Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Zordon wrote: Mon Aug 30, 2021 2:51
Suryaputra wrote: Mon Aug 30, 2021 2:00
Zordon wrote: Mon Aug 30, 2021 1:33

Baru gantol dgn valvoline synpower 5w30 beli di jd.id utk mobil chevy trax 2017, impresi awal suara mesin lebih halus n tarikan lebih enteng, kalau di web gmdexos sudah spek dexos 1 gen 2 , tapi apakah yg blending singapore jg spek dexos
sertifikasi gak ngeliat made in mana.
tapi based on brand dan model apa :big_peace:
Mantab berarti sdh spek dexos1 gen 2 dgn harga yg terjangkau
mantap coba lihat tampak depan nya mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Zordon »

Suryaputra wrote: Mon Aug 30, 2021 3:10
Zordon wrote: Mon Aug 30, 2021 2:51
Suryaputra wrote: Mon Aug 30, 2021 2:00

sertifikasi gak ngeliat made in mana.
tapi based on brand dan model apa :big_peace:
Mantab berarti sdh spek dexos1 gen 2 dgn harga yg terjangkau
mantap coba lihat tampak depan nya mbah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

rakyatwkwkland wrote: Sun Aug 29, 2021 15:38 Punten suhu2 perlendiran semuanya...

Nubie baca2 di marih makin lama makin banyak baca bukannya makin faham... yg ada malah makin bingung dah... :big_blushing: :big_slap:

Mending langsung nanya to the point aja deh...

Jadi ceritanya di rumah ane ada xenia EJ-DE yg semenjak hadirnya ANE jadi jarang banget jalan, skrg setaon paling cuma nambah 2-3 rb km. Nah karena jarang jalan jadinya ganti oli tuh kebiasaan cuma tiap setahun sekali (padahal mah gak semua oli layak dihajar sampe setahun meski odo nambah dikit yak :big_slap: ). Makanya ane mau nanya sama suhu2 di marih kira2 oli BPJS apa ya yang kira2 cocok buat pemakaian km dikit tapi umur panjang begitu? Gak perlu yang advance2 sampe bikin mesin lebih responsif dll sih, goal nya yg penting enjin tetep sehat sentosa ajah... jadi bolot2 dikit jg gpp :big_slap:

Terakhir kali ganti oli di SnD dikasih tawar oli yg macam ini :
1(1).jpeg
Konon menurut orang SnD kerang yang satu ini msh lebih bagusan dan lebih mendingan buat dihajar sampe satu tahun begitu. Kebetulan waktu itu ada promo buy 1 get 1 free jg soalnya. Kira2 kalo make oli kerang yang satu itu msh cukup oke gak sih buat sampe 1 tahun gak ganti begini?

Mohon bimbingannya suhu2 semua... :big_blushing:
Oli generik sih susah ya sikat 1 tahun..

Kalau mau ya beli oli diesel yg comply SL aja, kayak PTT 10W30. harusnya bisa sih kalau maks 1 tahun kurang dikit.

Itu ada Gulf Tec TD 10W30 75rb/l di tokoijo.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1839
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by MSU »

rakyatwkwkland wrote: Sun Aug 29, 2021 15:38 Punten suhu2 perlendiran semuanya...

Nubie baca2 di marih makin lama makin banyak baca bukannya makin faham... yg ada malah makin bingung dah... :big_blushing: :big_slap:

Mending langsung nanya to the point aja deh...

Jadi ceritanya di rumah ane ada xenia EJ-DE yg semenjak hadirnya ANE jadi jarang banget jalan, skrg setaon paling cuma nambah 2-3 rb km. Nah karena jarang jalan jadinya ganti oli tuh kebiasaan cuma tiap setahun sekali (padahal mah gak semua oli layak dihajar sampe setahun meski odo nambah dikit yak :big_slap: ). Makanya ane mau nanya sama suhu2 di marih kira2 oli BPJS apa ya yang kira2 cocok buat pemakaian km dikit tapi umur panjang begitu? Gak perlu yang advance2 sampe bikin mesin lebih responsif dll sih, goal nya yg penting enjin tetep sehat sentosa ajah... jadi bolot2 dikit jg gpp :big_slap:

Terakhir kali ganti oli di SnD dikasih tawar oli yg macam ini :
1(1).jpeg
Konon menurut orang SnD kerang yang satu ini msh lebih bagusan dan lebih mendingan buat dihajar sampe satu tahun begitu. Kebetulan waktu itu ada promo buy 1 get 1 free jg soalnya. Kira2 kalo make oli kerang yang satu itu msh cukup oke gak sih buat sampe 1 tahun gak ganti begini?

Mohon bimbingannya suhu2 semua... :big_blushing:
untuk saya yang penting itu oli asli...harusnya setahun aman
di mobil tua saya jg cuma pakai hx6....4000km 2thn
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

rakyatwkwkland wrote: Sun Aug 29, 2021 15:38 Punten suhu2 perlendiran semuanya...

