iya emang mirip2 tuh bertiga. contact cleaner paling cepet nguap, abis itu maf cleaner, terakhir paling agak tahan lama brake cleaner meski ga lama2 juga.kunaskun wrote: Thu Sep 16, 2021 13:23lupa pernah baca dimana, MAF / MAP Sensor cleaner itu isinya mirip Contact Cleaner karena cleaner yg tidak menyisakan residue, ga kaya carburateur atau brake cleaner yg biasanya ada residue solvent. tapi ada yg bilang lagi tetep jangan pake contact cleaner karena contact cleaner itu kan pake gas CO yg menyisakan kelembaban karena dingin banget. malah ada yg komen lagi: jangan dikutak katik, kecuali umurnya sudah panjang banget dan punya akses ke service manual buat cek MAF/MAP status yg biasanya njelimet karena mainannya micro volt juga ada faktor suhu, oksigen, bla2.. yg intinya kalau kata mekanik asem reges, ganti aja mbahOmnibus wrote: Thu Sep 16, 2021 12:41 yg merk wd40 tidak keras. favorite saya ini.
tp kl utk map sensor mending pakai crc maf sensor cleaner. semua sensor mending pake ini secara sensor kan mahal kl sampai rusak. jd pakai yg sesuai.![]()
kelembaban itu bisa terjadi kl ga ditiup angin kompresor mbah. kl ditiup pelaan aja biasanya ga ngembun, atau embunnya juga kebawa sm tiupan angin. kl lembab dikit2 ga akan jd problem kok, sebab bayangin kl mobil cold start di winter itu sensor juga bakal basah kena udara yg masuk air filter duct. emang udah didesain bisa handle some moisture.