Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
marmut wrote: Sun Jul 18, 2021 0:28
dinamo starter itu setau saya butuh daya sekitar 1000-1500 watt.
kalau di rata-rata :
1000 + 1500 = 2500
2500 : 2 = 1250
1250 watt : 12 volt = 104.16 amper
rata-rata 104 amper.
itu daya saat dinamo berputar konstan tanpa beban.
kalau dengan beban?
Itu dpt 1000+1500 daya drmn ya Mbah?
Saat start hanya ke dinamo starter saja khan tp ngga tau kl yg pny mobil nambahin AC On, semua lampu ON, Double Din auto ON, Wiper ON bisa jadi nambah lagi
Kalau liat dari pengetesan di video ini (mulai di 3:00), kayaknya rated powernya starter itu untuk continuous deh, karena di bagian awalnya ada lonjakan arus dulu tapi kemudian konstan aja arusnya. Pas awal pengukuran keliatan ada lonjakan lebih dari 200 A selama 0,1 detik kemudian butuh 0,3 detik tambahan untuk turun ke daya normal di 80 A.
Terkait kabel, saya nemu jurnal terkait pengetesan insulasi kabel kalau diberi arus berlebih. Ini ada grafik terkait peningkatan temperatur berbanding waktu ketika dikasih arus 8 - 16 A, padahal kabelnya sendiri hanya punya rated current 0,78 A.
Taufiq6210 wrote: Sun Jul 18, 2021 1:21
Kalau liat dari pengetesan di video ini (mulai di 3:00), kayaknya rated powernya starter itu untuk continuous deh, karena di bagian awalnya ada lonjakan arus dulu tapi kemudian konstan aja arusnya. Pas awal pengukuran keliatan ada lonjakan lebih dari 200 A selama 0,1 detik kemudian butuh 0,3 detik tambahan untuk turun ke daya normal di 80 A.
Terkait kabel, saya nemu jurnal terkait pengetesan insulasi kabel kalau diberi arus berlebih. Ini ada grafik terkait peningkatan temperatur berbanding waktu ketika dikasih arus 8 - 16 A, padahal kabelnya sendiri hanya punya rated current 0,78 A.
blloewy wrote: Sun Jul 18, 2021 0:54
Itu dpt 1000+1500 daya drmn ya Mbah?
Bantu jawab, bisa liat aja di web produsen starternya mbah... kayak contohnya ini starternya 406 rated untuk 1,4kW
845520148937930.jpeg
Iya mbah di Lipindut juga sama 1,4 kW di motor starternya.
Kl crancking khan ngga perlu lama.
Kl continous 240-300A misalnya kayanya itu motor starter kebakar duluan gulungannya.
Atau ada safety fuse nya di dlm itu ya?
Seinget saya ada semacam IC regulatornya di dlm motor stater itu yg regulate arus yg bisa lewat supaya ngga jebol motornya
nice share mbah jurnalnya
penyebab insulasi kebakar emang panas berlebih sich yg diterima dalam jangka waktu yg lama.
krn sering dan berulang ulang mungkni insulasi nya menjadi berkurang juga kaya kabel2 tua di rumah saya yg mulai keras dan getas insulasinya
blloewy wrote: Sun Jul 18, 2021 1:28
maksud saya yang 1000 + 1500 dibagi 2 itu mbah?
kl di dinamo starter khan langsung ditulis 1, sekian kW dan tegangan 12 VDC
kan sudah ditulis sebelumnya, dinamo starter butuh daya 1000-1500 watt.
maksudnya :
butuh daya antara 1000 watt sampai 1500 watt tergantung dari mobilnya. karena lain kendaraan lain kebutuhan daya.
ini saya ambil contoh yang kisaran watt-nya di antara 2 angka tsb.
untuk mendapatkan angka rata-rata, angka tertinggi ditambah angka terendah, lalu dibagi dua.
itu hasil rata-rata.
bukan suatu ketetapan.
jadi misalkan ada 10 kendaraan yang berbeda. kalau di rata-rata dari semuanya, butuh daya 104 amper untuk dinamo starternya.
itu rata-rata. ada yang lebih dari 104 amper, ada yang kurang.
Nah kl aki ke motor starter fuse nya di dlm.motor starter mungkin ya.
