Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Sat Sep 11, 2021 8:31
hmmmhhh rasanya waktu itu ada yg nanya kaleng hitam itu apa isinya. nah dibuka deh kita intip krn kok bersih bgt yak. isinya flywheel (atau ring gear whatever u wanna call it).
IMG_20210911_151450~2.jpg
cek crankshaft rear main seal. and it's ...... bone dry. tdk ada setetes pun rembes dr situ pdhl sy sdh kuatir krn pandemi mobil banyak diam biasanya rentan rembes. so far amsowell belum mengecewakan.
yg dikasih panah, itu depannya rear main seal
IMG_20210911_151953~2.jpg
IMG_20210911_152013~3.jpg
Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebol
Anehnya justru banyak (walaupun jg ga banyak2 amat, mengingat jumlah produksi lio, brio lcgc jg berjibun) di lio, brio
kenapa gitu ya mbah pdhl kan mesinnya sama apalagi lio.
nah emang kuat kl pemakaian normal mbah. kl mobil sitting kan lebih rentan mbah. meskipun sitting nya bukan kaya ditinggal pergi ke LN bertahun2 sih. wiw kl itu sih amsiong.
nahh itu kita orang jg kurang faham mbah
wong girbok cvt lio ama hrv aj dibedain... mungkin sil sil an jg dibedain kl
mobil sitting rentan rembes itu bukannya kl kes kelebihan ngisi oli yah mbah... kan (umumnya) kl oil diisi sesuai level di dipstik, maka ga akan ampe kena selevel ama sil kruk as... kl gt ya aman donk harusnya walaupun mobilnya sitting doank
Kl GK5, HRv kayanya jarang denger mbah kes rear main sil jebol
Anehnya justru banyak (walaupun jg ga banyak2 amat, mengingat jumlah produksi lio, brio lcgc jg berjibun) di lio, brio
kenapa gitu ya mbah pdhl kan mesinnya sama apalagi lio.
nah emang kuat kl pemakaian normal mbah. kl mobil sitting kan lebih rentan mbah. meskipun sitting nya bukan kaya ditinggal pergi ke LN bertahun2 sih. wiw kl itu sih amsiong.
nahh itu kita orang jg kurang faham mbah
wong girbok cvt lio ama hrv aj dibedain... mungkin sil sil an jg dibedain kl
mobil sitting rentan rembes itu bukannya kl kes kelebihan ngisi oli yah mbah... kan (umumnya) kl oil diisi sesuai level di dipstik, maka ga akan ampe kena selevel ama sil kruk as... kl gt ya aman donk harusnya walaupun mobilnya sitting doank
hmm betul2 nyunat kl sampe sil aja dibedain yak .... sadizzz
maksud ik bukan pas sittingnya rembes, cuma pas sitting si seal deformasi. ketika mesin dipake lagi baru keluar olinya dr bagian yg deformasi itu. bisa deformasi ngga kl sitting? nah kl ik terusin ntar sotoy mbah hahahaha
maksud ik bukan pas sittingnya rembes, cuma pas sitting si seal deformasi. ketika mesin dipake lagi baru keluar olinya dr bagian yg deformasi itu. bisa deformasi ngga kl sitting? nah kl ik terusin ntar sotoy mbah hahahaha
muda2an sehh kaga ya mbah
kta orang ga perna mobil sitting lama sehh, rata2 jd kuda perang smua ngukur jalan
tp kita orang punya tetangga (tetangga sendiri, bukan temen tetangga, dan beneran tetangga, bukan ngaku2 temennya tetangga, apalagi temennya temen tetangga , atau satpam nya temen tetangga punya temen) ortu nya itu punya mersi w204 PFL beli dari baru tangan pertama , ampe ari ini cuman buat mobil kondangan doank.. odo aj trakir ktemu sblom kovit (dan muda2an sblom jadi almarhum gara2 kovit) , kita orang liat baru goban pas.. itu hebatnya ga rembes2an sgala mbah.. serpis cuman rutin gantol doank katanya tiap setaon skali
Profith83 wrote: Sun Sep 12, 2021 0:26
Soalnya berat di depan semua yah.
Tapi kebanyakan lift mobil sama di 4 titik tersebut yah.
Misal Innova juga di titik antara roda depan dan belakang.
