Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
btw masalah tanda TDC, nggak semua bisa ngerti tandanya. kadang suka bingung, tanda di sproket musti ketemu apa di head?
kalau saya, intip cam lobe aja menghadap kemana... kalau cam lobe in-ex menghadap kebawah membentuk huruf A, ya itu sudah TDC.
Bener2 jago, ngintip cam lobe ud ckup
Betul
Ga smua fabriekan bae ngasi tanda angka 1 2 3 4 sgala d sproket nya kaya honda, trus ngasi garis sgala
Biasanya cuman dikasi patokan coakan d deksel ama garis doank d sproket.. kl yg mata minus, pe er banget
L15 ga bisa diintip cam lobe nya kehalang i-vtec assembly.
lagipula kl seandainya ga ada marking di cam sprocket sy pake cara asemregez yakni pasang angle gauge di crank bolt dan putar tiap 180° dr TDC #1, pasti dapat TDC #3, #4, #2
Mantepppp... ini jg sala satu dewan guru besar institute durch technik van asemregez
Kl kita orang nyari TDC mala pake cara kenek asemregez mbah, iaitu copotin smua busi trus masupin obeng panjanggg ke silinder, sembari muter krukas sembari liat obeng nya naek apa turun
DOHC wrote: Wed Aug 25, 2021 3:44
Kl saya malah saya copotin mbah
Jangan ditiru cara saya ini,
Kcuali mbah rajin tiap 5 rebu km buka tu sliding pin trus bersihin ama vet ulang
Dulu saya gak pernah bongpas mbah. Baru thn lalu atau thn ini.
Awalnya punya Honda pertama kali mobilio ini, dan ambil extended warranty 5 thn. 2015-2020 mau gak mau harus ke BeRes agar waranty jalan.
Gak rugi amat sih extended waranty dapat lower arm set, engine mounting, switch AC.
Barusan bongkar setelah lewat masa garansi 5 thn lah kok melar karetnya.
kwak kwak kwak.
Sekarang rutin bongkar bongkar, masih ingat saya fotokan excel saya? supaya gak lupa aja sampai saya catat semua detail.
Sebenarnya karet tengahnya tidak ada bocor, memang agak melar. Problemnya ujung2xnya yang ikut melar.
Mau saya coba cable ties sementara ujung ujungnya, semoga ujungnya tidak terlalu melar sehingga bisa di cable ties, semoga juga ujungnya ada cantolan sekitar 3 mili buat dudukan cable ties..
Dicopotin maksudnya tanpa karet boot? ah yang benar
Cara saya diatas jangan ditiru juga Dimarahin sama momodnya trit ini nanti.
Edun .... orinya 84 rb sebiji. Untungnya kebanyakan, ongkos prod max 10rb. Ada ecer punya Avanza diluaran gak ori saja 7rb.
Ongkos produksi max 10rb itu. kalau ORI, jual harga 84 rb mantap
Eitt jgn salah nangkep mbah
Yg saya maksut itu karet di batang sliding pin nya
yanuarra wrote: Wed Aug 25, 2021 4:55
Ohh TMA ya mbah..
Mksi ilmunya mbah
dipuntir istilah dikit aja udah keder jij. kebanyakan ngisengin ciwi2 yg dibonceng sih.
Harap maklum ane kan nubi abadi mbah
Dari dlu ane pingin jg diy cek valve clearence.. cm ga ada bunyi aneh2... Bunyi tik2 injector aja kayanya.. Misalnya ada temuan aka out of spec , musti belanja valve lifter jg ane
yanuarra wrote: Wed Aug 25, 2021 4:55
Ohh TMA ya mbah..
Mksi ilmunya mbah
dipuntir istilah dikit aja udah keder jij. kebanyakan ngisengin ciwi2 yg dibonceng sih.
