Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Halo suhu sm smua, gw ada rencana ganti shock atau per buat anf facelift. Kemaren pas cobain di tol bandara-kunciran, itu lari 120 aja mantul mantul banget. Rasanya perlu ganti shock atau per yang lebih mumpuni buat mobil kaya gini. Apakah ada sarannya? Btw ga pengen ganti 2 2 nya karna nanti takutnya bakal teralu keras
Untuk opsi ganti per paling mau triple s atau hsr lowering kit, kalo ganti shock mungkin mau bilstein atau kayaba excel g. Jadi kalo uda ganti 1, yang laen dibiarin standar aja dari sananya.
Thankyou[emoji120]
Untuk opsi ganti per paling mau triple s atau hsr lowering kit, kalo ganti shock mungkin mau bilstein atau kayaba excel g. Jadi kalo uda ganti 1, yang laen dibiarin standar aja dari sananya.
Thankyou[emoji120]
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Kalo ganti per lebih pendek doang pasti lebih keras, karena jarak rebound berkurang.
Coba ganti shock depan dulu ke Amada Xtreme type soft. Terakhir pasang di ANPS puas banget sih sampe mobil dijual, sekarang di Prado 150 pake itu juga.
Kelemahan ladder frame ya seperti itu, kalo mau stabil bantingan pasti keras, kalo empuk pasti limbung.
Kalo mau cari perfect balance beli suspension kit FOX atau KING
Coba ganti shock depan dulu ke Amada Xtreme type soft. Terakhir pasang di ANPS puas banget sih sampe mobil dijual, sekarang di Prado 150 pake itu juga.
Kelemahan ladder frame ya seperti itu, kalo mau stabil bantingan pasti keras, kalo empuk pasti limbung.
Kalo mau cari perfect balance beli suspension kit FOX atau KING

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc.
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
bandingin sama OME (46% larger)
in the process DIY taun lalu.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc.
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
bandingin sama OME (46% larger)
in the process DIY taun lalu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
sepertinya sudah sempat di"improve" saat batch 2019 non improvement, tapi banyak org ngeluh terlalu keras.Omnibus wrote: Mon Jul 05, 2021 6:17 woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc.
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg

sempet pas service 1rb nanya SA dan confirmed bahwa part number shock anf batch awal dan batch 2019 non improvement beda nomor.
imo sih yang 2019 non improvement ini sudah cocok bantingannya dan memang mirip sedan "kerasnya", tapi di toll stabil banget.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Omnibus wrote: Mon Jul 05, 2021 6:17 woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc.
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg


kalo jelata vernier caliper-nya pake ini :
bukan bahco digital...

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
anf sy 2020 berarti sdh pakai P/N baru itu kan ya. ga enak menurut sy. seumur2 baru itu mobil yg sukses bikin mabok darat kepala pening 2 hari tiap abis naik.anadzir wrote: Mon Jul 05, 2021 6:28
sepertinya sudah sempat di"improve" saat batch 2019 non improvement, tapi banyak org ngeluh terlalu keras.![]()
sempet pas service 1rb nanya SA dan confirmed bahwa part number shock anf batch awal dan batch 2019 non improvement beda nomor.
imo sih yang 2019 non improvement ini sudah cocok bantingannya dan memang mirip sedan "kerasnya", tapi di toll stabil banget.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
njirrr... mbah emang beda
pasang SA aja DIY.. toolsnya mbah omni emang joss... kalah beres kayaknya...

Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
ANF suspensinya emg sensitif ya sama permukaan jalan
Ada jalan bumpy / gelombang / tambelan pst lgsg berasa guncangannya
Ada jalan bumpy / gelombang / tambelan pst lgsg berasa guncangannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Shock depan ya om? Baik ditampung dulu masukannya. Btw kok kykny banyakan yang kasih saran buat ganti shock blkg dulu ya?anadzir wrote:Kalo ganti per lebih pendek doang pasti lebih keras, karena jarak rebound berkurang.
Coba ganti shock depan dulu ke Amada Xtreme type soft. Terakhir pasang di ANPS puas banget sih sampe mobil dijual, sekarang di Prado 150 pake itu juga.
Kelemahan ladder frame ya seperti itu, kalo mau stabil bantingan pasti keras, kalo empuk pasti limbung.
Kalo mau cari perfect balance beli suspension kit FOX atau KING
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Iya yang fl masih parah kalo jalanannya ga rata, bawa 100 aja uda berasa bgt mantul mantulnya.Omnibus wrote:woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc. [emoji23]
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
bandingin sama OME (46% larger)
in the process DIY taun lalu.
Itu ganti 4 4 nya om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
iya ganti 4 4 nya om. kl engga malah ga karuan kl kata saya. itu kan ditest pabrik shocknya dlm kondisi 4 4 nya pakai produk mereka.ctopher7 wrote: Mon Jul 05, 2021 8:42Iya yang fl masih parah kalo jalanannya ga rata, bawa 100 aja uda berasa bgt mantul mantulnya.Omnibus wrote:woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc. [emoji23]
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg
Itu ganti 4 4 nya om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Siap thankyou infonya omOmnibus wrote:iya ganti 4 4 nya om. kl engga malah ga karuan kl kata saya. itu kan ditest pabrik shocknya dlm kondisi 4 4 nya pakai produk mereka.ctopher7 wrote: Mon Jul 05, 2021 8:42Iya yang fl masih parah kalo jalanannya ga rata, bawa 100 aja uda berasa bgt mantul mantulnya.Omnibus wrote:woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc. [emoji23]
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg
Itu ganti 4 4 nya om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
you're most welcome om.
ntar posting disini akhirnya pake merk apa ya. dan gmn improvement nya.
banyak juga yg pake JS1 balance arm. belum ada yg ngereview disini.
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Tanggung mbah, mustinya pakai BP-51 seperti om @ngalih.Omnibus wrote: Mon Jul 05, 2021 6:17 woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc.
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg



Pasang dimana mbah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
bukan tanggung itu mah kl harga 4x nyash00t wrote: Mon Jul 05, 2021 12:37Tanggung mbah, mustinya pakai BP-51 seperti om @ngalih.Omnibus wrote: Mon Jul 05, 2021 6:17 woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc.
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg![]()
![]()
![]()
Pasang dimana mbah?


pasang sendiri di garasi rumah om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
mahal caliper daripada sok ori...Omnibus wrote: Mon Jul 05, 2021 6:17 woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc.
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg
mestinya pake meteran 3meter cukup mbah....

btw tumben ya toyota ga ada kulik2 kaki2 biasanya kan ada aja hidden improvement kalau FL gitu2 atau malah beda tahun biarpun ga ada FL.
diameter batang segitu bikin goyangan keluar masuknya tu batang tambah lemes ya mbah bukan tambah cepet ya? kirain diameter batang gitu hanya beda ga lebih tahan banting dari diameter lebih besar.



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
kunaskun wrote: Mon Jul 05, 2021 13:57
diameter batang segitu bikin goyangan keluar masuknya tu batang tambah lemes ya mbah bukan tambah cepet ya? kirain diameter batang gitu hanya beda ga lebih tahan banting dari diameter lebih besar.![]()
![]()
![]()

diameter batang?
goyang keluar masuk?
batang lemes?
tepok jidat....
jangan sampe mbah delko tau....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
wakakakakaka saya baca juga agak tertegun dikit. ini mbah kunaskun lg ngomongin shock atau as kopel nih.marmut wrote: Mon Jul 05, 2021 14:12kunaskun wrote: Mon Jul 05, 2021 13:57
diameter batang segitu bikin goyangan keluar masuknya tu batang tambah lemes ya mbah bukan tambah cepet ya? kirain diameter batang gitu hanya beda ga lebih tahan banting dari diameter lebih besar.![]()
![]()
![]()
![]()
diameter batang?
goyang keluar masuk?
batang lemes?
tepok jidat....
jangan sampe mbah delko tau....

