Kalau dilihat dari rumus kimia nya, ZDDP tersusun atas 1 atom (unsur) Zn + 2 atom P + 4 atom S + 4 atom O + 4 senyawa alkyl (ikatan C-H).rendr wrote: Mon Jul 26, 2021 6:54kalo dilihat dari lampirannya dapet sih message yg om sampaikan.. kebetulan impactnya sama yg dibahas selama ini...dimasapri wrote: Sun Jul 25, 2021 12:50Nope!rendr wrote: Sun Jul 25, 2021 3:44
pertanyaan saya adalah, apakah P dan Zn ini bisa berdiri sendiri?
apakah bukan API ini membatasi ZDDP, total massa dari Zn dan P itu sendiri?
jika massa P setengah Zn apakah ini jika ratio Zn dan P diatas 2:1 maka sisa Zinc tidak akan membentuk ZDDP?
im would be glad if someone could answer my quest.
![]()
API gak membatasi ZDDP dan level antiwear apapun.
Yg dibatasi adalah kontributor pollutant dari oli mesin: P & S.
Korelasinya thd antiwear yg umum digunakan:
P adalah unsur pembentuk senyawa ZDDP.
S adalah unsur pembentuk extreme pressure yg kuat.
Yg ribut2 dibahas selalu masalah antiwear yg KATANYA dibatasi.
Yg benar, pollutant yg dibatasi dan sayangnya mempengaruhi efek antiwear jika produsen oli tdk melakukan improvement apapun untuk merespon batasan P & S tersebut.
API, ILSAC, & ACEA bukan lembaga konyol.
Sebodoh dan sekonyol itukah API sehingga mengatur turunnya antiwear?
Jangan samakan dengan lembaga SNI pelumas.
Silahkan perhatikan API SP:
Batasan P : 0.06 - 0.08 % (600 - 800 ppm)
Batasan S : 0.5% max (SAE 0W & 5W), 0.6% max for other visc.
Anyway, bagaimana mungkin Zn bisa membentuk ZDDP jika tidak ada unsur P yg tersisa?
Kembali belajar kimia dasar di SMA.
Zn yg bebas tanpa terikat dgn P hanya akan menjadi zat antioxidant.
CollageMaker_20210725_204653873.jpg
tinggal gimana ngitung actual ZDDP nya ini masih bingung hahahaha, soalnya liat bbrp PDS mereka nyantumin P dan Zn hampir seimbang nilainya...
tapi apakah memang dari P 0,06~0,08 % ini bisa menggambarkan bahwa unsur zinc yg dapat terikat untuk membentuk senyawa ZDDP juga sama ya?
misal P 600 Zn 800 , ZDDP = 600 more or less?
Capture.JPG
Jika diasumsikan semua P berhasil terikat menjadi senyawa ZDDP, maka Zn yg tersisa adalah sebesar ppm Zn dikurangi 1/2 dari ppm P.
Zn yg berdiri sendiri ini menjadi additive antioxidant & anti corrosive.
Perlu diketahui, senyawa ZDDP terbentuk setelah timbulnya panas yg cukup tinggi di permukaan logam terutama di wilayah boundary lubrication.
Di wilayah hydrodynamic lubrication, friction modifier lebih berperan sebagai antiwear.
Sebenarnya asal mula ZDDP ditemukan di akhir dasawarsa 1930an, ZDDP ditujukan sebagai additive anti corrosion & anti oxidant.
Sampainya dipatentkan oleh Lubrizol di tahun 1941 jg sejatinya sebagai additive corrosion and oxidation inhibitors.
Fungsinya sebagai antiwear yg kuat dan cost effective terbaik nampak setelah design V8 engine dgn overhead valve nya menjadi populer di akhir dasawarsa 40an.
Di tahun 1950an, hasil observasi menunjukkan bahwa ZDDP
fungsi lainnya sebagai antiwear yg sangat kuat dan ekonomis.
Tapi teknologi terus berjalan maju.
Dgn makin ketat nya regulasi poluttant, kandungan ZDDP "terpaksa" ikut turun sedangkan design mesin2 modern semakin menuntut kualitas antiwear yg semakin baik di wilayah boundary lubrication.
Dan itu semua tergambarkan pada requirement API/ILSAC/ACEA terbaru.
Perusahaan2 oli harus terus riset mencari solusinya.