Nubie baca2 di marih makin lama makin banyak baca bukannya makin faham... yg ada malah makin bingung dah... :big_blushing: :big_slap:

Mending langsung nanya to the point aja deh...

Jadi ceritanya di rumah ane ada xenia EJ-DE yg semenjak hadirnya ANE jadi jarang banget jalan, skrg setaon paling cuma nambah 2-3 rb km. Nah karena jarang jalan jadinya ganti oli tuh kebiasaan cuma tiap setahun sekali (padahal mah gak semua oli layak dihajar sampe setahun meski odo nambah dikit yak :big_slap: ). Makanya ane mau nanya sama suhu2 di marih kira2 oli BPJS apa ya yang kira2 cocok buat pemakaian km dikit tapi umur panjang begitu? Gak perlu yang advance2 sampe bikin mesin lebih responsif dll sih, goal nya yg penting enjin tetep sehat sentosa ajah... jadi bolot2 dikit jg gpp :big_slap:

Terakhir kali ganti oli di SnD dikasih tawar oli yg macam ini :
1(1).jpeg
Konon menurut orang SnD kerang yang satu ini msh lebih bagusan dan lebih mendingan buat dihajar sampe satu tahun begitu. Kebetulan waktu itu ada promo buy 1 get 1 free jg soalnya. Kira2 kalo make oli kerang yang satu itu msh cukup oke gak sih buat sampe 1 tahun gak ganti begini?

Mohon bimbingannya suhu2 semua... :big_blushing:
buat xenia 1.0 ya? coret aja oli shop n drive,

ngejer longdrain ability ya, ada bbrp kandidat dari saya :

1. SGO diesel 5w30 Acea A5/B5
2. PTT 0w30

itu aja..
gaspol resing tim
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

Zordon wrote: Mon Aug 30, 2021 3:12
Suryaputra wrote: Mon Aug 30, 2021 3:10
Zordon wrote: Mon Aug 30, 2021 2:51

Mantab berarti sdh spek dexos1 gen 2 dgn harga yg terjangkau
mantap coba lihat tampak depan nya mbah
oh, ada 2 varian berarti

klo approved GM dexos 1, spt ini
https://www.valvoline.com/en-australia/ ... -oil-5w-30
blm tau masuk sini atau nggak yah?

imho, sertifikasi GM dexos ini lbh robust, terlepas dr biaya upeti tambahan :big_biglaugh:
karena standard minimal nya spt ini: https://www.cenex.com/about/cenex-infor ... ed-to-know
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by henbob »

Omnibus wrote: Thu Jun 24, 2021 5:57
henbob wrote: Thu Jun 24, 2021 5:38 nyomot di yutube
supra.jpg
lucas 5w50

kalo nyari 20w50 dimana lg ya om selain primaxp. hehehe. :mky_01:
Screenshot_20210624_125621_com.tokopedia.tkpd.jpg
maap baru bales, woke om abis stok oli dirmh abis gw nyoba hehehe.
josomba wrote: Thu Jun 24, 2021 5:58
henbob wrote: Thu Jun 24, 2021 5:38 nyomot di yutube
supra.jpg
lucas 5w50

kalo nyari 20w50 dimana lg ya om selain primaxp. hehehe. :mky_01:
Keknya motul multipower 20w50 masi suka kelihatan di beberapa bengkel um.

:ungg:
siyap bosku, nunggu stok oli dirmh abis. hehehe :ungg:

maklum nih ppkm, KM mobilnya jadinya ga banyak.. paling ke indomar ama alfa paling jauh beli sayur ama jalan2 dibsd aja :big_biglaugh:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

sintoni wrote: Mon Aug 30, 2021 3:13
rakyatwkwkland wrote: Sun Aug 29, 2021 15:38 Punten suhu2 perlendiran semuanya...

Nubie baca2 di marih makin lama makin banyak baca bukannya makin faham... yg ada malah makin bingung dah... :big_blushing: :big_slap:

Mending langsung nanya to the point aja deh...

Jadi ceritanya di rumah ane ada xenia EJ-DE yg semenjak hadirnya ANE jadi jarang banget jalan, skrg setaon paling cuma nambah 2-3 rb km. Nah karena jarang jalan jadinya ganti oli tuh kebiasaan cuma tiap setahun sekali (padahal mah gak semua oli layak dihajar sampe setahun meski odo nambah dikit yak :big_slap: ). Makanya ane mau nanya sama suhu2 di marih kira2 oli BPJS apa ya yang kira2 cocok buat pemakaian km dikit tapi umur panjang begitu? Gak perlu yang advance2 sampe bikin mesin lebih responsif dll sih, goal nya yg penting enjin tetep sehat sentosa ajah... jadi bolot2 dikit jg gpp :big_slap:

Terakhir kali ganti oli di SnD dikasih tawar oli yg macam ini :
1(1).jpeg
Konon menurut orang SnD kerang yang satu ini msh lebih bagusan dan lebih mendingan buat dihajar sampe satu tahun begitu. Kebetulan waktu itu ada promo buy 1 get 1 free jg soalnya. Kira2 kalo make oli kerang yang satu itu msh cukup oke gak sih buat sampe 1 tahun gak ganti begini?