Kalau dipikir lagi beratnya mobil/mesin innova berada di luar 4 titik tumpu yah... hmmm
Apakah karena diimbangi gardan di belalang? Tapi carry juga pakai gardan, juga ada chasis.
Dipikir pikir jadi ngeri
kl pake lift memang ngeri mbah. di yutup car wizard juga pas dia nyopot prop shaft + transmisi n gardan (transmisinya di belakang jd 1 sama gardan) itu di bawah crossmember depan ditahan sama support. hehehe
Profith83 wrote: Sun Sep 12, 2021 0:26
Soalnya berat di depan semua yah.
Tapi kebanyakan lift mobil sama di 4 titik tersebut yah.
Misal Innova juga di titik antara roda depan dan belakang.
Kalau dipikir lagi beratnya mobil/mesin innova berada di luar 4 titik tumpu yah... hmmm
Apakah karena diimbangi gardan di belalang? Tapi carry juga pakai gardan, juga ada chasis.
Dipikir pikir jadi ngeri
inofa (dan mobil2 casis minibus berhidung di endonesia) umumnya bagian blakang jg berat mbah krn kan body mobil nya lebi banyak di bagian blakang
jadi biarpun depan ada mesin, tp tetep bagian blakang jg ga kalah berat krn ada faktor bobot body yg lebi dominan di blakang
apalagi sekelas inofa ribon yg ud kaya igun ... ampun2 itu berat nya tu body
marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 5:09
itu ringnya kerucut kan mbah? menurut analisa sotoy saya, nanti pas dikencengin sesuai torsi, sisi ngerucut itu bakal kegencet dan nutup gap yang sekarang.
Sdh mbah...krn gapnya terlalu besar jadi ngga fit masuk di lubang drain.
Efeknya miring dan waktu dikencangkan ama si JTC1201 malah jadi amburadul alias penyet sebelah dan buat gap.
marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 5:09
itu ringnya kerucut kan mbah? menurut analisa sotoy saya, nanti pas dikencengin sesuai torsi, sisi ngerucut itu bakal kegencet dan nutup gap yang sekarang.
Sdh mbah...krn gapnya terlalu besar jadi ngga fit masuk di lubang drain.
Efeknya miring dan waktu dikencangkan ama si JTC1201 malah jadi amburadul alias penyet sebelah dan buat gap.
kl gt ganti aj ring washer nya mbah
kita orang jg gt waktu tempo ari ganti ATF inofa ribon sendiri (bukan ribon temen apalagi ribon nya temen tetangga punya temen)
ring washer bawaan oblak bener , ga ngeplak
akhirnya kita orang ganti pake ring yg lobang nya lebi kecil sikit, dari bahan tembaga, beli sendiri seprapat ons di glodog
marmut wrote: Sat Sep 11, 2021 5:09
itu ringnya kerucut kan mbah? menurut analisa sotoy saya, nanti pas dikencengin sesuai torsi, sisi ngerucut itu bakal kegencet dan nutup gap yang sekarang.
Sdh mbah...krn gapnya terlalu besar jadi ngga fit masuk di lubang drain.
Efeknya miring dan waktu dikencangkan ama si JTC1201 malah jadi amburadul alias penyet sebelah dan buat gap.
kl gt ganti aj ring washer nya mbah
kita orang jg gt waktu tempo ari ganti ATF inofa ribon sendiri (bukan ribon temen apalagi ribon nya temen tetangga punya temen)
ring washer bawaan oblak bener , ga ngeplak
akhirnya kita orang ganti pake ring yg lobang nya lebi kecil sikit, dari bahan tembaga, beli sendiri seprapat ons di glodog
Asiapppp mbah rektor...
Ke toko baut dulu bawa bautnya u beli ring washernya.
Tembaga awet sich bisa beberapa kali pakai maks 2-3x tp torsi ngencengin jd ditambah dikit ya mbah rektor biar rapet krn bahan tembaga pasti lbh tebel dan lbh keras dari bawaan yg alumunium atau kuningan?
Engga bgtu mbah. Alatnya itu bantu buat buka tutupnya mbah.
Jd:
1. Lgsg posisiin alatnya. Fungsinya jepit batang.
2. Screw yg bagian atas alat itu. Supaya neken tutup td kebawah. Screw terus smpe keliatan ring di dlm batang.
3. Locking ring/ ring stopper itu enggak lepas sendiri mbah. Musti dicongkel2. Kalo circlip itu kan ada bolongannya. Ini engga ada bolongannya.
