Tipe2 mobil Honda...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Kalo yg aku post dulu, dapet dari Drive.com.au.pinoh_boy wrote:Dapat gambar mobil honda dari mana neh?? Kasi tau dong, yg gratis ya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Salam kenal...saya Baron F. Hussein, tau forum ini dari bung Yongis dari forum aviasi yang lain... 
IMHO..kenapa Honda ga masukin tipe Euro, Type R, etc...itu karena beberapa hal berikut...
1. Market. Pasar kita susah untuk menerima mobil specialized seperti itu. Yang mau beli juga dikit. Jadi dari pada invest rugi, mending ga usah sekalian. Toh kalo mo beli juga ada IU....
2. FUEL!!! Ini yang susah, tau sendiri bensin Pertamina kaya apa. Setau saya, Civic Type R aja kompresi udah 1:11 !! Di indonesia Anda mo make bensin apa Bung? Pertamax Plus aja cuma 95 (kalo belum dicampur..) Masak bensol? Lagian bensol ga sehat buat mesin mobil (kalo ada yang mau jelas mungkin bisa saya terangkan kenapa ga sehat kapan-kapan...)
Mungkin dua hal diatas adalah faktor terbesar (IMHO). Tipe mobil Honda sendiri mungkin sudah kebanyakan disini... tipe mesinnya lebih gilakkk lagi! tipe mesin Genio/Estilo adalah D16A7, tapi ini aja ada 3 varian. kompresi 1:9,1...1:10...1:10.5 Nah yang masuk ke Indonesia cuma yang kompresi 9,1 tadi. Yang lain masuk ke laut... hehehhe..
Kan banyak banget tuh! Diluar sampe ada yang 1.6 SOHC, 1.6 DOHC, 1.6 DOHC VTEC. itu baru tipe buat Genio/Estilo. Tipe yang lain? Mohon maaf ga cukup memori otaknya.... hehehehehheh.
Dari segi jeroan mesin aja... yang D16A7 (Genio/Estilo) versi Indonesia engine bearingnya (metal kata orang jawa) lebih tebal dari yang engine D16A7 versi Singapore. Mungkin disesuaikan dengan gaya perawatan orang Indonesia yang miskin maintenance dan lupa ganti oli...
Engine bearing kita sama seperti Civic 88-91 (Civic LX ato Grand Civic), dalam hal tebalnya. Aslinya engine bearing D16A7 itu lebih tipis dari yang kita pake di Indonesia...
Bingung? Saya juga!!!!!
NB: test drive Jazz dapat dibaca di segment lain dari forum ini...
Kalo ada masukan / pertanyaan lain....silahkan koment nya....

IMHO..kenapa Honda ga masukin tipe Euro, Type R, etc...itu karena beberapa hal berikut...
1. Market. Pasar kita susah untuk menerima mobil specialized seperti itu. Yang mau beli juga dikit. Jadi dari pada invest rugi, mending ga usah sekalian. Toh kalo mo beli juga ada IU....

2. FUEL!!! Ini yang susah, tau sendiri bensin Pertamina kaya apa. Setau saya, Civic Type R aja kompresi udah 1:11 !! Di indonesia Anda mo make bensin apa Bung? Pertamax Plus aja cuma 95 (kalo belum dicampur..) Masak bensol? Lagian bensol ga sehat buat mesin mobil (kalo ada yang mau jelas mungkin bisa saya terangkan kenapa ga sehat kapan-kapan...)
Mungkin dua hal diatas adalah faktor terbesar (IMHO). Tipe mobil Honda sendiri mungkin sudah kebanyakan disini... tipe mesinnya lebih gilakkk lagi! tipe mesin Genio/Estilo adalah D16A7, tapi ini aja ada 3 varian. kompresi 1:9,1...1:10...1:10.5 Nah yang masuk ke Indonesia cuma yang kompresi 9,1 tadi. Yang lain masuk ke laut... hehehhe..
Kan banyak banget tuh! Diluar sampe ada yang 1.6 SOHC, 1.6 DOHC, 1.6 DOHC VTEC. itu baru tipe buat Genio/Estilo. Tipe yang lain? Mohon maaf ga cukup memori otaknya.... hehehehehheh.
Dari segi jeroan mesin aja... yang D16A7 (Genio/Estilo) versi Indonesia engine bearingnya (metal kata orang jawa) lebih tebal dari yang engine D16A7 versi Singapore. Mungkin disesuaikan dengan gaya perawatan orang Indonesia yang miskin maintenance dan lupa ganti oli...

