Tidak pernah terbersit sedikitpun akan membeli sebuah sedan tua, eropa pula, yg mana saya tidak memiliki pengalaman sama sekali. Tentu dibenak saya yg awam akan muncul kekuatiran2 seperti pada umumnya; mobil tua bakal rewel, sparepart mahal n susah cari part nya, harus dikerjakan di bengkel spesialis, bla..bla..bla, Tapi berkat racun dr sobat gua Mr. Gay n Om Peot, akhirnya saya memberanikan diri meminang Boxer W124 E320.
Untuk sejarah singkat nya sih sudah banyak di ulas, bahwa W124 alias Boxer ini merupakan next gen dari Mercy Tiger W123. Dinamakan boxer karena bentuknya yg boxy atau mengkotak, bukan karena menggunakan mesin boxer. Mercy Boxer ini merupakah salah satu karya masterpiece dr designer Italy Bruno Sacco, yg mana diakui banyak kalangan merupakan produksi Mercy yg overengineered. Maksud overengineered disini berarti teknologi yg digunakan saat itu sudah cukup modern di era nya, serta memiliki ketahanan yg sangat bagus bahkan hingga saat ini. Selain itu Boxer juga dikatakan memiliki model yg timeless, karena masih tetap terlihat cakep dan berwibawa hingga saat ini. Saya sendiri lgsg menyukai nya begitu disodorin foto nya oleh Mr. Gay. Setidaknya boxer masih terlihat classic modern. Kuno banget kagak, modern jg kagak, tp tetap enak dipandang walopun ini sebenernya subjektif. Hehehe.
Langkah awal sebelum hunting tentu saya perlu mencari tahu dulu harga pasaran boxer E320 yg menjadi target. Ternyata disparitas harga nya agak jauh jg antara yg bahan, semi bahan, ataupun yg sudah jadi. Yg kategori bahan bisa kisaran 25-35jt, yg semi bahan antara 35-60, sedangkan kategori jadi n masih terjaga orisinalitasnya berkisar antara 60-100jt lebih. Karena saya masih newbie, tentu paling aman membeli kategori jadi.
Setelah membulatkan tekad dan sedikit belajar dr youtube, maka dimulailah pencarian boxer yg sesuai dgn kriteria saya.
Proses huntingnya pun cukup cepat, setelah diskusi selama beberapa hari, saya datangin target terdekat dikota saya, dan langsung deal tidak lama kemudian. Tipenya E320 non MP M/T, th 1993 dengan low km. Tanpa melibatkan autospector atau montir, saya beranikan diri menawar berdasarkan kemampuan saya yg pas2an dalam menilai suatu mobil seken. Jadi saya melakukan pengamatan hanya berdasarkan masukan dr kedua sobat saya tsb, browsing internet dan menonton youtube, melihat target hanya 1x n langsung deal

Poin utama saya dalam membeli mobil seken selama ini adalah cari yg low km, dan untungnya sampai saat ini belum pernah meleset. Dan poin itupun saya terapkan kembali dlm hunting Boxer kali ini. Walopun untuk poin ini saya n Mr. Gay sempat memperdebatkan. Om Peot berprinsip mobil jarang pake biasanya penyakitan, saya n Mr.Gay berpendapat kebalikannya
Kebetulan target yg saya datangi pertama kali sudah sesuai dgn syarat tsb, dekat, low km, harga masih masuk budget. Kenapa harus dekat rumah, karena keterbatasan waktu saya untuk bekerja sehingga tidak memungkinkan hunting terlalu jauh.

Poin berikutnya yg saya perhatikan adalah karat pada body, karena musuh utama dr motuba adalah karat. Saya perhatikan mobil yg jadi target saya masih mulus, tidak ada karat sama sekali baik di body luar atau kolong mobil. Kolong mobil dan ruang mesin jg kering, tidak ada rembesan2 oli yg berpotensi menjadi PR.