Kl fuse di kepala AKI + apakah proteksi buat IPDM kl aki short ya Mbah?
dinamo/motor starter tidak ada dan tidak butuh fuse.
jadi, arus dari aki/batre menuju dinamo starter harus sebebas mungkin dari hambatan.
fuse = hambatan.
fuse harus dipasang ke alat/komponen elektronik yang membutuhkan arus kecil seperti yang sudah mbah sebut diatas.
contohnya ya IPDM, ECU, radio, beserta kawan-kawannya.
Mumpung bahas kabel jumper,
Kmarin terlanjur beli powerbank jumper roav, apakah ini aman utk jumper mobil kecil dibawah 100aH.
Beberapa kali dicoba jumper mobil dgn aki 40aH aman.
Terima kasih
Nganu mbah mau nanya...mobil.apa yg cranking nya sampe 150A atau bahkan 600 A ya?
Lipindut saya ngga akan kuat itu crabking sampe 150A dan sdh pasti jebol duluan fuse nya krn maksimal cm brp ya...ngga sampe 100A.
Lagipula kl jimper khan ngga mungkin lama2.
Makanya u kabel + yg ditempel ke aki mobil yg dijunper itu mesti dipegang tdk boleh ditempel.kaya dibaut mencegah arus berlebih yg bisa buat fuse jebol.
Itu pengalaman saya jumper kijang kapsul jadul 2003 sich mbah.
Kl mobil matic skrg mah mendingan langsung ganti aki drpd jumper...
makanya sy bilang hidup itu pilihan, kl lurus2 aja ga seru. sedikit2 perlu gambling, pake kabel jumper yg kekecilan atau yg kualitasnya ga jelas spy hidup makin semarak.
ngejumper mobil apapun mau yg matic sampai yg control unitnya ada banyak bgt kaya mersi S class dan sebangsanya juga boleh asalkan prosedur dan equipment nya up to spec. siapa bilang ga boleh?
fuse cuma sampai 100A? lipindut ga sampe 100A? itu sekring apa yg dimaksud, coba cari tau yg bener sirkuit yg mana yg diprotect fuse tsb.
coba baca juga yg betul tulisan CCA di atas aki itu brp dan apa artinya cranking amp sebuah aki.
and .... pertanyaan saya nih, emang dr aki ke motor starter kabel induknya ada sekring? coba jawab deh.
Hmmm....ilmu baru...
Di aki saya ngga ada CCA mbah, adanya AH aja.
Kl cnvert ke CCA dikali 7,75.
40Ah dikali 7,75 aja sekitar 310 CCA.
Motor starter lipindut butuh 1,4 kW skitar 116,7 A kl di tegangan 12 VDC.
CCa itu artinya kemampuan aki mendeliver arus pada suhu minus 18 deg C dgn tegangan minimum brp Voltage tergsntunf standard yg dipake.
Nah kl aki ke motor starter fuse nya di dlm.motor starter mungkin ya.
Kl fuse di kepala AKI + apakah proteksi buat IPDM kl aki short ya Mbah?
116.7A itu adalah rated amps sedangkan ada yg namanya in-rush current ketika motor dc pertama bergerak. spike pertama itu yg ga mungkin dipasangin fuse krn pasti blown. fuse ga ada dimanapun antara aki dan motor starter krn desain nya either motor starternya yg blown duluan atau akinya duluan sebelum kabelnya kalah krn terbakar. jd sdh bikin open circuit secara otomatis ketika either one dr komponen tsb blown.
fuse di kepala aki utk sirkuit lain selain motor starter induk. termasuk ke ipdm (atau junction block).
Taufiq6210 wrote: Sun Jul 18, 2021 1:21
Kalau liat dari pengetesan di video ini (mulai di 3:00), kayaknya rated powernya starter itu untuk continuous deh, karena di bagian awalnya ada lonjakan arus dulu tapi kemudian konstan aja arusnya. Pas awal pengukuran keliatan ada lonjakan lebih dari 200 A selama 0,1 detik kemudian butuh 0,3 detik tambahan untuk turun ke daya normal di 80 A.
Terkait kabel, saya nemu jurnal terkait pengetesan insulasi kabel kalau diberi arus berlebih. Ini ada grafik terkait peningkatan temperatur berbanding waktu ketika dikasih arus 8 - 16 A, padahal kabelnya sendiri hanya punya rated current 0,78 A.
blloewy wrote: Sun Jul 18, 2021 0:54
Itu dpt 1000+1500 daya drmn ya Mbah?
