Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yanuarra wrote: Mon Aug 23, 2021 14:42
Hari ini tepar banget brgkt motoran depok-jkt 30 km sekali jalan.. mana berjibaku dgn traffic khas jkt..
Mau masas takut khilap
Smpe rumah pas matahari terbenam.. kok nggk ada mobil ditempatnya, alhasil minta diinjek2 aja ama anak ane di rumah... Pas banget berat badannya...
Good boy
Walopun masi muda dan tamvan (kata temennya emak ane), bener2 faktor u nggk bisa boong rupanja
makanya beli motor metik mbah
kaya saya
bawa beat muterin jakarta jg ga berasa
ehh berasa sehh kl mo overtake... tp bawa motor ginian mah musti sante2.. kl grasa grusuk ntar dikira ojol
jij lupa dia kan babang tamvan ala valentino. dimari aja anak mbah profith dipepet terus sampe mau ditongkrongin di kampusnya. apa kata dunia kl valentino naik beat mio.
dia kan tiap jam pulang dr EY (atau PWC kali) selalu 1-2 lap muter depan lobby sambil bleyer2 kecil di depan ciwi2 yg lg nunggu taxol sambil spik2 iblis nawarin mau pulang bareng ngga.
mau juga jij tawarin motor yg stang nya tinggi, macam duduk di sofa kl kata temen ik.
n jangan lupa hrs motor laki yg ada kupplung nya biar tetep bisa "bleyer2 cantik"
blloewy wrote: Mon Aug 23, 2021 15:18
Hooo alat yg cek kadar air di minyak rem ya mbah shifu?
Btw kemaren lipindut jadwal keluar per 2 minggu skrg sama bocil dan krn ngga tentu tujuan jd muter2 aja dpt 50 km...cm pas di jalan kok berasa rem lipindut pernah kudu dikocok bentar...persis mirip 214 trayek nya PPD
Tp selama jalan 50 km dgn speed rata2 40 kpj sekali itu aja pas ngerem mendadak gegara ada motor iseng belok tanpa ngasi sign dan asal belok aja di jarak kurang dari 5 m sama lipindut saya
Apakah waktunya ganti minyak rem sejak terakhir diganti waktu ganti kopling set di des 2021, pemakain odo sich baru 8000 km itu minyak rem.
des 2020? belom waktunya ganti.
mungkin itu krn jarang dipake kali. makanya biasakan mbah sebelum take off dr rumah pas lg panasin mesin, injek2 itu brake pedal. kita hrs spt pilot waktu pre-flight checklist dong utk keamanan.
kl mobil matic enak, pasti injek pedal rem kan sblm masupin ke D, sekalian kocok.
Profith83 wrote: Mon Aug 23, 2021 7:05
ini mbah.
NOTE : foto ambil dari google
Rembes oli.jpg
itu penutup celah antara mesin dengan transmisi. kalau sampe lembab atau basah oli, dipastikan sumbernya dari seal kruk as belakang atau dari seal transmisi.
tinggal dilihat saja warna olinya apa? kalau hitam ya oli mesin.
ganti seal kruk as belakang jasanya nggak murah karena transmisi musti dilepas.
Omnibus wrote: Mon Aug 23, 2021 7:21
sorry ik lagi sibuk ganti coolant GK
*yah dicatet deh
yesss akhirnya dipake tool coolant filler ini.
IMG_20210823_141329~2.jpg
pasti sebelum liat foto ini ga tau kan gunanya coakan itu di intake manifold?
IMG_20210823_135402~2.jpg
keluar coolant lama 3.5L + 0.5L (reservoir)
mau buka engine block drain plug kaga bisa dibuka even pake gelenk 60cm bahkan impact dewalt pdhl udah beli crush washer nya.
Ehh busett dahh
Odo belom noban ud ganti coolant biru ama tutup radiator
(Ehh catet dulu, ampir aj klupaan)
Baut drain d enjin blok nya keras kann.. idem mbah... ga brani crack open saya, persis kaya dulu di lipindut jg sama... ampe pake pipa besi koq keras.. pengen dipaksa takut malah retak enjin blok, apalagi aluminium...
