Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Halo om
Setiap hari gw lewat jalan tol cikampek mulai dari jatiasih sampai karawang timur
Sering juga lewat transjawa
Sejak ada pembangunan tol elevated sampai skg tol cikampek ancur gak karu2an. Jalan bumpy dimana2, baik di lajur kiri sampai paling kanan sama aja
Jalur kiri ancur karena bekas truk muatan, jalur paling kanan sepanjang jalan itu tambelan semua, kadang ada lubang
Apalagi udah deket2 cibitung itu jalur paling kiri udah parah gak enak dilewatin
gw pernah bbrp kali kejadian
1. Naik kijang (yg bawa kawan) kecepatan sekitar 90 km/h lajur 2, begitu di cibitung itu tiba2 ada lubang bekas sambungan beton yg gede banget.
tau lah ya kalo lubang di beton itu kasar2, yaudah kehajar dah tuh lobang. Denger suaranya kesian tuh mobil, sampe besi2 kolong kedengeran keras sampe ke cabin..... jedarrrrrr... rontok dah itu kaki2
2. Naik sedan kecepatan sekitar 100 kpj di lajur 3 tiba2 didepan ada aspal yg gompal2 (potholes) tp cukup dalam. Alhasil sepanjang 400m bergetar semua seluruh bodi mobil. gak taunya depan ada lubang lagi.. darrr... pecah2 dah tuh busing honda
Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi
Dengan kondisi tol yg begini kira2 kaki2 mobil tahan berapa lama ya ?
Thanks
Setiap hari gw lewat jalan tol cikampek mulai dari jatiasih sampai karawang timur
Sering juga lewat transjawa
Sejak ada pembangunan tol elevated sampai skg tol cikampek ancur gak karu2an. Jalan bumpy dimana2, baik di lajur kiri sampai paling kanan sama aja
Jalur kiri ancur karena bekas truk muatan, jalur paling kanan sepanjang jalan itu tambelan semua, kadang ada lubang
Apalagi udah deket2 cibitung itu jalur paling kiri udah parah gak enak dilewatin
gw pernah bbrp kali kejadian
1. Naik kijang (yg bawa kawan) kecepatan sekitar 90 km/h lajur 2, begitu di cibitung itu tiba2 ada lubang bekas sambungan beton yg gede banget.
tau lah ya kalo lubang di beton itu kasar2, yaudah kehajar dah tuh lobang. Denger suaranya kesian tuh mobil, sampe besi2 kolong kedengeran keras sampe ke cabin..... jedarrrrrr... rontok dah itu kaki2
2. Naik sedan kecepatan sekitar 100 kpj di lajur 3 tiba2 didepan ada aspal yg gompal2 (potholes) tp cukup dalam. Alhasil sepanjang 400m bergetar semua seluruh bodi mobil. gak taunya depan ada lubang lagi.. darrr... pecah2 dah tuh busing honda
Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi
Dengan kondisi tol yg begini kira2 kaki2 mobil tahan berapa lama ya ?
Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Ga ada patokan pasti.
Tergantung nasib dan cara berkendara
Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.
Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Tergantung nasib dan cara berkendara
Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.
Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Pasport KM 70rb udh nyerah ya, itu glodakan apa gimana om ?pernahmiskin wrote: Mon Aug 09, 2021 14:18 Ga ada patokan pasti.
Tergantung nasib dan cara berkendara
Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.
Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Shock bocor, Mounting pecah.Jordiansyah007 wrote: Tue Aug 10, 2021 11:31Pasport KM 70rb udh nyerah ya, itu glodakan apa gimana om ?pernahmiskin wrote: Mon Aug 09, 2021 14:18 Ga ada patokan pasti.
Tergantung nasib dan cara berkendara
Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.
Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Buat jalan bunyi kriyet2 ky truk.
Sy typical ga telaten serong kanan/kiri untuk ambil jalan mulus.
Mungkin itu penyebab utama.
Jd kalau ada yg bilang kaki2 rwd aman sampai kiamat, itu buat yg seneng milih jalan mulus dan telaten di jalan.
Atau nasib2an sj.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.Jordiansyah007 wrote: Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited
Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi
-edited
Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.
Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga
Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini"
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?
Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.
Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.
Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.
Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.
Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Waah SUV aja dijalan rusak 70rb KM nyerah ya. harusnya kaki2 lebih kuat sih, pajero kaki2 kan mirip triton yg banyak dipake di tambangpernahmiskin wrote: Tue Aug 10, 2021 18:20Shock bocor, Mounting pecah.Jordiansyah007 wrote: Tue Aug 10, 2021 11:31Pasport KM 70rb udh nyerah ya, itu glodakan apa gimana om ?pernahmiskin wrote: Mon Aug 09, 2021 14:18 Ga ada patokan pasti.
Tergantung nasib dan cara berkendara
Kontur jalanan daerah sy masih jauh dr kata layak
Kombinasi aspal bagus, rusak dan makadam.
A
Pasport sy tahun 2018 70k km, shock dan beberapa part kaki2 dan mounting sdh klaim.
Sedangkan pasport mertua 2016, 70k km, kaki2 aman jaya.
Buat jalan bunyi kriyet2 ky truk.
Sy typical ga telaten serong kanan/kiri untuk ambil jalan mulus.
Mungkin itu penyebab utama.
Jd kalau ada yg bilang kaki2 rwd aman sampai kiamat, itu buat yg seneng milih jalan mulus dan telaten di jalan.
Atau nasib2an sj.
Gimana kaki2 fwd yah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Mungkin kalo mobil yg lebih murah struktur kaki2 nya lebih simpel om, link2 n bushing2 lebih sedikitalexdonovan wrote: Wed Aug 11, 2021 6:34Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.Jordiansyah007 wrote: Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited
Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi
-edited
Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.
Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga
Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini"![]()
Jd untuk timbul bunyi2an di kaki2 lebih minim