Engine bearing kita sama seperti Civic 88-91 (Civic LX ato Grand Civic), dalam hal tebalnya. Aslinya engine bearing D16A7 itu lebih tipis dari yang kita pake di Indonesia...
Bingung? Saya juga!!!!!

NB: test drive Jazz dapat dibaca di segment lain dari forum ini...
Kalo ada masukan / pertanyaan lain....silahkan koment nya....

Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
ih...pake bensol asyik lagi, heheehe
dah sering coba tuh dulu, tpai emang muahallll
tapi kalo buat harga sekarang sih ya, ga beda jauh ma pertamax plus tuh, masalah ngerusak sih emang ya, tapi ya kembali lagi sih....hehehe
mau kenceng siap rusak...hehehhee lagi
BTW..Baron F. Hussein....org Imora ya ?
hafal juga ya tipe2 nya....COOL
nambah lagi deh org pinter di serayamotor
Bravo
dah sering coba tuh dulu, tpai emang muahallll
tapi kalo buat harga sekarang sih ya, ga beda jauh ma pertamax plus tuh, masalah ngerusak sih emang ya, tapi ya kembali lagi sih....hehehe
mau kenceng siap rusak...hehehhee lagi
BTW..Baron F. Hussein....org Imora ya ?
hafal juga ya tipe2 nya....COOL
nambah lagi deh org pinter di serayamotor
Bravo
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Long posting (lagiiiii.......)
Bung Demonium (ini logam tipe apalgi ya? Sejenis alloy kali... hehehehe)..
Bensol sebenarnya bukan untuk pemakaian mesin mobil/motor, aslinya ya buat aviasi/pesawat propeller yang masi make piston engine (Cessna seri berapaaaa gitu....) Jadi ya dirancang untuk mesin dengan lingkungan miskin oxygen. Diatas awas sana kan miskin oxygen ya?
Jadinya "properties" nya beda ama bensin buat kendaraan darat..
1. Timbal (Pb ato lead ato tima hitam ao plumbum) yang lebih tinggi. Disamping merusak alam (kata orang amrik si..saya si ga gitu percaya...hehehehe) juga menimbulkan deposit diruang bakar, intake/exhaust valve, outlet yang berwarna keabu-abuan. Namanya kerak mesti jelek kan, kecuali mungkin kerak nasi...masi enak di makan..
2. Gampang meyerap air (hidroskopis). Akibatnya tangki bensin anda bisa terjadi timbunan lumpur dan karat, karena bensol/avgas lebih gampang menyerap air dari pada bensin. Apalagi sering kosong ato 1/2 terisi tangkinya... Bisa bokek tuh sebulan sekali turunin tangki... belum lagi mesti rajin bersihin filter bensin baik di selang, ato pun di ujung nozzle injector.
3. Umur fuel pump yang lebih pendek, apalagi kalo make pompa electric. Pompa bensin otomotif dan aviasi jelas berbeda, disesuaikan dengan jenis bahan bakarnya (avgas ato bensin). Pelumasan avgas sendiri buat pompa bensin cenderung minim, akibatnya umur fuel pump anda diperpendek... tau sendirilah bung harga fuel pump berapa...
4.Kalo yang masi make karburator, kasian pelampungnya. Beberapa kejadian karbu Weber DCOE pelampungnya bolong ga kuat kena bensol, jadi kaco deh kerjanya. Wah, blum balapan dah kalah duluan nih..
Pengalaman bung Demonium emang benar, sekilas bensol dirasa lebih enteng dari bensin. Sebenarnya mesin butuh RON (Research Octane Number) tertentu untuk mendapatkan tenaga tertinggi. Oktannya rendah ga lari, terlalu tinggi ya ga lari. Setau saya oktan avgas murni itu sekitar 108, bandingkan dengan premium ( 88 ), Pertamax (91), Pertamax Plus (95 ato 93 ya...).
Jadi kalo make bensol sebenarnya terasa enteng dipijakan gas, tetapi lari mobil serasa "kosong". Dapat dibuktikan dengan alat semacam G-Tech ato Vericom. Kecuali emang mesin anda kompresi diatas 11, baru bisa deh make bensol. Selain bensol ada racing fuel yang bagus, oktan juga 108, dan tak mempunyai "properties" yang merugikan seperti bensol diatas. Coba make VP Racing Fuel aja bung, memang lebih mahal tapi umur mesin dan komponennya ga pendek
Sebenarnya bensin Pertamina sudah bagus... asal ga dicampur di tengah jalan!!! Ini yang susah....mo gimana lagi? Monopoli....
Saya bukan orang Imora bung Demonium, lagian Imora kan dah ganti ama HPM (Honda Prospect Motor).... Lagian ga pinter....cuma sok tau aja.... bwahahahahahhaa.....
Kalo ada yang tidak tepat mohon dikoreksi ya?
NB:bung Yongis.... sama kaya yang diforum sebelah kan? Avatarnya kok beda ya?
Bung Demonium (ini logam tipe apalgi ya? Sejenis alloy kali... hehehehe)..
Bensol sebenarnya bukan untuk pemakaian mesin mobil/motor, aslinya ya buat aviasi/pesawat propeller yang masi make piston engine (Cessna seri berapaaaa gitu....) Jadi ya dirancang untuk mesin dengan lingkungan miskin oxygen. Diatas awas sana kan miskin oxygen ya?