4. Kalo ring itu lepas, otomatis pegasnya dlm kondisi bebas. Bahaya kalo tutup mencolot bisa kena mata. Nah karena kita pke itu alat yg msh nahan tutup, kita aman.
Beli onlain mbah ..
Iya mbah...kemaren liat yutubnya namanya treker Shock depan
Btw mbah dekan kemaren pasang AC jd divakuum ngga di istana barunya?
Kl iya bisa info tukang serpis ac nya?
Di daerah ane, kang serpis pada ngga pny mesin vacuum ac yg mestinya wajib sebagai SOP pemasangan unit ac baik baru atau bekas.
Bahkan teknisi Sharp resmi aja kagak pny pompa vacuum
Sdh mbah...krn gapnya terlalu besar jadi ngga fit masuk di lubang drain.
Efeknya miring dan waktu dikencangkan ama si JTC1201 malah jadi amburadul alias penyet sebelah dan buat gap.
kl gt ganti aj ring washer nya mbah
kita orang jg gt waktu tempo ari ganti ATF inofa ribon sendiri (bukan ribon temen apalagi ribon nya temen tetangga punya temen)
ring washer bawaan oblak bener , ga ngeplak
akhirnya kita orang ganti pake ring yg lobang nya lebi kecil sikit, dari bahan tembaga, beli sendiri seprapat ons di glodog
Asiapppp mbah rektor...
Ke toko baut dulu bawa bautnya u beli ring washernya.
Tembaga awet sich bisa beberapa kali pakai maks 2-3x tp torsi ngencengin jd ditambah dikit ya mbah rektor biar rapet krn bahan tembaga pasti lbh tebel dan lbh keras dari bawaan yg alumunium atau kuningan?
kl yg kta orang dikasi tau ama tukang bubut ama hasil gugel2 ya (bukan ilmu sendiri, tapi ilmu temen dan mungkin temennya temen jg bsa)
justru paling keras itu bahan nya dr besi/ baja -> kuningan / brass -> nahh tembaga ama aluminium kira2 mirip2
cumannnnn ,
aluminium lebi "kaku" thd heat, jd dia either stay or cracked
beda ama copper
dia lebi "lunak" thd heat, jd kena panas dia meregang, tp pas dingin keras lg.. lebi fleksibel dan lebi tahan bocor jadi nya
soal tork
bener, tembaga wajip perlu tork sikittttt lebi gede drpd aluminium atau besi
tapi kita orang anggap sama aj
# hal ini perlu d konfirmasi lagi nehh ama anak2 teknik mesin d marih, kita orang cuman kenek nyambi maling d parkiran musatek soalnya #colek mbah masas , josomba, dan smua anak2 teknik silent reader d marih
mesin diesel kan hrs diganti gasket washer injectornya tiap 40k km. itu ring washer mirip kaya ring washer busi, bedanya ga nyangkut di ulir jd kl injector dicabut si ring washer ketinggalan di dalam lubang injector dlm mesin. bahannya copper jd ga bisa pake stick magnet diangkatnya. ada yg jual alatnya, merk nganu start with J n end with C, 3 huruf. harganya 600an ribu. dipake sekali2 doang rugi amat.
ada ide ngga pake apa ya ngakalinnya? tp jgn sampai jatuh ke dlm lubang dan ga bisa diambil lagi. kl kejadian dijamin melata kl kata mbah garasi 69.
Waktu itu saya sekolah, guru saya bilang dan saya perhatikan, itu kenapa yang ditorsi bautnya bukan mur nya.
Setelah kemarin buka baut dan mur shock bawah, saya tahu jawabannya.
Mur nya ternyata ada 4 bagian menonjol. Itulah mengapa yang diputar bautnya.
Tapi kemarin saya waktu pasang balik mur lupa perhatikan apakah yang nonjol itu saya balikan ke posisi semula(yang nonjol nempel di body yang ada bekas cekungannya)
Profith83 wrote: Sun Sep 12, 2021 12:31
Om Omnibus,
Waktu itu saya sekolah, guru saya bilang dan saya perhatikan, itu kenapa yang ditorsi bautnya bukan mur nya.
Setelah kemarin buka baut dan mur shock bawah, saya tahu jawabannya.
