Sharing ilmu itu ga ad ahli ga ad nubie.. ilmu ga dbawa mati koq
Seorang nubie 1000 X lebi berguna drpd yg ngaku nya ahli tp bsanya cekikikan doank, atau cuman ngasi info skelibatan doank
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Sharing ilmu itu ga ad ahli ga ad nubie.. ilmu ga dbawa mati koq
Baik om turbo, notedTurboman wrote:
Break in oil = oli biasa + kadar ZDDP tinggi
itu aja sih setahu saya
Ide-nya terlalu overkill atau gmn Mbah[emoji16]..Omnibus wrote:
canggih idenya. sikat mbah, kapan lagi. konon tujuannya utk ring piston spy lbh rapat dgn dinding silinder. mungkin lbh bagus dgn diukur nilai kompresinya brp psi before and after nya.
sekedar info jika belum baca:
https://www.amsoil.com/p/break-in-oil-sae-30--brk/
Nah untuk 1/4 periode ini ane ambil dgn pertimbangan supaya oli factory jangan sampai terlalu kotor, goalnya inridjen nya pakai oli yg relatif bersih terus heheOmnibus wrote: mbah zzzprince bilang cuma mau 1/4 periode break in atau kurleb 400 km. rasanya aman2 aja krn amsoil di blog nya bilang kl break in cuma terjadi umumnya di 500 miles pertama. masalahnya apakah skrg sdh telat mengingat odo sdh jalan 380km. sometimes it's better late than never kan.
Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.benzz89 wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?
Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?
Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.
Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Ampunn mbahhmarmut wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 8:34
tapi mbah, kalau bukan ahli yang kasih info, dihawatitkan nanti jadi salah paham.
bahaya...
sama halnya pemakaian oli kental dan odometer tinggi yang berbanding lurus.
itu pemahaman darimana? dasarnya apa?
masalah cekikikan ya gapapa, mungkin lagi ngapalin skrip buat bikin film kuntilanak.
tinggal latihan mendelik aja. iya kan mbah? iya kan? kan?
yep.Mesinanak wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 8:37 When do I use break-in oil?
New cars and trucks don't need break-in oil. The manufacturer will typically require you to drive under light-to-moderate load for a few hundred miles, then change oil. After that, you’re good to go.
Racers, competitors or gearheads using a rebuilt or new crate engine, however, should use break-in oil. Follow the engine builder’s directions or the instructions that came with the crate engine.
pertanyaan one million dollar question semua nih.zzzprince wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 6:16
Ide-nya terlalu overkill atau gmn Mbah[emoji16]..
Apa sudah ok bila saya ganti di 1/4 jarak anjuran inridjen? Atau dibablas ke 800 km aja sesuai tahap 1 dari buku primbon
Untuk compression tester ane belum ada barangnya, mungkin nanti coba cari2 dulu.. biasanya itu 1 set ada buat berbagai macam ulir busi Mbah?
Berarti nanti inridjen dianggap tuntas sampai dapat kompresi sesuai dgn spek mesin?
Nah untuk 1/4 periode ini ane ambil dgn pertimbangan supaya oli factory jangan sampai terlalu kotor, goalnya inridjen nya pakai oli yg relatif bersih terus heheOmnibus wrote: mbah zzzprince bilang cuma mau 1/4 periode break in atau kurleb 400 km. rasanya aman2 aja krn amsoil di blog nya bilang kl break in cuma terjadi umumnya di 500 miles pertama. masalahnya apakah skrg sdh telat mengingat odo sdh jalan 380km. sometimes it's better late than never kan.
Jadi, pas 800 km nanti ganti lagi, 1200, dan 1600 baru tuang oli yg seharusnya gitu mbah
Dan pertimbangan ganti pakai oli break in dibanding oli biasa karna sepertinya ane pernah baca jg di tret mana gitu, Mbah Omni sarankan untuk inridjen pakai factory fill oil karna gak terlalu licin cmiiw
Khusus buat om kompre & mbah kelep kayanya perlu banget tuh service pertama di 1.000 KM + ganti oli mesinnya.sintoni wrote:Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.benzz89 wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?
Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?
Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.
Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Wahh penjelasan lebar yang saya cari ini om hehehe.. baiklah kalo gitu, ane lanjutkan checkout oli break in nya..Omnibus wrote:pertanyaan one million dollar question semua nih.zzzprince wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 6:16
Ide-nya terlalu overkill atau gmn Mbah[emoji16]..
Apa sudah ok bila saya ganti di 1/4 jarak anjuran inridjen? Atau dibablas ke 800 km aja sesuai tahap 1 dari buku primbon
Untuk compression tester ane belum ada barangnya, mungkin nanti coba cari2 dulu.. biasanya itu 1 set ada buat berbagai macam ulir busi Mbah?
