Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
rendr wrote: Tue Aug 17, 2021 13:02
di bquik dah jualan liqui moly 5w30 special tec AA API SP tuh... suegerrrr... harga 160rban / L
udah sip banget buat mesin2 mopang kebanyakan... V100 di 10,0 pas, TBN awal di 9,0
*udh males ama amsoil, diatas 200k semua per 946ml pula wkwkwk
klo TBN liqui moly metode ukurnya pakai ISO 3771.
di bbrp artikel google, metode ini similar to ASTM D2896
Kebanyakan produsen oli dr kelas entry sampai keraton macam amsoil, itu pakai ASTM D2896
mungkin ada suhu perlendiran yg bs share di sini, apakah ini ada implikasi ke perbedaan value TBN nya ?
spt case value ASTM D2896 > ASTM D664
krn metode ukur yg berbeda.
thanksss
wah baru banget ngulik kemaren hahahaha sama2 curious soal metode pengukuran TBN ini..
kalo yg saya baca2 (CMIIW ya) ISO DIN 3771 sama ASTM D2896 ini pada intinya sama, yaitu menghitung senyawa yg kuat saja... yg lemah ga dihitung, tapi yg beda ini ASTM D4739 dia ngitung yg yg lemah juga... bisa jadi lebih tinggi nilainya...
jnkr wrote: Mon Aug 16, 2021 23:28
Pengalaman pribadi Yaris bakpao pake repsol neo elite, kalo mesin panas jd ngelitik parah. Ganti pake PFG 5w-30 adem ayem. Compare di rute, umur oli kurleb sama, waktu kurleb sama dan style yg sama [emoji87][emoji85]
odometer brp om?
karena kalo ngeliat dari behavior dari kedua oli ini beda... PFG itu 5w30 tebel dan mid to low SAPS... kebalikannya si repsol ini 5w30 encer dan mid SAPS tulen... harusnya ngelitik saat beban mesin lebih tinggi... ada kemungkinan adjustment ignition timingnya ga pas begitu dikasih beban ringan atau.... dari dinding2 liner / ring piston keausannya udh tinggi jadi ada sedikit zat volatil dari oli yg ikut terbakar sehingga bikin knocking...
cmiiw
dr pengalaman ada oli yg cenderung over berbuih (foaming). oli yg foaming ga bagus utk system vvt/i-vtec/vanos/cam phaser sebab bisa menyebabkan (hydraulic) actuator bekerja ngga precise. nubie sotoy kaya ane pikir ini yg bikin ngelitik krn campuran AFR jd ga bener.
oiya bisa juga mbah.. thankyou udah ditambahkan....
jnkr wrote: Mon Aug 16, 2021 23:28
Pengalaman pribadi Yaris bakpao pake repsol neo elite, kalo mesin panas jd ngelitik parah. Ganti pake PFG 5w-30 adem ayem. Compare di rute, umur oli kurleb sama, waktu kurleb sama dan style yg sama [emoji87][emoji85]
odometer brp om?
karena kalo ngeliat dari behavior dari kedua oli ini beda... PFG itu 5w30 tebel dan mid to low SAPS... kebalikannya si repsol ini 5w30 encer dan mid SAPS tulen... harusnya ngelitik saat beban mesin lebih tinggi... ada kemungkinan adjustment ignition timingnya ga pas begitu dikasih beban ringan atau.... dari dinding2 liner / ring piston keausannya udh tinggi jadi ada sedikit zat volatil dari oli yg ikut terbakar sehingga bikin knocking...
cmiiw
KM 134rb om. Indikasinya lebih ke ignition timing atau liner aus ya om?
MarYuko wrote: Thu Aug 19, 2021 10:48
di kaltim sini ada gk toko rekomen buat beli oli yg aneh ya?
beli diluaran, ongkirnya lebih mahal daripada harga olinya
Beli online aja om, saya tinggal di palembang biasanya beli di toped manfaatin pake diskon ongkir. Karena saya udah gold member dapet free ongkir 9x. Untuk luat jabodetabek lumayan dapet free ongkir 40rb
Kalo beli yang kemasan 4L langsung, ongkirnya naujubileh
Belinya yang kemasan 1L x 4 transaksi, lumayan tuh bikin dongkol kang packingnya
Beli online aja om, saya tinggal di palembang biasanya beli di toped manfaatin pake diskon ongkir. Karena saya udah gold member dapet free ongkir 9x. Untuk luat jabodetabek lumayan dapet free ongkir 40rb
Kalo beli yang kemasan 4L langsung, ongkirnya naujubileh
Belinya yang kemasan 1L x 4 transaksi, lumayan tuh bikin dongkol kang packingnya
Beli online aja om, saya tinggal di palembang biasanya beli di toped manfaatin pake diskon ongkir. Karena saya udah gold member dapet free ongkir 9x. Untuk luat jabodetabek lumayan dapet free ongkir 40rb
Kalo beli yang kemasan 4L langsung, ongkirnya naujubileh
Belinya yang kemasan 1L x 4 transaksi, lumayan tuh bikin dongkol kang packingnya
Ini mah sama kayak nyicil ya belinya wkwk
hahaha nyampenya barengan juga sih, kan abis selesai 1 transaksi langsung transaksi selanjutnya, begitu terus sampe total Liter yang di pengen hahahahaha
kalo beli oli inova lumayan tuh 8L X 8 transaksi hahahaha ampe kesel tuh yang packing kali
Peter10 wrote: Thu Aug 19, 2021 13:12
Om-om skalian klo utk oli w30 yg light/enteng apa ya?
