
Hari ini ane mau ngomongin salah satu sedan premium, kepunyaan om ane dulu.
Nah biasanya kalo bahas sedan premium, ga lepas dari duo jerman Mercedes dan BMW.
Tapi Jepang ga kalah oke


Mobil itu adalah... Toyota Cressida tipe glxi

Toyota Cressida adalah generasi kelima dari model Mark II (X70), yang diproduksi dari tahun 1985-1988.
Saat itu, Cressida menjadi mobil paling mewah Toyota di Indonesia

Otomatis Cressida berada di bawah Crown dan di atas Corona.
Nah, alasan Cressida dimasukkan ke Indonesia adalah karena harga Toyota Crown saat itu kelewat mahal.
Walaupun berada di bawah Crown, namun Toyota tidak tanggung-tanggung dalam memberikan fitur dan juga kemewahan.
Eksterior
Desain dari Cressida khas mobil jadul, simple dan mengotak. Namun, mobil ini tetap terlihat mewah.
Sepanjang mata memandang, hampir setiap part seperti lampu dan grill juga berbentuk kotak.
Nah, kalo kita perhatiin nih, Cressida punya chrome buanyak.
Ada di bumper depan, side body moulding, window line, sampe di bagasi juga ada Chrome. Beuh beuh

Sebagai mobil yang lahir di era 80-an, bumpernya sudah berbahan plastik.
Di bagian grill nih, ga ada logo triple elipse khas Toyota yang nempel di mobil jaman sekarang.
Yang ada emblem tulisan 'TOYOTA' dan logo dari Cressida nya sendiri.
Logonya itu seperti tombak dan bintang, karena nama 'Cressida' berasal dari salah satu tokoh Trojan War karya William Shakespeare.
Oke lanjut bagian interior
Dari luar, kayaknya Cressida ini nyaman dan enak buat disetir.
Itu semua kebukti pas lihat kabinnya.
Mulai dari jok nya yang mirip seperti sofa, bahan beludru,soft touch, dan.. warnanya merah maroon! feels like home

Pokoknya cocok buat agan yang nyari mobil mevvah, kapan lagi ada sofa di dalem mobil

Ga kalah mewah pokoknya kalo dibandingin sama duo Jerman

Nah buat penumpang belakang, ga perlu khawatir soal ruang kaki dan ruang kepala, dua duanya luas!
Karena mobil ini termasuk sebagai midsize sedan, jadi ga heran kalo ruang kaki buat penumpang belakang termasuk lega.
Joknya nyaman, empuk banget nget nget, siap-siap bawa bantal leher deh kalo duduk di baris kedua

Enak disetir, enak pula jadi penumpang di Cressida ini.
Mesin
Mesin dari Cressida adalah mesin 1G-E 2.0L 6 silinder SOHC, tenaga maksimalnya 107 HP di 5.000 RPM dan torsi 162 N.m di 4.400 RPM (ngintip data dari https://mobilman.id/

Penyakit
Karena Cressida tidaklah muda lagi uhuk uhuk


Banyak juga pengguna Cressida yang mengeluhkan biaya spare part, katanya rada mehong.. tapi buat mobil mewah 80-an kayaknya ga jadi masalah ya

Oh, keluhan lainnya katanya Cressida agak sedikit boros. Wajar.. bodynya seksi eh bongsor, tapi yang narik mesin 2000cc.. jadi siap siap keluar fulus buat spare parts dan bensin

Harga
Waini part paling ditunggu-tunggu

Sejujurnya, harga Cressida agak gelap. Kalo kondisinya cakep, bisa seharga apansa bekas. Tapi kalo seadanya, di marketplace online nih, start dari 20 jutaan sampe 60 jutaan.
Tapi beneran, harga tergantung kondisi mobil. Jadi happy hunting deh buat nemuin calon pac.. calon Cressida kesayangan, kalo unit sehat, hati juga sehat!

Sekain dulu dari saya, monggo kalo temen-temen mau sharing pengalaman punya Cressida atau mau koreksi di atas..
Terengkyu, have a nice day!