avansa emg kuat sih sodara punya veloz 2013 kaki2nya nyerah di KM 170 rebu, itu pun baru link stabil yg glodakan
Tol japek emg gak ada yg bener om, bumpy semua. Gelombang sana sinibenzz89 wrote: Wed Aug 11, 2021 10:36 Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?
Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.
Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.
Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Tp ane banyak liat lcgc yg make nya hajar lubang sana sini, ada poldur juga gak rem
Di tol japek jg mobil2 fwd pada kencang2 aja gak pilih2 jalan bnyk lobang
Entah awet gak itu kaki2, cuma penasaran aja seberapa kuat itu kaki
Pake avansa emg paling enak ya nyiksa ni mobil, gak rusak2

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Anu om...Jordiansyah007 wrote: Wed Aug 11, 2021 15:40Mungkin kalo mobil yg lebih murah struktur kaki2 nya lebih simpel om, link2 n bushing2 lebih sedikitalexdonovan wrote: Wed Aug 11, 2021 6:34Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.Jordiansyah007 wrote: Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited
Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi
-edited
Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.
Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga
Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini"![]()
Jd untuk timbul bunyi2an di kaki2 lebih minim![]()
avansa emg kuat sih sodara punya veloz 2013 kaki2nya nyerah di KM 170 rebu, itu pun baru link stabil yg glodakan
Tol japek emg gak ada yg bener om, bumpy semua. Gelombang sana sinibenzz89 wrote: Wed Aug 11, 2021 10:36 Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?
Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.
Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.
Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Tp ane banyak liat lcgc yg make nya hajar lubang sana sini, ada poldur juga gak rem
Di tol japek jg mobil2 fwd pada kencang2 aja gak pilih2 jalan bnyk lobang
Entah awet gak itu kaki2, cuma penasaran aja seberapa kuat itu kaki
Pake avansa emg paling enak ya nyiksa ni mobil, gak rusak2![]()
Kadang mobil dah bunyi glodakan atau pun setir dah ga enak, ga semua orang sensitip juga. Dan karena tiap hari atau rutin pake tuh mobil, perubahan gini2an kan biasa gradual ya, orangnya jadi tambah makin ga berasa. Beda ya kalau kasusnya bushing langsung pecah di tempat atau link stabil misalkan copot


Jadi jangan heran juga ada yg hobby "nyiksa mobil" tp dia bilang masih biasa aja.
Emak ane termasuk yg kek gitu soalnya, kalau ada poldur suka dihajar bae. Karena ane ga rutin nyetir t32 d rumah, jd berasa waktu nyetr ni mobil kok kalau abis mendarat poldur ada bunyi glek n setir agak miring dikit. Bawa ke mbah marmut ternyata dah retak gede 1 bushing arm-nya. Nah pas ane tanya balik ke emak ga berasa memangnya? Beliau bilang "ah biasa2 aja, kamu aja terlalu sensitip"


