Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Salam kenal Sesepuh-sesepuh semuanya, ijin saya newbie yang selama ini silent reader.
Jadi ceritanya, bulan Juni lalu saya SPK innova reborn karena tertarik dengan PPNBM 50% nya.
Seharusnya sudah dari minggu-minggu lalu saya dapat unitnya, tetapi karena saya terpapar covid, jadi di-hold dulu.
Karena sekarang sudah sehat, saya akan lanjutkan prosesnya untuk finalisasi dan pelunasan.
Awalnya saya mem-booking Reborn V AT Bensin, namun saat ini masih diperbolehkan untuk berubah karena baru tanda jadi.
Terakhir-terakhir ini saya kepikiran lagi, apakah lebih baik V AT Bensin atau Diesel? Sejauh apa perbedaan Bensin dengan Diesel?
Pertimbangan saya kenapa bensin:
1. baca-baca post di sini ada yang pernah menanyakan konsumsi Reborn Bensin ternyata tidak seseram yang saya bayangkan.
2. Konsumsi BBM 2GD yang tidak istimewa2 sekali. VRZ pakai Dex bawa santai (tol trans jawa) hanya di 15 koma km per liter, G AT di 14,5-an
(tol JKT- BDG, rute menanjak) dengan biosol. Getaran mesin 2GD dengan biosol juga lumayan terasa dan suaranya kasar ketika stationer.
Pas jalan saja jadi lebih halus dan tenang.
3. Owning Cost & Operating Cost. Ini yang angkanya terlihat sekali bedanya. Selisih harga V Bensin vs V Diesel Rp 32.500.000,-
- Setara dengan 4248,37 liter Pertalite : jika asumsi rata2 konsumsi 1 lt : 10 km dan per tahun 20.000 km, bisa untuk menempuh jarak 42.484 km
atau 2 tahun lebih.
- Jika sama2 dipakai sejak 0 km, dengan asumsi rata2 konsumsi diesel 12.5 km/ltr dan bensin 10 km/ltr maka dengan asumsi harga biosol vs
pertalite maka operating cost per km menjadi Rp 412/km vs Rp 765/km --> selisih Rp 353/km. Selisih harga unit dibagi dengan jarak ini =
92.068 km. Yang artinya jika akan dipakai lebih dari km tsb, diesel akan lebih ekonomis (di luar pajak dan biaya service).
4. Saya belum pernah piara mobil diesel. Baca-baca suggest di sini, masih bingung soal BRQ, Racun, dll
5. Konon bensin lebih nyaman dari diesel. Tetapi utk tipe V, apakah perbedaannya terasa sekali?
Kenapa kepikiran Diesel?
1. Dari kemarin saya hampir gak pernah lihat ipah bensin lewat di kota saya tinggal saat ini. Apa bensin ini ada yg salah ya....
2. 2GD adalah dewa torsi memang nggak bohong
3. Resale value. Apakah bedanya jadi sangat jomplang secondnya antara bensin dengan diesel?
4. Ada testimoni untuk cruising di tol bisa 1 : 18-19-20. Saya 2 bulan sekali Salatiga - Bandung PP, lumayan juga kalau bisa pakai biosol segitu.
Mohon pencerahan dari suhu-suhu dan rekan-rekan yang tentunya jauh lebih berpengalaman dengan kedua tipe ini. Jika ada asumsi saya yang salah atau mungkin ada keunggulan diesel/kelemahan bensin yang terlewatkan, ditunggu pencerahannya.
Terimakasih sebelumnya.
Jadi ceritanya, bulan Juni lalu saya SPK innova reborn karena tertarik dengan PPNBM 50% nya.
Seharusnya sudah dari minggu-minggu lalu saya dapat unitnya, tetapi karena saya terpapar covid, jadi di-hold dulu.
Karena sekarang sudah sehat, saya akan lanjutkan prosesnya untuk finalisasi dan pelunasan.
Awalnya saya mem-booking Reborn V AT Bensin, namun saat ini masih diperbolehkan untuk berubah karena baru tanda jadi.
Terakhir-terakhir ini saya kepikiran lagi, apakah lebih baik V AT Bensin atau Diesel? Sejauh apa perbedaan Bensin dengan Diesel?
Pertimbangan saya kenapa bensin:
1. baca-baca post di sini ada yang pernah menanyakan konsumsi Reborn Bensin ternyata tidak seseram yang saya bayangkan.
