Perkenankan untuk pertama kalinya nubi me-review salah satu mobil yang paling menakutkan untuk dimiliki mayoritas penghuni SM.
Singkat cerita, saya sudah tahun ke 9 bersama BMW e39 M54 dengan segala suka & duka-nya (for sure lebih banyak suka-nya),
Selama ini hanya saya yg bisa nyetir, istri lebih suka duduk manis. ke kantor saya antar, pulang saya jemput. kelapa gading - ps. baru
Saya kebetulan sudah full WFH sejak mid. 2019
Anak pertama kelas 3 SD, yg kedua baru masuk TK bulan juli ini.
awal Januari, istri bilang "beb, aku harus bisa nyetir loh, kamu nanti kan harus temenin si adek sekolah"
akhirnya belajar nyetir dan mulai lancar, tapi end up dengan NYERAH belajar parkir pakai E39, padahal sudah ada 8 sensor parkir + kamera
lalu dia bilang, "kita beli mobil deh 1 lagi, yg kecil, lebih muda, dan irit.. LCGC aja" (saya bilang OK, tapi nggak excited)
bulan mei, saya mulai cari kandidat, mobil kecil, muda dan irit.
test drive agya 1.2 matic.. nyonya ngga suka, steering-nya kurang firm (baru bisa nyetir aja udah bisa komen macam ini)
saya mulai ngoceh, "namanya juga mobil kelas lcgc beb, jgn samain sama BMW butut kita yg harganya 500 juta saat lahir (tahun 2002)"
lalu sepakat mau naik kelas ke 200 jutaan, kandidat-nya rush dan raize tss.
Test drive rush, nyonya bilang lebih enak agya, cobain raize, nyonya bilang "ok lah ini boleh juga". Deal...
nggak tahunya yang ada fitur TSS, inden lama sekali, dan karena inden lama, tidak jelas akan dapat diskon ppn BM atau tidak.
yang non-TSS kurang menarik, karena kami sebagai kaum kere-hore, pingin aja punya mobil yang berfitur canggih dan jarang ada seperti TSS.
karena nyonya berani keluar 200 jutaan, saya mendadak punya ide gila untuk racunin europe car lagi.
mulai susun strategi SSI, dengan ngejual safety, fun to drive, serta fakta bahwa kami sanggup pelihara mobil eropa tua selama 9 tahun.
hasilnya : VOILA nyonya setuju. kali ini SEMANGAT SAYA !!! YESSSSSS !!
pilihan pertama : e46 325i facelift, Ditolak mentah-mentah, ketuaan dan nggak irit

pilihan kedua : w204 c250 facelift, Ditolak karena kemahalan katanya, cari yg <200jt aja, biar ada sisa buat klo mobil-nya perlu perbaikan
pilihan ketiga : VW golf MK6, yeaaay nyonya setuju, saya senang sekaligus deg2an karena banyak cerita horor-nya
Nemu iklan di OL* warna putih 2011, KM 83rb, lokasi dekat rumah pula.
langsung test drive ajak nyonya, as expected "this is it.. katanya"
buat perbandingan, kemudian saya test 4 unit lainnya dari berbagai iklan, tapi kondisi unit tidak lebih baik.
sempat propose MK7 juga, tapi ditolak nyonya

pada akhirnya deal dengan mk6 pilihan pertama di 133jt
sedikit history mobilnya :
Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip
Driving impression :
Seperti sudah banyak dibahas, mobil ini nikmat sekali terutama ketika turbo sudah kick in.
Ketemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
build quality super mantap, ngga ada bagian yg terasa murah
konsumsi bisa dapat BBM 1:18 cruising di tol era PPKM.. dalam kota rute klp. gading ps. baru 1:13. Pertabo always
compared to E39, mobil ini jauh lebih lincah, tapi E39 lebih mature di segala aspek. nggak apple to apple anyway.
terasa sekali bedanya, 1400cc twincharged + DSG , FWD dibanding inline 6 NA, RWD, torque conv.
PR yang saya bereskan :
- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta

- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
saya juga sudah beli head unit oem style yang sudah carplay, tapi belum saya pasang. soalnya beli diam-diam tanpa info nyonya.
catatan tambahan, merawat mobil ini sebaiknya di bengkel resmi. walau partnya tidak beli disana, mereka bersedia kerjakan.
saya belum yakin dengan skill mekanik bengkel non-resmi, beda dengan merk baling-baling atau bintang
Saya ada insiden baut patah, saat pasang bushing di bengkel kaki-kaki biasa, bahkan dudukan baut-nya yg sekaligus arm juga patah.
Untung saja di facebook nemu vw golf habis kecelakaan dan dikampakin, kalau tidak.. harga part-nya 6 juta dan inden 1-2 bulan
kesimpulan saya, mobil ini sangat nikmat jika dibeli di harga sekarang.
bahkan jika penyakit-nya keluar semua sekalipun, masih jauh jika dibanding ke harga baru-nya dulu, apalagi mobil yang senikmat ini sekarang harganya min. 500jt.
saya juga dapat info bahwa goodwill untuk DSG masih berlaku jika rajin ke bengkel resmi, walau chance nya kecil untuk dapat free,
tapi min. diskon 20%-50% saja sudah menarik. Mechatronic kalau di bengkel resmi sekitar 40jt, garansi 2 tahun
Dual clutch 17 juta.
tips tambahan juga buat yg minat ambil mobil ini, jauhi unit yang sudah atau pernah modif extreme.
konon yg standar hampir pasti ngga kena penyakit aneh-aneh
another thing, di aliexpress banyak sekali part untuk mobil ini, dari perintilan kecil kecil, sampai mechatronic.
bikin penasaran ingin coba stock 1 unit mechatronic dari sana, karena tidak sampai Rp 10jt
buat anda yang punya banyak waktu ke bengkel dan ngulik sana-sini, ini pilihan menarik.
tapi kalau nggak suka ke bengkel, cari yg lain aja
semoga saya bisa merawat mobil ini selama mungkin seperti mobil satu-nya.
Maaf juga klo review-nya berantakan