Jadinya "properties" nya beda ama bensin buat kendaraan darat..
1. Timbal (Pb ato lead ato tima hitam ao plumbum) yang lebih tinggi. Disamping merusak alam (kata orang amrik si..saya si ga gitu percaya...hehehehe) juga menimbulkan deposit diruang bakar, intake/exhaust valve, outlet yang berwarna keabu-abuan. Namanya kerak mesti jelek kan, kecuali mungkin kerak nasi...masi enak di makan..

2. Gampang meyerap air (hidroskopis). Akibatnya tangki bensin anda bisa terjadi timbunan lumpur dan karat, karena bensol/avgas lebih gampang menyerap air dari pada bensin. Apalagi sering kosong ato 1/2 terisi tangkinya... Bisa bokek tuh sebulan sekali turunin tangki... belum lagi mesti rajin bersihin filter bensin baik di selang, ato pun di ujung nozzle injector.

3. Umur fuel pump yang lebih pendek, apalagi kalo make pompa electric. Pompa bensin otomotif dan aviasi jelas berbeda, disesuaikan dengan jenis bahan bakarnya (avgas ato bensin). Pelumasan avgas sendiri buat pompa bensin cenderung minim, akibatnya umur fuel pump anda diperpendek... tau sendirilah bung harga fuel pump berapa...

4.Kalo yang masi make karburator, kasian pelampungnya. Beberapa kejadian karbu Weber DCOE pelampungnya bolong ga kuat kena bensol, jadi kaco deh kerjanya. Wah, blum balapan dah kalah duluan nih..

Pengalaman bung Demonium emang benar, sekilas bensol dirasa lebih enteng dari bensin. Sebenarnya mesin butuh RON (Research Octane Number) tertentu untuk mendapatkan tenaga tertinggi. Oktannya rendah ga lari, terlalu tinggi ya ga lari. Setau saya oktan avgas murni itu sekitar 108, bandingkan dengan premium ( 88 ), Pertamax (91), Pertamax Plus (95 ato 93 ya...).
Jadi kalo make bensol sebenarnya terasa enteng dipijakan gas, tetapi lari mobil serasa "kosong". Dapat dibuktikan dengan alat semacam G-Tech ato Vericom. Kecuali emang mesin anda kompresi diatas 11, baru bisa deh make bensol. Selain bensol ada racing fuel yang bagus, oktan juga 108, dan tak mempunyai "properties" yang merugikan seperti bensol diatas. Coba make VP Racing Fuel aja bung, memang lebih mahal tapi umur mesin dan komponennya ga pendek

Sebenarnya bensin Pertamina sudah bagus... asal ga dicampur di tengah jalan!!! Ini yang susah....mo gimana lagi? Monopoli....