Bantu jawab, bisa liat aja di web produsen starternya mbah... kayak contohnya ini starternya 406 rated untuk 1,4kW
845520148937930.jpeg
nah ini betul. arus spike yg pertama itu ada banyak faktor yg mempengaruhinya, utamanya resistance to move nya yg bisa dtg dari a.l. suhu freezing, lubrikasi komponen2 (kl stuck nambah beban arus in-rush), korosi pada permukaan connection, dsb dsb dsb.
Mobil kita misal Innova/fortuner diesel itu kan gede kapasitasnya. 69A sd 74A. CCA 490 sd 680.
Tergantung akinya. Bawaan yg paling rendah.
Kalau ada mobil yg minta jumper misal mobil cuma 50A atau 60A.
Asumsi saya karena Ampere kecil aman karena aki saya besar.
Apakah benar asumsi saya diatas?
Kalau misal ada konslet di mobil orang tersebut, maka aki saya bisa rusak yah? Apakah elektronik di mobil saya bisa rusak juga?
Mau bantu tapi kalau elektronik dan ECU saya bisa rusak jadi kuatir mbah
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:15
Kadang kalau kita niat nolong jumper mobil orang.
Mobil kita misal Innova/fortuner diesel itu kan gede kapasitasnya. 69A sd 74A. CCA 490 sd 680.
Tergantung akinya. Bawaan yg paling rendah.
Kalau ada mobil yg minta jumper misal mobil cuma 50A atau 60A.
Asumsi saya karena Ampere kecil aman karena aki saya besar.
Apakah benar asumsi saya diatas? Kalau misal ada konslet di mobil orang tersebut, maka aki saya bisa rusak yah? Apakah elektronik di mobil saya bisa rusak juga?
Mau bantu tapi kalau elektronik dan ECU saya bisa rusak jadi kuatir mbah
bisa. sangat bisa. krn begitu kabel jumper +ve dan jumper -ve dicolokin, praktis kedua mobil tsb jd 1 sirkuit.
makanya kl sy mendingan nolong org pakai powerbank jumper aja. kl rusak cuma apes powerbank. ya tapi spt sy bilang mbah, hidup itu pilihan. ada yg senangnya menolong org lain meski abis itu mobilnya sendiri jadi masuk limp home mode dlm perjalanan pulang.
Alfrz wrote: Sun Jul 18, 2021 0:35
Salken mbah2 dari murid baru..
Mohon pencerahannya mbah jumper aki yg baik & benar gimana caranya?
Antisipasi kalo ada yg mau minta tlg jumper aki, sy bisa pake cara yg proper..
Niat mau nolong, nanti bisa2 malah kena apes..
waini...
panggil mbah
DOHC
Masi sakit kpala nonton tutorial nya mbah
Aniwei busway
Jd kl yg sejauh nubie tau, pertama bkin mobil saling ngadep depannya
Lalu pertama sambung kutup positip mobil kita ke kutup positip mobil si penerima.. lalu negatip mobil kita ke KABEL MaSSA, atau GROUNDING POINT mobil si penerima, ingat, BUKAN KUTUP NEGATIP AKI penerima
Nahhh kl ud gini, jgn lgs d dstarter mobil si penerima, dl nubie perna lgs maen hajar starter, ga bakal kuat
Nah stelah beberapa saat, baru deh starter
Satu lg, pastikan sluruh beban klistrikan yg ga perlu d mobil donor dan penerima ud dimatikan
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:15
Kadang kalau kita niat nolong jumper mobil orang.
Mobil kita misal Innova/fortuner diesel itu kan gede kapasitasnya. 69A sd 74A. CCA 490 sd 680.
Tergantung akinya. Bawaan yg paling rendah.
Kalau ada mobil yg minta jumper misal mobil cuma 50A atau 60A.
Asumsi saya karena Ampere kecil aman karena aki saya besar.
Apakah benar asumsi saya diatas? Kalau misal ada konslet di mobil orang tersebut, maka aki saya bisa rusak yah? Apakah elektronik di mobil saya bisa rusak juga?
Mau bantu tapi kalau elektronik dan ECU saya bisa rusak jadi kuatir mbah
bisa. sangat bisa. krn begitu kabel jumper +ve dan jumper -ve dicolokin, praktis kedua mobil tsb jd 1 sirkuit.
makanya kl sy mendingan nolong org pakai powerbank jumper aja. kl rusak cuma apes powerbank. ya tapi spt sy bilang mbah, hidup itu pilihan. ada yg senangnya menolong org lain meski abis itu mobilnya sendiri jadi masuk limp home mode dlm perjalanan pulang.