Poin ketiga yg saya cek adalah electrical, karena ini jg salah satu kelemahan mobil tua. Entah kabel digigit tikus, kabel sudah getas, atau kabel yg semrawut karena sudah banyak modifikasi oleh owner sebelumnya. Saya lihat kondisi pengkabelan masih bagus dan tidak ada kabel2 tambahan, berarti masih aman. Electrical lain yg saya cek termasuk lampu2, combination switch, indikator2 apakah ada yg menyala, vacuum pump (central lock mercy tidak menggunakan switch seperti mobil jepang), kedua motor fan masih menyala, AC juga masih dingin, radiator tidak ada kebocoran, wiper msh berfungsi.
Kebetulan Boxer yg saya ambil ada trouble pada switch lampu yg sudah aus, ketahuannya setelah dipakai beberapa saat. Sesuai saran dr Om Peot percuma di servis maka langsung dilakukan penggantian switch yg baru. Penggantiannya cukup mudah, saya melakukannya sendiri dgn belajar dr youtube. Cukup melepas beberapa baut dashboard. Harganya jg masih terjangkau, 450rb merk Vemo.


Poin keempat adalah pengecekan interior. Sesuai masukan Mr. Gay n Mr. Peot sektor ini sangat krusial, untuk mercy boxer wajib tetap menjaga jok kulit nya masih ori. Lebih baik dpt jok ori ada sobeknya drpd jok baru mulis tp retrim. Untung saja Boxer yg saya lihat jok nya masih ori dan masih mulus, tidak ada sobek. Dan bau nya khas jok mercy jadul. Dashboard jg masih mulus, tidak ada pecah atau goresan2, setir msh ori, lampu interior masih menyala semua. Ketika boxer sudah saya bawa pulang saya mengecek bawah karpet kaki, ternyata terdapat genangan air yg cukup banyak. Jika terlambat mengetahui bisa jadi lantai boxer saya pst karatan. Genangan air ini bisa berasal dr cucian mobil yg tidak dikeringkan, atau bisa juga lubang saluran air hujan sudah buntu karena kotoran, sehingga air tidak mengalir keluar. Tidak lupa saya bersihkan jg lubang yg mampet agar kedepannya tidak mengalir ke dalam lg.

2nd row masih cukup lega, hanya sayang bagi saya sandarannya masih kterlalu tegak

1st row bagian driver



Bagasi nya cukup luas untuk membawa barang

Tutup ban serep masih utuh
Poin kelima saya cek kaki2, apakah masih empuk dan senyap, apakah ada suara2 mencurigakan. Saya coba mengendarai disekitaran komplek untuk mengetest nya, sekalian menguji rem nya. Ternyata bantingan masih nyaman, tidak ada suara-suara aneh. Good lah..
Setelah semua dirasa masih bagus, poin berikutnya yg saya cek adalah kondisi mesin. Saya perhatikan apakah ada kabel2 mencurigakan di ruang mesin. Saya starter mesin langsung menyala dan tidak ada gejala mesin pincang. Saya dengarkan suaranya masih halus dan putaran stasioner langsam. Tidak lupa juga saya cek kampas kopling dan matahari dengan menjalankannya. Apakah terasa ada loss power, apakah pijakan kopling dan rem terasa keras. Boxer yg saya target untuk koplingnya masih bagus, hanya rem nya yg butuh diinjak agak dalam. Begitu juga pijakan foot rem, terasa dalam sekali. FYI, untuk tuas handrem di boxer ada di kaki, bukan diatas seperti mobil jepang. Untuk masalah rem ini sudah saya bereskan di bengkel kenalan, cukup dibersihkan saja skrg sudah kembali normal.
Setelah saya pakai beberapa saat ternyata saya mengalami masalah kecil lg, tuas release footbrake nya patah. Ternyata dr owner sebelumnya sudah patah dan cuman disambung lem. Baca2 ternyata cukup sering dialami owner boxer yg lain. Ok lah saya beli online n ganti baru. DC 400rb. Penggantian juga mudah, saya lakukan DIY dgn membuka beberapa baut di dashboard.