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
sialnya orang berasumsi mobil kayak blazer itu tangguh di jalan rusak.alexdonovan wrote: Wed Aug 11, 2021 6:34Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.Jordiansyah007 wrote: Mon Aug 09, 2021 12:43 -edited
Kalo jalan tol ancur gini apa gak gampang rusak kaki2 mobil. gw sering liat lcgc / hatchback semua kontur jalan dihajarrr dg kec tinggi
-edited
Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.
Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga
Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini"![]()
padahal balljointnya kecil banget dan sialnya aslinya harus ganti assy sama arm (terakhir GM punya yg bs disuntik gemuk 850rb 10thn lalu), kalah ukuran sama kijang kapsul.
bearing rodanya juga ngga banget (timken per pcs 200rb). padahal part lainnya bener2 tebel besinya kayak rel kereta.
entah desainernya pas bikin arm tie rod itu lagi sadar trus mabok atau kehabisan budget pas balljoint arm bawah sama bearing.
Avanza 2010 dirumah so far kaki2nya masih ori dr baru (jalan ga banyak sih 120rb km). yg ganti cuma bushing lateral rod. dulu rutenya tiap hari ke deltamas.
intinya semakin lunak karet bushing dan semakin nyaman mobil itu, siapin aja dompet yg tebel untuk reparasinya.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
emang gokil tuh. Aku dulu dapet yang masih original. 2 tahun di tanganku, udah ada balljoint aftermarket yang dibaut ke arm.vincewonk wrote: Thu Aug 12, 2021 7:31
sialnya orang berasumsi mobil kayak blazer itu tangguh di jalan rusak.
padahal balljointnya kecil banget dan sialnya aslinya harus ganti assy sama arm (terakhir GM punya yg bs disuntik gemuk 850rb 10thn lalu), kalah ukuran sama kijang kapsul.
bearing rodanya juga ngga banget (timken per pcs 200rb). padahal part lainnya bener2 tebel besinya kayak rel kereta.
entah desainernya pas bikin arm tie rod itu lagi sadar trus mabok atau kehabisan budget pas balljoint arm bawah sama bearing.
Avanza 2010 dirumah so far kaki2nya masih ori dr baru (jalan ga banyak sih 120rb km). yg ganti cuma bushing lateral rod. dulu rutenya tiap hari ke deltamas.
intinya semakin lunak karet bushing dan semakin nyaman mobil itu, siapin aja dompet yg tebel untuk reparasinya.![]()
kalau bearing roda ga pernah masalah untungnya...
ah, jadi pengen beli lagi... nostalgia
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Klo jatiasih karawang timur bukannya lewat elevated ya?
Btw sering lewat jalan rusak profil ban ganti yang lebih tebal aja
Btw sering lewat jalan rusak profil ban ganti yang lebih tebal aja
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
kl kena nya bushing arm, shock absorber, karet support msh bisa tahan harganya. begitu kena steering rack n harus ganti assy barulah segala kesal berkecamuk habis tau harganya.
kl lcgc hajar lobang terus ga masalah krn spare part paling berapa. ane malah bayangin mobil yg pake airsus, lewat situ mungkin cuma deb deb deb derrr derrr derrr aja suara di dalam kabin. krn ga berasa makin di gas. ga taunya jebol airsus kena puluhan/ratus juta he he he
kl lcgc hajar lobang terus ga masalah krn spare part paling berapa. ane malah bayangin mobil yg pake airsus, lewat situ mungkin cuma deb deb deb derrr derrr derrr aja suara di dalam kabin. krn ga berasa makin di gas. ga taunya jebol airsus kena puluhan/ratus juta he he he
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Tol japek ini tol paling gak enak se indonesa kayanya
pilih2 jalan aja kalo lewat sini kalo mau kaki2 awet
Heran jg ya ga pernah diperbaiki dari dulu