Knapa pd ga bkin kaya kijang aj ya, baut nya di sambung ke valve yg kuningan, cuman d tork 10 newton sahaja
bener mbah ..... ik juga jiper takut block nya crack. wkwkwkwk. itu mah yg ngencengin level i*gun pangkat 10.
tutup radiator? tadinya ik kira cepekceng sahaja. nyatanya nopekgoaceng .... asem.
mbah biasa dpt keluar brp liter? (rad / reservoir)
kalau cara ngawur ane, selang heater core aku lepas dua2nya, trus aku tiup pakai angin biar coolant di water jacketnya keluar. Abis itu pasang corong dorong lagi pakai coolant baru, menimalisir udara terjebak. Tapi kalau udah rutin ganti kan coolant masih kondisi bagus, kadang ga semprot angin, langsung dorong pakai coolant baru sebanyak kira2 aja yang bisa menggantikan coolant lama di blok mesin, ya coolant barunya akan sebagian terbuang. Lebih mudah proses bleedingnya.
Pasang lagi kedua selang heaternya..
singachu wrote: Mon Aug 23, 2021 23:33
kalau cara ngawur ane, selang heater core aku lepas dua2nya, trus aku tiup pakai angin biar coolant di water jacketnya keluar. Abis itu pasang corong dorong lagi pakai coolant baru, menimalisir udara terjebak. Tapi kalau udah rutin ganti kan coolant masih kondisi bagus, kadang ga semprot angin, langsung dorong pakai coolant baru sebanyak kira2 aja yang bisa menggantikan coolant lama di blok mesin, ya coolant barunya akan sebagian terbuang. Lebih mudah proses bleedingnya.
Pasang lagi kedua selang heaternya..
Omnibus wrote: Mon Aug 23, 2021 7:21
sorry ik lagi sibuk ganti coolant GK
*yah dicatet deh
yesss akhirnya dipake tool coolant filler ini.
IMG_20210823_141329~2.jpg
pasti sebelum liat foto ini ga tau kan gunanya coakan itu di intake manifold?
IMG_20210823_135402~2.jpg
keluar coolant lama 3.5L + 0.5L (reservoir)
mau buka engine block drain plug kaga bisa dibuka even pake gelenk 60cm bahkan impact dewalt pdhl udah beli crush washer nya.
Om mau nanya, coolant honda yg long life sama coolant nya Mitsubishi sama ga yaa kualitas nya?? Soalnya liat di buku servis xpander penggantian coolant di 100rb km atau 5 tahun. Apakah coolant nya bisa tahan selama itu??
singachu wrote: Mon Aug 23, 2021 23:33
kalau cara ngawur ane, selang heater core aku lepas dua2nya, trus aku tiup pakai angin biar coolant di water jacketnya keluar. Abis itu pasang corong dorong lagi pakai coolant baru, menimalisir udara terjebak. Tapi kalau udah rutin ganti kan coolant masih kondisi bagus, kadang ga semprot angin, langsung dorong pakai coolant baru sebanyak kira2 aja yang bisa menggantikan coolant lama di blok mesin, ya coolant barunya akan sebagian terbuang. Lebih mudah proses bleedingnya.
Pasang lagi kedua selang heaternya..
regards,
singachu
mobil ane ga ada heater core nyaaaa ..........
Mungkin jalurnya di bypass om, pakai pipa atau selang. Kan design mesinnya global biasanya, jadi dari mesin kemungkinan masih ada jalur in out ke heater corenya.
omnyanaira wrote: Tue Aug 24, 2021 0:00
Om mau nanya, coolant honda yg long life sama coolant nya Mitsubishi sama ga yaa kualitas nya?? Soalnya liat di buku servis xpander penggantian coolant di 100rb km atau 5 tahun. Apakah coolant nya bisa tahan selama itu??
yg pasti sdh ga murni lagi. satu2nya alasan yg masuk akal sy dibilang tahan 100k km itu spy lewat masa warranty aja. pabrik berfikir lbh baik coolant factory fill dipakai sampai lewat masa warranty drpd dijadwalkan ganti di dalam masa warranty tapi dipakein sbg gantinya air keran atau coolant yg spec nya inferior. bukan hanya pemilik tapi bengkel resmi juga ada aja oknum mekanik yg suka sembarangan pake air keran, cuma krn free dan gampang. atau kl nambah pake coolant customer suka ada yg ngoceh2 ttg tagihan dll alasannya.
jadi coolant factory fill dipakai 100k km vs terjadi mismaintenance di tengah2 masa warranty lebih aman spy jangan banyak claim ya keep factory fill.
kl coolant mitsu vs merk lain ga tau om. rasanya bisa aja spy lbh murah spec antifreeze nya dikurangin konsentrasinya. ga ada yg tau, hrs test lab.
yanuarra wrote: Mon Aug 23, 2021 14:42
Hari ini tepar banget brgkt motoran depok-jkt 30 km sekali jalan.. mana berjibaku dgn traffic khas jkt..