Tuas untuk release handrem patah
- Poin terakhir yg saya lakukan adalah mengecek VIN ke website www.datamb.com atau www.mbdecoder.com . Bisa dilihat apakah nomor VIN yg tertera sesuai dgn database Mercedez. Caranya bisa dgn melihat nomor VIN di STNK/BPKB, dimulai angka 124 (kode body) dan e angka selanjutnya kode seri.
Setelah boxer saya beli, saya lakukan beberapa maintenance agar kondisi nya kembali fit dan sehat. Beberapa penggantian dilakukan setelah ada muncul gejala gangguan, dan beberapa memang karena wajib diganti untuk unit baru beli.
- Mengganti semua pelumas2, seperti oli (disarankan tidak terlalu kental tp jg tidak terlalu encer), minyak rem saya menggunakan Dot4, mengganti oli gardan dan oli transmisi, mengganti oli power steering, mengganti air radiator dgn radiator coolant. Sempat menjadi pertimbangan untuk mengganti air radiator dgn air sulingan atau menggunakan radiator coolant pabrikan. Mengingat jaman dulu radiator coolant belum ada, kebykan boxer diisi air sulingan/destilasi. Akhirnya saya nekad ganti radiator coolant, toh saya yakin kondisi radiator masih bagus tidak ada karat. Dan so far hingga saat ini masih bagus dan tidak ada gangguan.
- Mengganti filter AC / filter cabin. Hal yg wajib dimasa pandemi ini, karena filter yg kotor bisa membawa virus dan bakteri. Saya membeli nya 300rb via online dan kembali saya lakukan DIY ,walopun ternyata susah bener melepasnya. Wkwkwwk


Penampakan filter AC setelah diganti
- Mengganti filter oli, bisa dilakukan di bengkel oli umum. Untuk penggantian filter bensin saya lakukan dibengkel kenalan saya.
- Mesin pincang dan tarikan loyo, ternyata 1 coil sudah bocor dan busi udah waktunya ganti. Bengkel kenalan bisa melakukan repair dgn menambalnya, tp saya putuskan mengganti keselurahan coil, cable busi & busi merk Bosch. Boxer total menggunakan 6 busi (Tipe nya Bosch FR8DPP33) dan 3 coil (merk Bosch) jd lumayan jg kocek yg dirogoh kalo mengganti semuanya. Kali ini saya berusaha mengganti busi sendiri tp ternyata tidak berhasil, karena tidak punya kunci yg cukup kuat untuk melepas nya. Bawa lg ke bengkel kenalan. Setelah diganti semuanya baru terasa perbedaan yg signifikan. Tarikan responsif, suara mesin lebih halus. Skrg baru terasa mesin boxer yg sebenarnya

- Trouble indikator radiator menyala. Saya lakukan step pertama mengganti tutup radiator. Ternyata indikator tetap menyala. Setelah dilakukan pengecekan ternyata sensor ketinggian air radiator tertutup kerak. Posisi sensor ini menancap di tanung serep radiator. Saya lakukan pembersihan dan akhirnya kembali normal.

Tutup radiator yg baru
- Remote infra red tidak berfungsi. Ini sempat bikin saya penasaran n otak atik sampai berhari2. Tanya kesaana kemarii minta 2jt untuk servis. Wah pusing jg neh, mana kunci infra red nya cuman 1. Coba sendiri ganti2 battery berkali2 tetap kadang nyala, kadang mati. Penasaran coba test sendiri pake AVO meter, hmm kyk nya ada yg bermasalah dgn switch nya. Ambil solder, beliin switch push-on ditoko 1.500 perak, ganti sendiri switch nya, dan voila akhirnya menyala dgn normal hingga saat ini. Wkwkwkwk

- Regulator window belakang macet 1. Sempat bongkar sendiri untuk mengecek, ternyata kawat baja nya putus. Ganti dgn membeli di online 950rb. Normal kembali. Kali ini bawa ke bengkel lg karena masangnya susah, gak ada waktu DIY. Wkwkwk
- Ganti ke 4 ban. Sebenarnya ke 4 ban bawaan masih tebal, tp karena umurnya sudah 15th tentu bantingan jd keras dan mengurangi safety berkendara, maka sektor ini wajib segera diganti baru. Sektor ini jg cukup menguras budget karena hrs langsung 4 ban. Ok lah cari yg ekonomis saja pakai GT Champiro Eco. Setelah diganti bantingan jd lebih empuk. Ukuran ban tetap mempertahankan ukuran std nya 195/65-15. Tidak lupa jg dilakukan spooring balancing pada keempat roda.