Mur nya ternyata ada 4 bagian menonjol. Itulah mengapa yang diputar bautnya.
Tapi kemarin saya waktu pasang balik mur lupa perhatikan apakah yang nonjol itu saya balikan ke posisi semula(yang nonjol nempel di body yang ada bekas cekungannya)
btw udah biasa mbah org kaya kita bongpas bongpas bongpas lagi cuma gara2 hati ga sreg apa tadi ada yg kelewat.
besok bongpas lagi aja, balikin tonjolan ke cekungan
anggap aja itu continuous improvement versi kita ...... kaizen neee ...... ganbatte kudasai! banzai! kampai!
mesin diesel kan hrs diganti gasket washer injectornya tiap 40k km. itu ring washer mirip kaya ring washer busi, bedanya ga nyangkut di ulir jd kl injector dicabut si ring washer ketinggalan di dalam lubang injector dlm mesin. bahannya copper jd ga bisa pake stick magnet diangkatnya. ada yg jual alatnya, merk nganu start with J n end with C, 3 huruf. harganya 600an ribu. dipake sekali2 doang rugi amat.
ada ide ngga pake apa ya ngakalinnya? tp jgn sampai jatuh ke dlm lubang dan ga bisa diambil lagi. kl kejadian dijamin melata kl kata mbah garasi 69.
kaya gini kamsudnya
kok saya kepikir bikin pinset panjang ya.... atau hook seperti pick tool tapi yang panjang.
dan merk itu saya perhatiken mirip ikea. sebagian harganya bikin nyengir, sebagian lagi bikin ngakak.
Profith83 wrote: Sun Sep 12, 2021 12:31
Om Omnibus,
Waktu itu saya sekolah, guru saya bilang dan saya perhatikan, itu kenapa yang ditorsi bautnya bukan mur nya.
Setelah kemarin buka baut dan mur shock bawah, saya tahu jawabannya.
Mur nya ternyata ada 4 bagian menonjol. Itulah mengapa yang diputar bautnya.
Tapi kemarin saya waktu pasang balik mur lupa perhatikan apakah yang nonjol itu saya balikan ke posisi semula(yang nonjol nempel di body yang ada bekas cekungannya)
btw udah biasa mbah org kaya kita bongpas bongpas bongpas lagi cuma gara2 hati ga sreg apa tadi ada yg kelewat.
besok bongpas lagi aja, balikin tonjolan ke cekungan
anggap aja itu continuous improvement versi kita ...... kaizen neee ...... ganbatte kudasai! banzai! kampai!
Itu kalau mur nya yang diputar ... hedeh ... kan seperti merusak tempat mur nempel di body.
Curiga saya tuh mur sempat berputar tetapi begitu mulai seret dia berputar benjol pas nempel cekungan jadi berhenti disitu murnya
BeRes saya tanya berapa torsi jawabnya anak sini gak pakai torsi sudah hapal kira kira
Tapi ada gak buku manualnya, ada pak di stall, bisa lihat? jawabannya melantur itu gak perlu paai torsi pak, yang penting keras saja.
Saya tanya ada jual bukunya, dijawab biasanya waktu pendidikan pak diberi bukunya.
Intinya tidak ada niat untuk melihatkan atau bantu customer.
Saya mau email ke pusat Astra Jakarta. Disebutnya buku apa itu mbah? Saya ingin tahu apa jawaban pusat
Customer apa boleh mendapatkan buku itu
marmut wrote: Sun Sep 12, 2021 13:08
kok saya kepikir bikin pinset panjang ya.... atau hook seperti pick tool tapi yang panjang.
dan merk itu saya perhatiken mirip ikea. sebagian harganya bikin nyengir, sebagian lagi bikin ngakak.
asem....
pikiran yg sama sm sy. malah sy udah ngebayangin pake pick pas udah tengah2 jatuh lagi ring nya. ulang lagi, jatuh lagi. ulang lagi, lagi2 jatuh. terus begitu sampe marah2 sendiri dan akhirnya beli dah tools itu. cuma ngebayangin aja udah ketawa2 sendiri
Profith83 wrote: Sun Sep 12, 2021 12:31
Om Omnibus,
Waktu itu saya sekolah, guru saya bilang dan saya perhatikan, itu kenapa yang ditorsi bautnya bukan mur nya.