Renc mo nyoba buat gantiin oli w20 di L15z utk mengukur tol transjawa.
Terima kasih
W30 tp light, saya akan nyari yg meet specific ford 913D atau yg meet A5/B5. Kalau ga pusing budget, motul specific 913D.
Peter10 wrote: Thu Aug 19, 2021 13:12
Om-om skalian klo utk oli w30 yg light/enteng apa ya?
Renc mo nyoba buat gantiin oli w20 di L15z utk mengukur tol transjawa.
Terima kasih
W30 tp light, saya akan nyari yg meet specific ford 913D atau yg meet A5/B5. Kalau ga pusing budget, motul specific 913D.
ngana ngapain ribet gt
kan ad DGO ... mo buntu 40/ 30/ ampe 20 kita orang cover smua
Peter10 wrote: Thu Aug 19, 2021 13:12
Om-om skalian klo utk oli w30 yg light/enteng apa ya?
Renc mo nyoba buat gantiin oli w20 di L15z utk mengukur tol transjawa.
Terima kasih
W30 tp light, saya akan nyari yg meet specific ford 913D atau yg meet A5/B5. Kalau ga pusing budget, motul specific 913D.
ngana ngapain ribet gt
kan ad DGO ... mo buntu 40/ 30/ ampe 20 kita orang cover smua
wihh dijagain langsung ama foundernya di forum n medsos.
ga boleh ke lain hati, harus kudu wajib DGO ......
Peter10 wrote: Thu Aug 19, 2021 13:12
Om-om skalian klo utk oli w30 yg light/enteng apa ya?
Renc mo nyoba buat gantiin oli w20 di L15z utk mengukur tol transjawa.
Terima kasih
l15z.
cb japri mbah turbo, dia bnyk stock q8 0w20 d1 g2.
muantap itu..
udh jalan menuju 8rb km, buat ngukur tol cipularang jkt pp, sebulan sekali.. sampai skrg msh josss.
pas nanjak, push dikit sampai 5rb rpm jg masih asoy sampai kena speed limiter di lio l15z1
blm ada penguapan so far, dan lucunya.. kentel2nya mirip w30 klo digrepe2 setelah warm up bbrp menit
Last edited by Suryaputra on Thu Aug 19, 2021 23:03, edited 4 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cb japri mbah turbo, dia bnyk stock q8 0w20 d1 g2.
muantap itu..
udh jalan menuju 8rb km, buat ngukur tol cipularang jkt pp, sebulan sekali.. sampai skrg msh josss.
pas nanjak, push dikit sampai 5rb rpm jg masih asoy sampai kena speed limiter di lio l15z1
blm ada penguapan so far, dan lucunya.. kentel2nya mirip w30 klo digrepe2 setelah warm up bbrp menit
jnkr wrote: Mon Aug 16, 2021 23:28
Pengalaman pribadi Yaris bakpao pake repsol neo elite, kalo mesin panas jd ngelitik parah. Ganti pake PFG 5w-30 adem ayem. Compare di rute, umur oli kurleb sama, waktu kurleb sama dan style yg sama [emoji87][emoji85]
odometer brp om?
karena kalo ngeliat dari behavior dari kedua oli ini beda... PFG itu 5w30 tebel dan mid to low SAPS... kebalikannya si repsol ini 5w30 encer dan mid SAPS tulen... harusnya ngelitik saat beban mesin lebih tinggi... ada kemungkinan adjustment ignition timingnya ga pas begitu dikasih beban ringan atau.... dari dinding2 liner / ring piston keausannya udh tinggi jadi ada sedikit zat volatil dari oli yg ikut terbakar sehingga bikin knocking...
cmiiw
KM 134rb om. Indikasinya lebih ke ignition timing atau liner aus ya om?
bisa jadi, kalo oli nya nguap banyak berarti ada yg aus, kalo ngga, cek lagi businya apa heat range dan gap nya masih sesuai apa ngga...
Peter10 wrote: Thu Aug 19, 2021 13:12
Om-om skalian klo utk oli w30 yg light/enteng apa ya?
Renc mo nyoba buat gantiin oli w20 di L15z utk mengukur tol transjawa.
Terima kasih
Liqui Moly Specialtec AA 5w30 API SP om... udah sip banget buat L15Z tuh...
V100 di 10,0 pas, Amsoil signature 5w30 aja kalah enteng sama ini oli