Mohon bimbingannya suhu2 semua... :big_blushing:
Oli generik sih susah ya sikat 1 tahun..

Kalau mau ya beli oli diesel yg comply SL aja, kayak PTT 10W30. harusnya bisa sih kalau maks 1 tahun kurang dikit.

Itu ada Gulf Tec TD 10W30 75rb/l di tokoijo.
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 3:24
buat xenia 1.0 ya? coret aja oli shop n drive,

ngejer longdrain ability ya, ada bbrp kandidat dari saya :

1. SGO diesel 5w30 Acea A5/B5
2. PTT 0w30

itu aja..
Wah, malah pada nyaranin oli dijel ya oom? Mesin bensin dicekokin oli dijel gapapa kah oom?

Ngomong2 oli dijel begini, ane teringat masa ini mobil msh jadi daily beater dan rawatan beres, karena pilihan oli nya ada motul, kerang, dan prima xp dan bokap cinta ama motul malah dicekokin motul dari beres nya diehasut yang belakangan baru kita orang ketahui kalo itu ternyata motul buat dijel :big_slap:

Okayy oom, thanks advicenya, nanti bisa jadi referensi kalo pas ganti oli lagi. :big_deal:
MSU wrote: Mon Aug 30, 2021 3:14
untuk saya yang penting itu oli asli...harusnya setahun aman
di mobil tua saya jg cuma pakai hx6....4000km 2thn
Walah iki malah ajarannya lebih mantull lagi, hajar 2 tahun... :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Mantab kali lah si oom satu ini :big_biglaugh: :big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Omnibus »

rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 12:30
Walah iki malah ajarannya lebih mantull lagi, hajar 2 tahun... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
nih om buat sambil iseng. tp yg ditest itu full synthetic oil.

rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 12:30
sintoni wrote: Mon Aug 30, 2021 3:13
rakyatwkwkland wrote: Sun Aug 29, 2021 15:38 Punten suhu2 perlendiran semuanya...

Nubie baca2 di marih makin lama makin banyak baca bukannya makin faham... yg ada malah makin bingung dah... :big_blushing: :big_slap:

Mending langsung nanya to the point aja deh...

Jadi ceritanya di rumah ane ada xenia EJ-DE yg semenjak hadirnya ANE jadi jarang banget jalan, skrg setaon paling cuma nambah 2-3 rb km. Nah karena jarang jalan jadinya ganti oli tuh kebiasaan cuma tiap setahun sekali (padahal mah gak semua oli layak dihajar sampe setahun meski odo nambah dikit yak :big_slap: ). Makanya ane mau nanya sama suhu2 di marih kira2 oli BPJS apa ya yang kira2 cocok buat pemakaian km dikit tapi umur panjang begitu? Gak perlu yang advance2 sampe bikin mesin lebih responsif dll sih, goal nya yg penting enjin tetep sehat sentosa ajah... jadi bolot2 dikit jg gpp :big_slap:

Terakhir kali ganti oli di SnD dikasih tawar oli yg macam ini :
1(1).jpeg
Konon menurut orang SnD kerang yang satu ini msh lebih bagusan dan lebih mendingan buat dihajar sampe satu tahun begitu. Kebetulan waktu itu ada promo buy 1 get 1 free jg soalnya. Kira2 kalo make oli kerang yang satu itu msh cukup oke gak sih buat sampe 1 tahun gak ganti begini?

Mohon bimbingannya suhu2 semua... :big_blushing:
Oli generik sih susah ya sikat 1 tahun..

Kalau mau ya beli oli diesel yg comply SL aja, kayak PTT 10W30. harusnya bisa sih kalau maks 1 tahun kurang dikit.

Itu ada Gulf Tec TD 10W30 75rb/l di tokoijo.
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 3:24
buat xenia 1.0 ya? coret aja oli shop n drive,

ngejer longdrain ability ya, ada bbrp kandidat dari saya :

1. SGO diesel 5w30 Acea A5/B5
2. PTT 0w30

itu aja..
Wah, malah pada nyaranin oli dijel ya oom? Mesin bensin dicekokin oli dijel gapapa kah oom?

