3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jan 28, 2015 16:21
3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
User review nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11
Well, sekarang saatnya memberanikan diri untuk mereview mobil yang lagi ane pake. Nissan grand livina xv cvt 2013 warna silver. Hasil beli dan milih-milih dari mobil88 soehat bandung, setelah mempertimbangkan mau punya baby dan mobil sebelumnya (suzuki splash) dirasa kekecilan. Pas di mobil88 hasil keliling-keliling dan keluar masuk mobil yang ada di showroom alhasil mengerucut ke mobil2 inceran yang harganya masuk (maks around 130jt) yaitu grand livina (ada xv 2013 km 55rb saja, sv 2015 km aga gondrong, hws 2015 out of budget jadi ga dilirik), daihatsu sirion matic 2016, grand avega matic 2011. Dikarenakan tujuan upgrade mobil ke yang lebih besar dan istri maunya yang 3 baris (walau sampai sekarang baris ke-3 selalu dilipet berasa bawa wagon) jadilah memutuskan untuk meminang si ANGL L11 ini. Sebelum meluncur ke mobil88 sih emang udah ngincer ANGL L11 ini selain karena modelnya yang udah facelift, modelnya bagus, luas dan yang penting harga 2nd nya pun terjun bebas dibanding lmpv lainnya.
Impresi pertama setelah beli, ini mobil lebih nyaman (bener kata review-review diluar sana) dari mobil sebelumnya terlebih posisi duduknya yang saya suka karena lebih rebahan dan rendah. Setir lebih ringan walau radius putar jadi nambah jauh (5,5m vs 4,7m). Posisi duduk baris ke2 lebih tinggi dari depan tapi masih berasa sedannya juga, tapi menurut ane lumayan sempit buat ruang kaki walau engga sampe mentok kalau duduk. Baris ke 3 nah ini yang so so rada lebih jongkok pastinya dan ga ada headrest, ya headrest ga dikasih dan jadi opsi buat upgrade (dijual sebagai acc resmi) tapi karena dari beli jok baris ke 3 dilipet dan jadi rata lantai alhasil jadi bagasi yang super besar dan rata. Bawa apa-aja masih muat, angkut lemari 3 pintu (belum dirakit) dari jysk, angkut keramik buat bikin garasi, angkut granit buat teras, angkut tangga yang 2 meter pokoknya masih muat karena jok baris 2 juga bisa rata lantai. Asal jangan keseringan angkut barang berat aja karena shock belakang gampang ambless.
Untuk design, menurut ane ANGL L11 ini lumayan lebih cantik dibanding GL L10 yang lebih membulat-bulat-bulat. Pergantian headlamp dari single lamp jadi double lamp untuk low beam dan high beam ditambah pake perisai yang bikin kalau upgrade lampu led jadi ga silau men. Pergantian speedometer dengan penambahan MID dan ganti setir sukses bikin perasaan yang beda buat nyetir mobil ini meski design dashboard masih sama dengan L10. perubahan berikutnya dari L10 ada di lampu belakang yang jadi 2 bagian (di pilar d bawah dan di pintu bagasi), perubahan posisi wiper belakang, penambahan buntut sedikit yang menambah kesan sudah pakai spoiler dan bemper belakang dengan tambahan mata kucing untuk safety. Kurangnya nissan selalu membanggakan handle pintu bagasi supaya terekspose yang menurut ane rada mengganjal.
ANGL L11 ini mobil kencang (diputaran atas tapinya) dan irit, berkat mesin HR15DE dengan penambahan dual injector dan sensor lainnya berhasil buat ngilangin ngelitik yang biasa dikeluhin GL L10. dibawa sampe 140 masih sangat stabil, lebih dari itu masih sanggup kayanya ane aja yang ga berani hehe. Salah satu pertimbangan ambil type XV yaitu penambahan safety rem ABS, EBD, BA, foglamp, sensor parkir dari type SV yang menurut ane lumayan krusial. Dan tidak begitu krusial untuk perbedaan dari XV ke HWS, AUTECH ataupun XGEAR selain adanya steering switch control yang ane udah beli dari lapak online (tinggal pasang tapi belum aja).
Upgrade pertama buat mobil ini adalah ganti audio bawaan pemilik sebelumnya yang pake HU car*an 1din yang suaranya karton dan mendem abis. Alhamdulillah dapet warisan pioneer 2din avh175 dari avanza bokap yang mau dijual, langsung saat itu juga bongkar pasang sendiri di garasi. Alhasil suara meningkaat jauh-jauh dari HU sebelumnya. Detail lebih berasa, bass lebih punchy, treble lebih pedes, lumayan lah dibandingkan sebelumnya
Upgrade kedua, ganti speaker depan + pasang tweeter. Setelah liat review dan liat2 harga speaker split, yang cocok ketemu nakamichi NSE-CS1617 beli di DF car audio cikapundung. Dapet harga 550k udah sama pasang. Suaranya lumanyan nambah peningkatan di detail, bass, mid dan treble (karena dapet tweeternya) cukup puas buat harga segitu yang bisa dibilang kere hore. Speaker belakang masih standar rencana mau pasang pioneer yang coaxial aja
Upgrade berikutnya adalah ganti bohlam, dikarenakan pingin menolak tua dan pingin lebih terang dari bohlam bawaan. Baca review di kaskus ternyata direkomendasiin pake led xhp 50 H11 merk katur (disini jadi merk turbo), ya H11 karena lampu low beam dan high yang misah. Alhasil memang mantaap. Untuk foglamp karena sama2 H11 nyoba pake led dengan chip lain alhasil beli chip zes nya philips dengan merk ayoto ternyata lumayan terang juga.