Berarti nanti inridjen dianggap tuntas sampai dapat kompresi sesuai dgn spek mesin?
Nah untuk 1/4 periode ini ane ambil dgn pertimbangan supaya oli factory jangan sampai terlalu kotor, goalnya inridjen nya pakai oli yg relatif bersih terus heheOmnibus wrote: mbah zzzprince bilang cuma mau 1/4 periode break in atau kurleb 400 km. rasanya aman2 aja krn amsoil di blog nya bilang kl break in cuma terjadi umumnya di 500 miles pertama. masalahnya apakah skrg sdh telat mengingat odo sdh jalan 380km. sometimes it's better late than never kan.
Jadi, pas 800 km nanti ganti lagi, 1200, dan 1600 baru tuang oli yg seharusnya gitu mbah
Dan pertimbangan ganti pakai oli break in dibanding oli biasa karna sepertinya ane pernah baca jg di tret mana gitu, Mbah Omni sarankan untuk inridjen pakai factory fill oil karna gak terlalu licin cmiiw
terlalu overkill atau engga itu kembali ke pribadi masing2 mbah. sy sendiri ga pernah sih pake oli break-in itu. tapi bukan artinya ga perlu. tiap mesin baru pasti memerlukan break-in, ga peduli pada bilang apa itu kenyataannya. problemnya kita ga tau enjin mobil kita itu sewaktu dirakit di engine plant apakah sdh dibreak-in di pabrik (bench break-in, bukan on vehicle. biasanya digeber malah spy ring piston bisa seated properly) dan setelahnya di test kompresi serta di bench dyno power output nya ngga (bareng pas di bench). nah SOP nya apakah meliputi 100% dr enjin yg dirakit atau hanya sampling saja dlm quality assurance methodology yg di adopsi. tiap2 merk dan tipe bisa berbeda perlakuannya, ibaratnya bugatti all models pasti 100% check, sementara lecegece mungkin aja ga 100% check.
yg jelas spy ga jadi placebo effect, wajib ada parameter yg diukur spt sy bilang yaitu nilai kompresi psi nya. before, during dan mau sampai berapa itu jg ga tau hehehehe. let's say 10-20% diatas normal sy pikir udah bagus sekali. misalnya tadinya 160 psi trus ekspektasinya maks 20% improvement berarti di 192 psi. tapi kl dlm proses berkelanjutannya misal sdh 175 psi trus tiba2 ga naik2 lagi atau bahkan turun ya langsung stop. enaknya ada tolok ukur parameter ya begini.
tp apakah worth the effort n cost itu ga bisa ngomong. kl orang dasarnya curious ya pasti dilakoni (bukan merk kompresor). apakah sekedar mau membuktikan krn penasaran, ya jangan sampai ga pakai parameter nanti ga ketauan hasilnya, cuma buang duit.
alat compression tester sy punya dlm 1 selang ada 2 ulir atas bawah, bisa masuk ke mobil pada umumnya (ukuran busi 16 dan 21mm)
oya, sekedar info, sy baru ganti psf di odo 14 ribu. psf yg lama keluar banyak grit (gram) nya kaya kerikil pasir hitam. so siapa bilang ga perlu break in? even power steering aja ternyata bikin gram tuh.
anuu mbahbenzz89 wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 10:46Khusus buat om kompre & mbah kelep kayanya perlu banget tuh service pertama di 1.000 KM + ganti oli mesinnya.sintoni wrote:Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.benzz89 wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?
Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?
Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.
Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Secara pas ambil mobil dr shorum langsung injek gas polll pedal to kampret... kakinya berattt... kl om kompre isinya gelang kapal emas 1 kg, om klep isinya delco copotan 3/4 kg.
Boro2 bisa injek gas langsam 1/4, 1/2 atau 3/4 bukaan selama inreyen... bisa keram kakinya [emoji1787]
benzz89 wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 10:46Khusus buat om kompre & mbah kelep kayanya perlu banget tuh service pertama di 1.000 KM + ganti oli mesinnya.sintoni wrote:Nah ini, jaman skrg nana ada ganti oli pas 1k km, servis berkala 1k jg cuma ditanya ada keluhan atau gimana.. terus cek2 doangg.benzz89 wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 5:49 Berapa banyak pemilik mobil tangan pertama yg mau "repot2" lakukan proses break-in yg proper?
Sedangkan beres pd umunya menyarankan ganti oli mesin pertama kali di 10 ribu KM?