Ngomong2 oli dijel begini, ane teringat masa ini mobil msh jadi daily beater dan rawatan beres, karena pilihan oli nya ada motul, kerang, dan prima xp dan bokap cinta ama motul malah dicekokin motul dari beres nya diehasut yang belakangan baru kita orang ketahui kalo itu ternyata motul buat dijel :big_slap:

Okayy oom, thanks advicenya, nanti bisa jadi referensi kalo pas ganti oli lagi. :big_deal:
MSU wrote: Mon Aug 30, 2021 3:14
untuk saya yang penting itu oli asli...harusnya setahun aman
di mobil tua saya jg cuma pakai hx6....4000km 2thn
Walah iki malah ajarannya lebih mantull lagi, hajar 2 tahun... :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Mantab kali lah si oom satu ini :big_biglaugh: :big_weee:
kalo dibahas bisa panjang, yg penting viscositynya sesuai rekomendasi manual book...
gaspol resing tim
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

btw mau sharing,


saya bbrp hari belakangan ini abis keliling bbrp pusat mobkas, lagi iseng coba2 liat city car 100jtan... biasa saya cek mesin buka tutup oli buat ngintip kondisi jeroan didalem gimana...

yg menarik adalah, nemu 3 unit yaris bakpao ketiganya ini pas dibuka tutup olinya ampun item2 semua, ada 1 yg mendingan dia varnish kekuningan pekat aja paling.... setelah liat2 dari kesemua unit ini rawatan beres, mereka pake TMO 10w40 dihajar 10rb km... karena memang paket service dan rekomendasi nya begitu, ini yg bener ajalah toyota begini nge treat mobil? lack of knowledge atau emg sengaja for business purpose ya?

atas dasar apa ya mereka taro service per 10rb km dengan oli 10w40 ? ga murah loh, ditambah mereka matok harga di pilihan 5w30 dan 0w20 ini bisa 175-200rb / liternya.... udh ga sehat kyk gini
gaspol resing tim
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

Omnibus wrote: Mon Aug 30, 2021 12:52
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 12:30
Walah iki malah ajarannya lebih mantull lagi, hajar 2 tahun... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
nih om buat sambil iseng. tp yg ditest itu full synthetic oil.

Wuih mantab oom :big_exellent:

Artinya sebenernya 1 tahun dihajar kalo mubil jarang jalan pun tak masalah kan ya?

Itu kerang yang ane pake jg klaimnya full synthethic deh kalo gasalah oom. Jd sebenernya aman ga oom dihajar setahun begini?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:14
Omnibus wrote: Mon Aug 30, 2021 12:52
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 12:30
Walah iki malah ajarannya lebih mantull lagi, hajar 2 tahun... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
nih om buat sambil iseng. tp yg ditest itu full synthetic oil.

Wuih mantab oom :big_exellent:

Artinya sebenernya 1 tahun dihajar kalo mubil jarang jalan pun tak masalah kan ya?

Itu kerang yang ane pake jg klaimnya full synthethic deh kalo gasalah oom. Jd sebenernya aman ga oom dihajar setahun begini?
oli kerang yg mana nih om... shell helix ultra itu boleh dipake 12 bulan, selain itu, mending di ekspektasinya diturunin dulu biar ga kecewa...
gaspol resing tim
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:17
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:14
Omnibus wrote: Mon Aug 30, 2021 12:52

nih om buat sambil iseng. tp yg ditest itu full synthetic oil.

Wuih mantab oom :big_exellent:

Artinya sebenernya 1 tahun dihajar kalo mubil jarang jalan pun tak masalah kan ya?

Itu kerang yang ane pake jg klaimnya full synthethic deh kalo gasalah oom. Jd sebenernya aman ga oom dihajar setahun begini?
oli kerang yg mana nih om... shell helix ultra itu boleh dipake 12 bulan, selain itu, mending di ekspektasinya diturunin dulu biar ga kecewa...
Kerang yang 5W-30 astra kemaren itu ane post fotonya oom...

Coba ane post lagi deh
1(1).jpeg
Nah yang itu oom

Helix ultra juga cukup mumpuni setaun ya oom? Okedeh jg bisa masuk jadi kandidat kalo gitu nih. :big_smile]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:19
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:17
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:14

Wuih mantab oom :big_exellent:

Artinya sebenernya 1 tahun dihajar kalo mubil jarang jalan pun tak masalah kan ya?

Itu kerang yang ane pake jg klaimnya full synthethic deh kalo gasalah oom. Jd sebenernya aman ga oom dihajar setahun begini?
oli kerang yg mana nih om... shell helix ultra itu boleh dipake 12 bulan, selain itu, mending di ekspektasinya diturunin dulu biar ga kecewa...
Kerang yang 5W-30 astra kemaren itu ane post fotonya oom...

Coba ane post lagi deh
1(1).jpeg
Nah yang itu oom

Helix ultra juga cukup mumpuni setaun ya oom? Okedeh jg bisa masuk jadi kandidat kalo gitu nih. :big_smile]
oh kalo ini sih jangan dipaksa setaun deh... kecuali test lab dulu buat mastiin

perkara selisih 100-200rb aja ga sebanding sama risikonya...
gaspol resing tim
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:02
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 12:30
sintoni wrote: Mon Aug 30, 2021 3:13

Oli generik sih susah ya sikat 1 tahun..

Kalau mau ya beli oli diesel yg comply SL aja, kayak PTT 10W30. harusnya bisa sih kalau maks 1 tahun kurang dikit.