Terima kasih banyak ilmunya mbah ....
Satu pertanyaan lagi mbah. Kalau misal mobil tetangga kita tahu bahwa memang sudah 2 minggu belakangan mobillnya start panjaaaaaang ...... ngek ngek ngek
Jadi kita tahu karena aki lemah, harusnya aman yah nolong untuk jumper
Tapi repot juga yah kalau pas masti kita jumper, waktu itu juga ada konslet .....
Naaaah tanya sendiri kok dijawab sendiri ....
Alfrz wrote: Sun Jul 18, 2021 0:35
Salken mbah2 dari murid baru..
Mohon pencerahannya mbah jumper aki yg baik & benar gimana caranya?
Antisipasi kalo ada yg mau minta tlg jumper aki, sy bisa pake cara yg proper..
Niat mau nolong, nanti bisa2 malah kena apes..
waini...
panggil mbah
DOHC
Masi sakit kpala nonton tutorial nya mbah
Aniwei busway
Jd kl yg sejauh nubie tau, pertama bkin mobil saling ngadep depannya
Lalu pertama sambung kutup positip mobil kita ke kutup positip mobil si penerima.. lalu negatip mobil kita ke KABEL MaSSA, atau GROUNDING POINT mobil si penerima, ingat, BUKAN KUTUP NEGATIP AKI penerima
Nahhh kl ud gini, jgn lgs d dstarter mobil si penerima, dl nubie perna lgs maen hajar starter, ga bakal kuat
Nah stelah beberapa saat, baru deh starter
Satu lg, pastikan sluruh beban klistrikan yg ga perlu d mobil donor dan penerima ud dimatikan
Saya biasanya dari aki ke aki mbah ... ini bukan cara benar, saya ngasal doang ....
Tapi yang pasti urutannya begini
1. Mobil pendonor nyala dulu dalam keadaaan stasioner
2. Sambungkan kutup positif, kemudian kutup negatif
3. Pastikan mobil pendonor gas di RPM agak tinggi, diesel sekitar 2000 RPM, bensin sekitar 3000 RPM
4. Samil nomer 3 tetap digas, start mobil penerima
5. Lepas semua kabel jumper. Isi aki pendonor dengan jalan sekitar 10 menit, agar aki mobil pendonor terisi penuh lagi(jangan macet2x an)
Noer 3 tujuannya agar aki pendonor tidak ikut termakan
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:15
Kadang kalau kita niat nolong jumper mobil orang.
Mobil kita misal Innova/fortuner diesel itu kan gede kapasitasnya. 69A sd 74A. CCA 490 sd 680.
Tergantung akinya. Bawaan yg paling rendah.
Kalau ada mobil yg minta jumper misal mobil cuma 50A atau 60A.
Asumsi saya karena Ampere kecil aman karena aki saya besar.
Apakah benar asumsi saya diatas? Kalau misal ada konslet di mobil orang tersebut, maka aki saya bisa rusak yah? Apakah elektronik di mobil saya bisa rusak juga?
Mau bantu tapi kalau elektronik dan ECU saya bisa rusak jadi kuatir mbah
bisa. sangat bisa. krn begitu kabel jumper +ve dan jumper -ve dicolokin, praktis kedua mobil tsb jd 1 sirkuit.
makanya kl sy mendingan nolong org pakai powerbank jumper aja. kl rusak cuma apes powerbank. ya tapi spt sy bilang mbah, hidup itu pilihan. ada yg senangnya menolong org lain meski abis itu mobilnya sendiri jadi masuk limp home mode dlm perjalanan pulang.
Terima kasih banyak ilmunya mbah ....
Satu pertanyaan lagi mbah. Kalau misal mobil tetangga kita tahu bahwa memang sudah 2 minggu belakangan mobillnya start panjaaaaaang ...... ngek ngek ngek
Jadi kita tahu karena aki lemah, harusnya aman yah nolong untuk jumper
Tapi repot juga yah kalau pas masti kita jumper, waktu itu juga ada konslet .....
Naaaah tanya sendiri kok dijawab sendiri ....
Kelistrikan memang tidak mudah yah.