Saya bukan orang Imora bung Demonium, lagian Imora kan dah ganti ama HPM (Honda Prospect Motor).... Lagian ga pinter....cuma sok tau aja.... bwahahahahahhaa.....

Kalo ada yang tidak tepat mohon dikoreksi ya?
NB:bung Yongis.... sama kaya yang diforum sebelah kan? Avatarnya kok beda ya?

Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
wah saya bukan org honda...padahal saya pengen banget kenal ma org honda, mo prospek motor kek, mo apa kek
soal bensol dan kompresi ya
saya pernah pake bendol di mesin yg kompresi nya 11,7 bung, jadi kerasaaaaaaa bgt
saya sering sih dulu pake murni tanpa di oplos, saya pernah beli beratus2 liter....hehehehe
bTW stop calling me logam plzzzzz
hiks hiks hiks
soal bensol dan kompresi ya
saya pernah pake bendol di mesin yg kompresi nya 11,7 bung, jadi kerasaaaaaaa bgt
saya sering sih dulu pake murni tanpa di oplos, saya pernah beli beratus2 liter....hehehehe
bTW stop calling me logam plzzzzz
hiks hiks hiks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Maaf bung Demo, bercanda only....
Kompresi segitu ya pantaaaaaaaaaaaaaaaaasssss!!!!!Hahahahahha....keren tuh....boleh juga.... kalo bisa minta speknya dong ama tipe kendaraan... ato harus di kamar forum lain ya? Kayanya spek drag ya?
BTW yang disini ada nyang dari Jogja ndak ya?

Kompresi segitu ya pantaaaaaaaaaaaaaaaaasssss!!!!!Hahahahahha....keren tuh....boleh juga.... kalo bisa minta speknya dong ama tipe kendaraan... ato harus di kamar forum lain ya? Kayanya spek drag ya?
BTW yang disini ada nyang dari Jogja ndak ya?
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Fri Apr 30, 2004 1:58
- Location: NYC
Sayang Accord Euro ato Acura TSX ( di amrik ) nga masup ke indo abis toyota camry udah masupin camry yg segede bagong sih.. trus ada V6 pula. Accord Euro pakai mesin 2.4 liter tapi accord yg North America pake mesin 2.4 ama 3.0 V6. Jadi indo dapet accord yg versi Aussie ama Amrik karena gede dan mesinnya juga bisa lawan camry. Padahal kalo design Accord Euro jauh lebi cocok buat asia karena kecil ( nga makan tempat dan org2 asia wong kecil2 semua nga segendut2 org bule amrik ato oz, dan handling nya accord Euro lebi bagus daripada Accord OZ ato US.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Nambahin dikit, di Aussie ada 2 versi Accord, yg Euro dan yg US, jadi jangan disebut versi Aussie.dodolaje wrote:Sayang Accord Euro ato Acura TSX ( di amrik ) nga masup ke indo abis toyota camry udah masupin camry yg segede bagong sih.. trus ada V6 pula. Accord Euro pakai mesin 2.4 liter tapi accord yg North America pake mesin 2.4 ama 3.0 V6. Jadi indo dapet accord yg versi Aussie ama Amrik karena gede dan mesinnya juga bisa lawan camry. Padahal kalo design Accord Euro jauh lebi cocok buat asia karena kecil ( nga makan tempat dan org2 asia wong kecil2 semua nga segendut2 org bule amrik ato oz, dan handling nya accord Euro lebi bagus daripada Accord OZ ato US.