Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
Klo yg kepala 5 om?
Btw itu ft 7000 TBN nya brp om?
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
Klo yg kepala 5 om?
Btw itu ft 7000 TBN nya brp om?
Kepala 5 sih cuma ada 8800 sama 8900 yang 22nya memang kategori sultan. Ft 7000 tbnnya 10, cukup bgt buat pemakaian 10rb. Dikelasnya ft7000 enak, walaupun 10w30 bersaing sama 5w30 lain.
inclusio wrote: Mon Oct 11, 2021 11:38
Selamat malam Om2 dan Suhu2, mau tanya untuk fortuner 2kd std 2015 VNT Odo ca. 44.000an bagusnya pake oli apa? Sekali penggantian berapa liter ya?
Dulu saya pake Mobil Delvac 1 5W 40 hingga ODO 150 rb km OK enak, ganti tiap 10 rb km. Penggantian 7 liter/ganti filter oli
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
Klo yg kepala 5 om?
Btw itu ft 7000 TBN nya brp om?
Kepala 5 sih cuma ada 8800 sama 8900 yang 22nya memang kategori sultan. Ft 7000 tbnnya 10, cukup bgt buat pemakaian 10rb. Dikelasnya ft7000 enak, walaupun 10w30 bersaing sama 5w30 lain.
Klo yg kepala 5 om?
Btw itu ft 7000 TBN nya brp om?
Kepala 5 sih cuma ada 8800 sama 8900 yang 22nya memang kategori sultan. Ft 7000 tbnnya 10, cukup bgt buat pemakaian 10rb. Dikelasnya ft7000 enak, walaupun 10w30 bersaing sama 5w30 lain.
inclusio wrote: Mon Oct 11, 2021 11:38
Selamat malam Om2 dan Suhu2, mau tanya untuk fortuner 2kd std 2015 VNT Odo ca. 44.000an bagusnya pake oli apa? Sekali penggantian berapa liter ya?
Kalau mau Q8 pilihannya ada:
Excel 5w40
T800 10W40
T800, walaupun semi synthetic olinya kuat. Cocok kalo suka pake biodiesel
inclusio wrote: Mon Oct 11, 2021 11:38
Selamat malam Om2 dan Suhu2, mau tanya untuk fortuner 2kd std 2015 VNT Odo ca. 44.000an bagusnya pake oli apa? Sekali penggantian berapa liter ya?
Kalau mau Q8 pilihannya ada:
Excel 5w40
T800 10W40
T800, walaupun semi synthetic olinya kuat. Cocok kalo suka pake biodiesel
Setuju, dulu saya pernah pake T800 cukup lama nih mungkin 7x ganti oli @ 10rb km. So far malah di mesin lebih enak dibanding Excel diesel 5w-40. Excel diesel itu di atas 7rb km suara mesin mulai kasar. Pernah jg pake Excel long life 5w-40, itu better dibanding excel diesel.
Masukin t800 yg kemasan literan dong Om. Selama ini repotnya kalo T800 beli jerigen pasti nyisa dan harus nyimpen lg
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
inclusio wrote: Mon Oct 11, 2021 11:38
Selamat malam Om2 dan Suhu2, mau tanya untuk fortuner 2kd std 2015 VNT Odo ca. 44.000an bagusnya pake oli apa? Sekali penggantian berapa liter ya?
Kalau mau Q8 pilihannya ada:
Excel 5w40
T800 10W40
T800, walaupun semi synthetic olinya kuat. Cocok kalo suka pake biodiesel
Setuju, dulu saya pernah pake T800 cukup lama nih mungkin 7x ganti oli @ 10rb km. So far malah di mesin lebih enak dibanding Excel diesel 5w-40. Excel diesel itu di atas 7rb km suara mesin mulai kasar. Pernah jg pake Excel long life 5w-40, itu better dibanding excel diesel.
Masukin t800 yg kemasan literan dong Om. Selama ini repotnya kalo T800 beli jerigen pasti nyisa dan harus nyimpen lg
Iya kalo t800 kelas heavy duty, excel biasa kalah enak kalo pake 10rb. Biasanya 7000-8000 an recommend ganti kalau pakainya biosolar. Dari sananya emang galonan sih paling kecil, malah biasanya drum/pail 20 liter.
sahabatq8 wrote: Mon Oct 11, 2021 23:14
Kalau mau Q8 pilihannya ada:
Excel 5w40
T800 10W40
T800, walaupun semi synthetic olinya kuat. Cocok kalo suka pake biodiesel
Setuju, dulu saya pernah pake T800 cukup lama nih mungkin 7x ganti oli @ 10rb km. So far malah di mesin lebih enak dibanding Excel diesel 5w-40. Excel diesel itu di atas 7rb km suara mesin mulai kasar. Pernah jg pake Excel long life 5w-40, itu better dibanding excel diesel.