Salah satu yang kritikal dan perlu punya sparepart bawaan buat jaga-jaga di mobil ini adalah selongsong koil. Ya, selongsong koil (beli di online cuma 35k) jadi penyakit yang lumayan menghantui buat melihara ANGL ini, sekalinya bocor mobil langsung berasa pincang, ga ada tenaga, brebed parah, dan geter. Udah gitu ga sembarang bengkel yang bisa bongkar pasang koil dan busi mobil ini, dikarenakan koilnya ketutup sama cover intake jadi perlu penanganan khusus termasuk urutan yang tepat dalam pembongkaran mulai dari lepas aki, lepas sensor2 yang nempel di intake, lepas koil, lepas busi, lalu pasang kembali. Karena ga jarang kalau urutannya salah check engine akan nyala, atau idle nya jadi tinggi (around 2k, standar 900-1k). Oh ya busi nya juga special, harga satunya 110-125k jadi kalo sekalian bongkar liat busi udah kurang bagus mending sekalian diganti aja soalnya bongkarnya ribet.
Problem berikutnya yang kalau buka grup hampir semua livina kena adalah gejala klakson mati, akhirnya ngerasain juga setelah 3 tahun pakai. Penyebabnya bukan karena klakson yang jelek, tapi kabel spiral yang putus dalemnya. Setelah dianalisa kemungkinan penyebab putusnya kabel spiral adalah bisa jadi karena radius putar yang besar jadi pas belok hampir pasi puter tuh setir sampe mentok, nah itu tidak direkomendasikan sama bengkel spesialis nissan ternyata.
3 tahun pakai untuk kaki-kaki sepertinya lumayan badak ane rasa (apa mungkin PCD 4x114.3 itu mempengaruhi kebadakannya) karena belum kerasa glodakan, apa mungkin juga ane rada hati2 kalau lewatin jalan jelek. Suara yang muncul adalah suara tung-tung pas setir diputer ke kiri atau kanan, setelah baca grup ternyata masalahnnya adalah di bearing support shock. Ini masih PR sih, tunggu gajian deh ane ganti
Alhamdulillah 3 tahun pakai belum ada masalah berarti selain fast moving parts macam kampas rem, oli, busi, coil, ganti filter2, kuras radiator, cleaning evap ac. Semoga tidak ada masalah besar di tahun-tahun berikutnya, pengennya tahun depan diganti soalnya hehe
Well, sekarang saatnya memberanikan diri untuk mereview mobil yang lagi ane pake. Nissan grand livina xv cvt 2013 warna silver. Hasil beli dan milih-milih dari mobil88 soehat bandung, setelah mempertimbangkan mau punya baby dan mobil sebelumnya (suzuki splash) dirasa kekecilan. Pas di mobil88 hasil keliling-keliling dan keluar masuk mobil yang ada di showroom alhasil mengerucut ke mobil2 inceran yang harganya masuk (maks around 130jt) yaitu grand livina (ada xv 2013 km 55rb saja, sv 2015 km aga gondrong, hws 2015 out of budget jadi ga dilirik), daihatsu sirion matic 2016, grand avega matic 2011. Dikarenakan tujuan upgrade mobil ke yang lebih besar dan istri maunya yang 3 baris (walau sampai sekarang baris ke-3 selalu dilipet berasa bawa wagon) jadilah memutuskan untuk meminang si ANGL L11 ini. Sebelum meluncur ke mobil88 sih emang udah ngincer ANGL L11 ini selain karena modelnya yang udah facelift, modelnya bagus, luas dan yang penting harga 2nd nya pun terjun bebas dibanding lmpv lainnya.
Impresi pertama setelah beli, ini mobil lebih nyaman (bener kata review-review diluar sana) dari mobil sebelumnya terlebih posisi duduknya yang saya suka karena lebih rebahan dan rendah. Setir lebih ringan walau radius putar jadi nambah jauh (5,5m vs 4,7m). Posisi duduk baris ke2 lebih tinggi dari depan tapi masih berasa sedannya juga, tapi menurut ane lumayan sempit buat ruang kaki walau engga sampe mentok kalau duduk. Baris ke 3 nah ini yang so so rada lebih jongkok pastinya dan ga ada headrest, ya headrest ga dikasih dan jadi opsi buat upgrade (dijual sebagai acc resmi) tapi karena dari beli jok baris ke 3 dilipet dan jadi rata lantai alhasil jadi bagasi yang super besar dan rata. Bawa apa-aja masih muat, angkut lemari 3 pintu (belum dirakit) dari jysk, angkut keramik buat bikin garasi, angkut granit buat teras, angkut tangga yang 2 meter pokoknya masih muat karena jok baris 2 juga bisa rata lantai. Asal jangan keseringan angkut barang berat aja karena shock belakang gampang ambless.
Untuk design, menurut ane ANGL L11 ini lumayan lebih cantik dibanding GL L10 yang lebih membulat-bulat-bulat. Pergantian headlamp dari single lamp jadi double lamp untuk low beam dan high beam ditambah pake perisai yang bikin kalau upgrade lampu led jadi ga silau men. Pergantian speedometer dengan penambahan MID dan ganti setir sukses bikin perasaan yang beda buat nyetir mobil ini meski design dashboard masih sama dengan L10. perubahan berikutnya dari L10 ada di lampu belakang yang jadi 2 bagian (di pilar d bawah dan di pintu bagasi), perubahan posisi wiper belakang, penambahan buntut sedikit yang menambah kesan sudah pakai spoiler dan bemper belakang dengan tambahan mata kucing untuk safety. Kurangnya nissan selalu membanggakan handle pintu bagasi supaya terekspose yang menurut ane rada mengganjal.
ANGL L11 ini mobil kencang (diputaran atas tapinya) dan irit, berkat mesin HR15DE dengan penambahan dual injector dan sensor lainnya berhasil buat ngilangin ngelitik yang biasa dikeluhin GL L10. dibawa sampe 140 masih sangat stabil, lebih dari itu masih sanggup kayanya ane aja yang ga berani hehe. Salah satu pertimbangan ambil type XV yaitu penambahan safety rem ABS, EBD, BA, foglamp, sensor parkir dari type SV yang menurut ane lumayan krusial. Dan tidak begitu krusial untuk perbedaan dari XV ke HWS, AUTECH ataupun XGEAR selain adanya steering switch control yang ane udah beli dari lapak online (tinggal pasang tapi belum aja).
Upgrade pertama buat mobil ini adalah ganti audio bawaan pemilik sebelumnya yang pake HU car*an 1din yang suaranya karton dan mendem abis. Alhamdulillah dapet warisan pioneer 2din avh175 dari avanza bokap yang mau dijual, langsung saat itu juga bongkar pasang sendiri di garasi. Alhasil suara meningkaat jauh-jauh dari HU sebelumnya. Detail lebih berasa, bass lebih punchy, treble lebih pedes, lumayan lah dibandingkan sebelumnya
Upgrade kedua, ganti speaker depan + pasang tweeter. Setelah liat review dan liat2 harga speaker split, yang cocok ketemu nakamichi NSE-CS1617 beli di DF car audio cikapundung. Dapet harga 550k udah sama pasang. Suaranya lumanyan nambah peningkatan di detail, bass, mid dan treble (karena dapet tweeternya) cukup puas buat harga segitu yang bisa dibilang kere hore. Speaker belakang masih standar rencana mau pasang pioneer yang coaxial aja
Upgrade berikutnya adalah ganti bohlam, dikarenakan pingin menolak tua dan pingin lebih terang dari bohlam bawaan. Baca review di kaskus ternyata direkomendasiin pake led xhp 50 H11 merk katur (disini jadi merk turbo), ya H11 karena lampu low beam dan high yang misah. Alhasil memang mantaap. Untuk foglamp karena sama2 H11 nyoba pake led dengan chip lain alhasil beli chip zes nya philips dengan merk ayoto ternyata lumayan terang juga.
Salah satu yang kritikal dan perlu punya sparepart bawaan buat jaga-jaga di mobil ini adalah selongsong koil. Ya, selongsong koil (beli di online cuma 35k) jadi penyakit yang lumayan menghantui buat melihara ANGL ini, sekalinya bocor mobil langsung berasa pincang, ga ada tenaga, brebed parah, dan geter. Udah gitu ga sembarang bengkel yang bisa bongkar pasang koil dan busi mobil ini, dikarenakan koilnya ketutup sama cover intake jadi perlu penanganan khusus termasuk urutan yang tepat dalam pembongkaran mulai dari lepas aki, lepas sensor2 yang nempel di intake, lepas koil, lepas busi, lalu pasang kembali. Karena ga jarang kalau urutannya salah check engine akan nyala, atau idle nya jadi tinggi (around 2k, standar 900-1k). Oh ya busi nya juga special, harga satunya 110-125k jadi kalo sekalian bongkar liat busi udah kurang bagus mending sekalian diganti aja soalnya bongkarnya ribet.
Problem berikutnya yang kalau buka grup hampir semua livina kena adalah gejala klakson mati, akhirnya ngerasain juga setelah 3 tahun pakai. Penyebabnya bukan karena klakson yang jelek, tapi kabel spiral yang putus dalemnya. Setelah dianalisa kemungkinan penyebab putusnya kabel spiral adalah bisa jadi karena radius putar yang besar jadi pas belok hampir pasi puter tuh setir sampe mentok, nah itu tidak direkomendasikan sama bengkel spesialis nissan ternyata.
3 tahun pakai untuk kaki-kaki sepertinya lumayan badak ane rasa (apa mungkin PCD 4x114.3 itu mempengaruhi kebadakannya) karena belum kerasa glodakan, apa mungkin juga ane rada hati2 kalau lewatin jalan jelek. Suara yang muncul adalah suara tung-tung pas setir diputer ke kiri atau kanan, setelah baca grup ternyata masalahnnya adalah di bearing support shock. Ini masih PR sih, tunggu gajian deh ane ganti
Alhamdulillah 3 tahun pakai belum ada masalah berarti selain fast moving parts macam kampas rem, oli, busi, coil, ganti filter2, kuras radiator, cleaning evap ac. Semoga tidak ada masalah besar di tahun-tahun berikutnya, pengennya tahun depan diganti soalnya hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Mantap review nya oom
Ditambahin mulustrasinya dong oom, biar ripiunya semakin jelas dan menarik
L11 ini konon katanya udah banyak improve di masalah2 yg suka ada di L10 ya, yg kayak nggelitik, kaki2, dll dll gitu?
Odometernya dah berapa itu oom?

Ditambahin mulustrasinya dong oom, biar ripiunya semakin jelas dan menarik

L11 ini konon katanya udah banyak improve di masalah2 yg suka ada di L10 ya, yg kayak nggelitik, kaki2, dll dll gitu?
Odometernya dah berapa itu oom?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Selamat om buat mobil barunya..
GL ini pasti jd pilihan ane kalo pas lagi tugas di luar kota dulu, pilihan di kantor ada GL & avanza (th sama). Setelah masuk pintu tol dijamin ane bobok pules krn emang nyaman banget & driver uda tau kapan harus bangunin ane: pas makan siang atau pas uda deket tempat nasabah
Pernah ngalamin mesin tiba2 pincang di luar kota, shock mati tiba2 jg pernah.. rada aneh ni mobil, sblm rusak ga ada tanda2 dulu, tiba2 rusak aja..
Btw tambain fotonya dong om
GL ini pasti jd pilihan ane kalo pas lagi tugas di luar kota dulu, pilihan di kantor ada GL & avanza (th sama). Setelah masuk pintu tol dijamin ane bobok pules krn emang nyaman banget & driver uda tau kapan harus bangunin ane: pas makan siang atau pas uda deket tempat nasabah
Pernah ngalamin mesin tiba2 pincang di luar kota, shock mati tiba2 jg pernah.. rada aneh ni mobil, sblm rusak ga ada tanda2 dulu, tiba2 rusak aja..

Btw tambain fotonya dong om
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Om herman mana yah
Dah lama neh ga kliatan
Biasa dgn kata kunci angl, livina, lipindut, hr15de, dan sejenisnya lgs muncul
Dah lama neh ga kliatan
Biasa dgn kata kunci angl, livina, lipindut, hr15de, dan sejenisnya lgs muncul
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Sabar mbah ... mungkin lg masak pempek dulu buat makan pagi ...DOHC wrote: Fri Jul 16, 2021 2:05 Om herman mana yah
Dah lama neh ga kliatan
Biasa dgn kata kunci angl, livina, lipindut, hr15de, dan sejenisnya lgs muncul



-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Pernah punya lipindut ANGL ini dari tahun 2014 sampai tahun 2017 sebelum ganti ke Ertiga Dreza buat operasional bini ke pasar dan antar jemput bocil sekolah. Pertimbangan ganti ke Ertiga waktu itu karena merasa kurang lega di lipindut. setelah ganti Ertiga memang lebih lega, tapi ternyata perasaan ane mesinnnya lebih ressponsif ANGL CVT dibanding Ertiga matic. bahan bakar yang dipakai sama (Pertamax 92). Untuk kenyamanan jelas lebih nyaman ANGL. cuman rawan gasruk di poldur dibandingkan Ertiga. soalnya jalur ke sekolah bocil ane dulu banyak poldur. untuk keiritan bahan bakar lebih irit Ertiga.
karena pingin yang lebih nyaman lagi dan sekolah bocil udah pindah ke lokasi yang lebih forgiving untuk mobil yang rendah, sempat kepikir beli ganti Ertiga dengan ANGL lagi, sayangnya ANGL sudah gak keluar baru. Akhirnya ganti Xtrail buat bini. karena kurang suka designnya lipindut yg satu platform sama espandir. Espandir lebih gak suka lagi designya. maklum selera kami memang aneh ... wkwkwk
karena pingin yang lebih nyaman lagi dan sekolah bocil udah pindah ke lokasi yang lebih forgiving untuk mobil yang rendah, sempat kepikir beli ganti Ertiga dengan ANGL lagi, sayangnya ANGL sudah gak keluar baru. Akhirnya ganti Xtrail buat bini. karena kurang suka designnya lipindut yg satu platform sama espandir. Espandir lebih gak suka lagi designya. maklum selera kami memang aneh ... wkwkwk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
mesin nissan yang HR kynya emang hobi koil mati ga ada tanda2, dulu pas pake latio sampe stok koil 2 biji di glove box (beli yang oem yang asli mahil hahahahaha)black2345 wrote: Thu Jul 15, 2021 23:12 Selamat om buat mobil barunya..
GL ini pasti jd pilihan ane kalo pas lagi tugas di luar kota dulu, pilihan di kantor ada GL & avanza (th sama). Setelah masuk pintu tol dijamin ane bobok pules krn emang nyaman banget & driver uda tau kapan harus bangunin ane: pas makan siang atau pas uda deket tempat nasabah
Pernah ngalamin mesin tiba2 pincang di luar kota, shock mati tiba2 jg pernah.. rada aneh ni mobil, sblm rusak ga ada tanda2 dulu, tiba2 rusak aja..![]()
Btw tambain fotonya dong om
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Latio bukannya MR18DE ya om?riisesky wrote: Fri Jul 16, 2021 4:06mesin nissan yang HR kynya emang hobi koil mati ga ada tanda2, dulu pas pake latio sampe stok koil 2 biji di glove box (beli yang oem yang asli mahil hahahahaha)black2345 wrote: Thu Jul 15, 2021 23:12 Selamat om buat mobil barunya..
GL ini pasti jd pilihan ane kalo pas lagi tugas di luar kota dulu, pilihan di kantor ada GL & avanza (th sama). Setelah masuk pintu tol dijamin ane bobok pules krn emang nyaman banget & driver uda tau kapan harus bangunin ane: pas makan siang atau pas uda deket tempat nasabah
Pernah ngalamin mesin tiba2 pincang di luar kota, shock mati tiba2 jg pernah.. rada aneh ni mobil, sblm rusak ga ada tanda2 dulu, tiba2 rusak aja..![]()
Btw tambain fotonya dong om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
nice review om. livina ini memang termasuk salah 1 lmpv yg paling empuk dan paling nyaman dikelasnya. selain itu, fiturnya cukup lengkap dan peredamannya juga cukup oke. sayang terganjal di perawatannya agak lumayan buat ukuran LMPV , RV nya yg gak terlalu bagus dibanding rival2 sekelasnya dan brand image
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
naah ini dia, adayg bilang latio HR ada yg bilang MR

btw nice review om.....L11 salah satu mobil kandidat, cm maunya sih yg 1.8

-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Mon Sep 24, 2018 4:48
- Location: Bekasi
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Mungkin latio nya ex taxi? klo gasalah pake hr16desammyjimun wrote: Fri Jul 16, 2021 6:29naah ini dia, adayg bilang latio HR ada yg bilang MR
btw nice review om.....L11 salah satu mobil kandidat, cm maunya sih yg 1.8![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
xtrail yg model apa om? dan yg cc brp?YanuarS wrote: Fri Jul 16, 2021 3:53 Pernah punya lipindut ANGL ini dari tahun 2014 sampai tahun 2017 sebelum ganti ke Ertiga Dreza buat operasional bini ke pasar dan antar jemput bocil sekolah. Pertimbangan ganti ke Ertiga waktu itu karena merasa kurang lega di lipindut. setelah ganti Ertiga memang lebih lega, tapi ternyata perasaan ane mesinnnya lebih ressponsif ANGL CVT dibanding Ertiga matic. bahan bakar yang dipakai sama (Pertamax 92). Untuk kenyamanan jelas lebih nyaman ANGL. cuman rawan gasruk di poldur dibandingkan Ertiga. soalnya jalur ke sekolah bocil ane dulu banyak poldur. untuk keiritan bahan bakar lebih irit Ertiga.
karena pingin yang lebih nyaman lagi dan sekolah bocil udah pindah ke lokasi yang lebih forgiving untuk mobil yang rendah, sempat kepikir beli ganti Ertiga dengan ANGL lagi, sayangnya ANGL sudah gak keluar baru. Akhirnya ganti Xtrail buat bini. karena kurang suka designnya lipindut yg satu platform sama espandir. Espandir lebih gak suka lagi designya. maklum selera kami memang aneh ... wkwkwk
gmn dipakai antar sekolah bocil, bensinnya? dulu istri sy sy ksh serena c26 sih lumayan engap ngasih minumnya. wkwkwk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
ini yang sebrangnya parakan asri ya?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jan 28, 2015 16:21
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Maaf foto2nya ketinggalan. ternyata gabisa edit post ya di SM ini
ini project upgrade selanjutnya, steering switch control. antara mau dipasang atau dijual lagi sih hehe
best AVG fuel comsumpsion (beres reset trip mid) gatau actualnya belum pernah full to full
saat ganti lampu led xhp50, puasss. bawahnya masih belang belum nyoba ganti led zes nya ayoto
awal-awal pindah ke rumah baru, dapet garasi yang lumayan panjang (6 meter) bikin ANGL yang 4,5m leluasa parkir
saatnya treatment poles-poles ringan (masih pakai tangan) biar lebih kulimis
ganti ban dari dunlop sp300, lagi gamau beli ban eco-eco. alhasil coba bridgestone techno hasilnya lumayan empuk dan senyap DC 530 saja di dealer resmi BS purwakarta
ini project upgrade selanjutnya, steering switch control. antara mau dipasang atau dijual lagi sih hehe
best AVG fuel comsumpsion (beres reset trip mid) gatau actualnya belum pernah full to full
saat ganti lampu led xhp50, puasss. bawahnya masih belang belum nyoba ganti led zes nya ayoto
awal-awal pindah ke rumah baru, dapet garasi yang lumayan panjang (6 meter) bikin ANGL yang 4,5m leluasa parkir
saatnya treatment poles-poles ringan (masih pakai tangan) biar lebih kulimis
ganti ban dari dunlop sp300, lagi gamau beli ban eco-eco. alhasil coba bridgestone techno hasilnya lumayan empuk dan senyap DC 530 saja di dealer resmi BS purwakarta
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jan 28, 2015 16:21
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
siap om maaf ketinggalan, udah ditambahin di post sebelum ini ya om karena ternyata gabisa diedit post pertamanyarakyatwkwkland wrote: Thu Jul 15, 2021 19:19 Mantap review nya oom![]()
Ditambahin mulustrasinya dong oom, biar ripiunya semakin jelas dan menarik![]()
L11 ini konon katanya udah banyak improve di masalah2 yg suka ada di L10 ya, yg kayak nggelitik, kaki2, dll dll gitu?
Odometernya dah berapa itu oom?
betul untuk ngelitik dia tambah jadi dual injector dan lumayan berhasil meski dirasa masih ada dikit2 terutama kalau udah lama ga service
hehe mobil lama om beli tahun 2018 berartiblack2345 wrote: Thu Jul 15, 2021 23:12 Selamat om buat mobil barunya..
GL ini pasti jd pilihan ane kalo pas lagi tugas di luar kota dulu, pilihan di kantor ada GL & avanza (th sama). Setelah masuk pintu tol dijamin ane bobok pules krn emang nyaman banget & driver uda tau kapan harus bangunin ane: pas makan siang atau pas uda deket tempat nasabah
Pernah ngalamin mesin tiba2 pincang di luar kota, shock mati tiba2 jg pernah.. rada aneh ni mobil, sblm rusak ga ada tanda2 dulu, tiba2 rusak aja..![]()
Btw tambain fotonya dong om
betul om untuk kenyamanan kebetulan dirumah ada avanza 2012, terios 2019, masih lebih enak grand livina sih
pernah nonton di youtube untuk livina ini rusak nya aja (kaki-kaki) masih berasa nyaman makanya ga ketauan kalau sudah rusak dan itu bahaya
mantap ada sesepuh pengguna ANGL, salam omYanuarS wrote: Fri Jul 16, 2021 3:53 Pernah punya lipindut ANGL ini dari tahun 2014 sampai tahun 2017 sebelum ganti ke Ertiga Dreza buat operasional bini ke pasar dan antar jemput bocil sekolah. Pertimbangan ganti ke Ertiga waktu itu karena merasa kurang lega di lipindut. setelah ganti Ertiga memang lebih lega, tapi ternyata perasaan ane mesinnnya lebih ressponsif ANGL CVT dibanding Ertiga matic. bahan bakar yang dipakai sama (Pertamax 92). Untuk kenyamanan jelas lebih nyaman ANGL. cuman rawan gasruk di poldur dibandingkan Ertiga. soalnya jalur ke sekolah bocil ane dulu banyak poldur. untuk keiritan bahan bakar lebih irit Ertiga.
karena pingin yang lebih nyaman lagi dan sekolah bocil udah pindah ke lokasi yang lebih forgiving untuk mobil yang rendah, sempat kepikir beli ganti Ertiga dengan ANGL lagi, sayangnya ANGL sudah gak keluar baru. Akhirnya ganti Xtrail buat bini. karena kurang suka designnya lipindut yg satu platform sama espandir. Espandir lebih gak suka lagi designya. maklum selera kami memang aneh ... wkwkwk
dirumah ada XL7 2020 juga sih punya ibu, untuk kenyamanan masih lebih nyaman livina sih menurut ane tapi fitur kalah jauuh kalau sama xl7 hehe
pas mau beli XL7 juga sempet bandingin sama xpander/livina baru tapi masih lebih worth ambil xl7 terutama di ac yang udah digital
betul om itu salah satu yang bikin harga 2nd nya terjun bebas kayanyaPboyz97 wrote: Fri Jul 16, 2021 5:49 nice review om. livina ini memang termasuk salah 1 lmpv yg paling empuk dan paling nyaman dikelasnya. selain itu, fiturnya cukup lengkap dan peredamannya juga cukup oke. sayang terganjal di perawatannya agak lumayan buat ukuran LMPV , RV nya yg gak terlalu bagus dibanding rival2 sekelasnya dan brand image
buat pengguna baru mungkin sedih, tapi buat pemburu mobil 2nd justru seneng dapet mobil tahun muda dengan harga dibawah avanza
ditambah brand image nissan yang bukan duo astra padahal produknya sama bagusnya
betul om kalau ngincer sih mending langsung yang 1.8sammyjimun wrote: Fri Jul 16, 2021 6:29naah ini dia, adayg bilang latio HR ada yg bilang MR
btw nice review om.....L11 salah satu mobil kandidat, cm maunya sih yg 1.8![]()
fiturnya lebih lengkap selain itu matic nya tetap pake gear AT biasa bukan CVT yang mana lebih tahan banting
betuul sebrang parakan asri, puas sesuka hati buat keluar masuk mobil display disana sampe nemu yang srek
kalau udah nemu yang srek siap2 diracun salesnya buat segera spk hehe pakai rayuan diskon
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Kalo udah nyemplung pake levina sih gada obat om kl mo cari penggantinya, nih mobil kl sehat nyaman banget nget. Dan levina ini slh satu alesan saya suka bawa mobil gede minimal size mpv, sebelum levina saya jg pake stream 2002.
Saya dulu pake levina 2007 yg sangat2 rewelan dan harus saya jual, akhirnya biar ga jomplang2 amat saya ganti ertiga walaupun nyamannya msh kalah. Mobil yg bikin saya gedeg2 rewelannya, tapi saya ga bakal lupa sama nyaman dan solid interiornya.
User2 livina di bandung kayanya juga susah moveon ya om sama mobil ini, saya bbrp th di bandung itu banyak banget livina dan march yg keliatannya msh mulus
Mbah kelep mana ini
Saya dulu pake levina 2007 yg sangat2 rewelan dan harus saya jual, akhirnya biar ga jomplang2 amat saya ganti ertiga walaupun nyamannya msh kalah. Mobil yg bikin saya gedeg2 rewelannya, tapi saya ga bakal lupa sama nyaman dan solid interiornya.
User2 livina di bandung kayanya juga susah moveon ya om sama mobil ini, saya bbrp th di bandung itu banyak banget livina dan march yg keliatannya msh mulus
Mbah kelep mana ini

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Wah, itu steering switch control sekalian sama cruise controlnya oom? Bisa diaktifkan kah cruise control di ANGL 1.5 ini?indraisk wrote: Fri Jul 16, 2021 15:22 Maaf foto2nya ketinggalan. ternyata gabisa edit post ya di SM ini
ini project upgrade selanjutnya, steering switch control. antara mau dipasang atau dijual lagi sih hehe
1626447597758.jpg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Om herman… datanglah om……. *summon*
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
all hail lipindut !!!erwinign wrote: Fri Jul 16, 2021 15:40 Kalo udah nyemplung pake levina sih gada obat om kl mo cari penggantinya, nih mobil kl sehat nyaman banget nget. Dan levina ini slh satu alesan saya suka bawa mobil gede minimal size mpv, sebelum levina saya jg pake stream 2002.
Saya dulu pake levina 2007 yg sangat2 rewelan dan harus saya jual, akhirnya biar ga jomplang2 amat saya ganti ertiga walaupun nyamannya msh kalah. Mobil yg bikin saya gedeg2 rewelannya, tapi saya ga bakal lupa sama nyaman dan solid interiornya.
User2 livina di bandung kayanya juga susah moveon ya om sama mobil ini, saya bbrp th di bandung itu banyak banget livina dan march yg keliatannya msh mulus
Mbah kelep mana ini![]()





numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
saya pernah punya thn 2007 pertama kali keluar .... nyaman banget mobilnya.
Waktu itu masih pakai premium, tarik RPM tinggi diatas 2500 wush ..........................
Enak mobilnya buat tarikan atas
Waktu itu masih pakai premium, tarik RPM tinggi diatas 2500 wush ..........................
Enak mobilnya buat tarikan atas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Hallo, Salam buat om-om semua, Semoga kita semua dalam kondisi sehat dan terhindar dari virus Corona tipe Delta yg parah kecepatan penularannya Untuk om Indraisk nice review untuk mobilnya yg kebetulan sama merknya serta warnanya dengan mobil di garasi saya. Mobil ANGL ini memang mobilDOHC wrote:all hail lipindut !!!erwinign wrote: Fri Jul 16, 2021 15:40 Kalo udah nyemplung pake levina sih gada obat om kl mo cari penggantinya, nih mobil kl sehat nyaman banget nget. Dan levina ini slh satu alesan saya suka bawa mobil gede minimal size mpv, sebelum levina saya jg pake stream 2002.
Saya dulu pake levina 2007 yg sangat2 rewelan dan harus saya jual, akhirnya biar ga jomplang2 amat saya ganti ertiga walaupun nyamannya msh kalah. Mobil yg bikin saya gedeg2 rewelannya, tapi saya ga bakal lupa sama nyaman dan solid interiornya.
User2 livina di bandung kayanya juga susah moveon ya om sama mobil ini, saya bbrp th di bandung itu banyak banget livina dan march yg keliatannya msh mulus
Mbah kelep mana ini![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
yg nyaman dan untuk saya pribadi yang sudah piara mobil ini sampai dengan sekarang di odo 101833 Km di tahun ke 8 nya belum sama sekali mengalami koilnya bocor atau shock breaker atau kaki kaki mobil nya berisik sampai sekarang ini wkwkwk. Saat ini di kota tempat saya tinggal walau tidak menerapkan PPKM tapi kantor sudah menerapkan ada BDR atau WFH, sehingga saat ini lagi baca baca new product Nissan yg akan Globally lounching in next period like Nissan Z proto, Pathfinder and New X-Traill yg semoga saja dijual di Indonesia juga wkwkwk.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
Ehehehe.. kalo ane pernah pengalaman sama lipindud pas jaman kuliah taon 2009..Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 17:02 saya pernah punya thn 2007 pertama kali keluar .... nyaman banget mobilnya.
Waktu itu masih pakai premium, tarik RPM tinggi diatas 2500 wush ..........................
Enak mobilnya buat tarikan atas
Numpang mobil punya temen yg type Livina XR. Empuk banget bantingannya, senyap… bensin jg irit bisa dpt 11-12 km/l dalkot jkt macet2an… isi premium pula.. terbuai deh..
sampe minta dibeliin itu mobil sama bokap.. tapi ditolak mentah-mentah sama doi.. alesannya klasik “harga jual jatoh” wkwkwkwkwkwk, akhirnya dibeliin jazz GE8 buat ane bolak-balik ngampus

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
bokap mbah kiel sungguh punya insting yg tajemKielConstantine wrote: Sat Jul 17, 2021 10:46Ehehehe.. kalo ane pernah pengalaman sama lipindud pas jaman kuliah taon 2009..Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 17:02 saya pernah punya thn 2007 pertama kali keluar .... nyaman banget mobilnya.
Waktu itu masih pakai premium, tarik RPM tinggi diatas 2500 wush ..........................
Enak mobilnya buat tarikan atas
Numpang mobil punya temen yg type Livina XR. Empuk banget bantingannya, senyap… bensin jg irit bisa dpt 11-12 km/l dalkot jkt macet2an… isi premium pula.. terbuai deh..
sampe minta dibeliin itu mobil sama bokap.. tapi ditolak mentah-mentah sama doi.. alesannya klasik “harga jual jatoh” wkwkwkwkwkwk, akhirnya dibeliin jazz GE8 buat ane bolak-balik ngampus![]()
padahal di taon sgitu kan lipindut families lg bener2 hype banget, avansa killer lah, inofa killer lah, bahkan XR aj ampe disebut jazz killer ampe keguling2 ngakak saya waktu denger nya


ga ampe satu dekade kemudian... hancur lebur smua
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
ini mobil enak banget Om! pernah melihara dulu L10 Ultimate 1.5.
Sampe sekarang menurut ane jauh lebih enak dari LMPV yang sekarang.
apalagi Livina sekarang basis nya Xpander, masih kalah enak sama L10/L11.
Sampe sekarang menurut ane jauh lebih enak dari LMPV yang sekarang.
apalagi Livina sekarang basis nya Xpander, masih kalah enak sama L10/L11.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24
Re: 3 years w/ nissan all new grand livina xv cvt 2013 L11 sisilver
All New Xtrail Om, yang 2.0. Lumayan juga sih bedanya, rata rata sekitar 1:10 - 1:11 konsumsi BBM nya (sama pakai Pertamax Ron 92). Kalau Ertiga bisa rata rata 1:14.Omnibus wrote: Fri Jul 16, 2021 9:47xtrail yg model apa om? dan yg cc brp?YanuarS wrote: Fri Jul 16, 2021 3:53 Pernah punya lipindut ANGL ini dari tahun 2014 sampai tahun 2017 sebelum ganti ke Ertiga Dreza buat operasional bini ke pasar dan antar jemput bocil sekolah. Pertimbangan ganti ke Ertiga waktu itu karena merasa kurang lega di lipindut. setelah ganti Ertiga memang lebih lega, tapi ternyata perasaan ane mesinnnya lebih ressponsif ANGL CVT dibanding Ertiga matic. bahan bakar yang dipakai sama (Pertamax 92). Untuk kenyamanan jelas lebih nyaman ANGL. cuman rawan gasruk di poldur dibandingkan Ertiga. soalnya jalur ke sekolah bocil ane dulu banyak poldur. untuk keiritan bahan bakar lebih irit Ertiga.
karena pingin yang lebih nyaman lagi dan sekolah bocil udah pindah ke lokasi yang lebih forgiving untuk mobil yang rendah, sempat kepikir beli ganti Ertiga dengan ANGL lagi, sayangnya ANGL sudah gak keluar baru. Akhirnya ganti Xtrail buat bini. karena kurang suka designnya lipindut yg satu platform sama espandir. Espandir lebih gak suka lagi designya. maklum selera kami memang aneh ... wkwkwk
gmn dipakai antar sekolah bocil, bensinnya? dulu istri sy sy ksh serena c26 sih lumayan engap ngasih minumnya. wkwkwk