Mau masas takut khilap
Smpe rumah pas matahari terbenam.. kok nggk ada mobil ditempatnya, alhasil minta diinjek2 aja ama anak ane di rumah... Pas banget berat badannya...
Good boy
Walopun masi muda dan tamvan (kata temennya emak ane), bener2 faktor u nggk bisa boong rupanja
makanya beli motor metik mbah
kaya saya
bawa beat muterin jakarta jg ga berasa
ehh berasa sehh kl mo overtake... tp bawa motor ginian mah musti sante2.. kl grasa grusuk ntar dikira ojol
jij lupa dia kan babang tamvan ala valentino. dimari aja anak mbah profith dipepet terus sampe mau ditongkrongin di kampusnya. apa kata dunia kl valentino naik beat mio.
dia kan tiap jam pulang dr EY (atau PWC kali) selalu 1-2 lap muter depan lobby sambil bleyer2 kecil di depan ciwi2 yg lg nunggu taxol sambil spik2 iblis nawarin mau pulang bareng ngga.
mau juga jij tawarin motor yg stang nya tinggi, macam duduk di sofa kl kata temen ik.
n jangan lupa hrs motor laki yg ada kupplung nya biar tetep bisa "bleyer2 cantik"
Hmmm ya ya
Kita orang ad gambaran d
Pantesan biar pegel tp tetep hajar motor laki kuupleng
Biar kl ciwi2 di bonceng musti bekep kuat, trus pas lg blayer2 kuupleng d lepas2 kaget, biar si ciwi nya jg maju mundur
DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 1:33
Ehh busettt, odo belom noban tp ud out of spec, lah koq bsa
Berarti bener kann saran kita orang, coba stel klep, fine tuning, siapa tau lebi senyap dan lebi resing
Yg kencengin d fabriek nya jgn2 pas kencengin bautnya cuman tenaga renata kl.. sdgkan saya punya tnaga igun
Btw injector ga copot neh mbah ?? Dah tanggung loh, tinggal copotin tu 2 baut doank
Btw lagi, cape2 pake amswoel, trrnjata ga beda ama dgo yg cuman a fraction of pricenya... ck ck ck
ada 1 rocker arm silinder 3 exhaust yg kl dimainin pake tangan bunyinya nyaring. mau distel rapet apa renggang sama2 nyaring. udah ik amplas halus (selipin amplas 1000) tetep juga. musti diapain nih ya. ga beres nih bisa2 tetep bunyi. ini kaya stud yg di rocker arm ketemu valve stem yg kopong tengahnya.
out of spec belom noban km? hmmm berarti ik nyetirnya beneran betot terus yee hehehehehe. ga nyadar diri sendiri.
DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 1:33
Ehh busettt, odo belom noban tp ud out of spec, lah koq bsa
Berarti bener kann saran kita orang, coba stel klep, fine tuning, siapa tau lebi senyap dan lebi resing
Yg kencengin d fabriek nya jgn2 pas kencengin bautnya cuman tenaga renata kl.. sdgkan saya punya tnaga igun
Btw injector ga copot neh mbah ?? Dah tanggung loh, tinggal copotin tu 2 baut doank
Btw lagi, cape2 pake amswoel, trrnjata ga beda ama dgo yg cuman a fraction of pricenya... ck ck ck
ada 1 rocker arm silinder 3 exhaust yg kl dimainin pake tangan bunyinya nyaring. mau distel rapet apa renggang sama2 nyaring. udah ik amplas halus (selipin amplas 1000) tetep juga. musti diapain nih ya. ga beres nih bisa2 tetep bunyi. ini kaya stud yg di rocker arm ketemu valve stem yg kopong tengahnya.
out of spec belom noban km? hmmm berarti ik nyetirnya beneran betot terus yee hehehehehe. ga nyadar diri sendiri.
Klep ex siilinder 3 ctek ctek nyaring ? Ud coba puter lagi belom mbah kruk as nya, satu puteran 360 drajat... coba abis gitu masi nyaring ga ?