Bahkan seingat ane waktu beli VW Golf dr baru yg notabene mobil yurop, service pertama kali adalah di 10 ribu KM (atau 7.500 KM yah, ane lupa)/1 thn & tdk ada service di 1.000 KM pertama kaya mobil2 jepun pd umumnya.
Apakah proses break-in (yg proper) lebih diperlukan utk mesin2 racing high performance aja?
Secara pas ambil mobil dr shorum langsung injek gas polll pedal to kampret... kakinya berattt... kl om kompre isinya gelang kapal emas 1 kg, om klep isinya delco copotan 3/4 kg.
Boro2 bisa injek gas langsam 1/4, 1/2 atau 3/4 bukaan selama inreyen... bisa keram kakinya [emoji1787]
Hehehe ampun Mbah kita orang juga pingin punya peluang miara scooter sampe 20 tahun kedepan [emoji2960]Omnibus wrote:hmmm ..... sungguh diluar dugaan mbah.
new cars and trucks don't need break-in. BUT SCOOTER URBANS DO.
Omnibus wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 10:41
. problemnya kita ga tau enjin mobil kita itu sewaktu dirakit di engine plant apakah sdh dibreak-in di pabrik (bench break-in, bukan on vehicle. biasanya digeber malah spy ring piston bisa seated properly) dan setelahnya di test kompresi serta di bench dyno power output nya ngga (bareng pas di bench). nah SOP nya apakah meliputi 100% dr enjin yg dirakit atau hanya sampling saja dlm quality assurance methodology yg di adopsi. tiap2 merk dan tipe bisa berbeda perlakuannya, ibaratnya bugatti all models pasti 100% check, sementara lecegece mungkin aja ga 100% check.
nah itu .... kan ane ga tau detail setiap merk dan tipe mesin digituin apa engga. makanya ane ksh contoh ekstrim kanan (PA Gatti) dan ekstrim kiri mbah (Lecegece). di tengah2 spektrum itu tentu beraneka ragam merk n tipe mesin beserta SOP check nya masing2, ada yg 100% check n ada yg sampling. beda sama mesin pesawat yg tdk mentolerir kesalahan sedikitpun, kl itu ane tau 100% checkmarmut wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 11:56Omnibus wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 10:41
. problemnya kita ga tau enjin mobil kita itu sewaktu dirakit di engine plant apakah sdh dibreak-in di pabrik (bench break-in, bukan on vehicle. biasanya digeber malah spy ring piston bisa seated properly) dan setelahnya di test kompresi serta di bench dyno power output nya ngga (bareng pas di bench). nah SOP nya apakah meliputi 100% dr enjin yg dirakit atau hanya sampling saja dlm quality assurance methodology yg di adopsi. tiap2 merk dan tipe bisa berbeda perlakuannya, ibaratnya bugatti all models pasti 100% check, sementara lecegece mungkin aja ga 100% check.
nggak perlu pakgatti mbah, M60 yang buat E34 saja 100% bench break in.
1 mesin selesai rakit, masuk ruangan, tes.
kalo lulus langsung kirim ke tempat berikut.
kalo ada bocor atau ga lulus, kirim ke negara asal.
selesai mesin 1, masuk mesin berikutnya, dan seterusnya.
saya liat dan dengar sendiri waktu bench break in di cakung. 1 lokasi dengan pabrik excavator, tractor dan nissan diesel.
sama om ..... ane juga bingung pas bagian itu. sayang sekali mekanik yg ngerakitnya jg diem aja pdhl crucial moment bgt ya break-in nya. mana jeroannya maknyus punya semua. ngerakitnya pun proper pake TW dan angle gauge. pake waiting time segala spy baut dingin. keren lah.benzz89 wrote: ↑Sun Aug 01, 2021 13:46 Nonton YT pamali men waktu mesin 1 KD nya baru selesai di rakit (re-build) di rev di cekokin ceratek berbotol2 (ntah 5 or 7 botol ane lupa) nah ceratec ini malah bukannya menghambat proses break-in mesin yah?
Ceratec: "Reduces friction and wear through ceramic compounds...Prevents direct metal-to-metal contact...thanks to the low-friction effect".
Ane malah takut oli palsu om, secara kemaren om kompre share harga oli TMO yg dibeli kok murah bangett..
no issue... klo rusak, tinggal ganti baru.
oli palsu jaman sekarang bagus2 koq kualitasnya om...beda ama jaman dulu yg pake oli2 bekas & di "olah"
Biarlah jika seseorang punya dunia nya sendirisintoni wrote:Ane malah takut oli palsu om, secara kemaren om kompre share harga oli TMO yg dibeli kok murah bangett..