Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
rubber gasket? lg mgomongin butterfly valve mbah, dmn ada rubber gasketnya?
owalah..... butterfly toh...
nah, kalo TB dilepas, ada plat bolong-bolong jadi satu sama.rubber gasket nempel di mulut manifiold. itu si plat yang bolong-bolong fungsinya apa?
itu ribs = reinforcement biar plastiknya kokoh
Anuu
Nubi numpang nambahin mbah
Ama buat efek "silencer" mbah
Terutama utk intek manipol yg model swirl sperti jamak d mobil2 skrg
Jd kl di WOT (bukan woman on top), yg kuar itu resonasi suara dr efek swirl tsb, ga keganggu ama efek suara aliran turbulensi ama butteefly nya... in short, pas d bejeg, suara ngooonggg atau ngguuuungg nya ga brizik banget... tau2 mobil ud melesat
marmut wrote: Sat Aug 21, 2021 12:34
pasang lower arm sudah preload?
sans mbah, saya pun pernah berada di masa kegelapan yang menganggap torq wrench itu sesuatu yang aneh, berasal dari alam lain, dan kurang perlu.
beruntung ada forum ini dan mbah omni sebagai pencerah.
belum preload
kapan hari baca di thread ini ternyata harus preload ya. Itu pasang arm nya udah lama sih mbah, terakhir ganti arm kayaknya 2 taon lalu dan bbrp tahun sebelumnya lagi.
Kalau preloaded sepertinya harus mending naikin ke ram ya.... ground clearancenya pendek soalnya.
DOHC wrote: Sat Aug 21, 2021 12:57
utk kaki2 depan inofa :
you are welcome
Mbah kalau lihat dibawah ini
Kayanya gambar saya salah yah bukan untuk innova reborn diesel?
utk kaki2 depan inofa :
shockbreaker =
baut 3 biji yg ngiket support shock ke chassis : 40 newton (sama)
baut yg ngiket shock ke support shock : 20 newton (gambar dibawah 12Nm-18Nm)
baut yg ngiket shock ke lower arm : 110 newton (sama)
upper arm=
baut upper arm 2 biji yg ke chassis : 85 newton (gambar 115 Nm)
baut ball joint upper arm ; 110 newton (sama)
lower arm =
baut lower arm 2 biji yg ngiket camber adujusting shim : masing2 210 newton (gambar 185 Nm)
baut ball joint lower arm ; 140 newton (sama)
baut yg ngiket lower arm ke knuckle : 160 newton (sama)
stabilizer bar =
jepitan karet roti : 48 newton (sama)
link stabil ; 78 newton yg bawah, 27 newton yg atas (gambar 94 atas, 94 bawah)
rem gak punya bayangan di gambar
baut kaliper rem atas bawah ; 34 newton
mounting kaliper ; 160 newton
Upper arm.jpg
lower arm.jpg
Shock absorber.jpg
Shock absorber detail.jpg
Brake torsi.jpg
Omnibus wrote: Mon Aug 23, 2021 7:21
sorry ik lagi sibuk ganti coolant GK
*yah dicatet deh
yesss akhirnya dipake tool coolant filler ini.
IMG_20210823_141329~2.jpg
pasti sebelum liat foto ini ga tau kan gunanya coakan itu di intake manifold?
IMG_20210823_135402~2.jpg
keluar coolant lama 3.5L + 0.5L (reservoir)
mau buka engine block drain plug kaga bisa dibuka even pake gelenk 60cm bahkan impact dewalt pdhl udah beli crush washer nya.
Ehh busett dahh
Odo belom noban ud ganti coolant biru ama tutup radiator
(Ehh catet dulu, ampir aj klupaan)
Baut drain d enjin blok nya keras kann.. idem mbah... ga brani crack open saya, persis kaya dulu di lipindut jg sama... ampe pake pipa besi koq keras.. pengen dipaksa takut malah retak enjin blok, apalagi aluminium...