Hrv saya waktu itu seragam koq celah2 nya smua.. makanya ampe seneng waktu itu, ternjata enjin honda bagus bkin nya
DOHC wrote: Tue Aug 24, 2021 1:33
Ehh busettt, odo belom noban tp ud out of spec, lah koq bsa
Berarti bener kann saran kita orang, coba stel klep, fine tuning, siapa tau lebi senyap dan lebi resing
Yg kencengin d fabriek nya jgn2 pas kencengin bautnya cuman tenaga renata kl.. sdgkan saya punya tnaga igun
Btw injector ga copot neh mbah ?? Dah tanggung loh, tinggal copotin tu 2 baut doank
Btw lagi, cape2 pake amswoel, trrnjata ga beda ama dgo yg cuman a fraction of pricenya... ck ck ck
ada 1 rocker arm silinder 3 exhaust yg kl dimainin pake tangan bunyinya nyaring. mau distel rapet apa renggang sama2 nyaring. udah ik amplas halus (selipin amplas 1000) tetep juga. musti diapain nih ya. ga beres nih bisa2 tetep bunyi. ini kaya stud yg di rocker arm ketemu valve stem yg kopong tengahnya.
out of spec belom noban km? hmmm berarti ik nyetirnya beneran betot terus yee hehehehehe. ga nyadar diri sendiri.
Klep ex siilinder 3 ctek ctek nyaring ? Ud coba puter lagi belom mbah kruk as nya, satu puteran 360 drajat... coba abis gitu masi nyaring ga ?
Hrv saya waktu itu seragam koq celah2 nya smua.. makanya ampe seneng waktu itu, ternjata enjin honda bagus bkin nya
ga mungkin seragam mbah. wkwkwkwk. jij pake feeler gauge yg model lurus apa bengkok kaya ik punya?
dr pabrik juga ga seragam, justru ini ik lg fine tuning krn mesti ada dibedain sedikit even sama sebelahnya kl ditest tangan bunyi.
puter 360 mah atuh beda lagi grup valves yg free nya mbah.
tp ik udah kelar semua, malah ini lg balik lagi ke TDC #1 buat nyetel yg cyl 3 Ex yg nyaring. 1 itu doang yg nyaring sendiri. udah dikecretin oli jg msh lbh nyaring dr temen2nya.
Setelah habis 2SKS untuk grease. Kalau tidak salah ada category peruntukan grease :
*Merek sekedar contoh saja, diambil ini karena cukup lengkap dan ada Off store
ada 1 rocker arm silinder 3 exhaust yg kl dimainin pake tangan bunyinya nyaring. mau distel rapet apa renggang sama2 nyaring. udah ik amplas halus (selipin amplas 1000) tetep juga. musti diapain nih ya. ga beres nih bisa2 tetep bunyi. ini kaya stud yg di rocker arm ketemu valve stem yg kopong tengahnya.
out of spec belom noban km? hmmm berarti ik nyetirnya beneran betot terus yee hehehehehe. ga nyadar diri sendiri.
Klep ex siilinder 3 ctek ctek nyaring ? Ud coba puter lagi belom mbah kruk as nya, satu puteran 360 drajat... coba abis gitu masi nyaring ga ?
Hrv saya waktu itu seragam koq celah2 nya smua.. makanya ampe seneng waktu itu, ternjata enjin honda bagus bkin nya
ga mungkin seragam mbah. wkwkwkwk. jij pake feeler gauge yg model lurus apa bengkok kaya ik punya?
dr pabrik juga ga seragam, justru ini ik lg fine tuning krn mesti ada dibedain sedikit even sama sebelahnya kl ditest tangan bunyi.
puter 360 mah atuh beda lagi grup valves yg free nya mbah.
tp ik udah kelar semua, malah ini lg balik lagi ke TDC #1 buat nyetel yg cyl 3 Ex yg nyaring. 1 itu doang yg nyaring sendiri. udah dikecretin oli jg msh lbh nyaring dr temen2nya.