Itu ada Gulf Tec TD 10W30 75rb/l di tokoijo.
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 3:24
buat xenia 1.0 ya? coret aja oli shop n drive,

ngejer longdrain ability ya, ada bbrp kandidat dari saya :

1. SGO diesel 5w30 Acea A5/B5
2. PTT 0w30

itu aja..
Wah, malah pada nyaranin oli dijel ya oom? Mesin bensin dicekokin oli dijel gapapa kah oom?

Ngomong2 oli dijel begini, ane teringat masa ini mobil msh jadi daily beater dan rawatan beres, karena pilihan oli nya ada motul, kerang, dan prima xp dan bokap cinta ama motul malah dicekokin motul dari beres nya diehasut yang belakangan baru kita orang ketahui kalo itu ternyata motul buat dijel :big_slap:

Okayy oom, thanks advicenya, nanti bisa jadi referensi kalo pas ganti oli lagi. :big_deal:
MSU wrote: Mon Aug 30, 2021 3:14
untuk saya yang penting itu oli asli...harusnya setahun aman
di mobil tua saya jg cuma pakai hx6....4000km 2thn
Walah iki malah ajarannya lebih mantull lagi, hajar 2 tahun... :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Mantab kali lah si oom satu ini :big_biglaugh: :big_weee:
kalo dibahas bisa panjang, yg penting viscositynya sesuai rekomendasi manual book...
Siapp oom :frm_salut:

Berarti yg penting kekentalannya sesuai ya, msh bisa dipake di mesin bensin.

Thanks for the advice oom :big_deal:
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:10 btw mau sharing,


saya bbrp hari belakangan ini abis keliling bbrp pusat mobkas, lagi iseng coba2 liat city car 100jtan... biasa saya cek mesin buka tutup oli buat ngintip kondisi jeroan didalem gimana...

yg menarik adalah, nemu 3 unit yaris bakpao ketiganya ini pas dibuka tutup olinya ampun item2 semua, ada 1 yg mendingan dia varnish kekuningan pekat aja paling.... setelah liat2 dari kesemua unit ini rawatan beres, mereka pake TMO 10w40 dihajar 10rb km... karena memang paket service dan rekomendasi nya begitu, ini yg bener ajalah toyota begini nge treat mobil? lack of knowledge atau emg sengaja for business purpose ya?

atas dasar apa ya mereka taro service per 10rb km dengan oli 10w40 ? ga murah loh, ditambah mereka matok harga di pilihan 5w30 dan 0w20 ini bisa 175-200rb / liternya.... udh ga sehat kyk gini
Nah kebetulan nih ente mbahas oli TMO... Ane izin nanya sikit OOT tapi msh sama2 berkaitan dgn oli beres nih...

Sebenernya oli cap beres yg modelan begini ini apa emg semuanya kurang recommended buat dihajar sampe 10k km ya? Apa gak semuanya? Terus indikatornya itu oli boleh dihajar sampe 10k km atau cukup sampe 5k km itu gimana cara nentuinnya ya oom?

Jadi ceritanya ANE di rumah selama ini rawatan beres karena sebelumnya msh masa garansi dan sekalian manfaatin kupon servis gratis. Nah di beres ini beberapa kali servis terakhir ini dikasih olinya yg ecstar 0W-20... Biasanya ane mah ngikutin jadwal servis aja tiap 10k km atau 6 bulan... Tapi paling 6 bulan itu baru nyentuh 7-8k km sih. Paling servis yang barusan terakhir kali aja nih yang nyampe 10k km. Nah oli ecstar ini sebenernya recommendednya sampe berapa km sih usia pakainya? Soalnya ane sempet beberapa kali dari member sini dan dari forum sebelah di trit s3rious kalo ni oli ecstar di drain di 5k km aja dah item dan tarikannya dah kurang sip, walaupun dia konon klaimnya full synthethic. Ane jadi ikut worry jg nih kalo begini ceritanya, soalnya ane tipikal orang yang kurang notice kalo tarikannya udah mulai beda2 dikit atau mesinnya mulai kasar2 dikit... :big_slap:

Terus kira2 kalo oli yang kuat sampe 7-8k km itu oli yang seperti apa ya? Atau better pake oli generik aja tapi gantinya cukup setiap 5k km?

Mohon pencerahannya oom dan suhu2 yang lain... Maapkeun nubie yak kalo kebanyakan nanya :big_blushing:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

mobilnya kan daihatsu

olinya... ya DGO donk

apalagi skrg ad kemasan 3.5 liter... harga lebi mura





# :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: dulu ahh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:24
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:19
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:17
oli kerang yg mana nih om... shell helix ultra itu boleh dipake 12 bulan, selain itu, mending di ekspektasinya diturunin dulu biar ga kecewa...
Kerang yang 5W-30 astra kemaren itu ane post fotonya oom...

