betul mbah.
dipelajari baik-baik,.harus sangat teliti mempelajari cara ngejumper aki supaya paham betul.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Aku sich iyes om....sintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 12:25 Mbah2 tersayang, ane mau beli kabel jumper aki..
Buat mobil penumpang atau pikap aja, paling butuh maksimal 80 ampere..
Kira2 kalau beli yang 50-60rban bisa aja ga ya?
Atau ada rekomendasi yg kerehore?
kalo aku sih yes mbahsintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 12:25 Mbah2 tersayang, ane mau beli kabel jumper aki..
Buat mobil penumpang atau pikap aja, paling butuh maksimal 80 ampere..
Kira2 kalau beli yang 50-60rban bisa aja ga ya?
Atau ada rekomendasi yg kerehore?
Harusnya sekali start gapapa. Kecuali kecil banget ... bahayablloewy wrote: Sat Jul 17, 2021 12:31Aku sich iyes om....sintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 12:25 Mbah2 tersayang, ane mau beli kabel jumper aki..
Buat mobil penumpang atau pikap aja, paling butuh maksimal 80 ampere..
Kira2 kalau beli yang 50-60rban bisa aja ga ya?
Atau ada rekomendasi yg kerehore?
Ngga tau nanti mbah shifu plop.masas saran pake yg mana![]()
butuh total kira kira 3 meter x 2 mbah alias 6 meterDOHC wrote: Sat Jul 17, 2021 12:57 kl mo versi semi kere hore
ke toko bangunan, colong kabel serabut NYAF tebel minimal 5 mili, itu kira2 semter 10-15 rebu harga eceran tertinggi trus beliin skun tembaga yg muat terminal 12 mili , kl bsa colong kabel yg tebel 10 apalagi 12 mili, lebi bagus lg
circa itu harganya bsa ga ampe cepeceng
sintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 12:25 Mbah2 tersayang, ane mau beli kabel jumper aki..
Buat mobil penumpang atau pikap aja, paling butuh maksimal 80 ampere..
Kira2 kalau beli yang 50-60rban bisa aja ga ya?
Atau ada rekomendasi yg kerehore?
noh baca di atas tulisan mbah blower n mbah delko. mrk yg rekomen tinggal suruh tanggung jawab.marmut wrote: Sat Jul 17, 2021 14:14sintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 12:25 Mbah2 tersayang, ane mau beli kabel jumper aki..
Buat mobil penumpang atau pikap aja, paling butuh maksimal 80 ampere..
Kira2 kalau beli yang 50-60rban bisa aja ga ya?
Atau ada rekomendasi yg kerehore?
bisa?
maksudnya bisa meleleh kabelnya?
cobain aja kalo ga peecaya....
Omnibus wrote: Sat Jul 17, 2021 14:32
noh baca di atas tulisan mbah blower n mbah delko. mrk yg rekomen tinggal suruh tanggung jawab.![]()
ane mah gelar tiker aja di pojokan ..... ikutan mantaw
Di deskripsi (bilangnya) diameter kabel 1cm, terus full tembaga malah bilangnya maks 200 Ampere.
Wkwk.marmut wrote: Sat Jul 17, 2021 14:14
bisa?
maksudnya bisa meleleh kabelnya?
cobain aja kalo ga peecaya....
sintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 14:49
Wkwk.
Kalo mbah Hamster pake yg kayak apa mbah? Ada rekomendasi?
ga brani jawap sayasintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 14:49Di deskripsi (bilangnya) diameter kabel 1cm, terus full tembaga malah bilangnya maks 200 Ampere.
Kalau Krisbow / ACE gimana?
Wkwk.marmut wrote: Sat Jul 17, 2021 14:14
bisa?
maksudnya bisa meleleh kabelnya?
cobain aja kalo ga peecaya....
Kalo mbah Hamster pake yg kayak apa mbah? Ada rekomendasi?
hahahaDOHC wrote: Sat Jul 17, 2021 15:01
ga brani jawap saya
takut di marahin mbah masas
ajarin yg ga bener![]()
![]()
ahh kamsia ilmu nya mbahOmnibus wrote: Sat Jul 17, 2021 15:13hahahaDOHC wrote: Sat Jul 17, 2021 15:01
ga brani jawap saya
takut di marahin mbah masas
ajarin yg ga bener![]()
![]()
yg biasanya org ga nyadar itu kan kabel seliweran nempel di body. pas belum dipake sih ga apa2 krn msh ada insulatornya. nah pas dia ga kuat kepanasan krn specnya terlalu low itu insulator meleleh dan terjadilah short to body. siap2 say bubye sama komponen2 yg kena. kl apes ya semuanya kena dr alternator, ecu, radio, dll dll dll dll dll
n perlu diingat juga, resistance itu berbanding lurus dgn panjang kabel. kabel makin panjang artinya makin harus lebih besar cross sectional area nya (diameternya) dan artinya makin mahal pula harganya. itu kl bicara pure copper bahannya. kl bahan campursari (too much impurities) ya mau diameter segede tiang listrik juga resistance nya bisa aja gede n tetep panas.
