin jd lebih cepet panas kalo pake oli yg lebih encer?
Mohon masukan jd dr suhu2 yg lain disini [emoji1317]
saya baru saja ngalami, angl livina 2013 , pake oli valvoline synpower 5w30 ganti maret 2021, bbm vpower nitro. oli pake 4500 an udah warna merah. km mobil 96rb, baru x ini fd. ganti oli tiap 5000km, soalnya cuman 3 liter murmer.
dipake pp jkt-sby 2x, selebihnya cuman dipanasi doang wkwkwk. skrg pake oli ptt evotec abu2 5w30 hasil nyetok bli2
Siap om, makasih sarannya
wah thanks om sarannya, mungkin memang sudah waktunya service besar. rencana memang nanti kalo udah km 100rb mau masuk bengkel buat service rutin.Mesinanak wrote: Sat Oct 23, 2021 1:30Klo di wilayah subtropis.. iya kemungkinan krn cyl liner msh dingin sehingga ada sebagian fuel yg nempel di liner tdk terbakar sempurna
Tp klo di wilayah tropis kyk kita.. rasanya kecil kemungkinan sih.. krn wall liner itu cepat naik temp nya (bedakan dgn coolant temp yg di dashboard)
Ada faktor lain jg yg mesti diperhatiin terkait km yg lumayan tinggi misal injektor tdk mengabut sempurna sehingga droplet nya besar2; atau injector bocor; atau liner sdh aus sehingga blowby besar dll.. dll..
![]()
Wah gile om nissan royal banget kasih mobil 1. Tp harganya berapaan? Kl mobil 1 asli di retail serem banget harganya, apa mungkin mobil super ya?Cikaboom wrote: Sat Oct 23, 2021 11:55 Tanya oli.
gan oli merk Mobil 1 bagus ngga ya?, soalnya oli NGO skrg udh ngga pke dri idemitsu lgi. Tpi udh ke pindah ke Mobil 1.
So far udh bbrapa thn belakangan ini livina L11 slalu pke NGO 5w-30 krna puas, dl sempet pke shell(spek sama 5w-30) ngga enak bgt buat high rpm mesin brasa lbh berisik. Ps balik pke NGO, lumayan alus buat high rpm.
Ohya mngkin jga om mobil supererwinign wrote: Sat Oct 23, 2021 14:13Wah gile om nissan royal banget kasih mobil 1. Tp harganya berapaan? Kl mobil 1 asli di retail serem banget harganya, apa mungkin mobil super ya?Cikaboom wrote: Sat Oct 23, 2021 11:55 Tanya oli.
gan oli merk Mobil 1 bagus ngga ya?, soalnya oli NGO skrg udh ngga pke dri idemitsu lgi. Tpi udh ke pindah ke Mobil 1.
So far udh bbrapa thn belakangan ini livina L11 slalu pke NGO 5w-30 krna puas, dl sempet pke shell(spek sama 5w-30) ngga enak bgt buat high rpm mesin brasa lbh berisik. Ps balik pke NGO, lumayan alus buat high rpm.
ExxMob kan udah jalanin pabrik ex Federalerwinign wrote:Wah gile om nissan royal banget kasih mobil 1. Tp harganya berapaan? Kl mobil 1 asli di retail serem banget harganya, apa mungkin mobil super ya?Cikaboom wrote: Sat Oct 23, 2021 11:55 Tanya oli.
gan oli merk Mobil 1 bagus ngga ya?, soalnya oli NGO skrg udh ngga pke dri idemitsu lgi. Tpi udh ke pindah ke Mobil 1.
So far udh bbrapa thn belakangan ini livina L11 slalu pke NGO 5w-30 krna puas, dl sempet pke shell(spek sama 5w-30) ngga enak bgt buat high rpm mesin brasa lbh berisik. Ps balik pke NGO, lumayan alus buat high rpm.
Cikaboom wrote: Sat Oct 23, 2021 16:02
Ohya mngkin jga om mobil super, modelan botol nya sih kya bgni gan.
03316B63-B049-4D91-899A-705E6B465E2B.png
w30 masih ok, omyogaecho wrote: Mon Oct 25, 2021 11:55 Malam om2 semua,
Mohon petunjuk nya minimal pake oli SAE berapa ya ini? Di manual book nya di rekomendasikan sae 20W-50. Gak kebayang berat tarikannya nanti [emoji28]
Rencana mau ganti di 5k/6bln selanjutnya pakai SAE oli yg blh dipake minimal. Btw, mobil nya proton persona.
Makasih om2 semua [emoji16][emoji120]
Okee om klo aman di buntut w30, tinggal cari oli 5w30 yg lagi diskon aja pas mau drain [emoji1787]Suryaputra wrote:w30 masih ok, omyogaecho wrote: Mon Oct 25, 2021 11:55 Malam om2 semua,
Mohon petunjuk nya minimal pake oli SAE berapa ya ini? Di manual book nya di rekomendasikan sae 20W-50. Gak kebayang berat tarikannya nanti [emoji28]
Rencana mau ganti di 5k/6bln selanjutnya pakai SAE oli yg blh dipake minimal. Btw, mobil nya proton persona.
Makasih om2 semua [emoji16][emoji120]
Dgn ambience temp yg ada di indo (sesuai kebutuhan mesin tsb).
0w30
5w30
10w30
Should be No issue.
Yg ptg tuh radiator + fan sehat,
dan biasakan selalu drain max 2 thn sekali
Itu mksd saya drain air radiator yaayogaecho wrote: Mon Oct 25, 2021 14:05Okee om klo aman di buntut w30, tinggal cari oli 5w30 yg lagi diskon aja pas mau drain [emoji1787]Suryaputra wrote:w30 masih ok, omyogaecho wrote: Mon Oct 25, 2021 11:55 Malam om2 semua,
Mohon petunjuk nya minimal pake oli SAE berapa ya ini? Di manual book nya di rekomendasikan sae 20W-50. Gak kebayang berat tarikannya nanti [emoji28]
Rencana mau ganti di 5k/6bln selanjutnya pakai SAE oli yg blh dipake minimal. Btw, mobil nya proton persona.
Makasih om2 semua [emoji16][emoji120]
Dgn ambience temp yg ada di indo (sesuai kebutuhan mesin tsb).
0w30
5w30
10w30
Should be No issue.
Yg ptg tuh radiator + fan sehat,
dan biasakan selalu drain max 2 thn sekali
Makasih [emoji120]
Turboman wrote: Tue Oct 26, 2021 5:26 0W20 D1 G2 murah nih
tapi kualitas & kinerja gak tahu juga ya
https://tokopedia.link/oVR9n4C3Ekb
Wah ngeri ini BA Q8 nyaranin drain oli mesin 2 tahun sekali.
Oli eco itu om. Hahahah.osbertc0ol wrote: Tue Oct 26, 2021 7:46 Murah nih aisin 0w20 cm 250k
Pake vocer si biru 60k sisa 190k
Ini bukan oli eko eko an kan ya?
dicatet platnya, biar nanti kalo dijual bisa dihindaribryanguppiez wrote: Tue Oct 26, 2021 11:51 aliran nya mantab ya![]()
ed59e8a4-b135-4769-a5ba-e368ed024490.jpg
wah hebat sekali sampai 2 tahun sekali ga kebayang isi daleman mesin nantinya spt apasintoni wrote: Tue Oct 26, 2021 5:58Wah ngeri ini BA Q8 nyaranin drain oli mesin 2 tahun sekali.
Ngeri banget ini aditifnya Q8 sampe bisa tahan 2 tahun mbah.
Setau ane cuma DGO yang bisa fill n forget mbah.
![]()