Harap maklum ane kan nubi abadi mbah
Dari dlu ane pingin jg diy cek valve clearence.. cm ga ada bunyi aneh2... Bunyi tik2 injector aja kayanya.. Misalnya ada temuan aka out of spec , musti belanja valve lifter jg ane
Mbah
Itu motor laki kuppleng yg buat bonceng ciwi ciwi
Masa ga perlu stel klep mbah, apalagi kl lg boncengin ciwi2 lari kenceng biar dibekep dr blakang
dipuntir istilah dikit aja udah keder jij. kebanyakan ngisengin ciwi2 yg dibonceng sih.
Harap maklum ane kan nubi abadi mbah
Dari dlu ane pingin jg diy cek valve clearence.. cm ga ada bunyi aneh2... Bunyi tik2 injector aja kayanya.. Misalnya ada temuan aka out of spec , musti belanja valve lifter jg ane
Mbah
Itu motor laki kuppleng yg buat bonceng ciwi ciwi
Masa ga perlu stel klep mbah, apalagi kl lg boncengin ciwi2 lari kenceng biar dibekep dr blakang
tau tuh ...... pasti redline mulu kan biar dianggap jago ala sembalap.
stel dong klepnya, klep cuma 2 aja masa ogah2an. belom ketemu yg 16 valves atau bahkan 48 valves kaya mbah guru nyang ono nyetel laksus ls400.
Dari dlu ane pingin jg diy cek valve clearence.. cm ga ada bunyi aneh2... Bunyi tik2 injector aja kayanya.. Misalnya ada temuan aka out of spec , musti belanja valve lifter jg ane
Mbah
Itu motor laki kuppleng yg buat bonceng ciwi ciwi
Masa ga perlu stel klep mbah, apalagi kl lg boncengin ciwi2 lari kenceng biar dibekep dr blakang
tau tuh ...... pasti redline mulu kan biar dianggap jago ala sembalap.
stel dong klepnya, klep cuma 2 aja masa ogah2an. belom ketemu yg 16 valves atau bahkan 48 valves kaya mbah guru nyang ono nyetel laksus ls400.
Kbayang si babang tamvan, bawa motornya slalu d sentak2 kuuplengnya, biar si ciwi maju mundur nempel lepas nempel lepas
dipuntir istilah dikit aja udah keder jij. kebanyakan ngisengin ciwi2 yg dibonceng sih.
Harap maklum ane kan nubi abadi mbah
Dari dlu ane pingin jg diy cek valve clearence.. cm ga ada bunyi aneh2... Bunyi tik2 injector aja kayanya.. Misalnya ada temuan aka out of spec , musti belanja valve lifter jg ane
Mbah
Itu motor laki kuppleng yg buat bonceng ciwi ciwi
Masa ga perlu stel klep mbah, apalagi kl lg boncengin ciwi2 lari kenceng biar dibekep dr blakang
Dari dlu ane pingin jg diy cek valve clearence.. cm ga ada bunyi aneh2... Bunyi tik2 injector aja kayanya.. Misalnya ada temuan aka out of spec , musti belanja valve lifter jg ane
Mbah
Itu motor laki kuppleng yg buat bonceng ciwi ciwi
Masa ga perlu stel klep mbah, apalagi kl lg boncengin ciwi2 lari kenceng biar dibekep dr blakang
tau tuh ...... pasti redline mulu kan biar dianggap jago ala sembalap.
stel dong klepnya, klep cuma 2 aja masa ogah2an. belom ketemu yg 16 valves atau bahkan 48 valves kaya mbah guru nyang ono nyetel laksus ls400.
blloewy wrote: Mon Aug 23, 2021 15:18
Hooo alat yg cek kadar air di minyak rem ya mbah shifu?
Btw kemaren lipindut jadwal keluar per 2 minggu skrg sama bocil dan krn ngga tentu tujuan jd muter2 aja dpt 50 km...cm pas di jalan kok berasa rem lipindut pernah kudu dikocok bentar...persis mirip 214 trayek nya PPD
Tp selama jalan 50 km dgn speed rata2 40 kpj sekali itu aja pas ngerem mendadak gegara ada motor iseng belok tanpa ngasi sign dan asal belok aja di jarak kurang dari 5 m sama lipindut saya
Apakah waktunya ganti minyak rem sejak terakhir diganti waktu ganti kopling set di des 2021, pemakain odo sich baru 8000 km itu minyak rem.
des 2020? belom waktunya ganti.
mungkin itu krn jarang dipake kali. makanya biasakan mbah sebelum take off dr rumah pas lg panasin mesin, injek2 itu brake pedal. kita hrs spt pilot waktu pre-flight checklist dong utk keamanan.
kl mobil matic enak, pasti injek pedal rem kan sblm masupin ke D, sekalian kocok.