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
toyota mah ud males kayanya kl di kelas mobil2 semi truk gtkunaskun wrote: Mon Jul 05, 2021 13:57
btw tumben ya toyota ga ada kulik2 kaki2 biasanya kan ada aja hidden improvement kalau FL gitu2 atau malah beda tahun biarpun ga ada FL.
tu liat aj kaki2 inofa lama ama ribon... cuman beda di shock ama per ama gardan ama tromol + cakram + kaliper nya doank
sisanya ?? lengan ayun aj sama plek
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
lagi2 aku benci pikirankumarmut wrote: Mon Jul 05, 2021 14:12kunaskun wrote: Mon Jul 05, 2021 13:57
diameter batang segitu bikin goyangan keluar masuknya tu batang tambah lemes ya mbah bukan tambah cepet ya? kirain diameter batang gitu hanya beda ga lebih tahan banting dari diameter lebih besar.![]()
![]()
![]()
![]()
diameter batang?
goyang keluar masuk?
batang lemes?
tepok jidat....
jangan sampe mbah delko tau....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Siap om, abis cari cari di toko ijo sih kira kira taksiran di 8.5-9 (berikut ongkos pasang) buat ome classic depan belakang.Omnibus wrote:you're most welcome om.
ntar posting disini akhirnya pake merk apa ya. dan gmn improvement nya.
banyak juga yg pake JS1 balance arm. belum ada yg ngereview disini.
Kykny ga bakal sesignifikan itu kalo cuman tambah balance arm om, kalo sisanya masih standa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Ngeri om buat anf harganya 35 jutiawsh00t wrote:Tanggung mbah, mustinya pakai BP-51 seperti om @ngalih.Omnibus wrote: Mon Jul 05, 2021 6:17 woah kirain yg facelift sdh ada improvement di sektor kaki2. ternyata msh sama limbung n mual ya.
setuju sm atas ane, Fox atau King kl mau to the max. tp harganya setara 1 lcgc. [emoji23]
krn tau diri sy yg kelas jelata aja hehe. sy pake Old Man Emu classic type (bukan Sport type) di pre-fl trd. hasilnya jauh dlm hal limbung. msh bergoyang tp ga mantul2 ga jelas, jauh lbh teredam.
IMG_20200603_192003~2.jpg
cekidot diameter as tengah shock standard (front). shock shaft yg krom itu, kekecilan makanya ga mampu redam.
IMG_20200604_135641~2.jpg
bandingin sama OME (46% larger)
IMG_20200604_135809~2.jpg
in the process DIY taun lalu.
IMG_20200604_135853~3.jpg![]()
![]()
![]()
Pasang dimana mbah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Sebelum fortuner ini om pake innova baru atau mobil lain? Penasaran bedanya sampe gimana scr naikan antara innova baru sama fortuner 2021ctopher7 wrote: Tue Jul 06, 2021 4:45Siap om, abis cari cari di toko ijo sih kira kira taksiran di 8.5-9 (berikut ongkos pasang) buat ome classic depan belakang.Omnibus wrote:you're most welcome om.
ntar posting disini akhirnya pake merk apa ya. dan gmn improvement nya.
banyak juga yg pake JS1 balance arm. belum ada yg ngereview disini.
Kykny ga bakal sesignifikan itu kalo cuman tambah balance arm om, kalo sisanya masih standa.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mohon saran, mending ganti per atau shock buat anf
Kapan hari td forti 21 punya teman. Kalo buat p*nt*t ane, suspensinya balok kayu. Keras pake banget.erwinign wrote: Tue Jul 06, 2021 4:59Sebelum fortuner ini om pake innova baru atau mobil lain? Penasaran bedanya sampe gimana scr naikan antara innova baru sama fortuner 2021ctopher7 wrote: Tue Jul 06, 2021 4:45Siap om, abis cari cari di toko ijo sih kira kira taksiran di 8.5-9 (berikut ongkos pasang) buat ome classic depan belakang.Omnibus wrote:
you're most welcome om.
ntar posting disini akhirnya pake merk apa ya. dan gmn improvement nya.
banyak juga yg pake JS1 balance arm. belum ada yg ngereview disini.
Kykny ga bakal sesignifikan itu kalo cuman tambah balance arm om, kalo sisanya masih standa.
Blm pernah coba nopa baru. Tapi sepertinya nggak ada perubahan dibandingkan anki lama. Jadi harusnya lebih manusiawi, tapi limbung