pilih2 jalan aja kalo lewat sini kalo mau kaki2 awet
Heran jg ya ga pernah diperbaiki dari dulu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
josomba wrote: Thu Aug 12, 2021 2:13Anu om...Jordiansyah007 wrote: Wed Aug 11, 2021 15:40Mungkin kalo mobil yg lebih murah struktur kaki2 nya lebih simpel om, link2 n bushing2 lebih sedikitalexdonovan wrote: Wed Aug 11, 2021 6:34
Justru makin murah mobilnya malah makin handal Om.
Strangely, saya malah lebih PD hajar lubang pakai LCGC. Selama 4 tahun ini kaki-kakinya masih firm walopun sering hajar lubang.
Dulu bawa Avanza juga ga peduli, hajar aja lubang apapun dijalan. Proven aman juga
Paling ga PD bawa C24, Blazer, sama Ecosport. Nikmat sih, tapi kalo ketemu lubang yang dipikirin adalah... "berapa juta ongkos lubang ini"![]()
Jd untuk timbul bunyi2an di kaki2 lebih minim![]()
avansa emg kuat sih sodara punya veloz 2013 kaki2nya nyerah di KM 170 rebu, itu pun baru link stabil yg glodakan
Tol japek emg gak ada yg bener om, bumpy semua. Gelombang sana sinibenzz89 wrote: Wed Aug 11, 2021 10:36 Tol japek sih emang plng j4h4n4m itu aspalnya, gak habis pikir ane kok gak diperbaiki yah bekas2 aspal yg rusak akibat dr pembangunan elevatednya?
Malah harganya kl gak salah skrng naik (lagi), bayangan ane habis elevated jadi itu jalannya bakal diperbaiki, nyatanya dibiarin begitu aja.
Kl ane tiap hr hrs lewat situ sih better ambil avanza baru terus hajar deh itu jalanan rusak. Merek T kan garansi sampai kaki2 & suspensi kan yah? Disc brake peyang aja diganti kan... Pokoknya ada yg rusak tinggal klaim garansi, gitu aja. Saat garansi mau habis jual & ganti lg avanza baru... begitu seterusnya hahahaha.
Lcgc fwd msh kalah kuat kaki2nya banding avanza yg rwd. Innova mahal, berat, boros, meski rwd & lebih lapang, depresiasi jg msh kalah ama avanza. Yg dikepala ane sih cuman avanza aja yg layak disiksa di medan kaya tol japek itu. Kl mobil fwd & sdh ada umur sih bakalan endless money pit benerin kaki2 melulu... imho yah
Tp ane banyak liat lcgc yg make nya hajar lubang sana sini, ada poldur juga gak rem
Di tol japek jg mobil2 fwd pada kencang2 aja gak pilih2 jalan bnyk lobang
Entah awet gak itu kaki2, cuma penasaran aja seberapa kuat itu kaki
Pake avansa emg paling enak ya nyiksa ni mobil, gak rusak2![]()
Kadang mobil dah bunyi glodakan atau pun setir dah ga enak, ga semua orang sensitip juga. Dan karena tiap hari atau rutin pake tuh mobil, perubahan gini2an kan biasa gradual ya, orangnya jadi tambah makin ga berasa. Beda ya kalau kasusnya bushing langsung pecah di tempat atau link stabil misalkan copot![]()
![]()
Jadi jangan heran juga ada yg hobby "nyiksa mobil" tp dia bilang masih biasa aja.
Emak ane termasuk yg kek gitu soalnya, kalau ada poldur suka dihajar bae. Karena ane ga rutin nyetir t32 d rumah, jd berasa waktu nyetr ni mobil kok kalau abis mendarat poldur ada bunyi glek n setir agak miring dikit. Bawa ke mbah marmut ternyata dah retak gede 1 bushing arm-nya. Nah pas ane tanya balik ke emak ga berasa memangnya? Beliau bilang "ah biasa2 aja, kamu aja terlalu sensitip"
![]()
Kakak ane cewek punya rush 2013 trd, yg namanya poldur dihajar, lobang di hajar, skg KM nya 120 ribu.. dibawa ke toyota buat cek kaki2 tnyt cuma ganti sok doang, sisanya ori pabrik