Asiappp mbah...
Pre check dulu...
Btw, kl tiap seminggu sekali buka dipstick oli bakalan ngurangin oli brp cc ya dalam.interval 6 bln?
Skrg kebiasaan sich tiap mau keluar itu buka dipstick cek oli (seminggu sekali) dan cek level oli, cek level coolant, cek level minyak rem, senter ke bawah ama liat deck bawah mesin kl ada rembes. Sama cek kepala aki dan liat kabel2 sebelum start engine pertama x.
Adakah hal lain yg perlu dicek selain ngandelin lampu indikator di dashboard?
Gegara lipindut jd mesti rajin cek level oli ama coolant.
blloewy wrote: Mon Aug 23, 2021 15:18
Hooo alat yg cek kadar air di minyak rem ya mbah shifu?
Btw kemaren lipindut jadwal keluar per 2 minggu skrg sama bocil dan krn ngga tentu tujuan jd muter2 aja dpt 50 km...cm pas di jalan kok berasa rem lipindut pernah kudu dikocok bentar...persis mirip 214 trayek nya PPD
Tp selama jalan 50 km dgn speed rata2 40 kpj sekali itu aja pas ngerem mendadak gegara ada motor iseng belok tanpa ngasi sign dan asal belok aja di jarak kurang dari 5 m sama lipindut saya
Apakah waktunya ganti minyak rem sejak terakhir diganti waktu ganti kopling set di des 2021, pemakain odo sich baru 8000 km itu minyak rem.
des 2020? belom waktunya ganti.
mungkin itu krn jarang dipake kali. makanya biasakan mbah sebelum take off dr rumah pas lg panasin mesin, injek2 itu brake pedal. kita hrs spt pilot waktu pre-flight checklist dong utk keamanan.
kl mobil matic enak, pasti injek pedal rem kan sblm masupin ke D, sekalian kocok.
Asiappp mbah...
Pre check dulu...
Btw, kl tiap seminggu sekali buka dipstick oli bakalan ngurangin oli brp cc ya dalam.interval 6 bln?
Skrg kebiasaan sich tiap mau keluar itu buka dipstick cek oli (seminggu sekali) dan cek level oli, cek level coolant, cek level minyak rem, senter ke bawah ama liat deck bawah mesin kl ada rembes. Sama cek kepala aki dan liat kabel2 sebelum start engine pertama x.
Adakah hal lain yg perlu dicek selain ngandelin lampu indikator di dashboard?
Gegara lipindut jd mesti rajin cek level oli ama coolant.
ga bisa dilawan jij punya lipindut mbah, emang dr sononya mamam oil. kl jazz ane baru gantol stlh 10 bulan jalan <3000 km, diukur oli bekasnya cuma hilang 100ml.
blloewy wrote: Mon Aug 23, 2021 15:18
Hooo alat yg cek kadar air di minyak rem ya mbah shifu?
Btw kemaren lipindut jadwal keluar per 2 minggu skrg sama bocil dan krn ngga tentu tujuan jd muter2 aja dpt 50 km...cm pas di jalan kok berasa rem lipindut pernah kudu dikocok bentar...persis mirip 214 trayek nya PPD
Tp selama jalan 50 km dgn speed rata2 40 kpj sekali itu aja pas ngerem mendadak gegara ada motor iseng belok tanpa ngasi sign dan asal belok aja di jarak kurang dari 5 m sama lipindut saya
Apakah waktunya ganti minyak rem sejak terakhir diganti waktu ganti kopling set di des 2021, pemakain odo sich baru 8000 km itu minyak rem.
des 2020? belom waktunya ganti.
mungkin itu krn jarang dipake kali. makanya biasakan mbah sebelum take off dr rumah pas lg panasin mesin, injek2 itu brake pedal. kita hrs spt pilot waktu pre-flight checklist dong utk keamanan.
kl mobil matic enak, pasti injek pedal rem kan sblm masupin ke D, sekalian kocok.