Coba ane post lagi deh
1(1).jpeg
Nah yang itu oom

Helix ultra juga cukup mumpuni setaun ya oom? Okedeh jg bisa masuk jadi kandidat kalo gitu nih. :big_smile]
oh kalo ini sih jangan dipaksa setaun deh... kecuali test lab dulu buat mastiin

perkara selisih 100-200rb aja ga sebanding sama risikonya...
Siap oom... Kalo begitu kalo msh mau hajar setaun ane pertimbangin oli dijel yang disaranin di atas dan helix ultra deh palingan.

Kalo yg helix astra satu ini atau oli2 generik lainnya jadi better tiap berapa bulan oom?
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

DOHC wrote: Mon Aug 30, 2021 13:32 mobilnya kan daihatsu

olinya... ya DGO donk

apalagi skrg ad kemasan 3.5 liter... harga lebi mura





# :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: dulu ahh
Wakakaka... DGO ini kayanya di sini yang paling populer buat di roast yak :mky_07: :big_biglaugh:

Btw DGO ini barang baru kah oom? Kok kayanya waktu dulu mubil msh rawatan beres gapernah ditawarin make DGO yak? Langganannya selalu kalo ga motul, kerang, castrol, atau opsi yg rada generik prima xp...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by DOHC »

rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:35
DOHC wrote: Mon Aug 30, 2021 13:32 mobilnya kan daihatsu

olinya... ya DGO donk

apalagi skrg ad kemasan 3.5 liter... harga lebi mura





# :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: dulu ahh
Wakakaka... DGO ini kayanya di sini yang paling populer buat di roast yak :mky_07: :big_biglaugh:

Btw DGO ini barang baru kah oom? Kok kayanya waktu dulu mubil msh rawatan beres gapernah ditawarin make DGO yak? Langganannya selalu kalo ga motul, kerang, castrol, atau opsi yg rada generik prima xp...
justru saya rada binggung... di toyota, honda tu sebenernya pakenya DGO jg koq kl serpis di beres , cuman knapa di anaktirikan, ampe sering banget di obral2 di toped, shopee, blibli dkk

kan DGO itu = pertamina = oli2 TMO = oli honda e pro green dan e pro blue itu smua buatan pertamina jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by maastricht889 »

rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:10 btw mau sharing,


saya bbrp hari belakangan ini abis keliling bbrp pusat mobkas, lagi iseng coba2 liat city car 100jtan... biasa saya cek mesin buka tutup oli buat ngintip kondisi jeroan didalem gimana...

yg menarik adalah, nemu 3 unit yaris bakpao ketiganya ini pas dibuka tutup olinya ampun item2 semua, ada 1 yg mendingan dia varnish kekuningan pekat aja paling.... setelah liat2 dari kesemua unit ini rawatan beres, mereka pake TMO 10w40 dihajar 10rb km... karena memang paket service dan rekomendasi nya begitu, ini yg bener ajalah toyota begini nge treat mobil? lack of knowledge atau emg sengaja for business purpose ya?

atas dasar apa ya mereka taro service per 10rb km dengan oli 10w40 ? ga murah loh, ditambah mereka matok harga di pilihan 5w30 dan 0w20 ini bisa 175-200rb / liternya.... udh ga sehat kyk gini
Saya jg heran om, kenapa cap ini seneng banget sama yg kentel2 itu. Itu pembelian unit baru yg dapet gratis paket serpis pun dapetnya yg bensin 10W40, disel 15W40 pertamina.

Dan memang betul kok om, di kertu ganti oli kecatet buat 10rb km semua walaupun ketulis jg "unt performansi maksimal lakukan penggantian oli setiap 6 bulan" yg tulisannya keciiiiiil banget. Padahal liatin NR dual vvti yg mesin bagus tetep olinya kaya gitu. Yg saya heran innova bensin dual vvti tetep dapet 10W40 gitu ya ga heran mungkin bbrp ownernya pd tetep ngeluh boros
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by sintoni »

rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:32
Siap oom... Kalo begitu kalo msh mau hajar setaun ane pertimbangin oli dijel yang disaranin di atas dan helix ultra deh palingan.

Kalo yg helix astra satu ini atau oli2 generik lainnya jadi better tiap berapa bulan oom?
Helix Ultra itu oli mahal loh, belum lg resiko palsu..

Itu oli diesel masih bisa comply ke API SL (sertifikasi oli bensin), jadi bisa dipakai ke mobil bensin.

Kalau oli generik kayak Helix Astra gitu ya paling maks 6-7 bulan aja.

Kalau diitung secara ekonomi, ane sih lebih mending pakai oli generik ganti 6-7 bulan maks daripada beli oli mahal tapi ganti 1 tahun sekali.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

sintoni wrote: Mon Aug 30, 2021 14:18
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:32
Siap oom... Kalo begitu kalo msh mau hajar setaun ane pertimbangin oli dijel yang disaranin di atas dan helix ultra deh palingan.