kabel aki negatif bisa ga terlalu gede diameternya krn kan itu pendek, paling cuma 15-20cm dr body fender ke kepala aki. jangan samain dgn kabel jumper yg 3 meter ke atas.
trus yg paling gede ampere ketika cranking, bisa sampai 600A pas pertama narik (cuma sepersekian detik) abis itu kl engine udah muter dia langsung turun sih ke 200-300A utk enjin2 passenger car pada umumnya. nah kl yakin mobil yg di jumper bisa idup dlm waktu kurang dr 3 detik, maka pakai kabel yg rated 150A msh boleh gambling. terserah lah .... hidup itu kan pilihan masing2. tanpa gambling jg ga seru kaya hidup ala robot gitu2 aja. ga ada getaran2 jiwa.![]()
Omnibus wrote: Sat Jul 17, 2021 15:13 . tanpa gambling jg ga seru kaya hidup ala robot gitu2 aja. ga ada getaran2 jiwa.![]()
Nah cari yg sudah terbukti saja. Dari lihat sekilas tampilan dan harga kelihatan kalau bagus punya.
Nganu mbah mau nanya...mobil.apa yg cranking nya sampe 150A atau bahkan 600 A ya?Omnibus wrote: Sat Jul 17, 2021 15:13hahahaDOHC wrote: Sat Jul 17, 2021 15:01
ga brani jawap saya
takut di marahin mbah masas
ajarin yg ga bener![]()
![]()
yg biasanya org ga nyadar itu kan kabel seliweran nempel di body. pas belum dipake sih ga apa2 krn msh ada insulatornya. nah pas dia ga kuat kepanasan krn specnya terlalu low itu insulator meleleh dan terjadilah short to body. siap2 say bubye sama komponen2 yg kena. kl apes ya semuanya kena dr alternator, ecu, radio, dll dll dll dll dll
n perlu diingat juga, resistance itu berbanding lurus dgn panjang kabel. kabel makin panjang artinya makin harus lebih besar cross sectional area nya (diameternya) dan artinya makin mahal pula harganya. itu kl bicara pure copper bahannya. kl bahan campursari (too much impurities) ya mau diameter segede tiang listrik juga resistance nya bisa aja gede n tetep panas.
kabel aki negatif bisa ga terlalu gede diameternya krn kan itu pendek, paling cuma 15-20cm dr body fender ke kepala aki. jangan samain dgn kabel jumper yg 3 meter ke atas.
trus yg paling gede ampere ketika cranking, bisa sampai 600A pas pertama narik (cuma sepersekian detik) abis itu kl engine udah muter dia langsung turun sih ke 200-300A utk enjin2 passenger car pada umumnya. nah kl yakin mobil yg di jumper bisa idup dlm waktu kurang dr 3 detik, maka pakai kabel yg rated 150A msh boleh gambling. terserah lah .... hidup itu kan pilihan masing2. tanpa gambling jg ga seru kaya hidup ala robot gitu2 aja. ga ada getaran2 jiwa.![]()
makanya sy bilang hidup itu pilihan, kl lurus2 aja ga seru. sedikit2 perlu gambling, pake kabel jumper yg kekecilan atau yg kualitasnya ga jelas spy hidup makin semarak.blloewy wrote: Sat Jul 17, 2021 22:38Nganu mbah mau nanya...mobil.apa yg cranking nya sampe 150A atau bahkan 600 A ya?Omnibus wrote: Sat Jul 17, 2021 15:13hahahaDOHC wrote: Sat Jul 17, 2021 15:01
ga brani jawap saya
takut di marahin mbah masas
ajarin yg ga bener![]()
![]()
yg biasanya org ga nyadar itu kan kabel seliweran nempel di body. pas belum dipake sih ga apa2 krn msh ada insulatornya. nah pas dia ga kuat kepanasan krn specnya terlalu low itu insulator meleleh dan terjadilah short to body. siap2 say bubye sama komponen2 yg kena. kl apes ya semuanya kena dr alternator, ecu, radio, dll dll dll dll dll
n perlu diingat juga, resistance itu berbanding lurus dgn panjang kabel. kabel makin panjang artinya makin harus lebih besar cross sectional area nya (diameternya) dan artinya makin mahal pula harganya. itu kl bicara pure copper bahannya. kl bahan campursari (too much impurities) ya mau diameter segede tiang listrik juga resistance nya bisa aja gede n tetep panas.