Persiapan penggantian ban
- Fanbelt berdecit, sudah saatnya ganti karena dr pertama beli kelihatannya belum pernah diganti. Kali ini jg dibawa ke bengkel kenalan lg, sebentar saja selesai. Bagi yg membutuhkan info ukuran fanbeltnya 6PK2415.
- Penambahan peredam panas. Penggantian bisa dilakukan sendiri, tinggal modal olesin lem dibalik kap mesin. Untuk boxer lebih baik dipasangin peredam panas, mengingat suhu mesin nya lebih panas diatas mobil2 jepang pada umumnya. Setelah ditambahin ya memang cukup membantu koq, kap mesin tidak terlalu panas lg.

- Penggantian berikut termasuk opsional, karena hanya untuk menambah kenyamanan. Disini saya mengganti HU yg sebelumnya tape menjadi pemutar CD merk Blaupunkt. Merk ini atas saran Mr.Peot, alasannya tetap terlihat tetap simple dan classic. DC 1jt plus DIY kembali dgn bimbingan Om Peot. Cuman agak sial jg, pertama datang saya mendapatkan barang defect. HU tidak mengeluarkan suara sama sekali. Untung seller bersedia menggantinya.

Proses penggantian secara DIY

Penampakan setelah dipasang
- Penggantian sekring2 karena sekring bawaan timahnya banyak yg sudah lapuk termakan usia. Sekringnya unik jg, bentuk nya model peluru. Baru kali ini tau saya. Hehehe Sekalian jg ganti bohlam lampu utama dgn Osram NBR biar tetap terang dipake malam hari, DC 400rb.

Setelah melewati beberapa perbaikan, akhirnya saya bisa menikmati kenyamanan mengendarai mobil eropa classic. Hehehe. Yg saya rasakan dibanding mobil jepang saya yg pernah saya punya, kenyamanan mmg good lah, kekedapan cabin mantap, bantingan suspensi agak keras tp tetap nyaman. Cuman karena masa pandemi, saya belum sempat mencoba mengendarainya pada rute panjang.
Jadi kalau mau disimpulkan sisi positif boxer menurut saya:
* nyaman
* bandel
* model timeless
* kekedapan cabin
* sparepart relatif murah untuk mobil eropa dan masih banyak tersedia dipasaran. Hanya untuk interior yg susah, kebanyakan ambil dr kampakan.
* bisa jadi investasi ke depan, karena populasinya makin berkurang akibat dikampak
* pajak tahunan cukup murah, kisaran 2-2.5jt
* fitur lengkap di era nya, AC dual zone, ABS+EBD, airbag, electric mirror
Sisi negatifnya
* boros. Kata Mr.Gay ya jangan berharap irit kalo pake mesin 3200cc 6cyl. Wkwkwk
* kurang lincah, karena body nya bongsor n berat.
* parkir agak susah kalau tidak terbiasa, karena body cukup panjang dan tidak ada rear cam.
Disini saya hanya share pengalaman sbg seorang pemula yg sebelumnya tidak pernah mengendarai atau mempunyai mobil sedan, mobil tua, mobil eropa. Bertahun2 saya hanya mengendarai mobil jepang, terutama tipe SUV. Jadi kalau ditanya perbandingan dgn tipe sedan yg lain, saya sama sekali tidak tahu. Hehehe. Untuk pengalaman menggunakan boxer atau mobil eropa saya jg masih newbie banget, pengetahuan saya secara teknis jg masih dangkal. Hanya sekiranya dgn sharing ini bisa memberikan perspektif bagi pemula seperti saya, yang mencoba memelihara sedan eropa tua . Tidak lupa saya ucapin thx a lot untuk Om Peot n Brader Gay yg sudah memberi masukan dan racun2nya, sehingga saya punya mainan baru di masa pandemi ini.


Bukan rumah saya yaa, ini rumah owner sebelumnya. wkwkwkwk