Kalo yg helix astra satu ini atau oli2 generik lainnya jadi better tiap berapa bulan oom?
Helix Ultra itu oli mahal loh, belum lg resiko palsu..

Itu oli diesel masih bisa comply ke API SL (sertifikasi oli bensin), jadi bisa dipakai ke mobil bensin.

Kalau oli generik kayak Helix Astra gitu ya paling maks 6-7 bulan aja.

Kalau diitung secara ekonomi, ane sih lebih mending pakai oli generik ganti 6-7 bulan maks daripada beli oli mahal tapi ganti 1 tahun sekali.
Hahaha iya 176 ribu per liter oom di official store toked nya kerang :big_biglaugh:

Iya nanti ane pertimbangin jdnya mau make oli dijel, kerang ultra, atau tetep oli generik tapi kudu bulak balik bengkel tiap 6 bulanan
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:30
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:02
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 12:30



Wah, malah pada nyaranin oli dijel ya oom? Mesin bensin dicekokin oli dijel gapapa kah oom?

Ngomong2 oli dijel begini, ane teringat masa ini mobil msh jadi daily beater dan rawatan beres, karena pilihan oli nya ada motul, kerang, dan prima xp dan bokap cinta ama motul malah dicekokin motul dari beres nya diehasut yang belakangan baru kita orang ketahui kalo itu ternyata motul buat dijel :big_slap:

Okayy oom, thanks advicenya, nanti bisa jadi referensi kalo pas ganti oli lagi. :big_deal:



Walah iki malah ajarannya lebih mantull lagi, hajar 2 tahun... :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Mantab kali lah si oom satu ini :big_biglaugh: :big_weee:
kalo dibahas bisa panjang, yg penting viscositynya sesuai rekomendasi manual book...
Siapp oom :frm_salut:

Berarti yg penting kekentalannya sesuai ya, msh bisa dipake di mesin bensin.

Thanks for the advice oom :big_deal:
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:10 btw mau sharing,


saya bbrp hari belakangan ini abis keliling bbrp pusat mobkas, lagi iseng coba2 liat city car 100jtan... biasa saya cek mesin buka tutup oli buat ngintip kondisi jeroan didalem gimana...

yg menarik adalah, nemu 3 unit yaris bakpao ketiganya ini pas dibuka tutup olinya ampun item2 semua, ada 1 yg mendingan dia varnish kekuningan pekat aja paling.... setelah liat2 dari kesemua unit ini rawatan beres, mereka pake TMO 10w40 dihajar 10rb km... karena memang paket service dan rekomendasi nya begitu, ini yg bener ajalah toyota begini nge treat mobil? lack of knowledge atau emg sengaja for business purpose ya?

atas dasar apa ya mereka taro service per 10rb km dengan oli 10w40 ? ga murah loh, ditambah mereka matok harga di pilihan 5w30 dan 0w20 ini bisa 175-200rb / liternya.... udh ga sehat kyk gini
Nah kebetulan nih ente mbahas oli TMO... Ane izin nanya sikit OOT tapi msh sama2 berkaitan dgn oli beres nih...

Sebenernya oli cap beres yg modelan begini ini apa emg semuanya kurang recommended buat dihajar sampe 10k km ya? Apa gak semuanya? Terus indikatornya itu oli boleh dihajar sampe 10k km atau cukup sampe 5k km itu gimana cara nentuinnya ya oom?

Jadi ceritanya ANE di rumah selama ini rawatan beres karena sebelumnya msh masa garansi dan sekalian manfaatin kupon servis gratis. Nah di beres ini beberapa kali servis terakhir ini dikasih olinya yg ecstar 0W-20... Biasanya ane mah ngikutin jadwal servis aja tiap 10k km atau 6 bulan... Tapi paling 6 bulan itu baru nyentuh 7-8k km sih. Paling servis yang barusan terakhir kali aja nih yang nyampe 10k km. Nah oli ecstar ini sebenernya recommendednya sampe berapa km sih usia pakainya? Soalnya ane sempet beberapa kali dari member sini dan dari forum sebelah di trit s3rious kalo ni oli ecstar di drain di 5k km aja dah item dan tarikannya dah kurang sip, walaupun dia konon klaimnya full synthethic. Ane jadi ikut worry jg nih kalo begini ceritanya, soalnya ane tipikal orang yang kurang notice kalo tarikannya udah mulai beda2 dikit atau mesinnya mulai kasar2 dikit... :big_slap:

Terus kira2 kalo oli yang kuat sampe 7-8k km itu oli yang seperti apa ya? Atau better pake oli generik aja tapi gantinya cukup setiap 5k km?

