Pboyz97 wrote: Wed Aug 11, 2021 9:55
kalo mobil pertama dan blm biasa merawat mobil sih saya vote mobil baru, karena lebih worry free, sepertinya dapet yg tipe 1.5 E CVT kalo ngambil baru, karena harga after PPNBM + diskon dealernya masuk budget. mobil seken, sebagus apapun kondisi mobil tersebut dan reputasi dari brandnya pasti ada aja yg harus diganti karena umur dan pemakaian + mobil bekas itu gabisa 100% perfect karena itu bukan mobil baru. dan miara mobil bekas itu harus diperhitungkan matang2, apakah sudah siap untuk waktu dan mentalnya. kalo om orangnya sabar, teliti, jeli, punya waktu lebih buat hunting unitnya (karena gabisa sekali jadi kalo nyari mobekas, karena perlu lebih dari 1 unit yg disurvei biar ada pembanding unit mana yg paling worth buat dibeli dari segi harga dan kondisi) dan siap buat nyiapin spare dana tambahan diluar harga mobil buat balik nama dan servis menurut saya ya boleh dicoba buat beli mobekasnya, tapi kalo om maunya yg worry free, lebih baik mobil baru saja hehehe
back to topic. kebetulan saya ex user cx5 first gen pfl 2013 dan sekarang user HRV 1.5 E CVT 2018 . kalo saya pribadi kalo diantara 2 itu vote HRV ya, karena lebih masuk secara dimensi dan sesuai kriteria juga. karena dimensi innova lama sm cx5 gen 1 gajauh beda loh wkwkkw . plusnya ya mobil ini fun to drive, handlingnya oke buat kelasnya, desain exterior dan interiornya lumayan bagus, fitur lengkap dan tarikannya cukup oke buat ukuran crossover , selain itu, bagasinya luas dan storagenya juga banyak. masih cocok lah buat keluarga dengan anak maksimal 2 hehehe . kelemahannya ada di durability kaki2 dan rack steeringnya yg kurang oke + hoki2an juga. kadang dapet yg blm ada setahun pake udh rattle dasbornya atau kaki2nya udh kena, ada juga yg normal2 aja sampe beberapa tahun pemakaian, selain itu, interior qualitynya juga agak kurang buat mobil 300jtan menurut saya, terus kualitas audio bawaannya juga kurang oke , dan yg terakhir mobil ini kekedapan kabinnya agak kurang ya, suara mesin dan suara ban masuk semua kalo dibawa di tol diatas 80 kpj (kelemahan hampir semua mobil honda sih kalo ini menurut saya, karena pengalaman saya piara CRV gen 2, CRV gen 3 , jazz RS 2009 dan sekarang pake CRV gen 5 dan HRV 2018 salah 1 minusnya ada di kekedapan kabin yg agak kurang dibanding rival2 sekelasnya wkwkwwk) . kalo masalah part ya cukup mudah lah, bengkel spesialisnya masih banyak yg bisa nanganin, dan part mesinnya masih common parts dengan jazz dan city, jadi ga masalah lah menurut saya hehehe
kalo CX5 FL seken, cari yg tipe GT dan kalo bisa warna putih atau merah. karena tipe dan warna terlarisnya kalo CX5 FL ya itu hehehe. selain itu, yg mesti diperhatikan kalo nyari CX5 FL seken
- aki istopnya, karena cukup mahal biayanya kalo di beres, sekitar 3-4jtan, tapi kalo alternatif, bisa pake amaron, harganya sekitar 2jtan kalo gasalah
- elektrikal dan sensor2nya, karena mobil ini termasuk canggih buat ukuran mobil jepang
- kaki2 dan rack steering
- pastikan owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli maticnya
- ketersediaan parts. walaupun sebenernya kalo tinggal di kota besar kaya jakarta partsnya masih cukup mudah ya, tapi biaya perawatannya termasuk mahal buat ukuran mobil jepang (lebih mahal dibanding toyota atau honda) dan minusnya lagi bengkel spesialisnya masih jarang, blm sebanyak merek jepang lainnya menurut saya, jadinya ya mau ga mau harus pake yg ori dan ke beres hehehe, dan kalo di daerah sepertinya harus inden barangnya in some case menurut saya
cuma kalo om siap sm segala resikonya, CX5 seken worth it kok buat dipelihara. mobilnya paling fun to drive, handlingnya paling oke, fitur paling lengkap dan tarikannya juga paling oke dikelasnya. selain itu, konsumsi bbmnya juga termasuk irit buat ukuran SUV 2.500CC + surprisingly durable buat ukuran merek nonmainstream. selama 6 tahun pemakaian sampe dijual di km 152rb, gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang hehehe. minusnya ya ada di storagenya yg agak kurang, row 2 yg sempit buat orang yg tingginya 174 cm keatas , bantingan suspensinya yg tergolong keras dan sandaran kursi row 2 nya yg terlalu tegak menurut saya + bagasi yg ga selega rival2 dikelasnya
kalo alternatif , bisa lirik ANKI G diesel AT 2018 atau V diesel at 2017, sepertinya masuk budget . walaupun dimensinya agak besar, tapi worth kok buat jadi mobil pertama, karena perawatan murah, partnya gampang ada dimana2, durable, awet, lega, storage banyak dan cocok kalo bawa rombongan hehehe irit bbm juga dan tarikannya juga ga malu2in kalo buat perjalanan jauh hehehe