2. Konsumsi BBM 2GD yang tidak istimewa2 sekali. VRZ pakai Dex bawa santai (tol trans jawa) hanya di 15 koma km per liter, G AT di 14,5-an
(tol JKT- BDG, rute menanjak) dengan biosol. Getaran mesin 2GD dengan biosol juga lumayan terasa dan suaranya kasar ketika stationer.
Pas jalan saja jadi lebih halus dan tenang.
3. Owning Cost & Operating Cost. Ini yang angkanya terlihat sekali bedanya. Selisih harga V Bensin vs V Diesel Rp 32.500.000,-
- Setara dengan 4248,37 liter Pertalite : jika asumsi rata2 konsumsi 1 lt : 10 km dan per tahun 20.000 km, bisa untuk menempuh jarak 42.484 km
atau 2 tahun lebih.
- Jika sama2 dipakai sejak 0 km, dengan asumsi rata2 konsumsi diesel 12.5 km/ltr dan bensin 10 km/ltr maka dengan asumsi harga biosol vs
pertalite maka operating cost per km menjadi Rp 412/km vs Rp 765/km --> selisih Rp 353/km. Selisih harga unit dibagi dengan jarak ini =
92.068 km. Yang artinya jika akan dipakai lebih dari km tsb, diesel akan lebih ekonomis (di luar pajak dan biaya service).
4. Saya belum pernah piara mobil diesel. Baca-baca suggest di sini, masih bingung soal BRQ, Racun, dll
5. Konon bensin lebih nyaman dari diesel. Tetapi utk tipe V, apakah perbedaannya terasa sekali?
Kenapa kepikiran Diesel?
1. Dari kemarin saya hampir gak pernah lihat ipah bensin lewat di kota saya tinggal saat ini. Apa bensin ini ada yg salah ya....
2. 2GD adalah dewa torsi memang nggak bohong
3. Resale value. Apakah bedanya jadi sangat jomplang secondnya antara bensin dengan diesel?
4. Ada testimoni untuk cruising di tol bisa 1 : 18-19-20. Saya 2 bulan sekali Salatiga - Bandung PP, lumayan juga kalau bisa pakai biosol segitu.
Mohon pencerahan dari suhu-suhu dan rekan-rekan yang tentunya jauh lebih berpengalaman dengan kedua tipe ini. Jika ada asumsi saya yang salah atau mungkin ada keunggulan diesel/kelemahan bensin yang terlewatkan, ditunggu pencerahannya.
Terimakasih sebelumnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Resale value gak bisa boong om...kalau mau bensin cari 2nd aja harganya lumayan dalem jatuhnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
kalau ada cerita resale value..
merem om ambil diesel aja..
merem om ambil diesel aja..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Kl masi mikirin resale value
Lupakan inofa bensin, bakal sakit ati liatnya
Dr jaman dl slalu ngawur seken nya bensin
Kcuali d luar pulau jawa, laen crita itu
# dari user 2x inofa bensin
Lupakan inofa bensin, bakal sakit ati liatnya
Dr jaman dl slalu ngawur seken nya bensin
Kcuali d luar pulau jawa, laen crita itu
# dari user 2x inofa bensin
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 530
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Pemakaian pribadi yg wajar khan om? Bukan buat fleet?
Kalo saya sih ambil 2gd klo nyari performa, klo keiritan (termasuk menghitung harga awal) jatuhnya kurang lebih sama, 2gd gak irit2 amat, yg bikin irit sih karena dengan keluar duit solbus tp dapet performa jauh diatas 1tr
buat saya yg terbiasa mobil gasoline, suara dan getaran diesel rada mengganggu, apalagi aroma knalpotnya dipagi hari
1tr jauh lebih alus, lebih nyaman buat saya ,,
lain cerita kalo resale value,, 1tr wajib ambil seken aja
Kalo saya sih ambil 2gd klo nyari performa, klo keiritan (termasuk menghitung harga awal) jatuhnya kurang lebih sama, 2gd gak irit2 amat, yg bikin irit sih karena dengan keluar duit solbus tp dapet performa jauh diatas 1tr
buat saya yg terbiasa mobil gasoline, suara dan getaran diesel rada mengganggu, apalagi aroma knalpotnya dipagi hari
1tr jauh lebih alus, lebih nyaman buat saya ,,
lain cerita kalo resale value,, 1tr wajib ambil seken aja
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 544
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Diesel lebih kencang
Diesel lebih irit
Diesel lebih tinggi harga jual kembalinya
Makanya diesel lebih mahal
Diesel lebih irit
Diesel lebih tinggi harga jual kembalinya
Makanya diesel lebih mahal
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Resale value = innova baru yg diesel aja om
Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.
Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.
Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.
Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.
Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
buset mobil segitu gedenya bs 1:15 ngetol msh dibilang biasa aja
klo msh liat opcost pke rupiah doang mah beli lcgc ato lmpv aja; murah smua
2gd tarikan kurang bs remap; apalagi klo brani ngempanin dex terus, mappingnya mestinya bs lbh agresif (?) drpd yg minta kudu bs solbus
klo msh liat opcost pke rupiah doang mah beli lcgc ato lmpv aja; murah smua
2gd tarikan kurang bs remap; apalagi klo brani ngempanin dex terus, mappingnya mestinya bs lbh agresif (?) drpd yg minta kudu bs solbus
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
kalo w mending beli disel yg seken aja om, sisa uangnya buat beli saham bukalapak wkwk
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4608
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
kalo mikir resale value, saya lebih prefer diesel om, karena harga sekennya cenderung stabil alias nahan menurut saya, apalagi yg matic. kalo bensin entah kenapa sekennya cenderung jatoh buat ukuran innova dibanding yg dieselnya, terutama bensin matic. selain itu juga torsi dan tarikannya juga jauh lebih enak yg diesel menurut saya dan lebih irit bbm juga dibanding yg bensin (kebetulan saya sudah pernah coba keduanya) . soal modif sih lumayan banyak yg kalo innova diesel, bisa remap or dastek, kalo perlu pasang turbo wkwkkw. tenaga udh naik lumayan gede daripada standarnya
cuma plusnya bensin dibanding diesel sih ada di suara mesinnya yg lebih halus dan konsumsi bbm yg lebih irit daripada innova lama (walaupun masih lumayan jauh bedanya sm yg diesel soal konsumsi bbm), minusnya ya tenaganya agak kurang menurut saya, walaupun udh ga selemot innova lama
cuma plusnya bensin dibanding diesel sih ada di suara mesinnya yg lebih halus dan konsumsi bbm yg lebih irit daripada innova lama (walaupun masih lumayan jauh bedanya sm yg diesel soal konsumsi bbm), minusnya ya tenaganya agak kurang menurut saya, walaupun udh ga selemot innova lama
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 852
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
bensin memang suara dan stasioner memang lbh senyap dibanding diesel. tp fun to drive enak diesel. cb test drive dl aja supaya pilihannya lbh pas dihati
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Kalo mau dompet tebel terus kayak om kompre ya ambil diesel[emoji3]
Kalo aliran santai kayak saya sih irit jauh diesel vs bensin. Biosolar saya bisa 21.5 km/liter kombinasi 80% tol 20% arteri
Kalo aliran santai kayak saya sih irit jauh diesel vs bensin. Biosolar saya bisa 21.5 km/liter kombinasi 80% tol 20% arteri
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
ambil diesel aja Om tapi yg V kalau bisa
mesin bensin = mesin ipah yg lama, kalau diesel kan udah 2GD. dulu pertimbangan saya ambil diesel salah satunya itu. karena sebelumnya pakai ipah lama bensin. pas reborn masih pakai mesin yg sama. bosen lihatnya..
akhirnya beli diesel v second. dan sudah pakai mau setahun. saya cek harga sekarang di olx secondnya dg tipe dan tahun yg sama masih sama seperti tahun lalu. kalau buat ngetol enak diesel v. manteng di 140km/jam rpm cuma 2100. suara diesel reborn dari kabin sudah jauh berkurang hampir kayak bensin, terutama yg type V.
mesin bensin = mesin ipah yg lama, kalau diesel kan udah 2GD. dulu pertimbangan saya ambil diesel salah satunya itu. karena sebelumnya pakai ipah lama bensin. pas reborn masih pakai mesin yg sama. bosen lihatnya..
akhirnya beli diesel v second. dan sudah pakai mau setahun. saya cek harga sekarang di olx secondnya dg tipe dan tahun yg sama masih sama seperti tahun lalu. kalau buat ngetol enak diesel v. manteng di 140km/jam rpm cuma 2100. suara diesel reborn dari kabin sudah jauh berkurang hampir kayak bensin, terutama yg type V.