Asiappp mbah...
Pre check dulu...
Btw, kl tiap seminggu sekali buka dipstick oli bakalan ngurangin oli brp cc ya dalam.interval 6 bln?
Skrg kebiasaan sich tiap mau keluar itu buka dipstick cek oli (seminggu sekali) dan cek level oli, cek level coolant, cek level minyak rem, senter ke bawah ama liat deck bawah mesin kl ada rembes. Sama cek kepala aki dan liat kabel2 sebelum start engine pertama x.
Adakah hal lain yg perlu dicek selain ngandelin lampu indikator di dashboard?
Gegara lipindut jd mesti rajin cek level oli ama coolant.
kan lipindut itu ultra mega super resing enjin mbah
ud wajip itu cek oli ama coolant tiap ari
ibaratnya kaya piara enjin mobil balap f1, yg musti di rebuild tiap 3000 km
Mau saya coba cable ties sementara ujung ujungnya, semoga ujungnya tidak terlalu melar sehingga bisa di cable ties, semoga juga ujungnya ada cantolan sekitar 3 mili buat dudukan cable ties..
ngga ada minat ganti seal kaliper set?
itu sudah dapet :
- seal kaliper
- dust boot
- rubber grease
- slider pin dust boot.
hasil keringet 1x kerja langsung keliatan. kalo pake cable ties musti mikir, ngukur, ngebayangin, dll. belum lagi nanti pas mau dibuka cable ties-nya udah lengket meleleh ngerusak yang lainnya, kerjaan lagi.
tapi kalo banyak waktu luang dan masih seneng ngakalin, silakan aja.
Omnibus wrote: Wed Aug 25, 2021 13:07
ga bisa dilawan jij punya lipindut mbah, emang dr sononya mamam oil. kl jazz ane baru gantol stlh 10 bulan jalan <3000 km, diukur oli bekasnya cuma hilang 100ml.
L15 saya malah irit oli banget mbah.. dulu piara GE8 jg irit oli banget.. biasa gantol di 7000 rebuan km, tp tiap kl cek level oli di dipstik kaya ga perna kurang
kan lipindut itu ultra mega super resing enjin mbah
ud wajip itu cek oli ama coolant tiap ari
ibaratnya kaya piara enjin mobil balap f1, yg musti di rebuild tiap 3000 km
mbah,
saya curiga lipindut itu sejatinya oilless internal combustion engine.
jadi kalo kita isi oli, si mesin auto drain olinya pelan-pelan seperti di pesawat terbang lagi fuel dumping.
kan lipindut itu ultra mega super resing enjin mbah
ud wajip itu cek oli ama coolant tiap ari
ibaratnya kaya piara enjin mobil balap f1, yg musti di rebuild tiap 3000 km
mbah,
saya curiga lipindut itu sejatinya oilless internal combustion engine.
jadi kalo kita isi oli, si mesin auto drain olinya pelan-pelan seperti di pesawat terbang lagi fuel dumping.
bener ugaa
atau mirip2 kaya enjin masda rotari atau enjin motor bandit lejen rx-king mbah
ga perlu gantol... yg ad tiap kl ngisi bensin, cek oli dan tambahkan bila perlu
itu sudah dapet :
- seal kaliper
- dust boot
- rubber grease
- slider pin dust boot.
hasil keringet 1x kerja langsung keliatan. kalo pake cable ties musti mikir, ngukur, ngebayangin, dll. belum lagi nanti pas mau dibuka cable ties-nya udah lengket meleleh ngerusak yang lainnya, kerjaan lagi.
tapi kalo banyak waktu luang dan masih seneng ngakalin, silakan aja.
Iya gak kepikir panas yah(terlupa saya)
Artinya tidak bisa pakai cable ties