Yg lurus mbah, tekiro punya, tp ujung nya ta pengok2 in jadinya waktu dipake
Hoo ga seragam yah... hmm ya ya
Nanti kapan2 coba stel lg ahh
Tp kl d klep si hrv sehh saya waktu itu ga ad yg nyaring sendiri mbah, ampir mirip2 lah ctek ctek nya
Kl gt kira2 bsa claim ga tu mbah punya yg klep ex nya... kan lmayan tu kl bsa dapet satu set per, klep, ama seal nya plus head gasket baru smua gratis smua
Ohh baut enjin head jg lah yah, siapa tau l15 pake tork to yield baut
Klo untuk joint2an bisa pake grease all purpose/multi purpose ajah..yg nlgi 2.. bedanya dari dua itu kayanya ada di kandungan graphite aja.. yg pennzoil ga ada..
Tp harusnya dah bagus si pennzoil jg
IMG_20210824_144205.jpg
Yg ane notis dri mbah masas tuh kalo di cv joint mengingat kerjanya yg khas begitu maka perlu grease khusus. Grease CV joint mengandung moly+graphite. Biasanya org2 cari mudahnya di online tinggal search "cv joint grease" begitu mbah.. Cuma yg keluar harganya murah2. Tau sendiri kan kalo bahan2 ktegori pelumasan berlaku ada harga ada rupa.
Makanya ane beli tuh crc yg item itu.. nggk gamblang sih disebut cv joint grease tp kandungannya kan ada moly+graphite yg biasa dipake di cv joint.
Tp ane ada nanya kmren2 tuh. CV grease itu nubi kalo ga salah inget kan ada di nlgi 1 atau 1.5 bgtu mbah. Sdgkn si crc item ini gradenya nlgi 2. Dikasih tau sm mbah masas bisa dicampur oli gl5 supaya jg nlgi 1.5
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra wrote: Tue Aug 24, 2021 7:46
Iya mbah no 1 dan 2 udah bener...
Klo untuk joint2an bisa pake grease all purpose/multi purpose ajah..yg nlgi 2.. bedanya dari dua itu kayanya ada di kandungan graphite aja.. yg pennzoil ga ada..
Tp harusnya dah bagus si pennzoil jg
Yg ane notis dri mbah masas tuh kalo di cv joint mengingat kerjanya yg khas begitu maka perlu grease khusus. Grease CV joint mengandung moly+graphite. Biasanya org2 cari mudahnya di online tinggal search "cv joint grease" begitu mbah.. Cuma yg keluar harganya murah2. Tau sendiri kan kalo bahan2 ktegori pelumasan berlaku ada harga ada rupa.
Makanya ane beli tuh crc yg item itu.. nggk gamblang sih disebut cv joint grease tp kandungannya kan ada moly+graphite yg biasa dipake di cv joint.
Tp ane ada nanya kmren2 tuh. CV grease itu nubi kalo ga salah inget kan ada di nlgi 1 atau 1.5 bgtu mbah. Sdgkn si crc item ini gradenya nlgi 2. Dikasih tau sm mbah masas bisa dicampur oli gl5 supaya jg nlgi 1.5
Sip, sip.
Mantap mbah, ngerti beda cuma graphite aja. Mbah Omni saya ingat juga pernah bilang untuk joint2x an kayanya Amsoil cukup mild terhadap karet dia.
Bener mbah ada harga ada rupa. Cari sesuai spec, merek yg lumayan terkenal "Ada harga ada rupa"
Berarti nomer 1 dan 2 sudah OK. Selain itu(Tie road, tie road end, ball joint, link stabil) pakai multi purpose NLGI 2 yang cukup punya nama misal amsoil
Btw katanya om Klep. Kalau dari NLGI 2 mau jadi NLGI 1.5 maka
Pakai volumenya 1.5/2 alias isi hanya 3/4 nya saja nanti dia jadi NLGI 1.5
Email ke website Tohnichi dibawab "Oya Tsutomu"
Email nya tanya apakah TW Tohnichi yang 10Nm-50Nm boleh disimpan dibawah 10Nm.
Saya jelaskan di email, kalau 10Nm masih bisa diputar untuk kurangi torsi 1 putaran.
di TW ini 1 putaran mewakili 5 Nm.
Jawaban tek tok an panjang, akhirnya dapat konfirmasi sebaiknya disimpan dalam range terendah.
Ada juga di kertas manual tertulis seperti ini:
#2 Do not set torque below minimum scale torque.
There is possibility to be come off inside parts and required repairing.
Kalau boleh saya mau taruh di 5Nm biar per nya santai hahahaha.
Kujelaskan kalau saya bukan mau pakai sampai 5NM, karena pasti diluar spec, lebih ke arah menaruh tidak dipakai misal 6 bulan atau 1 thn