kabel aki negatif bisa ga terlalu gede diameternya krn kan itu pendek, paling cuma 15-20cm dr body fender ke kepala aki. jangan samain dgn kabel jumper yg 3 meter ke atas.
trus yg paling gede ampere ketika cranking, bisa sampai 600A pas pertama narik (cuma sepersekian detik) abis itu kl engine udah muter dia langsung turun sih ke 200-300A utk enjin2 passenger car pada umumnya. nah kl yakin mobil yg di jumper bisa idup dlm waktu kurang dr 3 detik, maka pakai kabel yg rated 150A msh boleh gambling. terserah lah .... hidup itu kan pilihan masing2. tanpa gambling jg ga seru kaya hidup ala robot gitu2 aja. ga ada getaran2 jiwa.![]()
Lipindut saya ngga akan kuat itu crabking sampe 150A dan sdh pasti jebol duluan fuse nya krn maksimal cm brp ya...ngga sampe 100A.
Lagipula kl jimper khan ngga mungkin lama2.
Makanya u kabel + yg ditempel ke aki mobil yg dijunper itu mesti dipegang tdk boleh ditempel.kaya dibaut mencegah arus berlebih yg bisa buat fuse jebol.
Itu pengalaman saya jumper kijang kapsul jadul 2003 sich mbah.
Kl mobil matic skrg mah mendingan langsung ganti aki drpd jumper...![]()
Hmmm....ilmu baru...Omnibus wrote: Sat Jul 17, 2021 23:50makanya sy bilang hidup itu pilihan, kl lurus2 aja ga seru. sedikit2 perlu gambling, pake kabel jumper yg kekecilan atau yg kualitasnya ga jelas spy hidup makin semarak.blloewy wrote: Sat Jul 17, 2021 22:38Nganu mbah mau nanya...mobil.apa yg cranking nya sampe 150A atau bahkan 600 A ya?Omnibus wrote: Sat Jul 17, 2021 15:13
hahaha
yg biasanya org ga nyadar itu kan kabel seliweran nempel di body. pas belum dipake sih ga apa2 krn msh ada insulatornya. nah pas dia ga kuat kepanasan krn specnya terlalu low itu insulator meleleh dan terjadilah short to body. siap2 say bubye sama komponen2 yg kena. kl apes ya semuanya kena dr alternator, ecu, radio, dll dll dll dll dll
n perlu diingat juga, resistance itu berbanding lurus dgn panjang kabel. kabel makin panjang artinya makin harus lebih besar cross sectional area nya (diameternya) dan artinya makin mahal pula harganya. itu kl bicara pure copper bahannya. kl bahan campursari (too much impurities) ya mau diameter segede tiang listrik juga resistance nya bisa aja gede n tetep panas.
kabel aki negatif bisa ga terlalu gede diameternya krn kan itu pendek, paling cuma 15-20cm dr body fender ke kepala aki. jangan samain dgn kabel jumper yg 3 meter ke atas.
trus yg paling gede ampere ketika cranking, bisa sampai 600A pas pertama narik (cuma sepersekian detik) abis itu kl engine udah muter dia langsung turun sih ke 200-300A utk enjin2 passenger car pada umumnya. nah kl yakin mobil yg di jumper bisa idup dlm waktu kurang dr 3 detik, maka pakai kabel yg rated 150A msh boleh gambling. terserah lah .... hidup itu kan pilihan masing2. tanpa gambling jg ga seru kaya hidup ala robot gitu2 aja. ga ada getaran2 jiwa.![]()
Lipindut saya ngga akan kuat itu crabking sampe 150A dan sdh pasti jebol duluan fuse nya krn maksimal cm brp ya...ngga sampe 100A.
Lagipula kl jimper khan ngga mungkin lama2.
Makanya u kabel + yg ditempel ke aki mobil yg dijunper itu mesti dipegang tdk boleh ditempel.kaya dibaut mencegah arus berlebih yg bisa buat fuse jebol.
Itu pengalaman saya jumper kijang kapsul jadul 2003 sich mbah.
Kl mobil matic skrg mah mendingan langsung ganti aki drpd jumper...![]()
ngejumper mobil apapun mau yg matic sampai yg control unitnya ada banyak bgt kaya mersi S class dan sebangsanya juga boleh asalkan prosedur dan equipment nya up to spec. siapa bilang ga boleh?
fuse cuma sampai 100A? lipindut ga sampe 100A? itu sekring apa yg dimaksud, coba cari tau yg bener sirkuit yg mana yg diprotect fuse tsb.
coba baca juga yg betul tulisan CCA di atas aki itu brp dan apa artinya cranking amp sebuah aki.
and .... pertanyaan saya nih, emang dr aki ke motor starter kabel induknya ada sekring? coba jawab deh.![]()