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Saya pengguna diesel 2GD,
saran ambil bensin aja om…
Saya bingung ngabisin solar nii skrg, isi solar 150 rb, sebulan kagak habis
saran ambil bensin aja om…
Saya bingung ngabisin solar nii skrg, isi solar 150 rb, sebulan kagak habis
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Iya Om, untuk pemakaian pribadi. Perkiraan hanya 12-15 ribu km per tahun, karena hanya dipakai untuk long trip atau pas harus bawa penumpang banyakan.ariswp wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 1:58 Pemakaian pribadi yg wajar khan om? Bukan buat fleet?
Kalo saya sih ambil 2gd klo nyari performa, klo keiritan (termasuk menghitung harga awal) jatuhnya kurang lebih sama, 2gd gak irit2 amat, yg bikin irit sih karena dengan keluar duit solbus tp dapet performa jauh diatas 1tr
buat saya yg terbiasa mobil gasoline, suara dan getaran diesel rada mengganggu, apalagi aroma knalpotnya dipagi hari
1tr jauh lebih alus, lebih nyaman buat saya ,,
lain cerita kalo resale value,, 1tr wajib ambil seken aja
Mengenai resale value, sebenarnya rencana ke depan mobil saya pakai sampai suatu saat nanti reborn ini ganti generasi. Selanjutnya akan tukar tambah, seperti skrg ini dimana saya punya ANT saya tukar tambah dengan unit reborn baru. Saya pinginnya tau beres ajah
Reborn keluar pertama thn 2016. Kalau melihat kisul dr 1997 - 2004 (7 tahun), GNKI 2004 - 2016 (12 tahun), artinya Reborn ini akan dipakai paling tidak 5-7 tahun ke depan. Jika sama2 rawatan beres, apakah akan jauh beda depresiasinya? Krn diesel (jaman dulu) setahu saya lebih cepat menurun kondisinya dibanding bensin. Apakah ini jg berlaku utk diesel generasi sekarang?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Nah.. itu dia Om. Saya masih blm ikhlas sebuah kijang dikasih Pertadex, yg lebih mahal dr pertamax Turboerwinign wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:31 Resale value = innova baru yg diesel aja om
Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.
Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.
Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
Masa' BBM nya kijang lebih mahal drpd CRV Turbo..
Tapi pengalaman pakai punya kantor dikasih full Biosol everyday, kok suaranya kasar, getarannya lumayan, jadi mikir2 lagi...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Hehehe... baca2 disini, sejenis santa fe aja bisa di atas 1 : 20, ekspektasi saya paling tdk sama dgn ANE, bisa 1 : 17andoge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:55 buset mobil segitu gedenya bs 1:15 ngetol msh dibilang biasa aja
klo msh liat opcost pke rupiah doang mah beli lcgc ato lmpv aja; murah smua
2gd tarikan kurang bs remap; apalagi klo brani ngempanin dex terus, mappingnya mestinya bs lbh agresif (?) drpd yg minta kudu bs solbus
Kalau remap, sepertinya ndak deh Om. Saya senang standaran saja. Paling2 maksimum pakai biosol kalau jalan2 di dlm kota, pakai pertadex kalau longtrip lukot. Tapi kalau hanya di 1 : 15an, kok jatuhnya msh lebih ngirit pertalite 1 : 13 ya...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Yg diesel sdh sering coba punya kantor Om. 2.4 G AT, biosol terus. Yang mengkhawatirkan saya dr diesel ini jangka panjang pemakaian biosolnya.
Yang menggoda: Torsi jempolan lagi santai ada yg nyusul, dikejar lagi juga gampang. Kalau supir point of view, menyenangkan diesel memang. Dan saya 95% sbg supir.
Tapi pas jadi penumpang, hal2 yg begini terasa sekali: limbung, duduk di row tengah kok terasa goyang2. Dan 1 yg terasa banget pas jd driver maupun penumpang: nose dive ketika ngerem. Nggak enak banget. Apa yg bensin juga sama?