Setelah kemarin buka baut dan mur shock bawah, saya tahu jawabannya.
Mur nya ternyata ada 4 bagian menonjol. Itulah mengapa yang diputar bautnya.
Tapi kemarin saya waktu pasang balik mur lupa perhatikan apakah yang nonjol itu saya balikan ke posisi semula(yang nonjol nempel di body yang ada bekas cekungannya)
btw udah biasa mbah org kaya kita bongpas bongpas bongpas lagi cuma gara2 hati ga sreg apa tadi ada yg kelewat.
besok bongpas lagi aja, balikin tonjolan ke cekungan
anggap aja itu continuous improvement versi kita ...... kaizen neee ...... ganbatte kudasai! banzai! kampai!
Itu kalau mur nya yang diputar ... hedeh ... kan seperti merusak tempat mur nempel di body.
Curiga saya tuh mur sempat berputar tetapi begitu mulai seret dia berputar benjol pas nempel cekungan jadi berhenti disitu murnya
BeRes saya tanya berapa torsi jawabnya anak sini gak pakai torsi sudah hapal kira kira
Tapi ada gak buku manualnya, ada pak di stall, bisa lihat? jawabannya melantur itu gak perlu paai torsi pak, yang penting keras saja.
Saya tanya ada jual bukunya, dijawab biasanya waktu pendidikan pak diberi bukunya.
Intinya tidak ada niat untuk melihatkan atau bantu customer.
Saya mau email ke pusat Astra Jakarta. Disebutnya buku apa itu mbah? Saya ingin tahu apa jawaban pusat
Customer apa boleh mendapatkan buku itu
keluar modal 175rb udah ga usah kontek2 kantor pusat segala. bikin pusing aja mbah .....
Beli CD Manualbook Service Innova Reborn 2GD Dan 1TR https://tokopedia.link/uITI2UaAujb di toko Toko Bengkel Rp175.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
marmut wrote: Sun Sep 12, 2021 13:08
kok saya kepikir bikin pinset panjang ya.... atau hook seperti pick tool tapi yang panjang.
dan merk itu saya perhatiken mirip ikea. sebagian harganya bikin nyengir, sebagian lagi bikin ngakak.
asem....
pikiran yg sama sm sy. malah sy udah ngebayangin pake pick pas udah tengah2 jatuh lagi ring nya. ulang lagi, jatuh lagi. ulang lagi, lagi2 jatuh. terus begitu sampe marah2 sendiri dan akhirnya beli dah tools itu. cuma ngebayangin aja udah ketawa2 sendiri
kalau buat sendiri dari kawat yang ujungnya dibuat lengkung seperti huruf U
Satunya lagi mobil huruf L. Pakai L dulu buat angkat, setelah itu cantolin yang huruf U
pikiran yg sama sm sy. malah sy udah ngebayangin pake pick pas udah tengah2 jatuh lagi ring nya. ulang lagi, jatuh lagi. ulang lagi, lagi2 jatuh. terus begitu sampe marah2 sendiri dan akhirnya beli dah tools itu. cuma ngebayangin aja udah ketawa2 sendiri
pake alat vakum kecil seperti dokter tht nyedot earwax juga bisa mbah...
jangan ketuker sama alat vakum ya....
marmut wrote: Sun Sep 12, 2021 13:08
kok saya kepikir bikin pinset panjang ya.... atau hook seperti pick tool tapi yang panjang.
dan merk itu saya perhatiken mirip ikea. sebagian harganya bikin nyengir, sebagian lagi bikin ngakak.
asem....
pikiran yg sama sm sy. malah sy udah ngebayangin pake pick pas udah tengah2 jatuh lagi ring nya. ulang lagi, jatuh lagi. ulang lagi, lagi2 jatuh. terus begitu sampe marah2 sendiri dan akhirnya beli dah tools itu. cuma ngebayangin aja udah ketawa2 sendiri
kl kita orang kepikir 2 tools malah mbah kl kes nya kaya gt
yg pertama pake pick tool
tp kl kurang panjang utk reach ke dalem lobang nya
bsa ke toko bangunan, atau kita orng biasanya sehh nyolong kawat jemuran kaku punya tetangga... nah ujungnya ditekuk
jadi dehhh pick tool long reach, enaknya lagi, ujungnya bsa kita custom sendiri gmana enak buat masupin ring tembaganya