Pas ane coba jg emg kaki2 nya ga glodakan


Kayanya masalah kaki2 ini emg nasib2an ya om..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Kadang lewat elevated om, seringnya masuk bekasi barat.. cari akses masuk tol yg mudah aja.. lebih sering lewat non elevatedlemonadelovers wrote: Sun Aug 15, 2021 4:44 Klo jatiasih karawang timur bukannya lewat elevated ya?
Btw sering lewat jalan rusak profil ban ganti yang lebih tebal aja
Profil ban lebih tebel bikin kaki2 lebih awet?
Biasanya penyebab utama yg bikin steering rack berumur pendek apa om?Omnibus wrote: Sun Aug 15, 2021 4:50
kl kena nya bushing arm, shock absorber, karet support msh bisa tahan harganya. begitu kena steering rack n harus ganti assy barulah segala kesal berkecamuk habis tau harganya.
kl lcgc hajar lobang terus ga masalah krn spare part paling berapa. ane malah bayangin mobil yg pake airsus, lewat situ mungkin cuma deb deb deb derrr derrr derrr aja suara di dalam kabin. krn ga berasa makin di gas. ga taunya jebol airsus kena puluhan/ratus juta he he he
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
salah satunya krn profile ban nya rush tebal om. ban pengaruh banget dlm menahan benturan pertama, jadi yg ke transfer ke kaki2 sudah jauh berkurang impact nya.Jordiansyah007 wrote: Sun Aug 15, 2021 14:26
Kakak ane cewek punya rush 2013 trd, yg namanya poldur dihajar, lobang di hajar, skg KM nya 120 ribu.. dibawa ke toyota buat cek kaki2 tnyt cuma ganti sok doang, sisanya ori pabrik![]()
Pas ane coba jg emg kaki2 nya ga glodakankok bisa yah
![]()
Kayanya masalah kaki2 ini emg nasib2an ya om..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
1. kurang grease (kering -> makin banyak gesekan, keausan). bisa krn ga terkontrol atau lewat banjir grease habis terbawa air, plus karatan kl ga segera dibersihkan + grease ulang.Jordiansyah007 wrote: Sun Aug 15, 2021 14:46
Biasanya penyebab utama yg bikin steering rack berumur pendek apa om?
2. sudah ada grease tp dlm kondisi tertentu kepanasan (krn steering rack dekat dgn downpipe knalpot) -> overheat, bikin grease lumer dan tdk bisa bekerja optimal terutama grease murah.
3. menghindari lubang besar, karena reflek driver jadi pas nginjek lubang setir pas diputar sehingga gearnya cacat/codet. konon cacat gear mayoritas terjadi di rack (papan gilesan) di area posisi setir lurus dan 2-3 gigi sebelahnya. he he he ane sering begini, harus belajar NERIMO kalo liat lubang ya jangan pake reflek, pasti nginjek juga lah.
4. inferior part quality dr pabriknya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 613
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Lcgc? Brio tuh kaki2nya stronkkk abiss
Punya kk brio satya 5 tahun cuma fast moving blm ganti kaki
Punya kk brio satya 5 tahun cuma fast moving blm ganti kaki
โ14 PY-VPS
โ01 B20B
โ01 B20B
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Poldurnya nggak tinggi kaleee, lobangnya kecil2 kaleee.Jordiansyah007 wrote: Sun Aug 15, 2021 14:26
Kakak ane cewek punya rush 2013 trd, yg namanya poldur dihajar, lobang di hajar, skg KM nya 120 ribu.. dibawa ke toyota buat cek kaki2 tnyt cuma ganti sok doang, sisanya ori pabrik![]()
Pas ane coba jg emg kaki2 nya ga glodakankok bisa yah
![]()
Kayanya masalah kaki2 ini emg nasib2an ya om..