Dengar2 handling lebih baik yg bensin krn faktor center of gravity nya yg lebih balance / lebih ke tengah drpd diesel yg cenderung lebih ke depan. Apakah betul?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 402
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Saya adalah orang yang ga pernah pelihara diesel, yang akhirnya awal tahun ini memutuskan untuk pelihara ANKI V Diesel Matic. Sebelumnya ngalamin pake Baleno Next-G 2004, Grand Livina HWS 2011, Ford Fiesta, Altis 2015, CRV 2014, intinya mobil2 bensin semua hahahah.
Buat yang belum pernah pegang diesel sehari-hari sebelumnya, pro cons nya adalah berikut:
Pros
1. Secara keiritan cukup signifikan, mungkin sekitar 4 km/l lebih irit dari bensin untuk daily, sampai 6 km/l lebih irit utk perjalanan tol luar kota
2. Nginjek gas ga perlu dalem -> nyetir ga capek ngegas dalem2 tiap nemu tanjakan di tol -> lebih peace in mind ketemu jalan jenis apapun, pasti kuat
3. Lebih nyaman ketika overtaking mobil lain, biasanya yg bikin penumpang merasa kita nyetir ngebut tuh karena di mobil bensin kalo mau nambah power otomatis harus RPM tinggi dan suaranya nguuuung kenceng, sesenyap apapun mobilnya. Selama saya pake diesel, penumpang yang biasa protes soal ngebut pake CRV 2014 anteng2 aja di ANKI Diesel karena tiap overtake ga perlu RPM tinggi tenaga dan torsinya ada terus. Somehow lebih senyap utk urusan ini. Soal RPM rendah dan bertenaga tuh ngefek banget di penumpang saya karena sering lewat tol Semarang-Salatiga yg banyak tanjakannya, tiap nanjak kalo naik mobil bensin downshift RPM tinggi biar tenaganya keluar.
4. Tenaga dan torsi diesel lebih menyenangkan kalo om suka nyetir. Bensin ga loyo, not that bad, tapi tetep lebih fun bawa diesel aja. Feel ladderframe yang nggak se-anteng monokok terkompromi sama keasyikan nyetir diesel.
5. Kalo om mikirin resale value, diesel super stabil harganya. Cek aja innova lawas2 masih mahal banget om
Cons
1. Suara di luar berisik banget kalo lagi manasin. ANKI 2021 versi diesel katanya memang lebih berisik daripada pre-facelift, karena ada perubahan injector & turbo yg dipakai.
2. Kalo lagi manasin harus keluar dari garasi kecuali om siap diprotes seluruh penghuni rumah Maklum lah, biasa manasin bensin ga ada baunya, ini tiap manasin mau sebagus apapun BBM nya tetep ada bau solarnya. Sepengamatan saya, bau menyengat di pertadex << dexlite << biosolar. Mild baunya kalo pake pertadex, dan kalo udah agak terbiasa jadi not a big deal.
3. Getaran pasti tetep ada, tapi di ANKI 2021 kalo saya kasih pertadex getarannya minim banget apalagi kalau duduk di bangku baris kedua dan ketiga. Tetep lebih bergetar dari yang bensin, tapi bukan berarti getarannya sampai tahap mengganggu bagi saya. Jauh lebih halus dari Innova 2KD alias diesel generasi sebelumnya.
4. Harus lebih rajin rawat aja om, simple contohnya misal dalam pemilihan BBM. Kalo jarang jalan kaya sekarang, saya wajib isi Pertadex, takut pengendapan kalo pake Biosolar. Atau, kalo mau pake Biosolar harus pake aditif seperti yg udah banyak dibahas om Turboman. Trus juga wajib perhatiin filter solar secara rutin, atau purging. Memang cocok sih kalo suka rawat mobil pakenya diesel.