Masukin t800 yg kemasan literan dong Om. Selama ini repotnya kalo T800 beli jerigen pasti nyisa dan harus nyimpen lg
Iya kalo t800 kelas heavy duty, excel biasa kalah enak kalo pake 10rb. Biasanya 7000-8000 an recommend ganti kalau pakainya biosolar. Dari sananya emang galonan sih paling kecil, malah biasanya drum/pail 20 liter.
Pakai dex + aditif pun sama aja excel diesel, 7rb udah mulai rame sih suara mesinnya
Excel long life V itu better malah untuk di 2KD
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
om q8, newbie mau nanya. kalo oli q8 macam ft7000, 8800, 8900 itu kan oli yang low saps yah. kalau saya baca baca oli low saps cocok buat mobil diesel yg udah pakai after treatment device macam DPF dsb dan minum solar yg low sulfur. nah kalau buat dipake di indo sini yang solarnya masih lumayan tinggi n mobilnya jarang yang udah ada DPFnya gitu kira2 masih tetep aman ga ya? atau q8 ada ngga ngeluarin produk di indo yang olinya spec sultan tapi spesifikasinya full saps gitu?
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
om q8, newbie mau nanya. kalo oli q8 macam ft7000, 8800, 8900 itu kan oli yang low saps yah. kalau saya baca baca oli low saps cocok buat mobil diesel yg udah pakai after treatment device macam DPF dsb dan minum solar yg low sulfur. nah kalau buat dipake di indo sini yang solarnya masih lumayan tinggi n mobilnya jarang yang udah ada DPFnya gitu kira2 masih tetep aman ga ya? atau q8 ada ngga ngeluarin produk di indo yang olinya spec sultan tapi spesifikasinya full saps gitu?
Yes, betul termasuk oli low sap. Oli low sap itu simply artinya formulasi oli tsb compatible sama dpf dll, tapi belum tentu oli itu gak tahan sama sulfur tinggi. Contohnya, 8800 walaupun low sap, hajar biosolar aja 10rb mah masih A nilainya. Untuk Seri formula truck ini kan sebenarnya oli HDEO jadi kekuatannya juga lebih durable dari yang PCMO. Jadi sebenernya gak perlu khawatir sih, yang penting rutin ganti oli pada saat waktunya dan sekalian ganti filter.
review singkat shell rimula R5E di panther ane, so far udah jalan 8rb performa masih enak, mesin masih halus. tidak terasa penurunan. bbm pake biosol + 2ehn. mau dicoba terus sampe 10rb atau kalo udah berasa penurunan.
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
om q8, newbie mau nanya. kalo oli q8 macam ft7000, 8800, 8900 itu kan oli yang low saps yah. kalau saya baca baca oli low saps cocok buat mobil diesel yg udah pakai after treatment device macam DPF dsb dan minum solar yg low sulfur. nah kalau buat dipake di indo sini yang solarnya masih lumayan tinggi n mobilnya jarang yang udah ada DPFnya gitu kira2 masih tetep aman ga ya? atau q8 ada ngga ngeluarin produk di indo yang olinya spec sultan tapi spesifikasinya full saps gitu?
Yes, betul termasuk oli low sap. Oli low sap itu simply artinya formulasi oli tsb compatible sama dpf dll, tapi belum tentu oli itu gak tahan sama sulfur tinggi. Contohnya, 8800 walaupun low sap, hajar biosolar aja 10rb mah masih A nilainya. Untuk Seri formula truck ini kan sebenarnya oli HDEO jadi kekuatannya juga lebih durable dari yang PCMO. Jadi sebenernya gak perlu khawatir sih, yang penting rutin ganti oli pada saat waktunya dan sekalian ganti filter.
noted om, makasih konfirmasinya. otw memantapkan diri beli ft 8800 buat ganti oli selanjutnya
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
om q8, newbie mau nanya. kalo oli q8 macam ft7000, 8800, 8900 itu kan oli yang low saps yah. kalau saya baca baca oli low saps cocok buat mobil diesel yg udah pakai after treatment device macam DPF dsb dan minum solar yg low sulfur. nah kalau buat dipake di indo sini yang solarnya masih lumayan tinggi n mobilnya jarang yang udah ada DPFnya gitu kira2 masih tetep aman ga ya? atau q8 ada ngga ngeluarin produk di indo yang olinya spec sultan tapi spesifikasinya full saps gitu?