Mohon pencerahannya oom dan suhu2 yang lain... Maapkeun nubie yak kalo kebanyakan nanya :big_blushing:
wah kalo toyota itu saya gatau ya mereka nentuin nya dari mana, kalo suzuki ini saya tau.... dulu sempet test lab SGO 5w30 API SN...

dulu sblm 2018 suzuki itu matok service tiap 5rb km, cuman berhubung banyak "masukan" dari user2 ini dianggap terlalu sering, makanya diperpanjang jadi tiap 10rb km yg wajib... padahal mah emang oli suzuki ini matinya di 5rb km / 4 bulan doang... suzuki awalnya udh bener mereka wajibin service tiap 5rb km / 3 bulan....

kalo saya sih ya skrg mindsetnya, mending percepat ganti oli daripada nahan oli lama2... kemaren saya pake oli SGO 5w30 gapernah lewat 5rb km / 6 bulan, mesin kinclong, cuman emg olinya aja kurang banyak antiwearnya...
gaspol resing tim
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rakyatwkwkland »

rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 14:49
rakyatwkwkland wrote: Mon Aug 30, 2021 13:30
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:02

kalo dibahas bisa panjang, yg penting viscositynya sesuai rekomendasi manual book...
Siapp oom :frm_salut:

Berarti yg penting kekentalannya sesuai ya, msh bisa dipake di mesin bensin.

Thanks for the advice oom :big_deal:
rendr wrote: Mon Aug 30, 2021 13:10 btw mau sharing,


saya bbrp hari belakangan ini abis keliling bbrp pusat mobkas, lagi iseng coba2 liat city car 100jtan... biasa saya cek mesin buka tutup oli buat ngintip kondisi jeroan didalem gimana...

yg menarik adalah, nemu 3 unit yaris bakpao ketiganya ini pas dibuka tutup olinya ampun item2 semua, ada 1 yg mendingan dia varnish kekuningan pekat aja paling.... setelah liat2 dari kesemua unit ini rawatan beres, mereka pake TMO 10w40 dihajar 10rb km... karena memang paket service dan rekomendasi nya begitu, ini yg bener ajalah toyota begini nge treat mobil? lack of knowledge atau emg sengaja for business purpose ya?

atas dasar apa ya mereka taro service per 10rb km dengan oli 10w40 ? ga murah loh, ditambah mereka matok harga di pilihan 5w30 dan 0w20 ini bisa 175-200rb / liternya.... udh ga sehat kyk gini
Nah kebetulan nih ente mbahas oli TMO... Ane izin nanya sikit OOT tapi msh sama2 berkaitan dgn oli beres nih...

Sebenernya oli cap beres yg modelan begini ini apa emg semuanya kurang recommended buat dihajar sampe 10k km ya? Apa gak semuanya? Terus indikatornya itu oli boleh dihajar sampe 10k km atau cukup sampe 5k km itu gimana cara nentuinnya ya oom?

Jadi ceritanya ANE di rumah selama ini rawatan beres karena sebelumnya msh masa garansi dan sekalian manfaatin kupon servis gratis. Nah di beres ini beberapa kali servis terakhir ini dikasih olinya yg ecstar 0W-20... Biasanya ane mah ngikutin jadwal servis aja tiap 10k km atau 6 bulan... Tapi paling 6 bulan itu baru nyentuh 7-8k km sih. Paling servis yang barusan terakhir kali aja nih yang nyampe 10k km. Nah oli ecstar ini sebenernya recommendednya sampe berapa km sih usia pakainya? Soalnya ane sempet beberapa kali dari member sini dan dari forum sebelah di trit s3rious kalo ni oli ecstar di drain di 5k km aja dah item dan tarikannya dah kurang sip, walaupun dia konon klaimnya full synthethic. Ane jadi ikut worry jg nih kalo begini ceritanya, soalnya ane tipikal orang yang kurang notice kalo tarikannya udah mulai beda2 dikit atau mesinnya mulai kasar2 dikit... :big_slap:

Terus kira2 kalo oli yang kuat sampe 7-8k km itu oli yang seperti apa ya? Atau better pake oli generik aja tapi gantinya cukup setiap 5k km?

Mohon pencerahannya oom dan suhu2 yang lain... Maapkeun nubie yak kalo kebanyakan nanya :big_blushing:
wah kalo toyota itu saya gatau ya mereka nentuin nya dari mana, kalo suzuki ini saya tau.... dulu sempet test lab SGO 5w30 API SN...

dulu sblm 2018 suzuki itu matok service tiap 5rb km, cuman berhubung banyak "masukan" dari user2 ini dianggap terlalu sering, makanya diperpanjang jadi tiap 10rb km yg wajib... padahal mah emang oli suzuki ini matinya di 5rb km / 4 bulan doang... suzuki awalnya udh bener mereka wajibin service tiap 5rb km / 3 bulan....

kalo saya sih ya skrg mindsetnya, mending percepat ganti oli daripada nahan oli lama2... kemaren saya pake oli SGO 5w30 gapernah lewat 5rb km / 6 bulan, mesin kinclong, cuman emg olinya aja kurang banyak antiwearnya...
Kalo ecstar yang 0W-20 ini dibanding yg SGO 5W-30 dulu punya itu sama aja atau udah lebih baik oom? Atau malah lebih parah?