klo menurut ane ini ada hubungannya dgn faktor outsource komponen. dan mungkin salah satu yang bikin bisa murah. development costnya ditekan seminimal mungkin.Or4cle wrote: Wed Aug 26, 2020 6:22 Kayaknya masalah transmisi selalu jadi weak point untuk mobil - mobil China.
Duet merk Korea pun saat ini masalahnya di sekitar transmisi mulu
krn komponen outsource jelas butuh waktu lebih buat maksimalin tuningnya. kebayang kalo pas uji prototype ada kendala atau yang ngga cocok spek hardware nya, mesti balik ke bosch atau aisin, minta dibikinin baru lagi. costly dan makan waktu. chinese people don't like wasting money for something that's not profitable.

kalopun mereka bener-bener melakukan tuning dan ngetes, biasanya dites sebatas apakah komponennya normal dan aman dalam waktu tertentu / tdk ada catastrophic failure.
untuk econobox priority nya bukan kualitas pengendaraan, rata-rata usernya jg tidak akan komplen kecuali rewel. jadi ya sdh dikasih yang begitu saja, nanti next product atau next gen baru disempurnakan.
jepangan mainnya lebih aman, doi stick di teknologi lama dl sampe teknologi barunya bener bener sempurna baru dipasarin. kesannya kuno, tapi giliran new tech nya sudah show up terkesan flawless : efisien, sekaligus kuat.
kadang jg bisa saja compromised saat tahap pre-delivery inspection atau production... di meja gambar sudah sempurna, sampe ke lapangan compromise nya ada aja. misal kekencengan baut atau spek oli yang berbeda dari yang direkomendasikan tp masih dalam batas tolerance...
atauuu waktu nguji kondisi traffic nya berbeda, ini jg kadang jadi soal... tim enjinir VW di eropa sono nggak akan kepikiran kalo DSG di jalanan laknat seperti endonesah tercinta ini tidak nyaman buat stop and go...
utk case di asia... rasanya justru si GM yang ngikutin maunya ling ling dkk... GM ngga pernah terlalu serius garap pasar asia.gobale wrote: Thu Aug 27, 2020 3:55 kenapa mobil cugkuo skrg kompakan pake 1.5T CVT ya ? ya link2, ya depesek, ya MG dan kawan2 lainnya....ora onok yg torque converter....padahal bagi si link2 lebih mudah ngambil basis 6T hydramaticnya GM dibanding CVT bosch....
dan utk sekarang rasanya lebih gampang nyari platform CVT daripada AT... udah jarang yang pake AT dan mahal... skrg rata-rata AT 6 speed biasa aja udah jarang, kbanyakan larinya uda 8 speed 9 speed 10 speed.
mungkin 6 AT skrg yang pake tinggal toyota dan mazda.