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Kalo gt brati nginjek lubang setir jangan reflek diputar ya omOmnibus wrote: Sun Aug 15, 2021 15:071. kurang grease (kering -> makin banyak gesekan, keausan). bisa krn ga terkontrol atau lewat banjir grease habis terbawa air, plus karatan kl ga segera dibersihkan + grease ulang.Jordiansyah007 wrote: Sun Aug 15, 2021 14:46
Biasanya penyebab utama yg bikin steering rack berumur pendek apa om?
2. sudah ada grease tp dlm kondisi tertentu kepanasan (krn steering rack dekat dgn downpipe knalpot) -> overheat, bikin grease lumer dan tdk bisa bekerja optimal terutama grease murah.
3. menghindari lubang besar, karena reflek driver jadi pas nginjek lubang setir pas diputar sehingga gearnya cacat/codet. konon cacat gear mayoritas terjadi di rack (papan gilesan) di area posisi setir lurus dan 2-3 gigi sebelahnya. he he he ane sering begini, harus belajar NERIMO kalo liat lubang ya jangan pake reflek, pasti nginjek juga lah.
4. inferior part quality dr pabriknya.
Mantap penjelasannya, nambah ilmu baru

Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?
yah namanya dijalan kan macem2, gak semua lobang/poldur kecil..gak semuanya besar juga.. tp ya pake mobilnya jorok ga ati2
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
itu juga kita biasa reflek om, pas ban kena poldur masih dlm posisi ngerem. salah tuh krn titik berat jd shifting ke roda depan pdhl as depan nahan mesin juga, kita malah nambah2in dgn pake ngerem segala.Jordiansyah007 wrote: Sun Aug 15, 2021 15:38
Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?
yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.
jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Jul 29, 2016 9:01
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Kalo poldur di gaspol nanti ball join sm busing2 gmn om? Karna benturan kencang saat kita gas polOmnibus wrote: Sun Aug 15, 2021 15:45 -
yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.
jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
Autonomous driving kayanya disetting di jalan2 besar deh, jalan besar biasanya jarang poldur.. kalo ada biasanya poldurnya halus.. lain hal kalo potholes..
Kalo poldur di jalan2 kecil kaya di indo yg biasanya tinggi2 ini baru deh pusing tuh enjiner

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
Saya ada pengalaman lucu sama istri saya soal ini.Omnibus wrote: Sun Aug 15, 2021 15:45itu juga kita biasa reflek om, pas ban kena poldur masih dlm posisi ngerem. salah tuh krn titik berat jd shifting ke roda depan pdhl as depan nahan mesin juga, kita malah nambah2in dgn pake ngerem segala.Jordiansyah007 wrote: Sun Aug 15, 2021 15:38
Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?
yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.
jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
Saya ajarin kalau ada lubang ditancep aja jangan direm.
Dia bener2 melakukan saran saya sih. Polisi tidurnya di green garden om. Bentuknya lancip kayak gunung berapi.
Tp saya lupa profil bannya cuma 40 dan hasilnya velg orinya bengkok

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sering lewat tol cikampek bikin kaki2 mobil cepat rusak ?
vincewonk wrote: Sun Aug 15, 2021 16:39Saya ada pengalaman lucu sama istri saya soal ini.Omnibus wrote: Sun Aug 15, 2021 15:45itu juga kita biasa reflek om, pas ban kena poldur masih dlm posisi ngerem. salah tuh krn titik berat jd shifting ke roda depan pdhl as depan nahan mesin juga, kita malah nambah2in dgn pake ngerem segala.Jordiansyah007 wrote: Sun Aug 15, 2021 15:38
Oya om, kalo ada poldur di rem sblm ban kena poldur yah? Jd pas ban menyentuh poldur rem sudah kita release ?
yg bener malah kayanya gas pol aja kl poldur. hahahahaha biar titik berat shift ke belakang.
jd mikir kl sistem autonomous driving mikirin begituan ga tuh. harusnya dia lbh hebat kl disetting bener sama enjinir nya, memperpanjang usia kaki2 hahahaha. cuma penumpang di dalem ajrut2an semua kl lewat poldur.
Saya ajarin kalau ada lubang ditancep aja jangan direm.
Dia bener2 melakukan saran saya sih. Polisi tidurnya di green garden om. Bentuknya lancip kayak gunung berapi.
Tp saya lupa profil bannya cuma 40 dan hasilnya velg orinya bengkok![]()

iya, jadi banyak faktor juga so there's no single solution. bentuknya atau tingginya si poldur. makanya reflek kita juga adapt, masalahnya kecepatan kita adapt, proses mikir what to do, sama speed kendaraan ga sinkron.
dulu sy sering denger kl mobil jd sering rusak bahwa jalanannya yg salah, bukan mobilnya. ternyata mungkin ada benernya.