Kalo urusan limbung, menurut saya yg bensin dan diesel ga jauh beda om. Karakter sasis tangga a.k.a ladderframe pasti begitu. Banyak2nya sih pada ngakalin dari sektor kaki2, ganti shock, atau pasang coilover, stabilizer, dll. Satu yg ngefek banget buat pengemudi adalah ganti ban bawaannya. Saya dapet ban GT Radial Champiro Eco berasa terbang di awan kalo nyetir dan jadi penumpang ngambang dan berasa banget limbungnya. Langsung ganti Bridgestone Potenza rasanya jauh beda, lebih anteng dan ga lari ke kanan kiri di tol Semarang-Solo yg banyak betonnya
Buat yang belum pernah pegang diesel sehari-hari sebelumnya, pro cons nya adalah berikut:
Pros
1. Secara keiritan cukup signifikan, mungkin sekitar 4 km/l lebih irit dari bensin untuk daily, sampai 6 km/l lebih irit utk perjalanan tol luar kota
2. Nginjek gas ga perlu dalem -> nyetir ga capek ngegas dalem2 tiap nemu tanjakan di tol -> lebih peace in mind ketemu jalan jenis apapun, pasti kuat
3. Lebih nyaman ketika overtaking mobil lain, biasanya yg bikin penumpang merasa kita nyetir ngebut tuh karena di mobil bensin kalo mau nambah power otomatis harus RPM tinggi dan suaranya nguuuung kenceng, sesenyap apapun mobilnya. Selama saya pake diesel, penumpang yang biasa protes soal ngebut pake CRV 2014 anteng2 aja di ANKI Diesel karena tiap overtake ga perlu RPM tinggi tenaga dan torsinya ada terus. Somehow lebih senyap utk urusan ini. Soal RPM rendah dan bertenaga tuh ngefek banget di penumpang saya karena sering lewat tol Semarang-Salatiga yg banyak tanjakannya, tiap nanjak kalo naik mobil bensin downshift RPM tinggi biar tenaganya keluar.
4. Tenaga dan torsi diesel lebih menyenangkan kalo om suka nyetir. Bensin ga loyo, not that bad, tapi tetep lebih fun bawa diesel aja. Feel ladderframe yang nggak se-anteng monokok terkompromi sama keasyikan nyetir diesel.
5. Kalo om mikirin resale value, diesel super stabil harganya. Cek aja innova lawas2 masih mahal banget om
Cons
1. Suara di luar berisik banget kalo lagi manasin. ANKI 2021 versi diesel katanya memang lebih berisik daripada pre-facelift, karena ada perubahan injector & turbo yg dipakai.
2. Kalo lagi manasin harus keluar dari garasi kecuali om siap diprotes seluruh penghuni rumah Maklum lah, biasa manasin bensin ga ada baunya, ini tiap manasin mau sebagus apapun BBM nya tetep ada bau solarnya. Sepengamatan saya, bau menyengat di pertadex << dexlite << biosolar. Mild baunya kalo pake pertadex, dan kalo udah agak terbiasa jadi not a big deal.
3. Getaran pasti tetep ada, tapi di ANKI 2021 kalo saya kasih pertadex getarannya minim banget apalagi kalau duduk di bangku baris kedua dan ketiga. Tetep lebih bergetar dari yang bensin, tapi bukan berarti getarannya sampai tahap mengganggu bagi saya. Jauh lebih halus dari Innova 2KD alias diesel generasi sebelumnya.
4. Harus lebih rajin rawat aja om, simple contohnya misal dalam pemilihan BBM. Kalo jarang jalan kaya sekarang, saya wajib isi Pertadex, takut pengendapan kalo pake Biosolar. Atau, kalo mau pake Biosolar harus pake aditif seperti yg udah banyak dibahas om Turboman. Trus juga wajib perhatiin filter solar secara rutin, atau purging. Memang cocok sih kalo suka rawat mobil pakenya diesel.
Kalo urusan limbung, menurut saya yg bensin dan diesel ga jauh beda om. Karakter sasis tangga a.k.a ladderframe pasti begitu. Banyak2nya sih pada ngakalin dari sektor kaki2, ganti shock, atau pasang coilover, stabilizer, dll. Satu yg ngefek banget buat pengemudi adalah ganti ban bawaannya. Saya dapet ban GT Radial Champiro Eco berasa terbang di awan kalo nyetir dan jadi penumpang ngambang dan berasa banget limbungnya. Langsung ganti Bridgestone Potenza rasanya jauh beda, lebih anteng dan ga lari ke kanan kiri di tol Semarang-Solo yg banyak betonnya
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Klo saya bilang si enakan ANE loo om drpd Innova..XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 5:12Hehehe... baca2 disini, sejenis santa fe aja bisa di atas 1 : 20, ekspektasi saya paling tdk sama dgn ANE, bisa 1 : 17andoge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:55 buset mobil segitu gedenya bs 1:15 ngetol msh dibilang biasa aja
klo msh liat opcost pke rupiah doang mah beli lcgc ato lmpv aja; murah smua
2gd tarikan kurang bs remap; apalagi klo brani ngempanin dex terus, mappingnya mestinya bs lbh agresif (?) drpd yg minta kudu bs solbus
Kalau remap, sepertinya ndak deh Om. Saya senang standaran saja. Paling2 maksimum pakai biosol kalau jalan2 di dlm kota, pakai pertadex kalau longtrip lukot. Tapi kalau hanya di 1 : 15an, kok jatuhnya msh lebih ngirit pertalite 1 : 13 ya...