Knapa pd ga bkin kaya kijang aj ya, baut nya di sambung ke valve yg kuningan, cuman d tork 10 newton sahaja
bener mbah ..... ik juga jiper takut block nya crack. wkwkwkwk. itu mah yg ngencengin level i*gun pangkat 10.
tutup radiator? tadinya ik kira cepekceng sahaja. nyatanya nopekgoaceng .... asem.
mbah biasa dpt keluar brp liter? (rad / reservoir)
Omnibus wrote: Mon Aug 23, 2021 7:21
sorry ik lagi sibuk ganti coolant GK
*yah dicatet deh
yesss akhirnya dipake tool coolant filler ini.
IMG_20210823_141329~2.jpg
pasti sebelum liat foto ini ga tau kan gunanya coakan itu di intake manifold?
IMG_20210823_135402~2.jpg
keluar coolant lama 3.5L + 0.5L (reservoir)
mau buka engine block drain plug kaga bisa dibuka even pake gelenk 60cm bahkan impact dewalt pdhl udah beli crush washer nya.
Ehh busett dahh
Odo belom noban ud ganti coolant biru ama tutup radiator
(Ehh catet dulu, ampir aj klupaan)
Baut drain d enjin blok nya keras kann.. idem mbah... ga brani crack open saya, persis kaya dulu di lipindut jg sama... ampe pake pipa besi koq keras.. pengen dipaksa takut malah retak enjin blok, apalagi aluminium...
Knapa pd ga bkin kaya kijang aj ya, baut nya di sambung ke valve yg kuningan, cuman d tork 10 newton sahaja
bener mbah ..... ik juga jiper takut block nya crack. wkwkwkwk. itu mah yg ngencengin level i*gun pangkat 10.
tutup radiator? tadinya ik kira cepekceng sahaja. nyatanya nopekgoaceng .... asem.
mbah biasa dpt keluar brp liter? (rad / reservoir)
aje gile tutup radiator nopeguaceng, mending skalian cari yg spoon punya d mbah
atau beli yg koyorad punya (ehh dsini si ADR jual ga seh)
kaynya kl diliat, bsa subtitusi ama denso inofa punya tuh, beli di denso pecenongan paling cuman peban, kl di atrium ama si borobodur paling diitung lakban lah
kita orang persis kuarnya kaya mbah, 4 liter total dari radiator plus tabung , kecil kuarnya .. dulu kita orang punya lipindut, itu tap n fill aj bsa abis 4.5 literan lebih
* btw sayang bener mbah, coolant masi bagus gt ama tutup radiator dah diganti.. mending buat beli sil deksel ama sil2 laen nya buat persiapan fine tuning stel klep
Odo belom noban ud ganti coolant biru ama tutup radiator
(Ehh catet dulu, ampir aj klupaan)
Baut drain d enjin blok nya keras kann.. idem mbah... ga brani crack open saya, persis kaya dulu di lipindut jg sama... ampe pake pipa besi koq keras.. pengen dipaksa takut malah retak enjin blok, apalagi aluminium...
Knapa pd ga bkin kaya kijang aj ya, baut nya di sambung ke valve yg kuningan, cuman d tork 10 newton sahaja
bener mbah ..... ik juga jiper takut block nya crack. wkwkwkwk. itu mah yg ngencengin level i*gun pangkat 10.
tutup radiator? tadinya ik kira cepekceng sahaja. nyatanya nopekgoaceng .... asem.
mbah biasa dpt keluar brp liter? (rad / reservoir)
aje gile tutup radiator nopeguaceng, mending skalian cari yg spoon punya d mbah
atau beli yg koyorad punya (ehh dsini si ADR jual ga seh)
kaynya kl diliat, bsa subtitusi ama denso inofa punya tuh, beli di denso pecenongan paling cuman peban, kl di atrium ama si borobodur paling diitung lakban lah
kita orang persis kuarnya kaya mbah, 4 liter total dari radiator plus tabung , kecil kuarnya .. dulu kita orang punya lipindut, itu tap n fill aj bsa abis 4.5 literan lebih
* btw sayang bener mbah, coolant masi bagus gt ama tutup radiator dah diganti.. mending buat beli sil deksel ama sil2 laen nya buat persiapan fine tuning stel klep
gasket valve cover udah nanya, murah cuma 130an ribu. rtv sealant yg merk honda bond 160rb, yg threebond lebih murah.
rad coolant udah 2.5 taun lah boleh kasih icip yg baru si gk. drpd jij setaun sekali bareng perpanjang pkb.
Profith83 wrote: Mon Aug 23, 2021 3:33
Ada yang pernah pakai alat purging? untuk bersihkan jalur bahan bakar solar dan injector.
Alatnya model tabung, ada selang dan filternya.
Bagus gak yah dipurging, apa tidak merusak seal2x
Atau pakai injector cleaner yang dituang di tangki cukup yah?
alat purging di mesin diesel ya. tergantung tujuannya apa. kl bersihin injector + ruang bakar ok. kl bersihin intek palp nehi, orang direct injection pigimana bisa lewatin palp.
anyway bytheway busway, injector pun enakan dilepas, diultrasonic, dan di prime semprot diluar kendaraan (pakai sst yg beli dr shopee, tau bisa ga masup ke diesel injector si adaptornya). kl pin nya yg mana +ve mana -ve sy udah tau, thanks to wiring diagram di fsm. hebat itu wiring diagramnya, interactive bro. hebat toyota bikin fsm.
*maaf kl agak ngefly, epek susumanisku ehh susumaniello
Profith83 wrote: Mon Aug 23, 2021 3:33
Ada yang pernah pakai alat purging? untuk bersihkan jalur bahan bakar solar dan injector.
Alatnya model tabung, ada selang dan filternya.
Bagus gak yah dipurging, apa tidak merusak seal2x
Atau pakai injector cleaner yang dituang di tangki cukup yah?
alat purging di mesin diesel ya. tergantung tujuannya apa. kl bersihin injector + ruang bakar ok. kl bersihin intek palp nehi, orang direct injection pigimana bisa lewatin palp.
anyway bytheway busway, injector pun enakan dilepas, diultrasonic, dan di prime semprot diluar kendaraan (pakai sst yg beli dr shopee, tau bisa ga masup ke diesel injector si adaptornya). kl pin nya yg mana +ve mana -ve sy udah tau, thanks to wiring diagram di fsm. hebat itu wiring diagramnya, interactive bro. hebat toyota bikin fsm.
*maaf kl agak ngefly, epek susumanisku ehh susumaniello
Hehehe siap mbah.
Maunya untuk injector. Tapi kalau dilepas kayanya saya skip dulu deh. Kasih vitamin solar yg bagus saja.
Ilmu saya terlalu jauh.
Itu warna biru coolant harusnya 10 thn. Eman mbah 1 liternya 100rb an
Profith83 wrote: Mon Aug 23, 2021 12:34
...........
Itu warna biru coolant harusnya 10 thn. Eman mbah 1 liternya 100rb an
sy mikirnya gini mbah,
kl mobil sy pake 5 thn trus dijual, mau ganti coolant di tahun ke berapa? taun ke 5? atuh pas mau dijual baru ganti.
skrg kl ternyata krn suatu alasan harus tetap pakai mobil itu 10 taun, misal kita belum ganti2 coolant, bukankah sudah terlambat artinya?
coolant 5 liter (hrsnya 4 bisa tp mepet) 500 rb ganti tiap 2.5 taun. ga ada artinya sm oli mbah. sementara oli aja orang barat bilangnya "oil is cheap insurance for longevity", murah dibanding hrs repair krn mismaintenance. itu oli, apalagi coolant yg lbh murah dr oli mbah.
coolant juga bisa breakdown komposisinya kan mbah. ga ada kata sayang kl utk maintenance selama ga ganggu dapur.
Profith83 wrote: Mon Aug 23, 2021 12:34
...........
Itu warna biru coolant harusnya 10 thn. Eman mbah 1 liternya 100rb an
sy mikirnya gini mbah,
kl mobil sy pake 5 thn trus dijual, mau ganti coolant di tahun ke berapa? taun ke 5? atuh pas mau dijual baru ganti.
skrg kl ternyata krn suatu alasan harus tetap pakai mobil itu 10 taun, misal kita belum ganti2 coolant, bukankah sudah terlambat artinya?
coolant 5 liter (hrsnya 4 bisa tp mepet) 500 rb ganti tiap 2.5 taun. ga ada artinya sm oli mbah. sementara oli aja orang barat bilangnya "oil is cheap insurance for longevity", murah dibanding hrs repair krn mismaintenance. itu oli, apalagi coolant yg lbh murah dr oli mbah.
coolant juga bisa breakdown komposisinya kan mbah. ga ada kata sayang kl utk maintenance selama ga ganggu dapur.
Preventive tak ada salahnya.
Kita happy juga pakainya
Hari ini tepar banget brgkt motoran depok-jkt 30 km sekali jalan.. mana berjibaku dgn traffic khas jkt..
Mau masas takut khilap
Smpe rumah pas matahari terbenam.. kok nggk ada mobil ditempatnya, alhasil minta diinjek2 aja ama anak ane di rumah... Pas banget berat badannya...
Good boy
Walopun masi muda dan tamvan (kata temennya emak ane), bener2 faktor u nggk bisa boong rupanja
yanuarra wrote: Mon Aug 23, 2021 14:42
Hari ini tepar banget brgkt motoran depok-jkt 30 km sekali jalan.. mana berjibaku dgn traffic khas jkt..
Mau masas takut khilap
Smpe rumah pas matahari terbenam.. kok nggk ada mobil ditempatnya, alhasil minta diinjek2 aja ama anak ane di rumah... Pas banget berat badannya...
Good boy
Walopun masi muda dan tamvan (kata temennya emak ane), bener2 faktor u nggk bisa boong rupanja
Mbah yg buat pegel.khan pake motor kopling di jalanan jakarta.
Coba mbah rute saya dari sawangan ke pluit naek motor kurleb 37 km berangkat dan 39 km kl pulang
blloewy wrote: Mon Aug 23, 2021 8:28
Mbah kok ngga pake coolant si Anu?
Btw kapan make tools u nguras minyak remnya mbah shifu?
coolant anu nanggung takut ga cukup hrs beli 2 galon jatohnya lbh mahal. hehehe
minyak rem? pernah kok di part brp gitu.
belom beli lagi battere 9V buat alat ngecek minyak remnya. sy rencana ganti based on alat itu aja mbah.
Hooo alat yg cek kadar air di minyak rem ya mbah shifu?
Btw kemaren lipindut jadwal keluar per 2 minggu skrg sama bocil dan krn ngga tentu tujuan jd muter2 aja dpt 50 km...cm pas di jalan kok berasa rem lipindut pernah kudu dikocok bentar...persis mirip 214 trayek nya PPD
Tp selama jalan 50 km dgn speed rata2 40 kpj sekali itu aja pas ngerem mendadak gegara ada motor iseng belok tanpa ngasi sign dan asal belok aja di jarak kurang dari 5 m sama lipindut saya
Apakah waktunya ganti minyak rem sejak terakhir diganti waktu ganti kopling set di des 2021, pemakain odo sich baru 8000 km itu minyak rem.
yanuarra wrote: Mon Aug 23, 2021 14:42
Hari ini tepar banget brgkt motoran depok-jkt 30 km sekali jalan.. mana berjibaku dgn traffic khas jkt..
Mau masas takut khilap
Smpe rumah pas matahari terbenam.. kok nggk ada mobil ditempatnya, alhasil minta diinjek2 aja ama anak ane di rumah... Pas banget berat badannya...
Good boy
Walopun masi muda dan tamvan (kata temennya emak ane), bener2 faktor u nggk bisa boong rupanja
makanya beli motor metik mbah
kaya saya
bawa beat muterin jakarta jg ga berasa
ehh berasa sehh kl mo overtake... tp bawa motor ginian mah musti sante2.. kl grasa grusuk ntar dikira ojol