Skrg sulfur biosolar ga sejelek itu om, sekarang kualitas biosolar sudah bagus.
inclusio wrote: Mon Oct 11, 2021 11:38
Selamat malam Om2 dan Suhu2, mau tanya untuk fortuner 2kd std 2015 VNT Odo ca. 44.000an bagusnya pake oli apa? Sekali penggantian berapa liter ya?
Kalau mau Q8 pilihannya ada:
Excel 5w40
T800 10W40
T800, walaupun semi synthetic olinya kuat. Cocok kalo suka pake biodiesel
Suhu kalo mau beli T800 kan cuma tersedia dalam ukuran galon 5 Liter, otomatis beli 2 galon jadi total 10 Liter. Sisa oli sekitar 3.5 Liter yang tidak terpakai apakah bisa disimpan sampe 10-12 bulan kedepan dengan kondisi segel sudah terbuka?
inclusio wrote: Mon Oct 11, 2021 11:38
Selamat malam Om2 dan Suhu2, mau tanya untuk fortuner 2kd std 2015 VNT Odo ca. 44.000an bagusnya pake oli apa? Sekali penggantian berapa liter ya?
Kalau mau Q8 pilihannya ada:
Excel 5w40
T800 10W40
T800, walaupun semi synthetic olinya kuat. Cocok kalo suka pake biodiesel
Suhu kalo mau beli T800 kan cuma tersedia dalam ukuran galon 5 Liter, otomatis beli 2 galon jadi total 10 Liter. Sisa oli sekitar 3.5 Liter yang tidak terpakai apakah bisa disimpan sampe 10-12 bulan kedepan dengan kondisi segel sudah terbuka?
Bisa yang penting tutup yang kenceng, dan jangan kejemur/kena panas.
Dari, Q8 Best/price to performance Q8 FT 7000 10W30. Fully synthetic, pake 10rb biosolar masih ok. Kabarnya di tokoijo ada yang jual 100rb an per liter
om q8, newbie mau nanya. kalo oli q8 macam ft7000, 8800, 8900 itu kan oli yang low saps yah. kalau saya baca baca oli low saps cocok buat mobil diesel yg udah pakai after treatment device macam DPF dsb dan minum solar yg low sulfur. nah kalau buat dipake di indo sini yang solarnya masih lumayan tinggi n mobilnya jarang yang udah ada DPFnya gitu kira2 masih tetep aman ga ya? atau q8 ada ngga ngeluarin produk di indo yang olinya spec sultan tapi spesifikasinya full saps gitu?
Skrg sulfur biosolar ga sejelek itu om, sekarang kualitas biosolar sudah bagus.
iya om, saya liat warnanya sudah kuning bening, cuma pas ngisi busanya banyak, beda jauh kalo sama dex.
Om @sahabatq8 mau tanya antara 8800 dan 8900 yg kuat antiwearnya yg mana ya? Buat 2GD yg sering pedal to carpet. Klo intip pds, 8800 bisa lebih longdrain yah? Thanks om
jnkr wrote: Tue Oct 12, 2021 13:24
Om @sahabatq8 mau tanya antara 8800 dan 8900 yg kuat antiwearnya yg mana ya? Buat 2GD yg sering pedal to carpet. Klo intip pds, 8800 bisa lebih longdrain yah? Thanks om
Kurang lebih sama sih untuk antiwear, base oil juga samaa. 8800 sama 8900 perbedaan utamanya di packaging (8800 ada literan) dan kadar calcium. 8900 kadar calciumnya lebih rendah sedikit. Ane belom pernah bandingin side by side sih di mobil yang sama, tapi dua duanya ok buat driving style gaspol.
Betul, 8800 tbnnya lebih tinggi jadi kalau pakainya agak lama mulai berasa lebih unggul dibandingkan 8900. Untuk mobil yang gak perlu api service ck4 sih ane recommend yang 8800 aja, belinya bisa sesuai kebutuhan. Tapi intinya 22nya ok banget.
Saya baru ngambil fortuner diesel matic dan rencananya mau jalan jauh, mungkin sekitar 4000 km.
Pertanyaannya :
1. Apakah saya perlu mengganti oli bawaan dealer dengan oli yang bagusan dikit? Atau setelah perjalanan jauh itu baru saya ganti oli?
2. Untuk kendaraan baru, belum mencapai 1000km dan akan digunakan jarak jauh dengan waktu pemakaian per hari sekitar 12 jam (selama 3 hari), amankah memakai oli dengan buntut 30?
3. Mungkin ada yg punya pengalaman, saat pertama kali service (1000 km) di beres, bolehkah kita minta olinya untuk diganti (oli bawa sendiri)? Karena biasanya kan saat service pertama tidak ada penggantian apapun.