Btw.. Kemarin akhirnya bawa kiu eight 0W-20 ke Nasmoco dan cekokin ke 2ZR-FE tahun 2015.
Dari 5 tahun pake TMO 10W-40
1x pake Castrol Magnatec 5W-30
Kena racun mbah2 suhu tuk pindah ke buntut 20
Ga mau pake Engine Flush tapi SA nya tampak bingung seakan2 jarang orang yg gamau pake engine flush.
Sekalian flush CVTF pertama kali (6 tahun, 54.000 km) tapi tetep pake TMO, belum nemu CVTF yang sreg dari segi spek meet CVT FE dan sreg juga di dompet plus gampang nyarinya. Toh selama ini CVT nya pakai TMO fine fine aja rasanya.
Pake 2 galon, sekitar 950rb totalnya.
Hasilnya
- Cold start temp ke working temp jauuuuh lebih cepet daripada jaman pake TMO 10W-40

Cuma sekitar 2-3 menit jarum temperatur udah naik seperempat. Biasanya 10 menit baru seperempat tuh.
- Surprisingly mesin nggak jadi lebih kasar meski turunnya ke buntut 20, malah saya ngerasa lebih halus, dan sudah yakin bukan karena tersugesti setelah beli oli mahal

- Sesuai testi om2 yg udah pada pake buntut 20, bener2 toel gas dikit lgsg ngeloyor itu mobil. Bikin males balik ke buntut 30 apalagi 40.
- Fuel cons city driving yang tadinya ngedrop di 9.5km/l akhirnya bisa kembali pelan-pelan ke sekitar 10.5 km/l, dengan kondisi hari2 memang lg sangat macet dan tiap hari rutenya nanjak panjang. Rute tol pendek tadinya mentok 11 km/l, kemarin bisa 12.5km/l.
- Habis flush CVTF malah kadang waktu nanjak pelan2 entah knp RPM nya naik turun. Jd sedikit curiga kalo jumlah olinya kurang atau kelebihan. Sempet baca bahwa CVT Toyota cukup sensitif masalah kelebihan/kurang oli.
Next sepertinya masih akan tetep pake Q8 sampe Amsoil SS harganya turun gunung.
Oh ya, filter oli Altis ini kalo beli di Toyota ternyata mahal banget. 220 ribu. Pake yg part number 04152-YZZA1. Selama ini kalo search filter oli Altis nongolnya part number 90915-YZZE2. Sedangkan yg dipasang di mobil saya kemarin ternyata yg biasa dipake di Alphard. Cukup mengagetkan, tp ga masalah selama memang filtrasinya bakal lebih bagus