Kecuali klo jalan jelek banget
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
lo yaapa se, santa fe lo fwd.. tenaga mesin lsg turun di roda dpn cm lwt girbox; lha reborn rwd, dr mesin turun ke girbox ke gardan bru ke roda.. ya absurd klo minta sama iritnya.. by design rwd itu pasti lbh boros, bnyk lossnya; makanya lmpv lcgc itu banyakan fwdXMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 5:12Hehehe... baca2 disini, sejenis santa fe aja bisa di atas 1 : 20, ekspektasi saya paling tdk sama dgn ANE, bisa 1 : 17andoge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:55 buset mobil segitu gedenya bs 1:15 ngetol msh dibilang biasa aja
klo msh liat opcost pke rupiah doang mah beli lcgc ato lmpv aja; murah smua
2gd tarikan kurang bs remap; apalagi klo brani ngempanin dex terus, mappingnya mestinya bs lbh agresif (?) drpd yg minta kudu bs solbus
Kalau remap, sepertinya ndak deh Om. Saya senang standaran saja. Paling2 maksimum pakai biosol kalau jalan2 di dlm kota, pakai pertadex kalau longtrip lukot. Tapi kalau hanya di 1 : 15an, kok jatuhnya msh lebih ngirit pertalite 1 : 13 ya...
trus dibandingin ANE.. lha ya g mgkn.. bodi reborn dikit lg udh hrs sim b1 gitu.. klo dikasi hybrid mungkin bru bs sama iritnya.. tp hbs gtu bingung gnti batrenya
irit pertalite 1:13? iya emg.. makanya klo msh liat opcost pke rupiah doang belinya lcgc ato lmpv..
org yg beli reborn kan udh bukan cm opcost pertimbangannya.. aku sndiri pke 2.4v std isi dex skrg.. enak.. mw diisi 7 org jg msh narik kenceng ga perlu ngegas dalem smpe berisik.. isi dex yaa agak mahal sih... tp slm ppkm ini smpe lupa kpn trakir ngisi.. ga abis"... dalem kota 1:11.x; reborn vvti ga bakal bisa segini kecuali diderek
ac dingin kyk kulkas.. cruise control tinggal beliin tombol udh lsg aktif.. paling cm sebelnya goyangnya aduhai sm remnya senin kamis
note: aku prnh pke reborn vvti at.. emg udh refine jaaaaaaauh sm ipah vvti lama terutama urusan aksel 40-80nya.. lari di tol 100kph 3000rpm (ipah 4at) 2200 apa 2400 rpm gitu (reborn 6at)
tapi krn mesinnya sama yaa g kerasa segitunya.. dlu pke dalkot semarang sekitar 1:6-7, lukot jateng yaa 1:10-11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Ribon 2GD kalau full tol mah jalan 100-110 maks mah bisa aja 1:18 pake biosolar...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Tetep ANE aja om… sisa duit dibelikan emas aja
#antimainstream
#antimainstream
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2555
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Alasan klasik pliara Toyota… bingung duit mau dikemanain..
Kaya om kompre… dompet terlentang kg bs nutup macam lg bejemur matahari.. wak wowww
Dah ah serius..
@ts
Pilih reborn diesel kalo masih pikirin resale value; sama operational cost. Rawatan ada extra ganti filter solar rutin aja lebih cepat (3-4 bulan sekali), gpp isi full biosolar tanpa aditif apapun.
Pilih reborn bensin kalo mau lebih senyap; getaran minim dan nyaman di kabin; enggak bau knalpot; tp resale value agak jatuh. Perawatan bensin jauh lebih simple.. jd nilai plus disitu
Tapi dua2nya tetep terbaik, enggak ada yg salah pelihara kijang … pilih aja salah satu yg disuka dan mainkann. Insert coinnya cukup sekali aja pas nebus dari showroom, nyawa langsung ada 9999
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure