Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Sat Jul 10, 2021 9:33
inofa bensin... ud ampe jungkir balik saya cari EGR nya ga ketemu mbah... rada aneh sehh masa mobil bensin jaman now bsa ga ada EGR
mungkin @mbah 69 bsa cerahin dmana posisi EFR inofa bensin
innova bensin kan sempet FL beberapa kali, nah ada satu waktu yg jadi EURO2 spec, itu setelan CO diilangin, jadi ga bisa setel sendiri, kalau ga salah waktu itu juga barengan dipasangin Charcoal Canister. mungkin emang varian yg belum Euro2.
btw, mobil uzur saya si HR12DE varian AT ga ada EGR loh mbah tapi ada Charcoal Canister bahagia saya, busi2 dan intake pada bersih d
DOHC wrote: Sat Jul 10, 2021 9:33
inofa bensin... ud ampe jungkir balik saya cari EGR nya ga ketemu mbah... rada aneh sehh masa mobil bensin jaman now bsa ga ada EGR
mungkin @mbah 69 bsa cerahin dmana posisi EFR inofa bensin
innova bensin kan sempet FL beberapa kali, nah ada satu waktu yg jadi EURO2 spec, itu setelan CO diilangin, jadi ga bisa setel sendiri, kalau ga salah waktu itu juga barengan dipasangin Charcoal Canister. mungkin emang varian yg belum Euro2.
btw, mobil uzur saya si HR12DE varian AT ga ada EGR loh mbah tapi ada Charcoal Canister bahagia saya, busi2 dan intake pada bersih d
nah masalah nya inofa ribon ini ud euro 2 plus plus om , malah yg 2018 onwards konon ud euro 4 compliance , tp itupun katanya cuman ngerubah di stelan ECU nya doank , jd hardware tetep gini2 aja
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
coba pasang oil catch tank.
atau pinjem copotin yang di vrz ono, pinjem duluuu...... bentar doaaang. entar dibalikin kalo inget.
DOHC wrote: Sat Jul 10, 2021 14:18
nah masalah nya inofa ribon ini ud euro 2 plus plus om , malah yg 2018 onwards konon ud euro 4 compliance , tp itupun katanya cuman ngerubah di stelan ECU nya doank , jd hardware tetep gini2 aja
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
kotor mah lumrah lah mbah, namanya saja negara tropis tapi setidaknya kan ngurangin banyak dan ilang satu benda yg bisa bikin nongol Check Engine gara2 itu mampet.
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
coba pasang oil catch tank.
atau pinjem copotin yang di vrz ono, pinjem duluuu...... bentar doaaang. entar dibalikin kalo inget.
yg mana mbah ???
ohhh
yg spesial edisyen yg dicat candy red metallic itu yah (ehh apa soul red metallic )
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
coba pasang oil catch tank.
atau pinjem copotin yang di vrz ono, pinjem duluuu...... bentar doaaang. entar dibalikin kalo inget.
Pakai oli agak kentel saja om. Innova 2012 diesel AT pakai TMO 10w40 selama dr baru sampai sekarang KM 80rb
Gak pernah bersihkan EGR
Gak pernah bersihkan throttle
Gak pernah bersihkan intake
EGR gak ditutup
Gak pakai OCT
CC dari pabrik gak ada baik di DP ataupun FP.
Masih joss pakai ke bali mbah
Pernah habis pakai antar ke bandara yg jauh. Saya check uap oli lewat dipstick hampir gak ada.
Uap oli waktu di combustion menyebabkan kerak dan masuk lagi ke ruang bakar.
Cari oli yg seencer mungkin, tapi uap sesedikit mungkin. Kalau habis pakai jauh coba buka dispstick. Kalau mesin diesel akan kelihatan kalau oli terbakar banyak asap, entah yg bensin
DOHC wrote: Sat Jul 10, 2021 14:18
nah masalah nya inofa ribon ini ud euro 2 plus plus om , malah yg 2018 onwards konon ud euro 4 compliance , tp itupun katanya cuman ngerubah di stelan ECU nya doank , jd hardware tetep gini2 aja
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
kotor mah lumrah lah mbah, namanya saja negara tropis tapi setidaknya kan ngurangin banyak dan ilang satu benda yg bisa bikin nongol Check Engine gara2 itu mampet.
DOHC wrote: Sat Jul 10, 2021 14:18
nah masalah nya inofa ribon ini ud euro 2 plus plus om , malah yg 2018 onwards konon ud euro 4 compliance , tp itupun katanya cuman ngerubah di stelan ECU nya doank , jd hardware tetep gini2 aja
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
betul mbah ane lg liat fsm nih. ngga ada EGR di ipah jij.
sensor2 yg perlu dibersihin:
- MAF
- MAP (ada map lho ternyata selain maf)
- O2 sensor 2 biji (pre n post cat)
nah loh ..... makanya harus sekali2 di scan DTC nya mbah. contoh aja kl itu charcoal canister purge valve nya bermasalah juga pasti ngaruh.
ane mah bingung kl maintenance atau repair ga megang scanner. spt berjalan dlm gelap. dan anyone yg suggest a, b, c, d tanpa connect DTC juga ibarat si buta menuntun si tuli.
pernah pake model kaya gitu, saya ga suka, karena "berisik" di kuping dan rasanya kok kaya ga rata ya, tapi ya bisa jadi pisau murahan
whetstone terbaik lah mbah. beli satu set, sekalian buat tajemin obeng, korekan kuping, gunting kuku, cabutan bulu mata,
sepertinya musti punya semua. whetstone, stick, sama yang di gambar.
whetstone sangat berguna kalo sampe mata pisau coak atau bergerigi, bisa ditumpulin dulu lalu dibentuk lagi.
yang stick, bisa buat gegayaan...
DOHC wrote: Sat Jul 10, 2021 14:18
nah masalah nya inofa ribon ini ud euro 2 plus plus om , malah yg 2018 onwards konon ud euro 4 compliance , tp itupun katanya cuman ngerubah di stelan ECU nya doank , jd hardware tetep gini2 aja
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
betul mbah ane lg liat fsm nih. ngga ada EGR di ipah jij.
sensor2 yg perlu dibersihin:
- MAF
- MAP (ada map lho ternyata selain maf)
- O2 sensor 2 biji (pre n post cat)
nah loh ..... makanya harus sekali2 di scan DTC nya mbah. contoh aja kl itu charcoal canister purge valve nya bermasalah juga pasti ngaruh.
ane mah bingung kl maintenance atau repair ga megang scanner. spt berjalan dlm gelap. dan anyone yg suggest a, b, c, d tanpa connect DTC juga ibarat si buta menuntun si tuli.
yg MAF, uda mbah,
MAP ?? baru tau ada ternjata
O2 sensor, ga perna dibersihin... masa musti copotin tu sensor di CC ??
hmm.. perlu di scan yah...
* cek harga autel dkk, njirr mahal bener
* metode asemregez aj deh, cabut aki
di inofa, biar kata ga ad EGR, tetep aj kotor intake manipol nya om, cepet bener item legam... apalagi tu intake manipol, tiap 10 rebu wajip di bersihin semprot brake cleaner daleman nya
coba pasang oil catch tank.
atau pinjem copotin yang di vrz ono, pinjem duluuu...... bentar doaaang. entar dibalikin kalo inget.
enak aje ..... benda sakral itu. kembali hidup setelah rusak dipoles sama air grinder wakakakaka
mbah delko ga tau kenapa dicat tuh. pdhl gara2 ada baret dikit, dipoles sama air grinder tambah parah baretnya. udah gitu dipoles sama dremel eh spindle dremelnya malah bikin bopeng2 sekeliling tabung.
makanya dicat.
O2 sensor, ga perna dibersihin... masa musti copotin tu sensor di CC ??
hmm.. perlu di scan yah...
* cek harga autel dkk, njirr mahal bener
* metode asemregez aj deh, cabut aki
O2 sensor copotin dong. kemaren ane jg bersihin si GK punya. ada carbon2 gitu di dalemnya pas disemprot pake brake cleaner. apalagi ngana punya odo balapan sm jumlah kenaikan covid.
scan perlu lah sekali2. masa ga kepengen tau ada DTC apa. ya sukur2 kl no dtc. meskipun kl kaya ane lama2 kesel juga tiap scan no dtc. ane sampe cabut2 socket sensor biar nongol dtc, abis itu direset
lokasi map sensor
MAP TR engine.png
lokasi knock sensor
Knock TR engine.png
source: TFSM
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Sat Jul 10, 2021 15:13
O2 sensor copotin dong. kemaren ane jg bersihin si GK punya. ada carbon2 gitu di dalemnya pas disemprot pake brake cleaner. apalagi ngana punya odo balapan sm jumlah kenaikan covid.
scan perlu lah sekali2. masa ga kepengen tau ada DTC apa. ya sukur2 kl no dtc. meskipun kl kaya ane lama2 kesel juga tiap scan no dtc. ane sampe cabut2 socket sensor biar nongol dtc, abis itu direset
lokasi map sensor
MAP TR engine.png
lokasi knock sensor
Knock TR engine.png
source: TFSM
Njirrrr yg ane bold.
Saya pernah lupa colok socket MAF aja jadi CE mulai pening... Cek dtc, fault code ada kata2 voltage bla3 makin pening...
O2 sensor, ga perna dibersihin... masa musti copotin tu sensor di CC ??
hmm.. perlu di scan yah...
* cek harga autel dkk, njirr mahal bener
* metode asemregez aj deh, cabut aki
O2 sensor copotin dong. kemaren ane jg bersihin si GK punya. ada carbon2 gitu di dalemnya pas disemprot pake brake cleaner. apalagi ngana punya odo balapan sm jumlah kenaikan covid.
scan perlu lah sekali2. masa ga kepengen tau ada DTC apa. ya sukur2 kl no dtc. meskipun kl kaya ane lama2 kesel juga tiap scan no dtc. ane sampe cabut2 socket sensor biar nongol dtc, abis itu direset
lokasi map sensor
MAP TR engine.png
lokasi knock sensor
Knock TR engine.png
source: TFSM
ASTAGA !!!
ternyata itu MAP sensor toh... di inofa bensin lama ga ad loh mbah
btw, itu MAF sensor perna satu waktu kita orang lupa tancep, nyala lah si CE... nah perna lg skali waktu kita orang kli ini lupa tancep si MAP sensor ampe berhari2, dan anehnya si CE ga nyala... koq bisa yah
kayanya iya neh, kita orang musti beli scanner yg proper jg... buat si hrv
entah knapa kl abis bawa doorsmeer steam enjin tu mobil pasti CE kelap kelip kaya poon natal
Omnibus wrote: Sat Jul 10, 2021 15:13
O2 sensor copotin dong. kemaren ane jg bersihin si GK punya. ada carbon2 gitu di dalemnya pas disemprot pake brake cleaner. apalagi ngana punya odo balapan sm jumlah kenaikan covid.
scan perlu lah sekali2. masa ga kepengen tau ada DTC apa. ya sukur2 kl no dtc. meskipun kl kaya ane lama2 kesel juga tiap scan no dtc. ane sampe cabut2 socket sensor biar nongol dtc, abis itu direset
lokasi map sensor
MAP TR engine.png
lokasi knock sensor
Knock TR engine.png
source: TFSM
Njirrrr yg ane bold.
Saya pernah lupa colok socket MAF aja jadi CE mulai pening... Cek dtc, fault code ada kata2 voltage bla3 makin pening...
Kalau si mbah malah sengaja
ngana tidak perlu pusing
CE nyala tinggal cabut aki
kcuali masda kaya batu makam, skali CE nyala, pantang padam sblom di reset pake scanner
Omnibus wrote: Sat Jul 10, 2021 15:13
O2 sensor copotin dong. kemaren ane jg bersihin si GK punya. ada carbon2 gitu di dalemnya pas disemprot pake brake cleaner. apalagi ngana punya odo balapan sm jumlah kenaikan covid.
scan perlu lah sekali2. masa ga kepengen tau ada DTC apa. ya sukur2 kl no dtc. meskipun kl kaya ane lama2 kesel juga tiap scan no dtc. ane sampe cabut2 socket sensor biar nongol dtc, abis itu direset
lokasi map sensor
MAP TR engine.png
lokasi knock sensor
Knock TR engine.png
source: TFSM
Njirrrr yg ane bold.
Saya pernah lupa colok socket MAF aja jadi CE mulai pening... Cek dtc, fault code ada kata2 voltage bla3 makin pening...
Kalau si mbah malah sengaja
tulisannya "mass air flow too high voltage" kan mbah. itu artinya open circuit (soket dilepas atau kabel putus)
sedangkan kl tulisannya "mass air flow too low voltage itu artinya short circuit (sensornya mengalami korslet atau kabelnya ada short to ground)
system itu artinya "pull down design" jd awalnya ada reference voltage besarnya 5V, setelah lewat sensor dia turun jd dibawah 5 (tp ga boleh 0, kl 0 artinya short dan juga ga boleh 5V artinya open circuit, ga lewat sensor/soket dicabut). nah voltage dibawah 5V itulah yg masuk ke ecu sbg input data (disebutnya signal wire). emang teknis bgt sih cuma cara kerja DTC dan OBD ya begitu.
Omnibus wrote: Sat Jul 10, 2021 15:13
O2 sensor copotin dong. kemaren ane jg bersihin si GK punya. ada carbon2 gitu di dalemnya pas disemprot pake brake cleaner. apalagi ngana punya odo balapan sm jumlah kenaikan covid.
scan perlu lah sekali2. masa ga kepengen tau ada DTC apa. ya sukur2 kl no dtc. meskipun kl kaya ane lama2 kesel juga tiap scan no dtc. ane sampe cabut2 socket sensor biar nongol dtc, abis itu direset
lokasi map sensor
MAP TR engine.png
lokasi knock sensor
Knock TR engine.png
source: TFSM
Njirrrr yg ane bold.
Saya pernah lupa colok socket MAF aja jadi CE mulai pening... Cek dtc, fault code ada kata2 voltage bla3 makin pening...
Kalau si mbah malah sengaja
ngana tidak perlu pusing
CE nyala tinggal cabut aki
kcuali masda kaya batu makam, skali CE nyala, pantang padam sblom di reset pake scanner
DTC tuh ada 3 folder di ECU n kl dibaca scanner. Current DTC, Pending DTC, dan History DTC.
pas ngana cabut aki, emang CE mati krn di current DTC dia udah ga ke detect sebab sdh melakukan checking cycle lagi dan dtc tsb udah ga recurrent. tapiiii ..... tetep ada di history dtc. nah kl pending dtc dia ditaro di folder itu kl ada dtc yg muncul baru 1x drive cycle. pas drive cycle ke 2 atau 3 ga muncul lagi (intermittent problem) nah dia stored di Pending DTC. kl pas drive cycle ke 2 atau 3 recurrent problemnya, pindahlah dia dr Pending DTC ke Current DTC dan ngeflag CE light di dashboard. begono mbah .....
nah ane demennya pas mobil ngana dicolok, History dtc nya bisa jadi lebih panjang drpd struk belanja supermarket nih krn ga pernah reset dtc pake scanner even saat ini ga ada CE nyala.
oh iya, ada 1 lagi. tidak semua DTC yg sebetulnya ada kesimpen di ecu (bisa dibaca oleh scanner) tp tdk ngeflag CE light. lah itu contohnya MAP sensor ngana. even dia rusak pun ga ngeflag CE light tp mesin jalannya ga sempurna krn harusnya tandem sama MAF dan sensor2 lainnya, nah ini ecu mengabaikan signal data dr MAP dan menggunakan default value. mesin jalan tp ga sempurna as designed.
inofa bensin... ud ampe jungkir balik saya cari EGR nya ga ketemu mbah... rada aneh sehh masa mobil bensin jaman now bsa ga ada EGR
mungkin @mbah 69 bsa cerahin dmana posisi EFR inofa bensin
gatau mbah, saya ngga pernah liat. kalo hondut ama nissan, ada.
inofa tu airbox udah gede, enak. tapi, bahlulnya adalah mulut masuknya kenapa ngarah ke samping? coba dirubah bagimana cara ngadep ke depan mbah.... jadi dapet udara seger langsung, dan saat high speed juga dapet tekanan dari depan. nggak ngandalin kevakuman mesin.
Ngarah samping masuk fender krn ama insinyurnya antisipasi dipake jadi perahu nembus banjir mbah..
salah satu alasan ngadep belakang emang itu selain dr metode utk bikin air filter ga cepet kotor - long lasting.
makanya sy asumsikan kl mau mobil rada sporty bukan toyota jawabannya hehehe. kl mau long lasting ya toyota soalnya sampe belalai aja dipikirin musti begitu.
Saya pernah lupa colok socket MAF aja jadi CE mulai pening... Cek dtc, fault code ada kata2 voltage bla3 makin pening...
Kalau si mbah malah sengaja
ngana tidak perlu pusing
CE nyala tinggal cabut aki
kcuali masda kaya batu makam, skali CE nyala, pantang padam sblom di reset pake scanner
DTC tuh ada 3 folder di ECU n kl dibaca scanner. Current DTC, Pending DTC, dan History DTC.
pas ngana cabut aki, emang CE mati krn di current DTC dia udah ga ke detect sebab sdh melakukan checking cycle lagi dan dtc tsb udah ga recurrent. tapiiii ..... tetep ada di history dtc. nah kl pending dtc dia ditaro di folder itu kl ada dtc yg muncul baru 1x drive cycle. pas drive cycle ke 2 atau 3 ga muncul lagi (intermittent problem) nah dia stored di Pending DTC. kl pas drive cycle ke 2 atau 3 recurrent problemnya, pindahlah dia dr Pending DTC ke Current DTC dan ngeflag CE light di dashboard. begono mbah .....
nah ane demennya pas mobil ngana dicolok, History dtc nya bisa jadi lebih panjang drpd struk belanja supermarket nih krn ga pernah reset dtc pake scanner even saat ini ga ada CE nyala.
Hmm begitu tohh
Tp kayanya kl gt hrv saya yg list history DTC nya yg bakal panjangggg bgt mbah, scara sering banget tu CE nyala tiap kl abis doorsmeer enjin.. diemin jemur seharian, mati tu CE seh
gatau mbah, saya ngga pernah liat. kalo hondut ama nissan, ada.
inofa tu airbox udah gede, enak. tapi, bahlulnya adalah mulut masuknya kenapa ngarah ke samping? coba dirubah bagimana cara ngadep ke depan mbah.... jadi dapet udara seger langsung, dan saat high speed juga dapet tekanan dari depan. nggak ngandalin kevakuman mesin.
Ngarah samping masuk fender krn ama insinyurnya antisipasi dipake jadi perahu nembus banjir mbah..
salah satu alasan ngadep belakang emang itu selain dr metode utk bikin air filter ga cepet kotor - long lasting.
makanya sy asumsikan kl mau mobil rada sporty bukan toyota jawabannya hehehe. kl mau long lasting ya toyota soalnya sampe belalai aja dipikirin musti begitu.
Pantesan sejak tu belalai lucknut ta buang, filter udara cepet bener kotornya
Tp gapapa lah, murah ini pake denso atau sakura punya
Yg penting sejak dcopot, suara mesin kl ta mendadak WOT jd mantep ad bass nya sikit, trus kl d tol, jd lebi ploonggg, dan lg ta perhatiin, tu belalai sebenernya bkin bottleneck restriction jg seh, diameternya lebi kecil dr diameter lobang output dr filter box... belom lg bentuknya patah bener 90 derajag
kcuali masda kaya batu makam, skali CE nyala, pantang padam sblom di reset pake scanner
DTC tuh ada 3 folder di ECU n kl dibaca scanner. Current DTC, Pending DTC, dan History DTC.
pas ngana cabut aki, emang CE mati krn di current DTC dia udah ga ke detect sebab sdh melakukan checking cycle lagi dan dtc tsb udah ga recurrent. tapiiii ..... tetep ada di history dtc. nah kl pending dtc dia ditaro di folder itu kl ada dtc yg muncul baru 1x drive cycle. pas drive cycle ke 2 atau 3 ga muncul lagi (intermittent problem) nah dia stored di Pending DTC. kl pas drive cycle ke 2 atau 3 recurrent problemnya, pindahlah dia dr Pending DTC ke Current DTC dan ngeflag CE light di dashboard. begono mbah .....
nah ane demennya pas mobil ngana dicolok, History dtc nya bisa jadi lebih panjang drpd struk belanja supermarket nih krn ga pernah reset dtc pake scanner even saat ini ga ada CE nyala.
Hmm begitu tohh
Tp kayanya kl gt hrv saya yg list history DTC nya yg bakal panjangggg bgt mbah, scara sering banget tu CE nyala tiap kl abis doorsmeer enjin.. diemin jemur seharian, mati tu CE seh
justru yg itu numpuk di folder history dtc. tadinya dr folder Current pas CE mati pindah ke History. sampai nanti di clear dtc pakai scanner baru deh semuanya ilang. mirip black box jadinya, dia nyimpen record. baru hilang kl direset pake scanner.
nah kl ke bengkel keadaan begitu jd ketauan dah kl ngana suka iseng dan selama ini cuma cabut aki. wkwkwkwkwk. kl ane yg punya bengkelnya ane udah senyum2 sendiri.
salah satu alasan ngadep belakang emang itu selain dr metode utk bikin air filter ga cepet kotor - long lasting.
makanya sy asumsikan kl mau mobil rada sporty bukan toyota jawabannya hehehe. kl mau long lasting ya toyota soalnya sampe belalai aja dipikirin musti begitu.
yang keinget di kepala saat ini, xv40 sama ls400, itu lobang idungnya ngadep kedepan langsung.
salah satu alasan ngadep belakang emang itu selain dr metode utk bikin air filter ga cepet kotor - long lasting.
makanya sy asumsikan kl mau mobil rada sporty bukan toyota jawabannya hehehe. kl mau long lasting ya toyota soalnya sampe belalai aja dipikirin musti begitu.
yang keinget di kepala saat ini, xv40 sama ls400, itu lobang idungnya ngadep kedepan langsung.
oh itu beda mbah ..... perlu pake tabung oksigen biar air filter selalu bersih. oli jg bersih.