Ada referensi power bank untuk jumper?
Menurut hemat nubi, kalo kasusnya mobil tetangga udah susah starter krn aki indikasi soak, drpd jumper2 jadi jatohnya repot di kita mbah krn bukan sesuatu yg urgent mengingat mobil di lokasi yg aman (di rumah dia sendiri). Mending banget kasi aja no layanan 24 jam nya SnD spy aki tu mobil digenti. Ato ya layanan home servisnya beres.
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:51
Saya biasanya dari aki ke aki mbah ... ini bukan cara benar, saya ngasal doang ....
Tapi yang pasti urutannya begini
1. Mobil pendonor nyala dulu dalam keadaaan stasioner
2. Sambungkan kutup positif, kemudian kutup negatif
3. Pastikan mobil pendonor gas di RPM agak tinggi, diesel sekitar 2000 RPM, bensin sekitar 3000 RPM
4. Samil nomer 3 tetap digas, start mobil penerima
5. Lepas semua kabel jumper. Isi aki pendonor dengan jalan sekitar 10 menit, agar aki mobil pendonor terisi penuh lagi(jangan macet2x an)
Noer 3 tujuannya agar aki pendonor tidak ikut termakan
yanuarra wrote: Sun Jul 18, 2021 3:06
Menurut hemat nubi, kalo kasusnya mobil tetangga udah susah starter krn aki indikasi soak, drpd jumper2 jadi jatohnya repot di kita mbah krn bukan sesuatu yg urgent mengingat mobil di lokasi yg aman (di rumah dia sendiri). Mending banget kasi aja no layanan 24 jam nya SnD spy aki tu mobil digenti. Ato ya layanan home servisnya beres.
Preferensi masing2 aja si
.......
Pas melintang di jalan mbah jadi nutupi jalan.
Tapi waktu itu saya pinjamin kabel saja. Dia ada 2 mobil.
Saya lagi terpikir kalau lain kali misal pas ada 1 mobil saja. Apakah saya bisa bantu tapi tidak merusak mobil saya.
Setelah mendapat pencerahan disini, ada resiko, biarpun belum pasti terjadi.
Cocoknya yah power bank paling pas
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:45
.............
Jadi kita tahu karena aki lemah, harusnya aman yah nolong untuk jumper
Tapi repot juga yah kalau pas masti kita jumper, waktu itu juga ada konslet .....
Naaaah tanya sendiri kok dijawab sendiri ....
Kelistrikan memang tidak mudah yah.
Ada referensi power bank untuk jumper?
seandainya pun ga ada konslet (atau korslet) dan kabel jumper pun bagus, msh ada 1 lg ancaman, yaitu voltage drop akibat aki dan alternator di mobil pendonor ga sanggup handle. yaitu pas mobil yg mogok di cranking turunlah itu voltage katakan sampai 8V atau bahkan lbh rendah. nah itu kedua mobil bisa sama2 rusak komponennya akibat voltage surge tadi kl lg apes. knp sy bilang kl lg apes, krn namanya elektronik ga tau kapan dia jebol, bisa aja ga apa2 ketika itu atau bisa jg jebol. selalu ada resiko utk itu.
trus 1 lagi nih yg kl ane suka takut. pas masangin kabel2 jumpernya itu sangat besar kejadian kabel +ve nempel dgn kabel -ve secara ga sengaja.
atau kabel itu ketuker jd +ve pendonor ga sengaja nyolok ke -ve dan -ve nya ke +ve. ga perlu waktu lama itu dlm sekejap langsung amsiong. jangan kira ga kejadian yg begitu, justru banyak human error masalah cable handling itu. apalagi sambil haha hihi diajak ngobrol dll jd ga fokus.
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:45
Ada referensi power bank untuk jumper?
Waktu itu pernah aki soak pas mau pulang dari BEC (mall yang isinya toko hp dan komputer gitu lah). Jadi ya balik lagi ke dalem coba nyari powerbank jumper. Setelah coba datengin berbagai toko aksesoris di 3 lantai berbeda, ternyata pada ga punya. "Udah lama ga ada yang kayak gitu", kata mereka. Ga tau ya kalau sekarang tokonya udah pada punya stok yang jumper lagi.
Tapi kalau sekarang liat di toped juga merk-merk powerbank ternama ga ada yang bikin powerbank jumper lagi, tinggal merk-merk yang saya belum pernah tau.