impz wrote: Sat Jun 26, 2021 3:47
membangunkan thread lama....
saya lagi seru melihat dan membandingkan mobil hybrid nih om,... mau bertanya nih om, kalau batre nya rusak apakah harus ganti di beres? di Indonesia (terutama jakarta) apakah ada bengkel spesialis untuk batre nya? lalu untuk cmary ini ada hal2 yang harus diperhatikan (penyakit nya) kalau saya mau angkat unit sekond? mungkin tahun 2012-2014an gitu, mengingat berarti sudah berumur 7-9 tahunan kira2...
saya coba bantu jawab ya. kalo batre, kayanya harus ganti di beres. kalo soal spesialis buat batrenya, saya kurang tau. dan kalo camry xv50 pfl ini, apalagi yg tahun 2012-2014 , yg perlu dicek adalah:
- saran saya cari yg V aja (kalo G agak nanggung soalnya, fitur beda jauh tapi harga sekennya beda tipis kok hehehe), kalo emg mau yg hybrid lebih bagus, cuma nyarinya harus lebih sabar lagi secara populasinya ga sebanyak yg tipe G atau V
- usahakan dari pemakai langsung
- kaki2 dan rack steeringnya
- elektrikalnya, karena camry ini elektrikalnya cukup canggih buat mobil jepang
- khusus yg hybrid, cek batrenya (kalo bisa cari yg batrenya udh ganti + lebih bagus lg ada nota bon penggantian batrenya karena sekali gantinya ini batre cukup mahal (sekitar 40-50 jt kalo gasalah)
- maticnya, pastikan owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli CVT nya
- buku servis, buku manual dan faktur wajib ada (lebih bagus ada bon servis entah beres or spesialsi atau gantungan oli, jadi kita tau apa aja yg harus diganti buat pemakaian berikutnya)
- hati2 sm odo puteran, karena mobil ini banyak yg jadi workhorse ownernya, serta dijadiin armada PT dan rental, sehingga yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak, apalagi di jakarta (ajak kenalan yg ngerti mobil dan kalo bisa beli di pemakai langsung) jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan
- jangan cuma 1 unit aja yg di survei, minimal 2, jadi ada pembanding, dari segi harga dan kondisi, lebih cocok yg mana . dan jangan tergiur harga murah, lebih baik beli dengan harga yg lebih mahal sedikit tapi minim PR daripada asal murah tapi banyak PR nya , serta lebih baik km tinggi tapi history servicenya jelas dan terawat daripada odo rendah tapi history servicenya gajelas dan ga terawat
- sering2 deh main ke spesialis atau komunitasnya , siapatau bisa dapet ilmu dan refrensi bengkel spesialis yg harganya terjangkau tapi pelayanannya oke hehehe atau bisa dapet ilmu baru tentang mobil ini (entah fitur atau yg lainnya)
itu aja kalo dari saya, semoga bermanfaat. happy hunting dan semoga dapet unit yg sesuai expektasi ya hehehe