Itu tiga tiganya model kepala bisa di ganti ganti ya mbah?marmut wrote: ↑Thu Sep 23, 2021 10:59
jelas banyak...
dan nggak mungkin cukup 1, minimal 2. buat gambaran saja, saya punya 3 dengan spek sbb :
4-20 nm
penjelasan mudahnya, untuk mur baut kecil ukuran kunci 8mm s/d 12mm.
sering saya pake buat baut coil on plug (10mm), mur tutup klep, mur/baut TB (dari 8mm sampe 12mm), kepala aki.
10-50 nm
ini paling sering buat ngencengin busi, drain plug, mur/baut intake manifold, filter oli spin on, oil filter cap, mur link stabilizer, mur tengah shock, mur/baut karet support.
25-130 nm
biasa buat lug nut, dan seputaran suspensi. kalo sering overhaul mesin ya pasti kepake buat baut puli kruk as.
nanti tinggal disesuaikan aja paling sering bongkar di bagian mana? tinggal dicari rentang torsi yang pas dan berapa dananya...
Keren sih wkwk
Biasa diy sih cuma ganti oli, tune up ringan (ganti busi, bersih² tb gitu mbah) dulu pernah bongkar intake manifold sama ganti seal valve cover
Paling kotor dulu ganti karet tie rod, bongkar shock depan belakang, sama belajar press bushing sendiri mbah (ini sumpah kesal saya)
Budget masih nabung ini mbah
Mantab kali mbah coveragenya wkwkyanuarra wrote: ↑Thu Sep 23, 2021 11:21
Yg itu stw nyebutnya elektromekanik.. jd akurasi khas tw digital dipadukan dgn kekhasan stw mekanikal..
nyetting spti digital.. tp "rasa"nya masih spti tw mekanik... Jd pas smpe target torsi, dia bunyi bletak.. Bgtu mbah
Istimiwirnya jenis yg ini, akurasinya +-1% sahaja
Klo yg bunyi titit-titit doang ane ga bgtu suka
Yg ane punya s/d skrg cuma 2 biji doang:
1. Wera a5. 2,5 - 25 Nm. Spring type. Pilih ini krn range torsinya mnurut ane bagus.
2. Stahlwille 730D/20. 20 - 200 Nm. Split beam type. Pilih ini krn bisa ngencengin busi
Jd coverage ane di 2,5 - 200 Nm. Good enough
Lho kok keren, gabungan antara digital dan mekanikal
Best of both world ya mbah
Kalo spring saya pernah denger itu (kayaknya cukup umum)
Kalo split beam gimana mbah kerjanya?
Wkwk
OalahhhDOHC wrote: ↑Thu Sep 23, 2021 13:42
nahh sama ama lancer 4g9x
ngatur idle nya jg pake potensiometer deket sebelah kiri firewall
ama satu lagi, belom mivec, jd karakter mesin bener2 tergantung stelan klep nya, termasuk boros irit nya
gini lah enak nya mesin jadul tapi stengah modern
kapan2 pengen punya lagi jadinya, nanti deh kl hunting iseng ketemu yg cakep
Kalo galant di tbnya ada baut yg bisa d puter pake obeng +
Nganu mbah 6a13 udah pake hla mbah
Jadi gak perlu setel klep lagi (katanya sih)
Besok cari lah mbahh
Lancer ck gitu mbah cakeppp
Dulu pernah ketemu di jalan lancer ck kuning bodykit full evo iv (gak tau drivetrainnya masih lancer atau udah awd+turbo), masih mulus, kayaknya cat baru...